Fathiah, S.T.,M.Eng Universitas Ubudiyah Indonesia

Slides:



Advertisements
Presentasi serupa
Dasar-dasar Web Design
Advertisements

1 Start with Question • Pernahkah Anda menutup sebuah website karena waktu loading yang lama? • Seberapa sering Anda menemukan website yang –tidak (atau.
Kriteria Sebuah Web Site yang Baik
INTERAKSI MANUSIA DAN KOMPUTER
Interaksi Manusia dan Komputer (IMK) Dosen : Tata Sumitra M
Prototype.
Interaksi Manusia dan Komputer
IMK 1. Pengantar IMK. 2. Faktor Manusia Kerangka Kerja
INTERAKSI MANUSIA DAN KOMPUTER
Evaluasi IMK.
Interaksi Manusia dan Komputer – Part 1
INTERAKSI MANUSIA dan KOMPUTER (HUMAN COMPUTER INTERACTION)
Interaksi Manusia dan Komputer (IMK) 2 SKS Dosen : Yulistia,S. Kom. ,M
Pertemuan 1 PENGENALAN IMK.
Interaksi Manusia & Komputer Evaluasi
HUMAN COMPUTER INTERACTION
Interaksi Manusia & Komputer Pendahuluan
USABILITAS WEB (WEB USABILITY)
TEKNIK EVALUASI.
INTERAKSI MANUSIA & KOMPUTER
Teknik Evaluasi.
USABILITAS WEB (WEB USABILITY)
Interaksi Manusia dan Komputer
PENDEKATAN RPL UNTUK INTERAKSI MANUSIA KOMPUTER
Pertemuan 1 PENGENALAN IMK.
TEKNIK EVALUASI Rima Dias Ramadhani.
Interaksi Manusia dan Komputer
Evaluasi IMK.
KONSEP DASAR DESAIN WEB
Interaksi Manusia & Komputer
Evaluasi IMK.
Pengenalan Konsep Interaksi Manusia dan Komputer
Tahapan Proyek Pembuatan Situs Web
Pendahuluan.
Step 3: Memahami Prinsip Desain Antarmuka
INTERAKSI MANUSIA DAN KOMPUTER
Evaluasi Interaksi Manusia dan Komputer Oleh : SRI HERAWATI, S.KOM
INTERAKSI MANUSI DAN KOMPUTER
SIKLUS HIDUP PENGEMBANGAN SISTEM (System Development Life Cycle/SDLC)
Pertemuan Kedua Pendahuluan
Membangun Web yang baik (lanjutan)
KEMENTERIAN PEKERJAAN UMUM
Web usability Firman Wahyudi.
INTERAKSI MANUSIA DAN KOMPUTER
Teknik Evaluasi.
Evaluasi IMK.
PENGENALAN KONSEP IMK Dahlan Abdullah
IMK.
Tujuan instruksional umum:
PENGENALAN KONSEP IMK Pertemuan 2.
INTERAKSI MANUSI DAN KOMPUTER
Evaluasi IMK.
REKAYASA WEB Development Process
INTERAKSI MANUSIA DAN KOMPUTER
PUTRI ISMA OKTAWIANI ( )
INTERAKSI MANUSIA DAN KOMPUTER
INTERAKSI MANUSIA dan KOMPUTER (HUMAN COMPUTER INTERACTION)
Interaksi Manusia dan Komputer Antar Muka, Desain Layar, dan Usabilitas dari situs Harry Suryadi ( ) Henry Santoso ( )
Evaluasi IMK.
Pendahuluan.
Pendahuluan IMK-2010 Definisi IMK:
The Humans Role in UCD.
Evaluasi IMK.
Konsep Interaksi manusia dan komputer Ahmad Sujana IF STT MANDALA.
Pengenalan Dasar Interaksi Manusia dan Komputer
Fathiah, S.T.,M.Eng Universitas Ubudiyah Indonesia
Metode penelitian Usability Nielsen
PENGENALAN KONSEP Interaksi Manusia Komputer (IMK) Oleh :Nofriadiman, ST., Mkom Program Studi Sistem Informasi STTIND Padang.
Interaksi Manusia dan Komputer (IMK) 3 SKS
Transcript presentasi:

Fathiah, S.T.,M.Eng Universitas Ubudiyah Indonesia fathiah@uui.ac.id PENDAHULUAN IMK Fathiah, S.T.,M.Eng Universitas Ubudiyah Indonesia fathiah@uui.ac.id 2015

Apa itu HCI ??

Interaksi Manusia-Komputer Disiplin ilmu yang mempelajari tentang Sistem komputer interaktif untuk digunakan manusia perancangan implementasi evaluasi Course Introduction

Hukum Moore Computer Abilities/kemampuan komputer Hukum Moore adalah salah satu hukum yang terkenal dalam industri mikroprosesor yang menjelaskan tingkat pertumbuhan kecepatan mikroprosesor transistors speed discs cost 1950 1990 2030 Course Introduction

Psikologi human abilities 1950 1990 2030 Course Introduction

Dimana hambatannya? system performance Course Introduction

Model Konseptual dan Model Pengguna Design Model User Model System Image Pengguna mendapatkan model dari pengalaman menggunakan suatu sistem Lewat system image Apa yang terjadi jika dua model tidak cocok? Course Introduction

Ketidak cocokan model Konsekuensi Kinerja yang rendah Kesalahan Dan ketidak mampuan untuk recovery/ pembaharuan Frustrasi ... Course Introduction

Contoh Course Introduction

Penempatan ‘antarmuka’ Course Introduction

Proses perancangan antarmuka Artikulasi: Siapa penggunanya Apa tugas mereka Rancangan kasar Rancangan lebih rinci Rancangan lengkap Tujuan: Rancangan berpusat tugas Rancangan partisipatori Rancangan berpusat pengguna Psikologi dari benda sehari-hari User involvement Penyajian dan metafor Rancangan tampilan layar Interface guidelines Style guides Interaksi partisipatori Task scenario Evaluasi Usability testing Heuristic evaluation Test lapangan Metode: Metode prototipe kasar Metode prototipe terinci Produk: Pengguna dan rincian tugasnya Throw-away paper prototypes Prototipe yang dapat ditest Spesifikasi alpha/betha atau spesifikasi lengkap Course Introduction

Mengapa perlu proses perancangan antarmuka? 63% proyek besar over budget Alasan manager Pengguna menginginkan perubahan Tugas-tugas yang tidak teridentifikasi sebelumnya Pengguna tidak mengetahui kebutuhannya Komunikasi dan pemahaman yang jelek antara pengguna dan pengembang Course Introduction

Mengapa perlu proses perancangan antarmuka? Rekayasa kebergunaan (usability) adalah rekayasa perangkat lunak Sekarang bayar sedikit dan nanti bayar banyak Sangat mudah untuk langsung melompat ke rancangan terinici: Berdasarkan analisis kebutuhan yang salah Tidak mudah untuk digunakan Tidak pernah ditest sebelumnya Course Introduction

Fondasi perancangan antarmuka Memahami pengguna dan tugas-tugsanya Perancangan sistem berpusat (pada) pekerjaan Bagaimana mengembangkan contoh tugas Bagaimana mengevaluasi rancangan Melibatkan pengguna Perancangan berpusat (pada) pengguna dan prototipe Metode-metode yang digunakan untuk merancang bersama-sama dengan pengguna Prototipe kasar dan setengah halus Mengevaluasi antarmuka dengan pengguna Peranan evaluasi dalam perancangan antarmuka Bagaimana mengamati manusia yang menggunakan sistem untuk mendeteksi persoalan yang mungkin muncul /detect interface problems Course Introduction

Fondasi perancangan antarmuka Merancang antarmuka visual Merancang benda (yang digunakan) sehari-hari Apa yang membuat rancangan visual berhasil? Lebih dari sekedar rancangan layar Penyajian dan metafor Rancangan tampilan Penempatan komponen pada layar Prinsip Perancangan Gunakan guideline dan temukan persoalan kebergunaan This is a great design! Course Introduction

Konsep Interaksi Manusia-Komputer

Pengguna (yang) Sempurna http://www.syntagm.co.uk/design/elecamonglebat.htm Minggu 7/PIS/TKI

Desain web yang baik Desain Visual Desain adalah kreatifitas, tidak ada yang salah selama tidak merugikan orang lain. Desain adalah ‘rasa’ , nilai estetika (Warna, Layout, Elemen, Tipografi) ditentukan dari apresiasi dan persepsi setiap orang (user) 2. Loading time Load time website adalah waktu yang diperlukan oleh browser untuk menampilkan website secara keseluruhan. Banyak hal yang mempengaruhi kecepatan tersebut, seperti elemen-elemen CSS, elemen-elemen HTML, elemen-elemen javascript, kecepatan akses internet, image dsb 3. Interactivity (bersifat interaktif) memiliki kemampuan untuk mengakomodasi respon pengguna website. Pengunjung akan segera meninggalkan website kita jika mereka tidak mendapatkan kejelasan tentang apa yang ditawarkan pada website kita

Lanj… 4. Content. Alasan orang mengunjungi blog atau website kita adalah karena isi dari blog atau website tersebut. Jadi blog atau website yang baik adalah blog atau website yang memiliki isi atau konten yang bagus. Ingat hal yang paling penting dari suatu blog atau website adalah isi atau kontennya, karena “content is a king”. Selain itu isi dari konten tersebut harus banyak dicari oleh orang lain dengan menggunakan keyword tool, untuk mengetahui keyword apa yang paling banyak dicari oleh orang lain. Jangan pernah menempatkan iklan yang lebih banyak daripada konten, karena pengunjung tidak mencari iklan melainkan konten dari website.

5. Aksesabilitas dan kompatibilitas 5. Aksesabilitas dan kompatibilitas. Adalah kemampuan sistem agar dapat diakses oleh pengguna yang memiliki keterbatasan. Setiap orang dapat menikmati informasi yang ada dalam sebuah situs tak terkecuali bagi orang-orang dengan keterbatasan (fisik, teknologi, dll) 6. Funcsionality. Pengaksesan informasi dengan cepat dan baik adalah salah satu faktor penting sebuah situs web. Sehingga waktu download, kemampuan cross platform, dan browser independent sangat dominan dalam penilaian fungsionalitas sebuah situs

7. Usability. Adalah kemampuan sistem agar mudah digunakan dan sederhana dalam pengoperasiannya. Usability terdiri dari : Learnability: Kemudahan penggunaan dan waktu belajar , Efficiency: kecepatan kinerja , Memorability: daya ingat , Errors: tingkat kesalahan, dan Satisfaction: kepuasan subyek

Tugas Cari metafor / pencangan antar muka di sekitar kehidupan kita yang telah mellaui proses perancangan, implemtasi dan evaluasi yang baik AAAAA7.

Selesai