This presentation uses a free template provided by FPPT.com TEKNIK PENGETIKAN (KEYBOARDING) 10 JARI Teknologi Perkantoran X MP Disusun oleh: Arief Susanto – SMKN 3 Bandung
This presentation uses a free template provided by FPPT.com Kompetensi Dasar 3.2. Menerapkan pengetikan (keyboarding) 10 jari kecepatan 200 EPM dan Ketepatan 99% 4.2. Melakukan pengetikan (keyboarding) 10 jari kecepatan 200 EPM dan Ketepatan 99%
This presentation uses a free template provided by FPPT.com Tujuan Pembelajaran: 1.Menjelaskan esensi pengetikan cepat dan tepat sesuai prosedur 2.Mengemukakan teknik mengetik 10 Jari dengan tepat sesuai ketentuan 3.Mengidentifikasi penempatan jari tangan pada papan ketik (keyboard) dengan tepat sesuai ketentuan
This presentation uses a free template provided by FPPT.com 4.Mengemukakan tata cara mengetik 10 jari dengan tepat 5.Mempraktekkan teknik mengetik 10 jari dengan tepat sesuai ketentuan 6.Melakukan keyboarding dengan kecepatan 200 EPM 7.Melakukan pengetikan (keyboarding) dengan ketepatan 99%
This presentation uses a free template provided by FPPT.com Manfaat Pembelajaran : Mengerjakan tugas- tugas administrasi (mengetik) dengan cepat dan tepat.
This presentation uses a free template provided by FPPT.com Quote Of The Day : “Jika seseorang berpergian mencari ilmu, maka Allah akan menjadikan perjalanannya seperti menuju surga” – Nabi Muhammad SAW. “Orang-orang yang berhenti belajar akan menjadi pemilik masa lalu. Namun, orang-orang yang terus belajar, akan menjadi pemilik masa depan” – Mario Teguh.
This presentation uses a free template provided by FPPT.com Materi Bahasan 1.Sistem Komponen Komputer 2.Keyboard a.Jenis Keyboard b.Struktur Keyboard (Bagian-bagian Keyboard) c.Tips Penempatan Jari Tangan Pada Keyboard d.Penempatan Jari Tangan Pada Keyboard e.Aplikasi Keyboarding
This presentation uses a free template provided by FPPT.com Perhatikan gambar ini Terdiri dari komponen apasajakah PC tersebut ? Komponen PC terbagi menjadi tiga komponen utama. Apasajakah itu?
This presentation uses a free template provided by FPPT.com INPUTPROSES OUTPUT
This presentation uses a free template provided by FPPT.com INPUT DEVICE atau alat masukan adalah perangkat keras komputer yang berfungsi untuk memasukkan data atau perintah ke dalam komputer PROCESS DEVICE atau alat pemroses adalah perangkat keras komputer yang berfungsi untuk mengolah data atau perintah yang diterima oleh alat masukan dan memberikan hasil pengolahan data tersebut kepada bagian output OUTPUT DEVICE atau alat keluaran adalah perangkat keras komputer yang berfungsi untuk menampilkan hasil yang telah diolah oleh bagian proses
This presentation uses a free template provided by FPPT.com Sebutkan peralatan-peralatannya? INPUT DEVICE Keyboard, mouse, scanner, pentouch PROCESS DEVICE CPU: processor, RAM, harddisk, VGA OUTPUT DEVICE Monitor, speaker, printer
This presentation uses a free template provided by FPPT.com Keyboard Penciptaan keyboard komputer di ilhami oleh penciptaan mesin ketik yang dasar rancangannya di buat dan di patenkan oleh Christopher Latham pada tahun 1868 dan banyak dipasarkan pada tahun 1877 oleh Perusahaan Remington. KEYBOARD merupakan sebuah papan yang terdiri dari tombol-tombol untuk mengetikkan kalimat dan simbol- simbol khusus lainnya pada komputer.
This presentation uses a free template provided by FPPT.com Jenis Keyboard 1. Keyboard Serial Menggunakan DIN 5 male dan biasanya digunakan pada komputer tipe AT.
This presentation uses a free template provided by FPPT.com 2. Keyboard PS/2 Biasanya digunakan pada komputer ATX dan saat ini yang paling banyak dipergunakan. Pemasangan keyboard tipe ini harus dilaksanakan dengan cermat, sebab port yang dimiliki sama dengan port untuk mouse.
This presentation uses a free template provided by FPPT.com 3. Keyboard USB Komputer terbaru saat ini sudah banyak yang mempergunakan jenis konektor USB yang menjamin transfer data lebih cepat.
This presentation uses a free template provided by FPPT.com 4. Keyboard Wireless (Tanpa Kabel) Jenis koneksi yang digunakan adalah infra red, wifi atau bluetooth. Untuk menghubungkan keyboard dengankomputer, dibutuhkan unit pemancar dan penerima. Unit pemancar biasanya terdapat pada keyboard itu sendiri, sedangkan penerima biasanya dipasang pada port USB atau serial pada CPU.
This presentation uses a free template provided by FPPT.com Struktur Keyboard
This presentation uses a free template provided by FPPT.com Tips Penggunaan Keyboard Sejajarkan pergelangan tangan dgn telapak tangan Posisi siku menggantung Lemaskan jari telunjuk dan jari manis anda Tekan tombol dengan tenang Bila tidak sedang mengetik, lemaskan seluruh tangan Posisi tubuh tegap tidak membungkuk Telapak kaki menempel ke lantai tidak menggantung dan menyilangkan kaki
This presentation uses a free template provided by FPPT.com Tombol Pangkal/ Homerow/homekey
This presentation uses a free template provided by FPPT.com Penempatan Jari Pada Keyboard
This presentation uses a free template provided by FPPT.com
This presentation uses a free template provided by FPPT.com Aplikasi Keyboarding Aplikasi Keyboarding adalah aplikasi komputer yang digunakan untuk melatih kemampuan mengetik dengan menggunakan teknik 10 jari. Adapun aplikasi yang digunakan utk pembelajaran kita adalah : Typing Master (TM) Tujuan : Melatih dan meningkatkan kemampuan mengetik 10 jari secara mandiri melalui modul-modul yg diberikan dalam aplikasi.
This presentation uses a free template provided by FPPT.com Tutorial TM 1.Buka aplikasi TM dengan double click shortcut TM yg tersedia di tampilan desktop awal komputer
This presentation uses a free template provided by FPPT.com 2. Pilih nama user, utk pertama kali klik “I am a new user” lalu ketik nama, dan klik “Enter”
This presentation uses a free template provided by FPPT.com 3. Pada tampilan berikutnya, utk mengikuti materi latihan/kursus terlebih dahulu klik “Start Course”
This presentation uses a free template provided by FPPT.com 4. Langkah berikutnya pilih jenis kursus/pelatihan. Tersedia 12 materi kursus, pilih salah satu. Sebagai awal maka pilih yg pertema dahulu (1. The home row)
This presentation uses a free template provided by FPPT.com 5. Pada materi kursus pertama (Lesson 1) terdapat sub materi dari mulai 1.1 s.d Ikuti satu persatu, lalu pada sub materi 1.4. mulai praktek latihannya.
This presentation uses a free template provided by FPPT.com 6. Pada tampilan berikutnya utk memulai program latihan klik “Begin drill (space)” atau tekan spasi.
This presentation uses a free template provided by FPPT.com 7. Ketik huruf yg tampil pada bagian atas secara berurutan dgn penekanan tombol sesuai fungsi pada jari tangan. Waktu yg disediakan 5 menit, ikuti hingga waktu habis.
This presentation uses a free template provided by FPPT.com 8. Setelah waktu habis, akan muncul notifikasi tekan “enter” dan akan muncul hasil keterangan kecepatan (net speed) dan ketepatan (accuracy) yg kita peroleh. Lalu klik OK.
This presentation uses a free template provided by FPPT.com 9. Setelah itu akan kembali ke daftar materi kursus (lesson) ikuti tahap demi tahap, hingga semua materi selesai… selamat berlatih.
This presentation uses a free template provided by FPPT.com