REKAYASA PERANGKAT LUNAK

Slides:



Advertisements
Presentasi serupa
Pengembangan Sistem Informasi
Advertisements

CHAPTER 7 Pengembangan Sistem
Tahapan information engineering
ANALISIS DAN DESAIN SISTEM Mohamad Sidiq Magister Komputer Universitas Dian Nuswantoro 2a2a SYSTEM ANALYSIS P E R T E M U A N.
BAB 2 METODE REKAYASA PERANGKAT LUNAK
METODE REKAYASA PERANGKAT LUNAK
Pemrograman Sistem Basis Data
Managing Software Requirements (manajemen kebutuhan perangkat lunak)
PROSES DESIGN SISTEM BASIS DATA
©Ian Sommerville 2004Software Engineering, 7th edition. Chapter 1 Slide 1 Review Software Engineering.
ANALISA PERANCANGAN SISTEM
Metodologi Pengembangan Sistem Informasi
Oleh: SARIPUDIN Jurusan SISTEM INFORMASI
Rekayasa Perangkat Lunak (Software Engineering)
1 Pertemuan 12 Pengkodean & Implementasi Matakuliah: T0234 / Sistem Informasi Geografis Tahun: 2005 Versi: 01/revisi 1.
MODEL PROSES REKAYASA PERANGKAT LUNAK
PERTEMUAN KE-6 UNIFIED MODELLING LANGUAGE (UML) (Part 2)
Rekayasa Perangkat Lunak
Membangun Sistem Informasi ERP
1 INTRODUCTION Pertemuan 1 s.d 2 Matakuliah: A0554/Analisa dan Perancangan Sistem Informasi Akuntansi Tahun: 2006.
SIKLUS HIDUP SISTEM INFORMASI
Review Rekayasa Perangkat Lunak
System Development Life Cycle (SDLC)
Pert. 16. Menyimak lingkungan IS/IT saat ini
Notasi Object Oriented System
Defri Kurniawan, M.Kom DATA STORAGE Defri Kurniawan, M.Kom
KOMUNIKASI DATA & JARINGAN KOMPUTER
Anna dara andriana., M.kom
Metode Rekayasa Perangkat Lunak
REKAYASA PERANGKAT LUNAK
Pendahuluan Analisis & Desain Berorientasi Obyek (ADBO)
Pertemuan #3 Data Modeling Using the Entity-Relationship Model
PARADIGMA PEMROGRAMAN
Pengantar Teknologi Informasi (Teori)
M0414 Analisa Sistem Informasi
SDLC (System Development Life Cycle)
REKAYASA PERANGKAT LUNAK
Metode Rekayasa Perangkat Lunak
Review Rekayasa Perangkat Lunak
Perancangan Basis Data
Oleh : Sri Herawati, S.Kom, M.Kom
Defri Kurniawan DATA STORAGE Defri Kurniawan
Siklus Hidup Pengembangan Sistem (System Development Life Cycle)
Pemodelan & Pelaksanaan Kebutuhan
ETIKA DAN DAMPAK SOSIAL IT
Oleh : Sri Herawati, S.Kom
Membangun Sistem Informasi ERP
Membangun Sistem Informasi ERP
Review Rekayasa Perangkat Lunak
Pertemuan 4 CLASS DIAGRAM.
PENGENALAN TEKNOLOGI INFORMASI
Review Rekayasa Perangkat Lunak
Defri Kurniawan DATA dan INFORMASI Defri Kurniawan
KOMPUTASI PEMROGRAMAN
Pengembangan Sistem Informasi
Don’t Forget to Avail the Timely Offers with Uber
Pengembangan Sistem Informasi
Pertemuan 8 RPL Oleh : Syukriya al-Asyik S.Kom
Danang Wahyu Utomo DATA dan INFORMASI Danang Wahyu Utomo
PARADIGMA PEMROGRAMAN
PENGENALAN TEKNOLOGI INFORMASI
Danang Wahyu Utomo PERANGKAT LUNAK Danang Wahyu Utomo
KOMPUTASI PEMROGRAMAN
Defri Kurniawan PERANGKAT LUNAK Defri Kurniawan
PENGENALAN TEKNOLOGI INFORMASI
KOMUNIKASI DATA & JARINGAN KOMPUTER
ETIKA DAN DAMPAK SOSIAL IT
ETIKA DAN DAMPAK SOSIAL IT
Building Information Systems
A SHORT ESSAY OF CIVIL ENGINEERING BY : ALFATIHATU RAHMI CIVIL ENGINEERING ENGINEERING FACULTY ANDALAS UNIVERSITY PADANG.
Transcript presentasi:

REKAYASA PERANGKAT LUNAK Danang Wahyu Utomo danang.wu@dsn.dinus.ac.id +6285 725 158 327

RENCANA KEGIATAN PERKULIAHAN SEMESTER W Pokok Bahasan 1 Pengenalan Teknologi Informasi 2 Konsep Sistem Komputer & Pengenalan Perangkat Keras 3 4 Data Storage 5 Perangkat Lunak 6 7 Data dan Informasi 8 Ujian Tengah Semester W Pokok Bahasan 9 Komputasi Pemrograman 10 11 Rekayasa Perangkat Lunak 12 Komunikasi data & Jaringan Komputer 13 14 Etika dan dampak sosial teknologi informasi 15 Teknologi Terkini / Advance Topik 16 Ujian Akhir Semester

Reference Bruce K William, Stacey C. Sawyer – Using Information Technology : A Practical Introduction to Computers & Communications 9th Edition (2010) J. Glenn Brookshear – Computer Science : An Overview 11th Edition (2011)

Content The Software Engineering Discipline The Software Life Cycle Software Engineering Methodologies Tools Quality Assurance

The Software Engineering Discipline Software engineering adalah cabang computer science dengan prinsip pengembangan system software yang besar dan kompleks Pengembangan sistem membutuhkan upaya banyak orang Software engineering terdiri dari personel dan project management yang berkaitan dengan business management Software engineering membantu dalam pemilihan device yang kompleks

The Software Engineering Discipline Problem selama pengembangan sistem : How can you estimate the cost in time, money and other resource to complete the project ? How can you divide the project into manageable pieces ? How can you ensure that the pieces produced are compatible ? How can those working on the various pieces communicate? How can you measure progress?

The Software Engineering Discipline Penelitian dalam software engineering saat ini terdiri dari dua level : practitioners dan theoreticians Practitioners bekerja ke arah pengembangan teknik untuk aplikasi Theoreticians bekerja berdasarkan prinsip dan teori dimana teknik lebih stabil dapat dibangun nantinya

The Software Life Cycle Konsep dalam software engineering adalah software life cycle Software life cycle menggambarkan bahwa dalam pengembangan software masuk ke dalam sebuah cycle yang digunakan (development, use, maintenance)

The Traditional Development Phase

The Traditional Development Phase Tahap Requirement Analysis : Menganalisa kebutuhan user Negoisasi dengan stakeholder mengenai kebutuhan, harga dan kemungkinan yang terjadi pada sistem Membangun seperangkat kebutuhan untuk identifikasi apa saja fitur yang ada dalam sistem software

The Traditional Development Phase Tujuan Requirement Analysis : Menentukan apa saja kebutuhan sistem yang diusulkan Identifikasi kebutuhan sistem yang diusulkan Mendefinisikan bagaimana user berinteraksi dengan sistem

The Traditional Development Phase Tahap Design : Membuat rancangan untuk system yang diusulkan Fokus pada pengembangan solusi Fokus pada “Bagaimana sistem akan melakukannya” ? Hasil dari design adalah tahapan struktur sistem secara detail yang akan dikonversikan ke program Diagram dan pemodelan penting dalam tahapan desain

The Traditional Development Phase Tahap Implementasi : Implementasi melibatkan penulisan program, pembuatan file, dan database Programmer memiliki beban pada penulisan program dimana sebelumnya telah didesain oleh software analyst Programmer menerjemahkan hasil dari design menjadi suatu program (aplikasi)

The Traditional Development Phase Tahap Testing : Proses debug program dan konfirmasi apakah software sesuai dengan spesifikasi kebutuhan software Testing digunakan untuk mengetahui kualitas dari software Beberapa kesalahan mungkin tidak terdeteksi pada saat tahap implementasi

Software Engineering Methodologies Waterfall Model Prototyping RAD Extreme Programming (XP)

Waterfall Mengidentifikasi kebutuhan jauh sebelum pemrograman dimulai Meminimalkan perubahan kebutuhan selama project

Waterfall Tahap Planning : Tahap Analysis Tahap Design Dalam form permintaan sistem, menjelaskan ringkasan dari kebutuhan bisnis Analisa kemungkinan aspek dari project yang diusulkan Bagaimana tim project berjalan selama pengembangan sistem Tahap Analysis Tahap Design Tahap Implementation

Prototyping Sangat cepat untuk mendefinisikan kebutuhan Sangat cepat menyediakan sistem User dapat langsung berinteraksi dengan prototype untuk mengetahui apa yang dapat dan tidak dilakukan oleh sistem

RAD

RAD Pemahaman yang lebih baik terhadap sistem dan revisi langsung dengan membawa sistem lebih cepat apa yang diinginkan user Problem dari RAD adalah mengelola keinginan pengguna terhadap kemungkinan perubahan yang terjadi

Extreme Programming (XP) XP terdiri dari empat nilai inti : komunikasi, kesederhanaan, umpan balik, dan keberanian Pengembang harus menyediakan umpan balik secara cepat Pengembang harus membuat perubahan tambahan untuk perkembangan sistem

Criteria for Selecting a Methodology

Tools Tool digunakan untuk membuat pemodelan selama tahapan analisis dan desain Pemodelan bertujuan untuk menggambarkan bagaimana data berpindah melalui sistem, meningkatkan komunikasi antara stakeholder dan software engineer Contoh : Dataflow Diagram, UML

Dataflow Diagram Dataflow diagram menggambarkan informasi yang diperoleh dari dataflow Memudahkan untuk memahami sistem yang diusulkan selama tahap analisis Identifikasi prosedur selama tahap desain

UML (Unified Modeling Language) Sebuah tool yang dikembangkan dengan paradigma Object – Oriented Contoh : Use Case Diagram, Class Diagram Sama seperti DFD, use case menggambarkan interaksi antara user dan sistem Class diagram menggambarkan struktur kelas dan hubungan antar kelas

Use Case Diagram

Class Diagram

Case Study Currently, the Ministry of Education Malaysia (MOE) has changed the method of assessing the students. The teachers need to observe and monitor their students’ performance from standard one to the secondary school. All the information regarding the students are stored with manual filing which lead to problem in managing the records such as missing related documents and files and time consuming. There is also lack of ways to automatically update the MOE for each of the students record. Parents also do not have any medium to monitor their kids progresses accept with an annual face-to-face meeting with teachers.

Case Study : School Every school has one or more departments. A student can belong to one or more schools. A student can attend many courses and each course can have many students. A course may not have any students. A student many not be attending any schools or any course. A course is offered by a single department, while a department can offer multiple courses. Each department has many instructors, with each instructor teaching one or more courses. Each department can have at most one instructor as the chair person.

Case Study : Transaction A cash withdrawal transaction is started from within a session when the customer chooses cash withdrawal from the menu of possible transaction types. The customer chooses a type of account to withdraw from ( eg: checking) from a menu of possible accounts, and then chooses a dollar amount from a menu of possible amounts. The system verifies that it has sufficient money on hand to satisfy the request. If not, it reports failure to the session, which initiates the Failed Transaction Extension to report the problem. If there is sufficient cash, it sends the customer’s card number PIN, chosen account and amount to the bank, which either approves or disapproves the transaction. If the transaction is approved, the machine dispenses the correct amount of cash and issues a receipt. If the transaction is disapproved due to an incorrect PIN, the incorrect PIN extension is executed. All other disapprovals are reported to the session, which initiates the Failed Transaction Extension. The bank is notified whether or not an approved transaction was completed in its entirety by the machine; if it is completed then the bank completes debiting the customer’s account for the amount