PEMROGRAMAN DASAR 3.1 & 4.1 KONSEP, STRUKTUR, PENULISAN ALGORITMA DHARU WIHARTASIH, S.PD SMK PALAPA SEMARANG.

Slides:



Advertisements
Presentasi serupa
Algoritma dan Flowchart
Advertisements

TEORI ALGORITMA.
STRUKTUR DASAR ALGORITMA
Pengenalan Algoritma Ardian Maretta Prastiawan, Ssi
Algoritma dan Flowchart
Bahasa Pemrograman dan Flow Chart
Algoritma dan Pemrograman
PENGANTAR KONSEP PEMROGRAMAN
Algoritma.
Dasar- Dasar Algoritma
Pengertian Algoritma Sebuah algoritma merupakan deskripsi pelaksanaan suatu proses, dimana algoritma disusun oleh sederetan langkah instruksi yang logis.
ALGORITMA DEFINISI & FLOWCHART
Algoritma Dasar Dalam membuat suatu program komputer, menyusun algoritma adalah langkah pertama yang harus dilakukan Dalam membuat algoritma dapat digunakan.
MODUL 2 STRUKTUR DATA DIAGRAM ALIR DAN ALGORITMA
PENGENALAN ALGORITMA & PEMROGRAMAN
Algoritma (Komputer) EL 2001 – Dasar Pemrograman Budi Rahardjo Teknik Elektro ITB
ALGORITMA PSEUDOCODE Pertemuan Ke-2 Meilia Nur Indah Susanti, ST.,MKom
ALGORITMA & LOGIKA PEMROGRAMAN
Perancangan dan Analisis Algoritma
Algoritma (Komputer).
Pertemuan-III Algoritma disajikan gambar
Algoritma dan Flowchart
Mahasiswa diharapkan dapat:
PEMROGRAMAN DASAR.
PERTEMUAN 1.
Pertemuan 1 Muhamad Haikal,S.Kom., MT
ALGORITMA & PEMROGRAMAN I-A
PERTEMUAN 1 Algoritma & Pemrograman
M1. Konsep dasar algoritma & pemrograman
Flowchart (Diagram Alur)
Notasi Algoritma & Tipe Data
ALGORITMA PEMEROGRAMAN
STRUKTUR DASAR ALGORITMA
MODUL 3 PSEUDOCODE.
Start.
ALGORITMA & LOGIKA PEMROGRAMAN
STRUKTUR DASAR ALGORITMA
Virdiandry Putratama,ST Politeknik Pos Indonesia Tahun 2015
penyusunan algoritma (flowchart)
Flowchart.
ALGORITMA DAN PEMROGRAMAN (PERTEMUAN 2)
Algoritma dan Pemrograman Pertemuan 1
Struktur Algoritma Sequence Process: instruksi dikerjakan secara sekuensial, berurutan. Selection Process: instruksi dikerjakan jika memenuhi kriteria.
Algoritma.
Pseudo-code.
PENGENALAN ALGORITMA & PEMROGRAMAN
Struktur Dasar Algoritma dan Runtunan
PENGENALAN ALGORITMA & PEMROGRAMAN
I Gusti Agung Made Wirautama, S.Kom
Definisi Algoritma Algoritma adalah urutan langkah logis tertentu untuk memecahkan suatu masalah. Yang ditekankan adalah urutan langkah logis, yang berarti.
Pertemuan-II METODA ALGORITMA
JENIS DAN SIMBOL FLOWCHART PRODI MIK | FAKULTAS ILMU-ILMU KESEHATAN
Bahasa Pemrograman dan Flow Chart
Bahasa Pemrograman Poltek Balikpapan 2010.
PENGENALAN ALGORITMA Materi 1.
Penyusunan Algoritma Oleh Yohana N.
FLOW CHART.
Pertemuan-I ALGORITMA & PEMROGRAMAN-I.
EL 2001 – Dasar Pemrograman Budi Rahardjo Teknik Elektro ITB
Algoritma & Pemrograman 1
Algoritma dan Flowchart
DASAR-DASAR ALGORITMA dan FLOW CHART
Algoritma pemrogaman komputer
Algoritma dan Struktur Data
Oleh : Pramesthi Handaru
TEORI ALGORITMA.
LOGIKA & ALGORITMA KONSEP ALGORITMA & FLOWCHART M. Febriansyah, ST., MT.
ALGORITMA 1 Temu 1.
Algoritma Pemrograman II
ANALISIS ALGORITMA Hoiriyah, S.Kom., M.Kom.. Analisis dan Algoritma.
Transcript presentasi:

PEMROGRAMAN DASAR 3.1 & 4.1 KONSEP, STRUKTUR, PENULISAN ALGORITMA DHARU WIHARTASIH, S.PD SMK PALAPA SEMARANG

KONSEP ALGORITMA Prinsip dasar algoritma adalah urutan langkah – langkah secara sistematis dan logis dalam menyelesaiakan permasalahan. Apa contoh dalam kehidupan sehari-hari?  peminjaman buku  pendaftaran siswa

Cermati aktivitas berikut, contoh algoritma yang sering kita lakukan Jika seseorang ingin mengirim surat kepada kenalannya di tempat lain, langkah yang harus dilakukan adalah: 1.Menyiapkan Peralatan Tulis 2.Menulis surat 3.Surat dimasukkan ke dalam amplop tertutup 4.Amplop ditempeli perangko secukupnya. 5.Pergi ke Kantor Pos terdekat untuk mengirimkannya

SYARAT-SYARAT ALGORITMA MENURUT DONALD E. KNUTH Finiteness (Keterbatasan) Algoritma harus berakhir setelah melakukan sejumlah langkah proses Definiteness (Kepastian) Setiap langkah algoritma harus didefinisikan dengan tepat dan tidak menimbulkan makna ganda Input (Masukan) Sebuah algoritma memiliki nol atau lebih masukan (input) yang diberikan kepada algoritma sebelum dijalankan Output (Keluaran) Setiap algoritma memberikan satu atau beberapa hasil keluaran Effectiveness (Efektivitas) Langkah-langkah algoritma dikerjakan dalam waktu yang “wajar”.

PSEUDOCODE Penyajian atau Penulisan Algoritma secara garis besar bisa dalam 2 bentuk penyajian yaitu tulisan dan gambar. Algoritma yang disajikan dengan tulisan yaitu dengan struktur bahasa tertentu (misalnya bahasa Indonesia atau bahasa Inggris) dan pseudocode. Pseudocode adalah kode yang mirip dengan kode pemrograman yang sebenarnya seperti Pascal, atau C, sehingga lebih tepat digunakan untuk menggambarkan algoritma yang akan dikomunikasikan kepada pemrogram. Sedangkan algoritma disajikan dengan gambar, yaitu dengan Flowchart

CARA MENULISKAN ALGORITMA PEMROGRAMAN Analisis : 1.Input : r (jari-jari lingkaran) dan phi 2.Keliling Lingkaran K=2*phi*r Algoritma : 1.Menetapkan nilai phi = Menghitung jari-jari lingkaran 3.Rumus untuk menghitung Keliling Lingkaran yaitu K=2*phi*r 4.Nilai K (Keliling Lingkaran ) akan dicetak sebagai output ke perangkat output (keluaran)

PENULISAN PSEUDOCODE Penulisan Algoritma Algoritma dapat ditulis dengan cara berikut: 1. Menggunakan bahasa natural 2. Menggunakan kode semu (pseudo-code) Teknik penulisan yang mendekati bahasa pemrograman tertentu 3. Menggunakan diagram alir (flow chart) Teknik penyajian dengan menggunakan simbol-simbol. Dari ketiga cara ditas untuk mempermudah translasi teks algoritma kedalam teks program sebaiknya ditulis dalam bentuk notasi yang mendekati bahasa pemrograman (pseudo-code).

PENULISAN PSEUDOCODE Bahasa natural 1.Mulai 2.Masukkan Nilai Panjang Persegi Panjang 3.Masukkan Nilai Lebar Persegi Panjang 4.Hitung Luas Persegi (Luas = Panjang x Lebar) 5. Tampilkan Nilai Luas Persegi Panjang 6.Selesai Pseude Code 1.Start 2.Input (Panjang) 3.Input (Lebar) 4.Luas ß Panjang * Lebar 5.Output (Luas) 6.End Contoh: Tulislah algoritma untuk mencari Luas Persegi Panjang, apabila diketahui nilai panjang 8 dan nilai lebar 5.

STRUKTUR DASAR ALGORITMA Suatu Algoritma dapat terdiri dari tiga struktur dasar, yaitu runtunan, pemilihan dan pengulangan. Berikut Penjelasan ringkas dari tiga struktur tersebut : 1.Runtunan Runtunan yaitu satu atau lebih instruksi yang dikerjakan secara berurutan sesuai dengan urutan penulisannya. Urutan dari instruksi menentukan hasil akhir dari suatu algoritma. Bila urutan penulisan berubah maka mungkin juga hasil akhirnya berubah. Perhatikan contoh operasi aritmatika berikut: AB (3 * 5) + 5 = 203 * (5 + 5) = 30 Dari contoh diatas dapat dilihat ternyata hasil akhirnya dapat berubah apabila urutan pengerjaannya berbeda.

2. Pemilihan yaitu instruksi yang dikerjakan dengan kondisi tertentu. Kondisi adalah persyaratan yang dapat bernilai benar atau salah. Instruksi hanya dilaksanakan apabila kondisi bernilai benar, sebaliknya apabila salah maka instruksi tidak akan dilaksankan. Pernyataaan kondisi menggunakan statemen If (jika) dan Then (maka). 3. Pengulangan Pengulangan merupakan pengulangan sejumlah aksi yang sama sebanyak jumlah yang ditentukan atau sesuai dengan kondisi yang diinginkan. Beberapa statemen pengulangan yaitu: For … To... Do / For... Downto... Do While … Do Repeat... Until Contoh pernyataaan kondisi Jika suatu bilangan habis dibagi dua Maka bilangan itu bilangan genap

Flowchart