MENGGUNAKAN BAHASA PEMROGRAMAN JAVA PEMBUATAN APLIKASI GAME ”TETRIS WARNA” DENGAN for further detail, please visit http://library.gunadarma.ac.id
Abstrak ABSTRAKSI Marlon Antoni. 58406016 PEMBUATAN APLIKASI GAME ”TETRIS WARNA” DENGAN MENGGUNAKAN BAHASA PEMROGRAMAN JAVA PI. Jurusan Teknik Informatika, Fakultas Teknologi Informasi, Universitas Gunadarma, 2009 Kata Kunci : Java, Aplikasi, Game, TetrisWarna (xii + 57 + Lampiran) Pembuatan Aplikasi permainan Tetris warna ini menggunakan Java 6 (JDK1.6.0) karena aplikasi ini mempunya kemampuan graphical user interface, dan dapat dijalankan diberbagai platform Sistem Operasi seperti Linux, Unix dan untuk windows minimal windows 2000. Permainan yang dibahas disini bernama TetrisWarna yaitu merupakan visualisasi permainan dengan mengelompokkan warna dari balok–balok (terdiri dari 3 kotak) yang turun secara bergantian. Setiap ada minimal 3 kotak dengan warna yang sama maka kotak-kotak tersebut ... for further detail, please visit http://library.gunadarma.ac.id
Bab 1 BAB I PENDAHULUAN 1.1 Latar Belakang Masalah Di era globalisasi ini, komputer merupakan suatu media yang sangat di gemari oleh masyarakat, baik dewasa maupun anak-anak. Dari segi perkembangan komputer, begitu banyak bahasa pemrograman yang sedang berkembang saat ini, salah satunya adalah bahasa pemrograman java. Java merupakan sebuah bahasa pemrograman tingkat tinggi atau biasa disebut dengan h... for further detail, please visit http://library.gunadarma.ac.id
Bab 2 ... for further detail, please visit http://library.gunadarma.ac.id
Bab 3 BAB III PEMBAHASAN Pada bab ini penulis akan membahas mengenai tahapan-tahapan dalam pembuatan aplikasi yang telah penulis sebutkan di bab sebelumnya. Pembahasan ini dimulai dari perencanaan sampai dengan tampilan yang dihasilkannya dengan menggunakan JAVA. 3.1 Gambaran Umum Permainan ini hanya dapat dimainkan oleh 1 orang pemain. Pergantian tingkat level didasarkan pada nilai yang didapat, set... for further detail, please visit http://library.gunadarma.ac.id
Bab 4 BAB IV PENUTUP 4.1 Kesimpulan Dari uji coba permainan yang telah dilakukan pada beberapa orang, ternyata game ”TetrisWarna” cukup menarik, dan dapat dijadikan sebagai media yang mendidik kecepatan, ketepatan dan ketangkasan para gamer’s dan juga media yang menghibur. Secara umum kesimpulan dari perancangan, penulisan serta pembahasan masalah bahwa aplikasi game tetris tersebut cukup mena... for further detail, please visit http://library.gunadarma.ac.id
Bab 5 BAB II LANDASAN TEORI 2.1 Sejarah Singkat Perkembangan Java Pada tahun 1991, sekelompok insinyur Sun dipimpin oleh Patrick Naughton dan James gosling ingin merancang bahasa komputer untuk perangkat konsumer seperti cable TV box. Karena perangkat itu tidak mempunyai banyak memori, bahasa harus berukuran kecil dan menghasilkan kode yang liat. Juga karena manufaktur - manufaktur berbeda memilih pem... for further detail, please visit http://library.gunadarma.ac.id