BAHAN AJAR Nama Mata Kuliah : Laboratorium Aplikasi Komputer 1

Slides:



Advertisements
Presentasi serupa
Fakultas Teknik – Prodi Teknik Sipil UNIVERSITAS NAROTAMA SURABAYA
Advertisements

PENGANTAR GOOGLE SKETCHUP
Menggambar dengan Perangkat Lunak (Deskripsi Perangkat Lunak)
Teknologi Dan Rekayasa TECHNOLOGY AND ENGINERRING
KOMPUTER GRAFIS I TEKNIK DASAR MEMBUAT OBJEK 3D 1. THICKNESS
KOMPUTER GRAFIS I PENGENALAN AUTOCAD 3D
DAN TATA LETAK MENU DASAR
Konsep Dasar Praktikum CAD I.
Bentuk Koordinat Koordinat Kartesius, Koordinat Polar, Koordinat Tabung, Koordinat Bola Desember 2011.
PENGEDITAN DASAR AUTOCAD Institut Teknologi Padang
DIMENSI DAN PENERAPANNYA Institut Teknologi Padang
Materi Kuliah Kalkulus II
:: PRAKTIKUM CAD / CAM # 13 ::
AUTOCAD AUTOCAD FOR TECHNICAL AUTOCAD terbagi menjadi 2 yaitu
Digitasi Data Spasial Pertemuan 5.
DASAR-DASAR MENGGAMBAR Institut Teknologi Padang
Komputasi spasial PENGANTAR AUTOCAD JOHANNES PARLINDUNGAN, ST., MT.
4. Zoom Zoom adalah command untuk memperbesar atau memperkecil tampilan tanpa merubah skala benda. Terdapat beberapa macam zoom: Zoom all, untuk melihat.
PEMBELAJARAN Matematika INTERAKTIF
Koordinat Kartesius, Koordinat Tabung & Koordinat Bola
Lingkaran.
Tahap : Mengingat kembali
Koordinat Kartesius, Koordinat Bola, dan Koordinat Tabung
Tugas IT PERSAMAAN LINGKARAN By BILAL ALSYIDDIQ.
AutoCAD Allia Okti Sativa XI EI 1.
Pengatur dan Perubahan (Controlling and Modifying) Pertemuan 5&6 Matakuliah: Computer Aided Design (CAD) 1 Tahun: 2009 Dosen : Ir. Achmad Nazir.
PRAKTIKUM CAD / CAM # 1 Pengenalan autocad
:: PRAKTIKUM CAD / CAM # 7::
:: PRAKTIKUM CAD / CAM # 8:: ENTITY MODIFY SCALE, ARRAY, STRETCH, TRIM
DIGITAL MODELLING (Computer Aided Design / CAD)
1 Membuat Obyek Gambar Gabungan Pertemuan 6 Matakuliah: R0364/Komputasi Desain Arsitektur I Tahun: 2006.
1 Obyek – Obyek Dasar 2 Dimensi Sederhana Pertemuan 7 Matakuliah: R0364/Komputasi Desain Arsitektur I Tahun: 2006.
Teknologi Dan Rekayasa TECHNOLOGY AND ENGINERRING
Sistem Koordinat.
Komputasi spasial PENGANTAR AUTOCAD JOHANNES PARLINDUNGAN, ST., MT.
MEDIA PEMBELAJARAN MATEMATIKA SMP LINGKARAN
Drawing tools Dan aplikasinya
KOMPUTER GRAFIS VIDEO TOPIK 4 MENGGAMBAR BENTUK DUA DIMENSI
Membuat Obyek Garis Command : LINE
PENGENALAN SOFTWARE GAMBAR
ENTITY MODIFY Dwi Sudarno Putra, ST JURUSAN TEKNIK OTOMOTIF
Oleh : Dwi Sudarno Putra, ST
PENGGUNAAN PERINTAH DASAR MENU “DRAW”
PENJUMLAHAN VEKTOR SMA Titian Teras Jambi UNTUK SMA KELAS X (SEPULUH)
KOMPETENSI DENGAN PERANGKAT LUNAK (SOFTWARE) UNTUK GAMBAR TEKNIK
MENERAPKAN DASAR-DASAR GAMBAR TEKNIK
AUTOCAD AUTOCAD FOR TECHNICAL AUTOCAD terbagi menjadi 2 yaitu
Sejarah Grafika Komputer dan Komunikasi 2 D & 3 D
Kelompok 2 Agra Ahmad Afandi Ahmad Afif Alfian Hadi Pratama
Menerapkan dasar-dasar gambar teknik
Metode Penulisan Koordinat Pertemuan 4
PRAKTIKUM CAD / CAM # 2 Pengenalan autocad (2)
CAD 2008 DAN RHINOCEROS 3.0 PERBANDINGAN DESAIN OBJEK 3D SEDERHANA DENGAN AUTO for further detail, please visit
Membuat Obyek Gambar Sederhana Pertemuan 5
Mengenal Autocad Oleh Denny RN, S.T.P, M.Si.
Menentukan Rumus Luas Lingkaran Melalui Pendekatan Luas Trapesium
Teknik Menggambar (Technical Drawing) Pertemuan 3&4
Pengukuran data Obyek (Measurement Object) Pertemuan 15&16
PROCESSING OUTPUT PRIMITIVE.
GEOMETRI DIMENSI DUA.
:: PRAKTIKUM CAD / CAM # 12::
Oleh : Dwi Sudarno Putra, ST
ONE KLIK DI SUSUN OLEH TWI ALFIAN N.R. PENDAHULUAN.
Oleh : Dwi Sudarno Putra, ST
Komputasi spasial PENGANTAR AUTOCAD JOHANNES PARLINDUNGAN, ST., MT.
MATERI S I G Digitasi data spasial dan Pembangunan Topologi (mengunakan software autocad & AUTODESKMAP)
S I G Digitasi data spasial dan Pembangunan Topologi (mengunakan software autocad & AUTODESKMAP) Ir. Moh Sholichin, MT., Ph.D Website ;
Analisis Penampang Pertemuan – 12, 13, 14, 15
Tentang CAD/CAM Pra-syarat Aplikasi AutoCAD Pengenalan AutoCAD.
MENGGAMBAR 2 DIMENSI DENGAN SISTEM CAD LOG OO
Transcript presentasi:

BAHAN AJAR Nama Mata Kuliah : Laboratorium Aplikasi Komputer 1 Kode Mata Kuliah : 5514-2-08-2-2 Semester/SKS : 1 / 2

Pendahuluan Nama Mata Kuliah : Laboratorium Aplikasi Komputer 1 Identitas Mata Kuliah : Nama Mata Kuliah : Laboratorium Aplikasi Komputer 1 Kode Mata Kuliah : 5514-2-08-2-2 Semester / SKS : 1 / 2 Syarat Mata Kuliah : Tidak bersyarat Deskripsi Mata Kuliah : Mata kuliah ini merupakan Mata Kuliah Keahlian Berkarya (MKB) bagi Program Studi S1 Teknik Arsitektur, dengan bentuk sebagai mata kuliah praktikum yang dilaksanakan di Laboratorium Komputer. Mata kuliah ini memberikan pemahaman dan ketrampilan kepada mahasiswa dalam membuat gambar menggunakan komputer dengan aplikasi Computer Aided Design (CAD), dikhususkan untuk lingkup Dua Dimensi (2D). Software aplikasi CAD yang digunakan dalam praktikum adalah AutoCAD yang dipublish oleh Autodesk Inc. Kompetensi Dasar:   Mahasiswa dapat menggambar garis, lingkaran, busur (arc) dan poligon

Materi pertemuan ke-2: Membuat Objek / Entity 1. Line Line adalah objek berupa garis. Untuk membuatnya, dengan menggunakan rumusan system koordinat. Ada 3 macam: Sistem Koordinat Relatif Sistem Koordinat Polar Sistem Koordinat Kartesius. Untuk materi ini, yang akan dibahas adalah 2 buah sistem, yaitu Koordinat Relatif dan Koordinat Polar.

Materi pertemuan ke-2: Membuat Objek / Entity a. Sistem Koordinat Relatif Koordinat relatif adalah sistem koordinat yang dipergunakan untuk menentukan titik berikutnya berdasarkan pemasukan jarak panjang (x) dan lebar (y). Rumusan: @panjang, lebar

Materi pertemuan ke-2: Membuat Objek / Entity sudut panjang b. Sistem Koordinat Polar. Koordinat polar adalah sistem koordinat yang dipergunakan untuk menentukan titik koordinat berikutnya dari titik koordinat saat ini dengan memasukkan nilai jarak penempatan dan arah (sudut) penempatan. Rumusan : @panjang<sudut Cara memberikan perintah/syntax: Command: line Specify first point: (klik X1) Specify next point or [Undo]: @100<0 Specify next point (undo]: @50<90 Specify next point or or [Undo): @100<180 Specify next point or or [Close/Undo]: C

Materi pertemuan ke-2: Membuat Objek / Entity 2. Rectangle Rectangle adalah objek berbentuk segi empat, untuk membuatnya, tulis RECTANG atau Rec, pada command line, lalu jalankan dengan rumus: @panjang,lebar: Cara memberikan perintah/syntax: Command: rectang Specify first corner point or [Chamfer/Elevation/Fillet/ Thickness/Width]: (klik X1) Specify other corner point: @100,50

Materi pertemuan ke-2: Membuat Objek / Entity 3. Circle Perintah CIRCLE dipergunakan untuk membuat objek lingkaran Cara memberikan perintah/syntax: Command: CIRCLE Specify center point for circle or [3P/2P/Ttr (tan tan radius)]: (Klik X1, sebagai pusat lingkaran). Specify radius of circle or [Diameter] : 50 atau Specify radius of circle or [Diameter] : D Specify diameter of circle <100.0000>: 100

Materi pertemuan ke-2: Membuat Objek / Entity 4. Arc Perintah ARC dipergunakan untuk membuat busur, yaitu suatu objek lingkaran yang terbuka (tidak sempurna). Cara memberikan perintah/syntax: 1. Metode start/second/end : Command: arc Specify start point of arc or [CEnter]: (klik X1) Specify second point of arc or [CEnter/ENd]: (klik X2) Specify end point of arc: (Klik X3) 2. Metode Center/start/end : Specify start point of arc or [CEnter]: c Specify center point of arc: klik X1 Specify start point of arc: klik X2 Specify end point of arc or [Angle/chord Length]: klik X

Sekian Selamat Belajar