APLIKASI MOBILE UNTUK PENGENDALI PERANGKAT ELEKTRONIK RUMAH TANGGA DENGAN ARDUINO OLEH : NOLA SESILIA BR GINTING/

Slides:



Advertisements
Presentasi serupa
Usman Bauna / P Latar Belakang  Kehidupan manusia saat ini tidak dapat dilepaskan dari alat-alat elektronik (hand phone)  Bagaimana memamfaatkan.
Advertisements

Sosialisasi KTSP DEPARTEMEN PENDIDIKAN NASIONAL LISTRIK RUMAH TANGGA BIMTEK SMP-RSBI 2009.
Ana Kurniawati ANALISIS SISTEM Ana Kurniawati
Proses-proses Perangkat Lunak
Pemberi Makan Ikan Otomatis Untuk Aquarium Ikan Koi Dengan Media SMS Ananda Darsono, for further detail, please visit
BAB I Pendahuluan.
Perancangan Dan Implementasi Aplikasi Banking Berbasis Web Dengan Lalu Syukri Jaelani, for further detail, please visit
ANDROID APLIKASI GAME MATHDOKU PADA PERANGKAT MOBILE DENGAN for further detail, please visit
PERANCANGAN DAN PEMBUATAN APLIKASI RUMUS DAN Nulykanti Giatrias Hutami, for further detail, please visit
PEMBUATAN APLIKASI INFORMASI ZAKAT PADA PERANGKAT Muhammad Abdulah
RANCANG BANGUN SISTEM INFORMASI PELACAKAN DAN PEMANTAUAN PAKET KIRIMAN BERBASIS WEB DENGAN BANTUAN MOBILE ANDROID Putu Agus Yudisuda Indrakarna 1) S1 Sistem.
BERMOTOR BAGI PENGGUNA MOTOR 4 TAK DENGAN PEMBUATAN APLIKASI INFORMASI PERAWATAN KENDARAAN for further detail, please visit
PHP, MYSQL, DAN MACROMEDIA DREAMWEAVER 8
PROGRAMMING UNTUK PENGENDALIAN JARAK JAUH DESKTOP SISTEM PERINGATAN DINI DENGAN PENGUNAAN SOCKET for further detail, please visit
PEMBUATAN Agung Wicaksono
SIKLUS PENGEMBANGAN SISTEM
Penulisan Ilmiah, PROGRAM APLIKASI PEMUTARAN VIDEO
MANIPULASI REGISTRY PADA SISTEM OPERASI MICROSOFT Didik Kassidy, for further detail, please visit
APLIKASI for further detail, please visit
PEMBUATAN Firman Yudhistira
for further detail, please visit
Smith-Waterman Pembuatan Aplikasi Pendeteksian Kemiripan Dokumen Teks dengan Algoritma for further detail, please visit
APLIKASI INFORMASI JADWAL KRL EKONOMI UNTUK Wahyu Dwiyantoro
For further detail, please visit
Wahyu Setiawan Teknik Elektro Universitas Gunadarma
MAHASISWA : EKO PUTRO LASMONO NIM :
Kata kunci : keamanan data, PHP, Dreamweaver Siska Daniaty.M
BILLING WARNET APLIKASI MICROSOFT VISIAL BASIC 6.0 DALAM PEMBUATAN
ALAT UNDI DENGAN PENAMPIL 7’SEGMENT MELALUI INTERFACE Hasanudin
Aplikasi Mobile GIS Easy Mobile Map Dengan Menggunakan J2ME
PEMBUATAN APLIKASI GAME SBOXED DENGAN MENGGUNAKAN PYTHON Rosiyana
APLIKASI KAMUS PSIKOLOGI PADA PERANGKAT MOBILE DENGAN Harry Prasetyo Diputra for further detail, please visit
INSTITUT SAINS DAN TEKNOLOGI NASIONAL FAKULTAS TEKNOLOGI INDUSTRI
Penerapan Metode PRIM Pada Minimum Spanning Tree dengan Verika N. D
PENERAPAN SISTEM PEMBELAJARAN ONLINE UNTUK Endang Dwi Lestari for further detail, please visit
APLIKASI PARKIR KENDARAAN PADA PUSAT PERBELANJAAN MadaKara Kurniawan ( ) for further detail, please visit
Aplikasi Penyewaan VCD/DVD Biohazard Dengan Menggunakan Java 2 Se Dan Abdul Halim for further detail, please visit
APLIKASI PENUNJUK LOKASI KLINIK KESEHATAN BERBASISKAN PLATFORM ANDROID
I S T N Rancang Bangun Sistem Pengendalian Alat Dehumidifier Berbasis Mikrokontroler pada Laboratorium PT. Dowell Anadrill Schlumberger.
SISTEM PENGENDALIAN CAHAYA RUANGAN BERBASIS MIKROKONTROLER ATMEGA 8535
“Website Latihan Soal – Soal Mata Pelajaran Bahasa Inggris Untuk Kelas
Nama : Anita NPM : Jurusan : Teknik Informatika
JARINGAN DI LINUX PENGGUNAAN SMS SEBAGAI ALTERNATIF PENGONTROLAN
PEMBUATAN APLIKASI PENGENALAN BAHASA JEPANG BERBASIS Niswah Nemah Rezeki for further detail, please visit
KOMUNIKASI DATA S. Indriani L, M.T Teori Dasar Komunikasi Data.
Struktur dan fungsi pengolahan data
SIKLUS HIDUP PENGEMBANGAN SISTEM (System Development Life Cycle/SDLC)
Analisis Perbandingan Sistem Operasi Telepon Seluler Symbian dan Bambang Irawan for further detail, please visit
  for further detail, please visit
DENGAN KONSEP MULTIMEDIA BAGI ANAK USIA PRASEKOLAH MERANCANG DAN MEMBUAT APLIKASI PEMBELAJARAN for further detail, please visit
Pengontrolan sistem digital pada laboratorium elektronika berbasis pemrograman ephi nama: Npm:
SIMULASI KENDALI LAMPU PENERANGAN DENGAN MENGGUNAKAN LED DAN ARDUINO SEVERINO PADA DELPHI 7 BERI PERIMA TEKNIK INFORMATIKA
MODUL N. Bericho S for further detail, please visit
Pengembangan Sistem Informasi
BAB I PENDAHULUAN 1.1 Latar Belakang
SKRIPSI Dosen Pembimbing : Agus Rahardi, S.Kom., M.T.I Nama: Kartika Paramitha Npm: Jurusan: Sistem Informasi APLIKASI SISTEM INFORMASI GEOGRAFIS.
MUHAMMAD RIZKY ABDILLAH
(Java Mobile Edition). APLIKASI PEMETAAN RUTE TRANSJAKARTA MENGGUNAKAN J2ME for further detail, please visit
PI. Jurusan Teknik Informatika, Fakultas Teknik Industri, Universitas Gunadarma, Pembuatan Game Kill The Alien Menggunakan Java 2 Micro Edition. for further.
PEMBUATAN APLIKASI COMBINE IMAGE DENGAN MENGGUNAKAN Luqman Alghifari Hakim. for further detail, please visit
MEMBANGUN KELAS VIRTUAL DENGAN MENGGUNAKAN PHP, JAVA Ilham Riyadi.
MERANCANG APLIKASI GAME THE SPACESHOTER DENGAN JAVA 2 Eggi Akbar Triana, for further detail, please visit
MENGGUNAKAN J2SE PEMBUATAN APLIKASI PERMAINAN
MENGGUNAKAN BAHASA PEMROGRAMAN JAVA PEMBUATAN APLIKASI GAME ”TETRIS WARNA” DENGAN for further detail, please visit
APLIKASI KAMUS PADA TELEPON SELULER BERBASIS ANDROID Sastra Mulyadi
APLIKASI Cicu Ratih Damayanthi
APLIKASI MODUL PENGENALAN BENTUK DAN WARNA UNTUK Faiz Djibran
VISUAL BASIC .NET MEMBANGUN XML WEB SERVICES DENGAN MENGGUNAKAN
for further detail, please visit
APLIKASI MANAJEMEN PEKERJAAN UNTUK PETUGAS SERVIS Maulana Sutrisna
Transcript presentasi:

APLIKASI MOBILE UNTUK PENGENDALI PERANGKAT ELEKTRONIK RUMAH TANGGA DENGAN ARDUINO OLEH : NOLA SESILIA BR GINTING/

LATAR BELAKANG MASALAH:  Membuat aplikasi jarak jauh yang dapat mengontrol setiap perangkat elektronik yang ada dirumah pengguna, dengan menggunakan aplikasi mobile yang bekerja sebagai tampilan dan memberikan informasi kepada pengguna, perangkat Arduino yang bekerja sebagai penerjemah perintah dan mengirimkan sinyal kendali, kemudian Web Service yang digunakan sebagai layanan yang menerima perintah dari aplikasi Mobile dan memberikan perintah tersebut kepada Arduino.  Setelah Arduino mendapatkan perintah dari pengguna melalui Web Service maka Arduino akan langsung menerjemahkan serta menjalankan perintah tersebut, untuk mengendalikan lampu perangkat keras Arduino disambungkan dengan sebuah Relay yang dimana Relay tersebut sudah tersambung dengan lampu yang hendak dikendalikan. Arduino IR-Remote merupakan library yang digunakan untuk mengendalikan TV dan AC, dimana IR-Remote ini digunakan untuk menyimpan signal dari infrared kedalam bentuk hex dan kemudian mengirimkan kembali signal tersebut.

TEORI UTAMA/REFERENSI:  Ichwan, M., Husada, M. G. & Rasyid, M. I. A., Pembangunan Prototipe Sistem Pengendalian Peralatan Listrik Pada Platform Android. Jurnal Informatika, IV(1), pp  Membahas tentang penelitian membangun prototipe aplikasi sistem pengendalian peralatan listrik pada platform android sebagai solusi alternatif baru untuk sistem pengendalian peralatan listrik jarak jauh.

METODE YANG DIPAKAI ADALAH:  Metode Pembangunan Perangkat Lunak Pembangunan aplikasi ini meliputi langkah-langkah sebagai berikut :  Analisis Perangkat Lunak, yaitu proses untuk mendefinisikan kebutuhan perangkat lunak yang akan dikembangkan, yang dituangkan dalam Laporan Spesifikasi Kebutuhan Perangkat Lunak (SKPL).  Perancangan Perangkat Lunak, yaitu proses untuk mendefinisikan perancangan sistem yang akan dikembangkan, yang dituangkan dalam laporan Deskripsi Perancangan Perangkat Lunak (DPPL).  Pengkodean, yaitu proses penulisan program yang merealisasikan rancangan sistem yang dikembangkan dengan menggunakan bahasa pemrograman, dengan mengikuti kaidah pemrograman yang berlaku.  Pengujian Perangkat Lunak, yaitu proses yang dilakukan dengan menguji sistem yang telah dibuat pada langkah pengkodean, serta pengujian juga dilakukan melalui kuisioner. Pengujian dilakukan untuk menguji fungsional perangkat lunak apakah sudah sesuai dengan yang dibutuhkan dalam dokumen. Hasil pengujian berupa Dokumen Perencanaan Deskripsi dan Hasil Uji Perangkat Lunak (PDHUPL).

PENUTUP:  Aplikasi yang dibuat diharapkan dapat membantu pengguna dalam menyelesaikan permasalahan untuk mengontrol perangkat listrik yang lupa untuk dimatika sehingga untuk menghindari resiko arus pendek listrik ataupun kebakaran, ataupun tarif listrik yang membegkak ataupun pemakaian yang boros.