OBJECT ORIENTED ANALISYS AND DESIGN

Slides:



Advertisements
Presentasi serupa
REKAYASA PERANGKAT LUNAK
Advertisements

PENGEMBANGAN PERANGKAT LUNAK
Perencanaan Perangkat Lunak
PEMODELAN ANALISIS Kuliah - 5
Sasaran Menjelaskan apa yang dimaksud model proses
Pertemuan 8 Proyek Sistem Informasi Viska Armalina, ST., M.Eng
REKAYASA PERANGKAT LUNAK (Software Engineering) Eka Ismantohadi
PENGEMBANGAN SISTEM.
Model Proses PL.
PERENCANAAN PROSES PERANGKAT LUNAK
TESTING & IMPLEMENTASI SISTEM
Pengembangan dan Perancangan Perangkat Lunak
Pertemuan 2 Konsep Aplikasi Berbasis Objek, UML dan Rational Rose
Analisa dan Desain dalam Penelitian
Software Process Model
Metodologi Pengembangan Sistem Informasi
SIKLUS HIDUP SISTEM Proses Pengembangan sistem berasal dari system life cycle/siklus hidup sistem. Siklus hidup sistem terjadi begitu saja System.
Rekayasa Perangkat Lunak
Metodologi Pengembangan Perangkat Lunak
Metode rpl BY: Y. PALOPAK S.Si., MT..
Pengembangan SISTEM secara TOTALITAS bahan 14
PENGEMBANGAN PERANGKAT LUNAK.
SIKLUS HIDUP PENGEMBANGAN PERANGKAT LUNAK
Materi Sesi ke 8 Pengembangan Sistem Informasi Manajemen
KONSEP DASAR PENDEKATAN OBJEK
PENGEMBANGAN APLIKASI
Rekayasa Perangkat Lunak Model Proses PL
System Development Life Cycle (SDLC)
Rekayasa perangkat lunak (rpl)
Model Proses PL.
Pengenalan Rekayasa Perangkat Lunak
Anna dara andriana., M.kom
Perancangan Sistem Informasi
Analisa dan Desain Berorientasi Obyek
PENGEMBANGAN PERANCANGAN SISTEM
ANALISA DAN PERANCANGAN SISTEM INFORMASI
SE3414 RPL: Teknik Berorientasi Objek
Metode Rekayasa Perangkat Lunak
REKAYASA PERANGKAT LUNAK
REKAYASA PERANGKAT LUNAK
Siklus Hidup Perangkat Lunak
KEBUTUHAN & SPESIFIKASI SOFTWARE
Pendahuluan Analisis & Desain Berorientasi Obyek (ADBO)
KONSEP BARU SEKITAR TESTING
REKAYASA PERANGKAT LUNAK
Materi Habis Uts IMK Prototyping
Analisa dan Perancangan Sistem
SIM LOGISTIK PERTEMUAN 3.
PERTEMUAN 2 Proses Pengembangan Perangkat Lunak
ANALISA DAN PERANCANGAN SISTEM INFORMASI
SDLC (System Development Life Cycle)
Metode Rekayasa Perangkat Lunak
KEBUTUHAN & SPESIFIKASI SOFTWARE
PENGEMBANGAN PERANGKAT LUNAK
REKAYASA PERANGKAT LUNAK
MODEL PROSES PERANGKAT LUNAK
Testing Dan Implementasi Sistem
Pengantar Analisa Desain Berorientasi Objek
PENGEMBANGAN SISTEM.
SOFTWARE ENGGINERING Model Model Siklus Rekayasa Perangkat Lunak
BAB II Pengembangan Sistem
SOFTWARE ENGGINERING Software LIFE CYCLE
Paradigma Rekayasa Perangkat Lunak
Pertemuan 8 RPL Oleh : Syukriya al-Asyik S.Kom
KEBUTUHAN & SPESIFIKASI SOFTWARE
Pengembangan SISTEM secara TOTALITAS bahan 14
MODEL PROSES PERANGKAT LUNAK
MODEL PROSES PERANGKAT LUNAK
OBJECT ORIENTED ANALISYS AND DESIGN
Konsep Aplikasi Berbasis Objek
Transcript presentasi:

OBJECT ORIENTED ANALISYS AND DESIGN Pengenalan Object Analysis And Design Adi Panca Saputra Iskandar, S.Kom, M.T | adipancaiskandar @gmail.com

Pengertian OOAD adalah metode analisis yang memerikasa requirements dari sudut pandang kelas kelas dan objek yang ditemui dalam ruang lingkup permasalahan yang mengarahkan arsitektur software yang didasarkan pada manipulasi objek-objek system atau subsistem.OOAD merupakan cara baru dalam memikirkan suatu masalah dengan menggunakan model yang dibuat menurut konsep sekitar dunia nyata. Dasar pembuatan adalah objek,yang merupakan kombinasi antara struktur data dan perilaku dalam satu entitas.

Blind People

Opini yg kuat Masing-masing benar Masing-masing salah Tidak satupun dari mereka pernah melihat gajah

Sofware Product

Pendekatan Berorientasi Objek Proses yang lebih teliti Banyak waktu yg disediakan utk mendapatkan requirement, membangun model requirement dan model analisis, selanjutnya diubah menjadi model desain Tidak perlu melihat code sampai waktu pembangunan 25%

Pengembangan Software “Proses untuk mengubah, memperbaiki, transformasi dan menambah produk yg ada”

Proses Pengembangan S/W Transformasi I (Analisis) Menerjemahkan kebutuhan user ke dalam requirements & tanggung jawab (resposibilities) sistem Bagaimana sistem akan digunakan dapat menambahkan informasi requirement

Proses Pengembangan S/W Transformasi II (Desain) Dimulai dengan pernyataan permasalahaan, berakhir dengan detil desain yg dapat diwujudkan menjadi sistem operasional Kegiatan pembangunan, termasuk definisi tentang bagaimana membangun perangkat lunak, pengembangan, pengujian, deskripsi desain dan program

Proses Pengembangan S/W Transformasi III (Implementasi) Menyempurnakan detil desain ke deployment sistem yang akan memenuhi kebutuhan user Memperhitungkan peralatan, prosedur, SDM, dll Bagaimana perwujudan produk (s/w) dalam lingkungan operasionalnya

Pengertian Obyek Obyek dalam “Software Analysis & Design” adalah sesuatu berupa konsep, benda, dan sesuatu yg membedakannya dari lingkungannya

Dasar OOA & OOD Terdapat 3 konsep dasar OOA & OOD: Pemodulan (Encapsulation) Penurunan (Inheritance) Polymorphism

Encapsulation Information hiding Pembungkusan, menjaga proses agar tidak dapat diakses sembarangan atau diintervensi Dilakukan utk menjaga keutuhan program agar dapat diakses sewaktu-waktu

BIKE Inheritance Hubungan dua kelas atau lebih Kelas parent mewariskan atribut dan metodenya kepada kelas child Terdapat atribut dan metode tambahan dari kelas child yg menjadi sifat khusus yg membedakannya BIKE

Polymorphism Dapat menimpa (override) suatu method dari parent yg diturunkan, sehingga memiliki kelakuan yg berbeda Obyek child melakukan metode yg sama dengan algoritma yg berbeda dengan parent

Kebutuhan bisnis dan user tidak sesuai Pergolakan Requirements Modules tidak terintegrasi Susah untuk dikelola Kelemahan yang terlambat diketahui Kualitas buruk Kinerja buruk Tidak ada upaya terkoordinasi dari tim

Gejala -> Penyebab -> Solusi Symptoms Root Causes Best Practices Tidak sesuai Requirements kacau Modules tdk sesuai Susah dikelola Penemuan yg lambat Kualitas rendah Kinerja rendah Masalah pengembang Kurangnya requirements Komunikasi yg ambigu Arsitektur rapuh Terlalu kompleks Tidak konsisten Kurangnya testing Penilaian subyektif Metode waterfall Perubahan tak terkontrol Kurangnya otomatisasi Bangun secara iteratif Kelola requirements Gunakan arsitektur komponen Pemodelan Visual (UML) Verfifikasi kualitas berkerlanjutan Mengontrol perubahan (UCM)

Metode Tahapan Pengembangan Produk diperoleh melalui tahapan Pengembangan = Software Development Life Cycle (SDLC) Contoh siklus hidup (SDLC): Waterfall model V model Spiral model CBD model Prototyping Extreme Model

Tujuan Metode Tahapan Pengembangan Kerangka kerja untuk tugas-tugas yang dibutuhkan untuk membangun perangkat lunak dengan kualitas tinggi . Strategi pengembangan PL yang melingkupi lapisan proses, metode dan alat bantu yang digunakan

Tahapan Metode Waterfall

Tahapan Metode Waterfall

Tahapan Metode Waterfall Requirements analysis and definition : Mengumpulkan kebutuhan secara lengkap kemudian kemudian dianalisis dan didefinisikan kebutuhan yang harus dipenuhi oleh program yang akan dibangun. System and software design : Desain dikerjakan setelah kebutuhan selesai dikumpulkan secara lengkap. Implementation and unit testing : desain program diterjemahkan ke dalam kode­ kode dengan menggunakan bahasa pemrograman yang sudah ditentukan. Program yang dibangun langsung diuji. Integration and system testing : Penyatuan unit­unit program kemudian diuji secara keseluruhan (system testing). Operation and maintenance : mengoperasikan program dilingkungannya dan melakukan pemeliharaan, seperti penyesuaian atau perubahan karena adaptasi dengan situasi sebenarnya.

Kekurangan yang utama dari model ini adalah kesulitan dalam mengakomodasi perubahan setelah proses dijalani. Fase sebelumnya harus lengkap dan selesai sebelum mengerjakan fase berikutnya.

Tahapan Metode Prototyping Sebagian besar customer hanya memberikan beberapa kebutuhan umum software tanpa detil input, proses atau detil output.

Tahapan Metode Prototyping Requirements : developer dan klien bertemu dan menentukan tujuan umum, kebutuhan yang diketahui dan gambaran bagian­bagian yang akan dibutuhkan berikutnya. Design : perancangan dilakukan cepat dan rancangan mewakili semua aspek software yang diketahui, dan rancangan ini menjadi dasar pembuatan prototype. Evaluasi prototype : klien mengevaluasi prototype yang dibuat dan digunakan untuk memperjelas kebutuhan software.