IFA-451 Jaminan mutu Perangkat Lunak

Slides:



Advertisements
Presentasi serupa
The Product and the Process CHAPTER 2 The Process Software engineering: a practitioner’s approach / Roger S. Pressman.—5th ed.
Advertisements

REKAYASA PERANGKAT LUNAK
Jaminan Kualitas Perangkat Lunak Software Quality Assurance [SQA]
PROSES-PROSES PERANGKAT LUNAK
PENGANTAR REKAYASA PERANGKAT LUNAK I
Software Quality Assurance
Manajemen Mutu Perangkat Lunak
TEKNIK PENGUJIAN PERANGKAT LUNAK
Testing dan Implementasi Sistem
Testing dan Implementasi Sistem
TESTING DAN IMPLEMENTASI SISTEM
PERENCANAAN PROYEK PERANGKAT LUNAK
Pertemuan 4 Manajemen Proyek (2)
Pengenalan Rekayasa Perangkat Lunak
SE2423 REKAYASA PERANGKAT LUNAK
Software Testing Pertemuan III.
REKAYASA PERANGKAT LUNAK
BAB VIII MANAJEMEN MUTU PROYEK
TEKNIK TESTING DAN STRATEGI TESTING
Pertemuan 6 Prosedur dalam Manajemen Mutu
Software Quality Assurance
Software Quality Assurance
Rekayasa Perangkat Lunak (Lanjut)
REKAYASA PERANGKAT LUNAK
Systems Development Life Cycle
Testing dan implementasi sistem
Testing dan Implementasi Sistem
Pengenalan Rekayasa Perangkat Lunak
Rekayasa Perangkat Lunak
TEKNIK PENGUJIAN PERANGKAT LUNAK
Aspek Penilaian Prosentase Tugas Mandiri--20 %
STRATEGI PENGUJIAN SISTEM PERANGKAT LUNAK
TESTING DAN IMPLEMENTASI SISTEM
Nur fisabilillah, S.Kom, MMSI | UNIVERSITAS GUNADARMA
9. Software Quality Assurance
Rekayasa Perangkat Lunak
RPL.
Testing dan Implementasi Sistem
PENJAMINAN MUTU PERANGKAT LUNAK
Testing dan Implementasi
TESTING & IMPLEMENTASI SI
JAMINAN KUALITAS PERANGKAT LUNAK (SOFTWARE QUALITY ASSURANCE)
Testing dan Implementasi Sistem [3-sks (3-0)]
TESTING DAN IMPLEMENTASI SISTEM
Testing & Implementasi
Testing dan Implementasi SI220A
SQA Team.
Software Quality Assurance (SQA)
TESTING & IMPLEMENTASI SI
PENGANTAR REKAYASA PERANGKAT LUNAK
Software Quality Assurance
Pengujian Perangkat Lunak
JAMINAN KUALITAS PERANGKAT LUNAK (SOFTWARE QUALITY ASSURANCE)
TEKNIK PENGUJIAN PERANGKAT LUNAK
TEKNIK PENGUJIAN PERANGKAT LUNAK
KEPASTIAN KUALITAS KOMPONEN MAINTENANCE SOFTWARE
Rekayasa Perangkat Lunak
R.S. Pressman & Associates, Inc
Rekayasa Sistem Komputer
Pengujian Perangkat Lunak
Software Quality Assurance
TEKNIK PENGUJIAN PERANGKAT LUNAK
TESTING DAN QA SOFTWARE PERTEMUAN 13
Kelompok 2 : Maria Bestarina Laili: Ida Megawati: Sakim: Erman Al Hakim: Kunthi Widyati: Ilham.
MODEL PROSES PERANGKAT LUNAK
Pemeliharaan perangkat lunak
Konsep Dasar Rekayasa Perangkat Lunak
Software Quality Assurance
Fathiah, S.T.,M.Eng Universitas Ubudiyah Indonesia
PENGANTAR Testing dan implementasi sistem. Definisi testing Testing adalah proses menganalisa suatu entitas software untuk mendeteksi perbedaan antara.
Transcript presentasi:

IFA-451 Jaminan mutu Perangkat Lunak Institut Teknologi Nasional 2018 PERTEMUAN 1 : Pengantar kuliah ISA-451 PRESENTED BY : Kurnia R. Putra

DESKRIPSI PERKULIAHAn Nama Matakuliah : IF-451 Penjaminan Mutu Perangkat Lunak Jumlah SKS : 2 SKS Jadwal : Kamis, Pukul: 10.00 – 11.50 Dosen : Kurnia Ramadhan Putra Email : kurniaramadhanp91@gmail.com 2 SKS artinya : 2 x 50 menit pertemuan di kelas 2 x 50 menit praktikum/ studio 120 menit belajar mandiri

PENILAIAN QUIZ (Tidak terjadwal) TUGAS UJIAN TENGAH SEMESTER UJIAN AKHIR SEMESTER KEHADIRAN MIN. 80 %

SILABUS MATAKULIAH PENGENALAN KONSEP DAN DEFINISI JAMINAN MUTU PERANGKAT LUNAK FAKTOR DAN KARAKTERISTIK PROSES DAN PERENCANAAN KOMPONEN DALAM SIKLUS HIDUP PERANGKAT LUNAK FRAMEWORK PENGUJIAN PERANGKAT LUNAK (Test Case, White Box/Black Box Testing, Unit Testing, dan Functional Testing) PENGUKURAN DAN METRIKS PERANGKAT LUNAK FAKTOR KUALITAS DAN KRITERIA PERANGKAT LUNAK RELIABILITAS PERANGKAT LUNAK Apa itu mutu? Mutu adalah kadar baik buruknya suatu benda

REFERENSI KSHIRASAGAR NAIK, PRIYADARSHI TRIPATHY, “SOFTWARE TESTING ANG QUALITY ASSURANCE THEORY AND PRACTICE”, WILEY 2008 JEFF TIAN, “SOFTWARE QUALITY ENGINEERING”, IEEE COMPUTER SOCIETY, 2005 CAPERS JONES AND OLIVER BONSIGNOUR, “THE ECONOMICS OF SOFTWARE QUALITY”, ADDISON WESLEY 2012

APA ITU SOFTWARE / PERANGKAT LUNAK ? Software – IEEE Definition: Program komputer, prosedur Memungkinkan berhubungan dengan dokumentasi Data terkait dengan sistem komputer Software – TechTarget: Software adalah sebuah terminologi dari berbagai macam program yang digunakan untuk mengoperasikan komputer dan berhubungan dengan device. Silahkan cari sendiri pengertian Sodara tentang Software dari sumber yang terpercaya. Dilihat dari pengertiannya, apa saja kira-kira yang termasuk ke dalam kategori Software?

SOFTWARE ERRORS, FAULTS, AND FAILURES Software Error: Hasil yang diharapkan berbeda dengan hasil actual. Contoh: Hasil yang diharapkan adalah 5, sedangkan hasil yang keluar adalah 3. Software Faults: Kesalahan yang menyebabkan perangkat lunak gagal menjalankan fungsinya. Contoh: Kesalahan kode program Software Failure: Ketidakmampuan sistem atau komponen menjalankan fungsi sesuai yang telah ditetapkan spesifikasinya. Contoh: Kerusakan sistem secara keseluruhan. Sofware Error -> Software Faults -> Software Failure IEEE: Error: Kesalahan manusia yang dapat menyebabkan fault Fault: Ketidaksesuaian kode yang dapat menyebabkan failure Failure: Kegagalan software beroperasi

Apa saja faKtor penyebab error ? Kesalahan mendefinisikan kebutuhan Kesalahan komunikasi antara Client-Developer Penyimpangan yang disengaja dari kebutuhan software Kesalahan perancangan logika Kesalahan kode program Ketidakpatuhan terhadap dokumentasi dan instruksi pengkodean Kekurangan dalam pengujian Kesalahan prosedur Kesalahan dokumentasi

Kesalahan mendefinisikan kebutuhan Sumber: http://accelerateddevelopment.ca/blog/tag/missed-requirements/

Software Quality Definisi IEEE: Kualitas perangkat lunak adalah sejauh mana sistem, komponen, dan proses untuk memenuhi: 1. Kebutuhan yang ditentukan 2. Kebutuhan atau ekspektasi dari customer atau user

JAMINAN KUALITAS (QA) vs PENGENDALIAN QUALITAS (QC) Definisi IEEE: Jaminan Mutu Perangkat Lunak adalah: 1. Sebuah pola yang sistematik dan terencana dari semua aksi penting untuk memberi keyakinan bahwa produk sesuai dengan kebutuhan yang telah ditetapkan. 2. Serangkaian aktivitas yang dilakukan untuk mengevaluasi proses dari suatu produk yang dikembangkan Definisi IEEE: Pengendalian Kualitas dicapai melalui serangkaian inspeksi (pengamatan), peninjauan, pengujian sepanjang siklus hidup pengembangan perangkat dan memastikan produk memenuhi kebutuhan.

MUTU/ KUALITAS PERANGKAT LUNAK PENTING ? “PREVENTION BETTER THAN CURE”

Biaya yang dikeluarkan untuk menjamin kualitas Studi Kasus: IBM ROCHESTER With Inspection/Review Total no. of codes: 200,000 lines No. of potential defects prevented: 3112 defects Time used for inspection: 7053 hours Programmer costs: US$40/hour Total prevention cost: US$282,120 Prevention cost per error: US91 Without Inspection/Review No. of defects per KLOC: 1 per 1000 lines No. of defects shipped: 200 Estimated cost by IBM per “field fix”: US$25,000 Total cost to remove defects: US$5 million

JAMINAN KUALITAS Perangkat lunak (Lanjutan) Tujuan dari Rekayasa Perangkat Lunak adalah menghasilkan perangkat lunak yang memiliki kualitas tinggi. Jaminan Kualitas (SQA) “payung aktifitas” yang diterapkan pada keseluruhan proses perangkat lunak untuk mencapai perangkat lunak berkualitas tinggi. Jaminan Kualitas mengurangi jumlah waktu untuk mengerjakan ulang, menghasilkan produk dengan biaya yang lebih rendah, dan mempercepat waktu rilis. SQA pada proses pengembangan perangkat lunak: 1. Kalau perangkat lunak biasa-biasa saja, anak STM juga banyak yang bias membuat perangkat lunak. 2. Software sebesar apa yang pernah kalian bikin 3. Pernah tidak memperhitungkan kualitas nya

JAMINAN KUALITAS Perangkat lunak (Lanjutan) SQA mencakup: Kualitas manajemen Efektivitas penggunaan metode dan kakas perangkat lunak Formal Technical Review (FTR) di keseluruhan process perangkat lunak Pengujuan bertingkat: Unit Testing, Integration Testing, Validation Testing, dan System Testing) Perubahan kendali dan manajemen Kesesuaian dengan standar pengembangan perangkat lunak Mekanisme pengukuran dan pelaporan Tujuan FTR: training dasar untuk junior programmer, dan membahas kekurangan perangkat lunak saat ini serta merencanakan pengembangan ke depan. Biasa terdiri dari 3-5 orang, dan tidak lebih dari 2 jam.

TUJUAN JAMINAN KUALITAS PERANGKAT LUNAK Software Development (Berorientasi Proses) Menjamin bahwa pengembangan perangkat lunak akan sesuai dengan kebutuhan fungsional Penjadwalan manajerial dan kebutuhan anggaran Software Maintenance (Berorientasi Produk) Menjamin bahwa pemeliharaan perangkat lunak akan sesuai dengan kebutuhan fungsional

SQA PLAYERS Aktifitas Jaminan Kualitas Perangkat Lunak dilakukan oleh dua kelompok orang: 1. Kelompok Software Engineer: menerapkan metode teknis yang kuat untuk megatasi permasalahan kualitas perangkat lunak, melakukan peninjauan teknis secara formal, dan melakukan pengujian perangkat lunak. 2. Kelompok SQA: bertanggung jawab atas penjaminan kulaitas, melakukan perencanaan, memberikan wawasan, menjaga dan membuat laporan dari suatu produk perangkat lunak.

JOBDESC KELOMPOK SQA Mempersiapkan rencana SQA untuk sebuah produk Berpatisipasi dalam proses pengembangan perangkat lunak Melakukan peninjauan terhadap proses rekayasa perangkat lunak untuk memverifikasi kesesuaian produk perangkat lunak dengan proses tersebut. Memastikan penyimpangan yang terjadi pada perangkat lunak didokumentasikan Mencatat semua ketitdaksesuaian dan melaporkan pada manajemen senior

SOFTWARE ENGINEERING (Rekayasa Perangkat Lunak) Definisi IEEE: Rekayasa perangkat lunak adalah sebuah pendekatan yang sistematis, disiplin dan dapat dihitung untuk pengembangan, pengoperasian dan pemeliharaan perangkat lunak.

RINGKASAN Mendefinisikan software, software quality and software quality assurance 2. Membedakan antara software errors, software faults and software failures. 3. Mengidentifikasi berbagai macam penyebabterjadinya software error. 4. Menjelaskan tujuan dari Jaminan Mutu Perangkat Lunak. 5. Membedakan dan menjelaskan perbedaan antara software quality assurance and quality control. 6. Menjelaskan hubungan antara software quality assurance and software engineering

TUGAS BESAR UTS : MENGEMBANGKAN PERANGKAT LUNAK SEDERHANA (Java) Minimal mencakup fungsionalitas Login Tambah Data Update Data Lihat Data Hapus Data Cari Data Lakukan Penguian Perangkat Lunak menggunakan Test Case UAS : MENGUJI PERANGKAT LUNAK MENGGUNAKAN TOOLS OTOMATIS Aplikasi yang sudah dikembangkan pada UTS, dimanfaatkan kembali untuk diuji menggunakan Tools otomatis Pengujian Unit menggunakan Junit Pengujian Fungsionalitas menggunakan TestNG