UNIVERSITAS GUNADARMA 2010 Perancangan Media Pembelajaran Berbasis Jejaring Sosial Studi Kasus Visual Basic UNIVERSITAS GUNADARMA 2010
Latar belakang masalah Kemajuan teknologi informasi dan komunikasi yang sangat pesat Konsep PAKEM (Pembelajaran Aktif, Kreatif, Efektif dan Menyenangkan) Besarnya minat masyarakat indonesia khususnya mahasiswa pada jejaring sosial
Ruang lingkup Memfokuskan pada perancangan media pembelajaran yang aktif, kreatif, efektif dan menyenangkan dengan studi kasus materi visual basic
Tujuan penulisan Membuat situs web e-learning yang dapat berguna untuk mempermudah proses belajar dan menerima informasi sesuai dengan konsep PAKEM yang digabungkan dengan konsep jejaring sosial Mahasiswa dapat mudah meningkatkan pemahaman tentang bahasa pemrograman visual basic serta dapat meningkatkan pemerataan materi pembelajaran
E-learning dan jejaring sosial ? E-learning dapat didefinisikan sebagai upaya menghubungkan peserta didik dengan sumber belajarnya yang secara fisik terpisah atau berjauhan namun tetap dapat saling berkomunikasi. Jejaring sosial adalah suatu struktur sosial yang dibentuk dari simpul-simpul yang umumnya adalah individu atau organisasi yang diikat dengan satu atau lebih tipe relasi
Keuntungan E-Learning Biaya Fleksibilitas ruang dan waktu Standarisasi materi Otomatisasi administrasi
Tahapan Pembuatan Perencanaan situs web Pembuatan struktur navigasi Perancangan tampilan Perancangan database Implementasi
Perencanaan e-learning Pengguna situs web : Mahasiswa Staf Administrator
Struktur navigasi mahasiswa Home About Us E-Learning News Download Guest Book Help User Page Upload Message Friend Profile Status Pre-Test Post Test Activity Score Forum Login Register Chatting Gallery Log Out Reading
Struktur navigasi Staf Home E-Learning News Download Guest Book Help Chatting Staf Page Upload Message Friend Profile Status Forum Login Register About us Gallery Question Add Question Score Contact Us Add News Log Out
Struktur navigasi Admin Index Admin Home Home Guest Book Content Update Schedule Add Schedule User E-learning Add user Contact us Chatiing News Add News Upload Add file Question Add Log Out Message Delete Send Login Register Forum
kesimpulan Waktu dan tempat pembelajaran lebih fleksibel karena peserta didik (mahasiswa) dapat mempelajari materi perkuliahan kapan saja dan dimana saja selama terhubung dengan internet Dengan adanya tes melalui soal-soal yang diberikan dan terhubung dengan basis data diharapkan dapat memperbarui kemampuan mahasiswa karena staff dapat dengan mudah memasukkan soal sesuai materi Staf dapat dengan mudah memantau perkembangan kemampuan mahasiswa dengan adanya laporan hasil tes Dengan adanya e-learning maka materi yang diajarkan dapat lebih merata
saran E-learning yang dibuat oleh penulis masih jauh dari sempurna oleh karena itu dalam pembuatannya masih banyak kemungkinan pengembangan yang dapat dilakukan. Pada tampilan akan lebih menarik jika ditambah beberapa animasi. Pada penyajian materi akan lebih baik jika materi yang disediakan diperbanyak sehingga dapat menambah pengetahuan bagi mahasiswa . Pada sarana akan lebih baik jika ditambah blog yang berfungsi sebagai sarana mengembangkan kemampuan softskill mahasiswa.
Rancangan halaman mahasiswa Logo P M F N F C I L e-Student Gunadarma University Tanggal,bulan,tahun Nama : NPM : Kelas : Ttl : Alamat : Email : Status : Created by E-Learrning Profile Upload Foto Help Reading Status
Halaman mahasiswa
Rancangan Halaman staf Logo e-Student Gunadarma University Created by Question Home Score Upload Download Help Contact Us L I C F N M P Selamat datang
halaman staf
Rancangan halaman admin Logo e-Learning Admin Home Home User Learning Content Schedule Guest Book Question Contact Us Upload Message News Log Out G C P F Teks Home
halaman admin