Algoritma Pemrograman II

Slides:



Advertisements
Presentasi serupa
PENDAHULUAN KONSEP ALGORITMA DAN DIAGRAM ALIR (FLOWCHART)
Advertisements

Algoritma Pemograman 1 A
TEORI ALGORITMA.
Pemrograman Rahmat D.R. Dako, ST, M.Eng.
Algoritma dan Flowchart
Teknik Elektro – UIN Sunan Gunung Djati Bandung
PEMROGRAMAN TERSTRUKTUR
Algoritma.
Dasar- Dasar Algoritma
Pengantar Algoritma dan Pemrograman Elin Haerani, ST, M.Kom
MODUL 2 STRUKTUR DATA DIAGRAM ALIR DAN ALGORITMA
Algoritma dan Pemrograman
PENGENALAN ALGORITMA & PEMROGRAMAN
Algoritma & Struktur Data
Algoritma (Komputer) EL 2001 – Dasar Pemrograman Budi Rahardjo Teknik Elektro ITB
ALGORITMA & LOGIKA PEMROGRAMAN
Perancangan dan Analisis Algoritma
Pengantar Algoritma dan pemograman
Algoritma (Komputer).
Pengenalan Pemrograman Komputer
By Adnan Purwanto, S.Kom.  Langkah-langkah yang kita lakukan dalam memberikan instruksi kepada komputer untuk memecahkan masalah  Manusia harus menggunakan.
Algoritma dan Flowchart
Algoritma dan Flowchart
ALGORITMA DAN PEMROGRAMAN
Mahasiswa diharapkan dapat:
PEMROGRAMAN DASAR.
Pertemuan 1 Muhamad Haikal,S.Kom., MT
PERTEMUAN I PENGANTAR ALGORITMA
Definisi Algoritma Algoritma adalah urutan langkah-langkah logis yang disusun secara sistematis untuk menyelesaikan suatu masalah. Kata logis (logika)
Pengenalan Algoritma.
Pendahuluan Algoritma dan Pemrograman I-A
Pengertian Algoritma Pemrograman Pertemuan 1
Pengenalan Pemrograman Komputer
ALGORITMA PEMEROGRAMAN
Algoritma merupakan pondasi yang harus dikuasai mahasiswa yang ingin menyelesaikan masalah secara terstruktur, efektif, dan efisien, khususnya untuk.
Pengantar Pemrograman
Start.
ALGORITMA & LOGIKA PEMROGRAMAN
Virdiandry Putratama,ST Politeknik Pos Indonesia Tahun 2015
Pengenalan Bahasa Pemrograman
Struktur Algoritma Sequence Process: instruksi dikerjakan secara sekuensial, berurutan. Selection Process: instruksi dikerjakan jika memenuhi kriteria.
Algoritma.
Kontrak Perkuliahan Grace L.A. Sihombing
PENGENALAN ALGORITMA & PEMROGRAMAN
PENGENALAN ALGORITMA & PEMROGRAMAN
PROSES PEMBUATAN PROGRAM KOMPUTER
Definisi Algoritma Algoritma adalah urutan langkah logis tertentu untuk memecahkan suatu masalah. Yang ditekankan adalah urutan langkah logis, yang berarti.
Algoritma dan Pemrograman
Algoritma dan Pemrograman I Dosen : Utami Dewi Widianti
Algoritma dan Sequence
PENGANTAR ALGORITMA.
Bahasa Pemrograman Poltek Balikpapan 2010.
Pengantar Konsep Bahasa Pemrograman
Pengantar Algoritma dan pemograman
Pertemuan-I ALGORITMA & PEMROGRAMAN-I.
EL 2001 – Dasar Pemrograman Budi Rahardjo Teknik Elektro ITB
Lecturer Note II Turbo Pascal & Pemrograman
ALGORITMA DAN PEMROGRAMAN
Algoritma & Pemrograman 1
PEMROGRAMAN I Semester I 2017/2018
Algoritma dan Flowchart
Pemrogram 1 Agus Darmawan, S.kom.
Algoritma pemrogaman komputer
Oleh : Pramesthi Handaru
TEORI ALGORITMA.
ALGORITMA 1 Temu 1.
Pengenalan Algoritma.
IT234 ALGORITMA DAN STRUKTUR DATA
PEMROGRAMAN DASAR 3.1 & 4.1 KONSEP, STRUKTUR, PENULISAN ALGORITMA DHARU WIHARTASIH, S.PD SMK PALAPA SEMARANG.
Konsep Algoritma Pemrograman
Transcript presentasi:

Algoritma Pemrograman II Sri Nurhayati, MT

Tujuan Memahami logika berpikir komputer Memahami prinsip kerja program Memahami alasan-alasan komputer dapat mengerjakan perintah-perintah yang diberikan Menggambarkan logika jalannya program secara tertulis dengan algoritma (pseudo code) dan dilengkapi dengan diagram alir (flow chart)

Materi Pengantar Algoritma Review (Input/Output, Kondisi, Looping, prosedur) Array Implementasi Array : Searching Sequential Binary Sorting Bubble Insert Selection Stack dan Antrian

Definisi Program/Pemrograman Adalah kumpulan instruksi-instruksi tersendiri yang biasanya disebut source code yang dibuat oleh programmer (pembuat program)

Paradigma Pemrograman Pemrograman Prosedural Berdasarkan urutan-urutan, sekuensial Program adalah suatu rangkaian prosedur untuk memanipulasi data. Prosedur merupakan kumpulan instruksi yang dikerjakan secara berurutan. Harus mengingat prosedur mana yang sudah dipanggil dan apa yang sudahdiubah. Pemrograman Fungsional Berdasarkan teori fungsi matematika Fungsi merupakan dasar utama program. Pemrograman Terstruktur Secara berurutan dan terstrukrtur. Program dapat dibagai-bagi menjadi prosedur dan fungsi. Contoh: PASCAL dan C

5. Pemrograman Berorientasi Obyek Pemrograman Modular Pemrograman ini membentuk banyak modul. Modul merupakan kumpulan dari prosedur dan fungsi yang berdiri sendiri Sebuah program dapat merupakan kumpulan modul-modul. 5. Pemrograman Berorientasi Obyek Pemrograman berdasarkan prinsip obyek, dimana obyek memiliki data/variabel/property dan method/event/prosedur yang dapat dimanipulasi

Pemrograman Berorientasi Fungsi Pemrograman ini berfokus pada suatu fungsi tertentu saja. Sangat tergantung pada tujuan pembuatan bahasa pemrograman ini. Contoh: SQL (Structured Query Language), HTML, XML dan lain-lain. Pemrograman Deklaratif Pemrograman ini mendeskripsikan suatu masalah dengan pernyataan daripada memecahkan masalah dengan implementasi algoritma. Contoh: PROLOG

Algoritma urutan langkah logis tertentu untuk memecahkan suatu masalah, harus mengikuti suatu urutan tertentu, tidak boleh melompat- lompat. Alur pemikiran dalam menyelesaikan suatu pekerjaan yang dituangkan secara tertulis. algoritma seseorang dapat juga berbeda dari algoritma orang lain. dapat berupa kalimat, gambar, atau tabel tertentu.

Contoh Algoritma Jika seorang ingin memasak atau membuat kue, baik itu melihat resep ataupun tidak pasti akan melakukan suatu langkah-langkah tertentu sehingga masakannya atau kuenya jadi. Jika seseorang ingin mengirim surat kepada kenalannya di tempat lain, langkah yang harus dilakukan adalah: Menulis surat Surat dimasukkan ke dalam amplop tertutup Amplop ditempeli perangko secukupnya. Pergi ke Kantor Pos terdekat untuk mengirimkannya.

Kriteria Algoritma Input: algoritma dapat memiliki nol atau lebih inputan dari luar. Output: algoritma harus memiliki minimal satu buah output keluaran. Definiteness (pasti): algoritma memiliki instruksi-instruksi yang jelas dan tidak ambigu. Finiteness (ada batas): algoritma harus memiliki titik berhenti (stopping role). Effectiveness (tepat dan efisien): algoritma sebisa mungkin harus dapat dilaksanakan dan efektif. Contoh instruksi yang tidak efektif adalah: A = A + 0 atau A = A * 1

Definisi Pseudo-code Kode atau tanda yang menyerupai (pseudo) atau merupakan pejelasan cara menyelesaikan suatu masalah. Pseudo-code sering digunakan oleh manusia untuk menuliskan algoritma. Contoh : Problem mencari bilangan terbesar dari dua bilangan yang diinputkan

Langkah- Langkah dalam pemrograman komputer Mendefinisikan masalah Menemukan solusi Memilih algoritma Menulis program Menguji program Menulis dokumentasi Merawat program