Bahasa Pemrograman (Pemrograman Visual)

Slides:



Advertisements
Presentasi serupa
Mendapatkan Input dari Keyboard
Advertisements

Mendapatkan Input dari Keyboard
BAHASA PEMROGRAMAN JAVA
PROSEDUR 1 Prosedur Adakalanya ketika kita membuat program, ada beberapa kode program yang ditulis berulang-ulang. Hal ini tentu saja menyita waktu dan.
Komponen Class Item (2) As’ad Djamalilleil
Struktur Kode Program MIDlet As’ad Djamalilleil
Menggunakan Java Bean dalam java server pages
Workshop SCS: Java Game Programming
Modul 9: antarmuka grafis (GUI) dalam window
Bahasa Pemrograman 3 Lab Bahasa Pemrograman 3
MATA KULIAH : PEMROGRAMAN 3 JAVA PROGRAMMING (JSE)
Mendapatkan input dari keyboard
Mendapatkan Input dari Keyboard
Koneksi Database Java dan Access
PELATIHAN JAVA FUNDAMENTAL
Presented by : Ratri Enggar Pawening
Pemrograman Database Nyimas Artina, S.Kom, M.Si.
Komponen-Komponen dalam J2ME
PEMROGRAMAN TERSTRUKTUR
PERTEMUAN KE 2 JAVA SERVER PAGES (JSP) BY : TITO SUGIHARTO
Company LOGO PEMOGRAMAN APLIKASI BERGERAK (Java ME) Nyimas Artina.
Presented by : Herianto
- PERTEMUAN 4- EXCEPTION
Fakultas Teknologi Informasi Universitas Budi Luhur
Pengenalan Pemrograman Jaringan dengan GUI Materi 2
Mendapatkan input dari keyboard
Bahasa Pemrograman Operasi File Oleh: Chaerul Anwar, MTI.
Pemrograman Berorientasi Obyek
Pemrograman Visual Ramos Somya.  Menubar memberikan kesan sangat tinggi terhadap sebuah aplikasi yang dilengkapi dengan kontrol ini.  Keunggulan pemakaian.
Bahasa Pemrograman Pertemuan 2-3
Step by step membuat Kalkulator.java menggunakan Java GUI
Bahasa Pemrograman (Pemrograman Visual)
PEMROGRAMAN VISUAL II Agenda Perkuliahan :
Bahasa Pemrograman (Pemrograman Visual)
MENGUASAI LAYOUT MANAGER
Graphical User Interface (GUI)
Access Modifier.
Aplikasi berbasis teks
Pertemuan 2 SINTAKS BAHASA, TIPE DATA, DAN OPERATOR
DASAR DASAR JAVA Dengan Netbans PBO Java.
Mendapatkan Input dari Keyboard
Java User Interface (Swing)
Bahasa Pemrograman (Pemrograman Visual)
Mendapatkan input dari keyboard
KELAS DAN OBJEK BAGIAN I Pertemuan 6.
PHP : Hypertext Processor
MEMBUAT CLASS SENDIRI 2.
JFC dan Swing U Abd. Rohim, MT mailto:
Struktur Kode Program MIDlet
As’ad Djamalilleil Komponen Class Item (2) As’ad Djamalilleil
Komputer Statistik Tim Pengajar Praktikum Statisitik Komputer.
PJ : Nuraini Purwandari
Exception Sussi.
Pemrograman Berorientasi Obyek
Netbeans GUI Builder Buat project baru dalam Netbeans Kategori project
antarmuka grafis (GUI) dalam window
GUI Stiki © 2014.
Pemrograman Berorientasi Obyek
Pemrograman GUI dengan Java
Mendapatkan input dari keyboard
TEORI DAN KONSEP PEMROGRAMAN BERBASIS OBJECT (OOP)
Mendapatkan Input dari Keyboard
Bahasa Pemrograman (Pemrograman Visual)
Pemrograman Berorientasi Objek
Mendapatkan Input dari Keyboard
TIPE DATA, KONVERSI TIPE DATA JLABEL, JTEXTFIELD, JBUTTON, JOPTIONPANE
Visual Swing Java JTable
Bahasa Pemrograman (Pemrograman Visual)
Bahasa Pemrograman (Pemrograman Visual)
Bahasa Pemrograman (Pemrograman Visual)
Transcript presentasi:

Bahasa Pemrograman (Pemrograman Visual) #6 Pemrograman Visual dengan Java Swing #3 (jTextArea, jTextPane)

Tujuan Pertemuan Memahami pembuatan program java visual sederhana dengan swing: jTextArea jTextPane jEditorPane

jTextArea Properties jTextArea yang biasa diisi: variable Name columns Biasa dipakai untuk pemanggilan pada kode program columns Untuk jumlah kolom yang menentukan lebar Text Area rows Untuk jumlah baris yang menentukan tinggi Text Area toolTipText Untuk menampilkan teks tooltip

jTextArea Method jTextArea yang biasa digunakan: getText() setText( ) Digunakan untuk mendapatkan teks yang ada pada Text Area. setText( ) Digunakan untuk mengganti isi teks yang ada pada Text Area. append( ) Digunakan untuk menambahkan isi teks yang ada pada Text Area.

jTextArea – Contoh Penggunaan Variabel Name: taIsiFile Columns: 20 Rows: 5 Variabel Name: btnTambahTeks Variabel Name: btnHapus Variabel Name: btnBacaIsiTextArea private void btnTambahTeksActionPerformed(java.awt.event.ActionEvent evt) { taIsiFile.append("\nHello dari button"); } LatihanFrame3.java private void btnBacaIsiTextAreaActionPerformed(java.awt.event.ActionEvent evt) { lblOutput.setText(taIsiFile.getText()); } private void btnHapusActionPerformed(java.awt.event.ActionEvent evt) { taIsiFile.setText(" "); }

jTextPane Properties jTextArea yang biasa diisi: contentType variable Name Biasa dipakai untuk pemanggilan pada kode program editable Untuk menentukan apakah isi TextPane bisa di-edit atau tidak. contentType Untuk menentukan tipe dari isi TextPane (biasanya: text/plain atau text/html) toolTipText Untuk menampilkan teks tooltip

jTextPane Method jTextArea yang biasa digunakan: setPage() getText() Digunakan menentukan sumber content dari TextPane (bisa dari file atau url). getText() Digunakan untuk mendapatkan teks yang ada pada Text Area. setText( ) Digunakan untuk mengganti isi teks yang ada pada Text Area. append( ) Digunakan untuk menambahkan isi teks yang ada pada Text Area.

jTextPane – Contoh Penggunaan Variabel Name: tpIsiUrl contentType: text/plain editable: false Variabel Name: btnBukaFile Variabel Name: btnBukaUrl Variabel Name: txtUrlFile private void btnBukaUrlActionPerformed(java.awt.event.ActionEvent evt) { try { tpIsiUrl.setPage(txtUrlFile.getText()); } catch (IOException ex) { Logger.getLogger( LatihanFrame_jTextPane.class.getName()).log( Level.SEVERE, null, ex); } private void btnBukaFileActionPerformed(java.awt.event.ActionEvent evt) { try { tpIsiFile.setPage(getClass().getResource(txtUrlFile.getText())); } catch (IOException ex) { Logger.getLogger( LatihanFrame_jTextPane.class.getName()).log( Level.SEVERE, null, ex); }

jEditorPane jEditorPane merupakan parent (class induk) dari JTextPane, semua fitur jEditorPane dimiliki oleh jTextPane. Penggunaan jEditorPane sama dengan penggunaan yang sudah dijelaskan pada jTextPane terdahulu.

“The More You Share, The More You Get” Terima Kasih “The More You Share, The More You Get”