RANCANGAN LAYAR Grafik User Interface OBJEK ORIENTED DISAIN.

Slides:



Advertisements
Presentasi serupa
KEBUTUHAN & SPESIFIKASI SOFTWARE
Advertisements

Menu dan Ikon Pada Perangkat Lunak Pengolah Kata
Seminar Tugas Akhir Yohanes Setiawan ( )
IMPLEMENTASI & APLIKASI BASIS DATA
Kode MK : MI Revisi Terakhir : Pertemuan1 FX. Henry Nugroho, S.T., M.Cs Adi Kusjani, S.T. GUI dan IDE 2013.
SISTEM BASIS DATA.
Unified Modelling Language (UML)
Graphical User Interface (GUI)
Kode MK : MI Revisi Terakhir : Pertemuan 2 FX. Henry Nugroho, S.T., M.Cs Adi Kusjani, S.T. Penggunaan Komponen Dasar 2013.
Pemograman 1 Pertemuan 1.
Sistem Informasi Pengelolaan Dana Zakat, Infaq, dan Shodaqah
PEMROGRAMAN APLIKASI BISNIS I (VISUAL STUDIO 2010)
VISUAL BASIC.NET Apa Itu VB.NET ?
Disusun Oleh: YOGO PRASTOWO INTRODUCTION
Merancang User Interface
Panduan praktis belajar VISUAL BASIC 6.0 Oleh Team AMIK MBP Medan AMIK MBP 2007.
Pertemuan 2 Konsep Aplikasi Berbasis Objek, UML dan Rational Rose
Analisa dan Desain dalam Penelitian
JAWABAN UJIAN TENGAH SEMESTER PEMROGRAMAN VISUAL
Rekayasa Perangkat Lunak Proses Rekayasa Perangkat Lunak
APLIKASI TES IQ DENGAN MENGGUNAKAN JAVA 2 MICRO EDITION PADA PERANGKAT MOBILE 1. PENDAHULUAN.
KONSEP DASAR APLIKASI LOTUS NOTES
Perancangan Sistem Informasi
JAWABAN UTS PEMROGRAMAN VISUAL 2012
PENGANTAR PEMROGRAMAN VISUAL BASIC
Lingkungan MS Access Pertemuan 2
Nama : Sassika Nim : Secara garis besar pemrograman (terutama untuk aplikasi desktop) dibedakan menjadi dua, yaitu pemrograman konvensional.
Mata Kuliah Algoritma dan Pemrograman 1-C
Graphical User Interface (GUI)
Pertemuan 1 Dani Hamdani, S.Kom..
Pengenalan Visual Basic
Analisa dan Perancangan Berbasis Objek
Pemrograman Berorientasi Objek Lanjutan
Pemrograman Visual Oleh : Erni Fatmawati.
SISTEM BASIS DATA.
VISUAL BASIC.NET Apa Itu VB.NET ?
Louis Bertrand Secondra
Konsep delphi Pertemuan Ke-1 & 2.
DIAGRAM AKTIVITAS ACTIVITY DIAGRAM.
KONSEP INTERFACE
Koordinasi Antara Tahap Analisa dan Tahap Rancangan
PERANCANGAN SISTEM BERORIENTASI OBJEK DENGAN UML
User interface Bagaimana user berinteraksi dengan komputer
Pendahuluan.
KEBUTUHAN & SPESIFIKASI SOFTWARE
Robustness Diagram dan Sequence Diagram
MEMBUAT MENU SWITCHBOARD
KONSEP DASAR APLIKASI LOTUS NOTES
LAB PEMOGRAMAN III (VISUAL BASIC)
VB.NET Berbasis pada Visual-basic
PENGEMBANGAN APLIKASI SPELLING CHECKER BHS. INDONESIA
Disusun oleh: Hermansyah, S.Kom
KONSEP DASAR APLIKASI LOTUS NOTES
MATERI PERKULIAHAN Laily Hermawanti, S.T, M.Kom Pemrograman Aplikasi I.
Graphical User Interface (GUI)
Dasar Komputer & Pemrog. 2B
KEBUTUHAN & SPESIFIKASI SOFTWARE
Pemograman Berorientasi Objek Si-3
Teaching Plan Rearrangement Software engineering week 8-14 Kelompok A dan A kelompok A
Let’s play programming!
Pengenalan Borland Delphi 7.0
Nama : Zulkarnain Nim : Kelas : A
DIAGRAM AKTIVITAS ACTIVITY DIAGRAM.
ANALISA DAN PERANCANGAN
Pendahuluan.
PERANCANGAN APLIKASI E-RENTAL BERBASIS MOBILE ANDROID
PERANCANGAN SISTEM INFORMASI V
KEBUTUHAN & SPESIFIKASI SOFTWARE
MATERI PERKULIAHAN Laily Hermawanti, S.T, M.Kom Pemrograman Aplikasi I.
KARYA BINTANG DENGAN VISUAL BASIC 6
Transcript presentasi:

RANCANGAN LAYAR Grafik User Interface OBJEK ORIENTED DISAIN

Rancangan Layar Rancagan Layar adalah sebuah disain tampilan yang berfungsi sebagi antar muka antara si pengguna (user) dengan Applikasi (Sistem), atau biasa disebut dengan User Interface. Rancangan layar dibuat berdasarkan 2 diagram - Use Case Diagram - Class Diagram dan dengan mempertimbangkan dari sudut pandang user atau kebutuhan user.

Rancangan Layar Dalam pembuatan rancangan layar anda bisa menggunakan beberapa tools disain grafis atau langsung mendisainya didalam Bahasa Pemograman yang sudah berbasis GUI (Grafik User Interface). Contohnya : - Visual Studio Java Netbean 6.1 – Delphi - Visual Basic 6.0

Contoh Rancangan Layar Menggunakan Bahasa Pemograman Berbasis GUI

Pembuatan Rancangan Layar Berdasarkan Use Case Diagram Didalam Use Case Diagram terdapat beberapa File didalam sistem, Contohnya File Master, File Transaksi, File Laporan dari file-file tersebut didalam use case diagram bisa menjadi pilihan menu didalam Form Menu utama

Use Case Diagram File Master Lalau setiap use case didalam use case diagram dijadikan sebgai menu item dalam menu utama, Contoh : Pembuatan Rancangan Layar Berdasarkan Use Case Diagram

Use case diagram file transaksi

Pembuatan Rancangan Layar Berdasarkan Class Diagram Dalam setiap class diagram terdapat Nama Class, Atribut, dan juga methode(Opration), untuk membuat rancangan layar berdasarkan class diagram ditentukan atas dasar ke 3 area pokok class tersebut, Contohnya : Tutup

Pembuatan Rancangan Layar Berdasarkan Class Diagram Khusus untuk pembuatan rancangan layar menu item transakasi harus dari penggabungan dari beberapa class, Contoh :

LATIHAN (MANDIRI) KUMPULKAN HARD COPY BUAT RANCANGAN LAYAR DENGAN TOOLS PILIHAN ANDA TULISKAN NIM, NAMA, KELAS, DAN SHIFT KUMPULKAN MINGGU DEPAN File Master File Transaksi Nb. : Untuk gambar atau icon yang ada dirancangan layar sesuai dengan kehendak anda dan juga format untuk tampilannya juga terserah anda,,ambillah refrensi dari aplikasi – aplikasi lain sebagai contoh dalam pembuatan menu utama dan menu item

TUGAS (KELOMPOK) BUATLAH RANCANGAN LAYAR SESUAI DENGAN PROSES USE CASE, CLASS DIAGRAM SISTEM YANG ANDA PILIH. MENGGUNAKAN TOOLS YANG ANDA PILIH