SISTEM OPERASI KUMPUTER 3 SKS 1
Deskripsi 3 Matakuliah ini mengajarkan konsep dasar Sistem Operasi, dimana matakuliah berisi tentang perkembangan dan komponen- komponen penyusun Sistem Operasi. Dalam matakuliah ini tidak secara khusus membahas Sistem Operasi yang beredar luas di masyarakat secara konseptual. Namun konsep umum yang sama di setiap OS. Apabila diperlukan DOS, Windows dan LINUX dibahas sebagai contoh kasus.
Kompetensi 4 Setelah menempuh matakuliah ini mahasiswa dapat menjelaskan konsep dasar sistem operasi, khususnya komponen- komponen pembentuk suatu sistem operasi. Mahasiswa dapat menjelaskan konsep penjadwalan CPU, pengaturan memory, dan sistem I/O Mahasiswa dapat mencari penerapan konsep sistem operasi pada sistem operasi populer
5
7 DASAR SISTEM OPERASI
Pengertian OS Apa itu sistem operasi? Sistem operasi ialah software kompleks yang yang memungkinkan aplikasi-aplikasi yang berjalan di atasnya. Mengatur resource, I/O hardware-hardware yang digunakan.
Sebuah program yang merupakan perantara antara pengguna komputer dan hardware computer Komputer = tubuh, SO = roh SO digunakan dalam hal: untuk berinteraksi dengan system resource – Mengeksekusi program dan membantu menyediakan lingkungan bagi program yang mudah untuk berinteraksi dengan system resource
Tujuan OS Convenience : user merasakan kemudahan dan kenyamanan dalam penggunaanConvenience : user merasakan kemudahan dan kenyamanan dalam penggunaan Efficiency : resources system harus dapat di utilisasi semaksimal mungkinEfficiency : resources system harus dapat di utilisasi semaksimal mungkin Robustness : kehandalan sistem proteksi terhadap kesalahan dari user / sistemRobustness : kehandalan sistem proteksi terhadap kesalahan dari user / sistem Evolution : memudahkan pengembangan, mendukung sistem baru dan program aplikasi yang berkembangEvolution : memudahkan pengembangan, mendukung sistem baru dan program aplikasi yang berkembang
Layanan Sistem Operasi Menyediakan user interface Menyediakan program execution Menyediakan I/O operations Menyediakan file-system manipulation Menyediakan system communications / networking Mampu melakukan error detection Mampu melakukan resource Sharing Ada fasilitas security Fasilitas accounting system
Fungsi dasar OS Sistem Operasi sebagai Extended Machine ( Perluasan Mesin ) Pendekatan fungsi ditinjau dari arah pengguna atau top down view Dilakukan berdasarkan pada kenyataan bahwa struktur internal sistem komputer dan bahasa mesin sangat primitif dan tidak fleksibel untuk pemrograman terutama untuk proses input/output Sistem operasi dibuat untuk menyembunyikan keadaan sesungguhnya dari perangkat keras tampilan yang menyenangkan dan mudah digunakan Disini sistem operasi berperan sebagai penyedia interface yang sesuai berupa perluasan mesin (extended machine) atau mesin semu (virtual machine)
Sistem Operasi sebagai Pengelola seluruh sumber-daya Pendekatan fungsi ditinjau dari arah perangkat keras atau bottom up view Sistem operasi beperan untuk mengatur, mengorganisasikan, mengoperasikan secara keseluruhan bagian sistem yang kompleks Sistem operasi mengontrol alokasi sumberdaya sistem komputer (pemroses, memori, piranti I/O) untuk berbagai program yang akan memakainya Fungsi dasar OS
Lapisan Dalam OS Sistem operasi dibagi menjadi sejumlah lapisan yang masing-masing dibangun diatas lapisan yanglebih rendah. Lapisan yang lebih rendah menyediakan layanan untuk lapisan yang lebih tinggi. Lapisan yang paling bawah adalah perangkat keras, dan yang paling tinggi adalah user-interface.
Lapisan 0 Mengatur alokasi prosesor, pertukaran antar proses ketika interupsi terjadi atau waktu habis. Lapisan ini mendukung dasar multi-programming pada CPU Lapisan 1 Mengalokasikan ruang untuk proses di memori utama dan pada 512 kilo word drum yang digunakan untuk menahan bagian proses ketika tidak ada ruang di memori utama.
Lapisan 2 Menangani komunikasi antara masing-masing proses dan operator console. Pada lapis ini masing-masing proses secara efektif memiliki operator console sendiri. Lapisan 3 Mengatur peranti I/O dan menampung informasi yang mengalir dari dan ke proses tersebut.
Lapisan 4 Tempat program pengguna. Pengguna tidak perlu memikirkan tentang proses, memori, console, atau managemen I/O Lapisan 5 Merupakan operator sistem.
Perkembangan Sistem Operasi Generasi Pertama (1945 – 1955); Vacuum Tubes and plugboards Belum memiliki sistem operasi dan lebih mengarah kepada perhitungan numerik dalam mekanisme menjalankan sistem komputer. Generasi Kedua (1955 – 1965); Transistors n Batch system Penggunaan Batch Processing System, yaitu pekerjaan dikumpulkan kedalam satu rangkaian kemudian dieksekusi secara berurutan. Contoh dari sistem operasi ini adalah FMS ( Fortran Monitoring System ) dan IBSYS, IBM System/360.
Generasi Ketiga (1965 – 1980); IC n Multiprograming Penggunaan multiprogramming, multiuser, time sharing, dan spooling. Contoh dari sistem operasi ini adalah sistem operasi ini adalah UNIX. Generasi Keempat (1980 – …); PC Adanya penambahan fungsi real-time application, network operating sistem dan distributed operating sistem. Contoh sistem operasi yangs sering kita pakai adalah Windows, MacOs, Linux, Free BSD, MS DOS.
Will be continual at next class
Sejarah Sistem Operasi Perkembangan sistem operasi Berawal dari altair, yaitu perangkat komputer pertama pada tahun 1975 yang menggunakan sistem operasi CP/M dan kemudian oleh perusahaan microsoft dirilis menjadi MS-DOS Dan berkembang dari MS-DOS versi 1.0 Pada tahun 1981 sampai MS-DOS versi 5.0 pada tahun 1991 dan sampai sekarang ini microsoft telah mengeluarkan beberapa sistem operasi, dan yang paling terbaru adalah windows 8 yang terkenal dengan tatatp mukanya.
Sistem Operasi Berbayar Acorn Arthur ARX RISC OS RISCiX Amiga AmigaOS Atari ST TOS MultiTOS MiNT Be Incorporated BeOS BeIA Zeta ICT/ICL GEORGE VME DME TME Novell o Novell Netware v.1.0, 2.0, 3.0, 3.1, 3.12 o Novell Netware v.4.11, 5.0, 5.1, 6.0 o Novell SuSE 9.0,9.1,9.2, 9.3
IBM IBSYS OS/2 AIX OS/400 DOS/360 DOS/VSE OS/360 MFT MVT SVS MVS TPF ALCS OS/390 z/OS, Unix-like z/VM z/VSE Basic Operating System PC-DOS Digital/Compaq/HP AIS OS-8 ITS (untuk PDP-6 dan PDP- 10) TOPS-10 (untuk PDP-10) WAITS TENEX TOPS-20 RSTS/E RSX-11 RT-11 VMS Apple Macintosh Apple DOS A/UX ProDOS GS/OS Mac OS Mac OS X Apple Darwin Microsoft o MS-DOS o Windows for Workstation / Stand alone Windows 1.0 Windows 2.0 (u/ 80286) Windows 3.0, 3.1 Windows 95 Windows 98/98se/98plus Windows ME (Millenium) Windows 2000 Profesional Windows XP (eXPerience) Home Edition&Profesional Windows Vista (Longhorn) Windows "Blackcomb" Windows 7 Windows 8 o Windows for Server Windows NT 3.5 Windows NT 4 Windows 2000 Server & Advance Server (NT v5.0) Windows Server 2003 o Xenix o Windows for PDA o Windows for PC Tablet
PDA (Personal Digital Assistant) Palm OS Pocket PC EPOC, Symbian OS Windows CE Linux Sharp Zaurus Router IOS MikroTik RouterOS Smartphones Windows CE Linux Symbian OS Microcontroller, Real-Time OS, Embedded Contiki eCos OSEK Nuclues QNX VxWorks ITRON uCLinux TRON OS ThreadX INTEGRITY Montavista Linux OS-9 LynxOS RTOS OS berhak milik lainnya, Unix-like & POSIX- compliant o Aegis/OS o Cromix o Coherent o DNIX o Digital UNIX o HP-UX o Idris o IRIX o Mac OS X o Menuet o NeXTSTEP o OS-9 o OS-9/68k o OS-9000 o OSF/1 o OPENSTEP o Plan 9 o Plan 9, Inferno o Rhapshody o RiscOS o SCO UNIX o System V o UNIflex o Ultrix o UniCOS
Sistem Operasi Open Source Linux distronya antara lain : Debian Slackware Redhat/Fedora Mandrake/Mandriva Gentoo YellowDog Ubuntu Trustix Knoppix Blank-on Xnuxer, dll. BSD (Berkley Software Development) FreeBSD, OpenBSD, NetBSD, dll. Sun Microsystems Solaris - Unix-like SunOS - Unix-like (menjadi Solaris) Java Desktop System (JDS)
Contoh Sistem Operasi Berikut Adalah Contoh Sistem Operasi Yang Beredar Di Pasaran Dari Yang Gratis Sampe Berbayar/Licence: AmigaOS 4.1 Amiga 4.1 walaupun OS ini adalah salah satu OS yang paling tua, versi mutakhir dari OS ini cukup modern. AmigaOS hanya dapat beroperasi di perangkat keras berbasis PowerPC. Perusahaan pengembangnya ACube saat ini memasarkan danmendistribusikan Am igaOS bersama dengan motherboard buatan mereka.
Syllable Desktop Syllable adalah sebuah OS gratis dan open source yangdicabangkan da ri AtheOS, tiruan AmigaOS pada tahun Syllable dibuat sebagai OS ringan dan cepat yang cocok dipakai untuk pengguna rumah dan bisnis kecil.
SkyOS SkyOS adalah sebuah proyek proprietary yang dikembangkan Robert Szeleney dan beberapa sukarelawan yang pada awalnya dimulai sebagai percobaan terhadap desain OS. SkyOS ditujukan sebagai OS desktop mudah pakai untuk pemula. Berbagai aplikasi populer seperti Firefox telah dimigrasikan untuk dapat dipakai di SkyOS
MorphOS MorphOS adalah sebuah OS ringan yang khusus didesain seputar penggunaan media, hanya dapat dioperasikan di PowerPC. OS ini mendapat inspirasinya dari AmigaOS dan juga mengemas emulasi yang memungkinkannya untuk menggunakan aplikasi-aplikasi Amiga.
AROS Research AROS adalah sebuah OS open source ringan yang didesain untuk tidak saja kompatibel dengan AmigaOS 3.1, tetapi juga lebih baik dari Amiga. Proyek ini dimulai pada tahun 1995 dan hari ini dapat dioperasikan di perangkat keras berbasis PowerPC dan IBM PC. AROS juga mengemas sebuah emulator yang dapat mengoperasikan aplikasi-aplikasi Amiga.
DexOS DexOS adalah sebuah OS open source yang didesain untuk penggunaan minimalis seperti console game, akan tetapi untuk dioperasikan di PC. Tampilannya terlihat seperti console game dan berukuran sangat kecil (juga dapat dimuat dalam floppy) dan dapat di-boot dari berbagai media.
Visopsys Visopsys (VISual Operating SYStem) adalah proyek hobi seorang programmer bernama Andy McLaughlin. Pengembangan ini dimulai di tahun 1997 dan OS gratis ini juga memiliki lisensi open source.
Gos-good operating system Good Operating system atau gOS, ditemukan dan dikembangkan pada awal tahun 2007 oleh sebuah perusahaan perangkat lunak sistem operasi yang berbasis di Silicon Valley California, Amerika Serikat dan Taipei, Taiwan. Namun, GOS baru dirilis pada 1 November 2007.Meskipun Good OS tidak memiliki kerjasama atau affiliasi dengan Google, namun dalam sistem operasinya sudah ditanam aplikasi-aplikasi dari google (Google).
ReactOS ReactOS adalah project yang dikembangkan oleh komunitas free software dan open source yang driver compatible (sesuai) dengan Microsoft windows 2000/XP. Dalam bekerja ReactOS memeliki persamaan dengan projek WINE yang ada pada linux karena perkembangan ReactOS sangat tergantung dari developer WINE juga. Saat ini ReactOS telah memasuki tahapan Alpha.
MojoPac MojoPac digunakan untuk fungsionalitas dasar yang Anda butuhkan untuk membuat sebuah portabel USB stick dengan Windows XP dan aplikasi dasar yang anda ingini. MojoPac bukan sistem virtual benar, melainkan tuan rumah memanfaatkan PC, meminjam sumber daya (layar, prosesor, CD / DVD drive, koneksi internet, printer, dan lain lain)
EyeOS eyeOS adalah sebuah aplikasi opensource yang berfungsi seperti sistem operasi dan dapat digunakan melalui web browser. Untuk yang ingin mencoba eyeOS, eyeOS menyediakan server publik untuk digunakan oleh siapa saja, buat akun, login lalu eyeOS dapat digunakan di mana saja (asal ada akses internet ya!) dan data yang kita simpan d i server eyeOS akan dapat di akses di mana saja. Alamat untuk server publik eyeOS adalah eyeOS.info eyeOS.info
WINDOWS Sistem Operasi Windows awal mulanya dikembangkan oleh William Henry Gates III (dilahirkan pada tanggal 28 Oktober 1955), ia dikenal dengan nama Bill Gates, bersama temannya Paul Allen (saat ini mereka menjabat sebagai Direktur dan Ketua Pencipta Perangkat Lunak bagi Microsoft ). Menurut majalah Forbes, Bill Gates merupakan orang terkaya di dunia saat ini.
MACINTOSH & APPLE Apple, atau lebih tepatnya adalah “Apple Computer Incorporated”, adalah sebuah perusahaan komputer Berlisensi yang berbasis di Cupertino, California. Sedangkan Mac atau Macintosh adalah merujuk kepada produk-produk komputer yang dibuat oleh Apple Computer Inc (line of personal computers designed, developed, manufactured, and marketed by Apple Computer – Wikipedia), seperti MacBook Pro, PowerBook, iBook. Sementara itu kata “ Mac OS “ merujuk pada Operating System yang dikembangkan oleh Apple Computer Dinamakan Macintosh, mengambil nama jenis apel yang disukai Jef Raskin, Macintosh diluncurkan pada Januari 1984 dengan sebuah iklan Super Bowl yang sangat terkenal. Mac adalah komputer pertama yang mempopulerkan graphical user interface (antarmuka pengguna grafis/GUI), yang pada waktu itu sebuah perkembangan revolusioner dalam dunia perkomputeran desktop.
Dan Masih Banyak Lagi Operating System Yang Tidak Bisa Disebutkan Satu Persatu Disini. Dengan Harapan Menjadi Pembelajaran Bagi Kita Semua Untuk dapat Memahami Sistem Operasi Yang Beredar Disekeliling Kita
Konsep Dasar Sistem Operasi 1.Komponen Sistem Operasi 2.Layanan Sistem Operasi 3.System Calls 4.Pemrograman Sistem 5.Struktur Sistem 6.Mesin Virtual 7.System Generation 8.Rancangan Sistem
Komponen Sistem 1.Managemen Proses 2.Managemen MemoriUtama 3.Managemen Berkas 4.Managemen I/O 5.Managemen Penyimpanan Sekunder 6.Jaringan 7.Sistem Proteksi 8.Command-Interpreter System
Managemen Proses (1) Proses adalah sebuah program yang sedang dijalankan(eksekusi). Sebuah proses membutuhkan beberapa sumber daya untuk menyelesaikan tugasnya. Sumber daya tersebut dapat berupa CPU time, memori, berkas-berkas, dan perangkat-perangkat I/O. Sistem operasi mengalokasikan sumber daya sumber daya tersebut saat proses itu diciptakan atau sedang diproses/dijalankan. Ketika proses tersebut berhenti dijalankan, sistem operasi akan mendapatkan kembali semua sumber daya yang bisa digunakan kembali.
Managemen Proses (2) Bertanggung jawab atas aktivitas aktivitas yang berkaitan dengan managemen proses seperti: Membuat dan menghapus proses pengguna dan sistem proses. Menunda atau melanjutkan proses. Menyediakan mekanisme untuk proses sinkronisasi. Menyediakan mekanisme untuk proses komunikasi. Menyediakan mekanisme untuk penanganan deadlock.
Managemen Memori Utama (1) Memori utama atau lebih dikenal sebagai memori adalah sebuah array yang besar dari word atau byte, yang ukurannya mencapai ratusan, ribuan, atau bahkan jutaan. Setiap word atau byte mempunyai alamat tersendiri. Memori utama berfungsi sebagai tempat penyimpanan instruksi/data yang akses datanya digunakan oleh CPU dan perangkat I/O. Memori utama termasuk tempat penyimpanan data yang yang bersifat volatile – tidak permanen yaitu data akan hilang kalau komputer dimatikan.
Managemen Memori Utama(2) Bertanggung jawab atas aktivitas-aktivitas yang berkaitan dengan managemen Memori Utama seperti : Menjaga track dari memori yang sedang digunakan dan siapa yang menggunakannya. Memilih program yang akan di-load ke memori.
Managemen File (1) Berkas adalah kumpulan informasi yang berhubungan, sesuai dengan tujuan pembuat berkas tersebut. Umumnya berkas merepresentasikan program dan data. Berkas dapat mempunyai struktur yang bersifat hirarkis (direktori, volume, dll.). Sistem operasi mengimplementasikan konsep abstrak dari berkas dengan mengatur media penyimpanan massa, misalnya tapes dan disk.
Managemen File (2) Sistem operasi bertanggung jawab untuk aktivitas berikut yang berhubungan dengan manajemen berkas seperti: Pembuatan dan penghapusan berkas. Pembuatan dan penghapusan direktori. Mendukung manipulasi berkas dan direktori. Memetakan berkas ke secondary-storage. Mem-back-up berkas ke media penyimpanan yang permanen (nonvolatile).
Managemen Sistem I/O (1) Sering disebut device manager. Menyediakan device driver yang umum sehingga operasi I/O dapat seragam (membuka, membaca, menulis, menutup). Contoh: pengguna menggunakan operasi yang sama untuk membaca berkas pada perangkat keras, CDROM dan floppy disk.
Managemen Sistem I/O (2) Sistem I/O terdiri dari : Sistem buffer : menampung sementara data dari atau ke peranti I/O Spooling : melakukan penjadwalan pemakaian I/O sistem supaya lebih efisien (antrian dsb) Antarmukadevices-driver yang umum : menyediakan device driver yang umum sehingga sistem operasi dapat seragam (buka, baca, tulis, tutup) Drivers untuk spesifik perangkat keras : menyediakan driver untuk melakukan operasi rinci/detail untuk perangkat keras tertentu.
Manajemen Penyimpanan Sekunder (1) Penyimpanan sekunder: PenyimpananPermanen Karena memori utama bersifat sementara dan kapasitasnya terlalu kecil,maka untuk menyimpan semua data dan program secara permanen, sistem komputer harus menyediakan penyimpanan sekunder untuk dijadikan back- upmemori utama. Contoh dari penyimpanan sekunder adalah harddisk, disket, dll.
Manajemen Penyimpanan Sekunder (2) Sistem Operasi bertanggung jawab dalam aktivitas yang berhubungan dengan manajemen penyimpanan sekunder : manajemen ruang kosong alokasi penyimpanan penjadwalan disk
Jaringan (Sistem Terdistribusi) Sistem Terdistribusi adalah kumpulan prosesor yang tidak berbagi memori atau clock. Setiap prosesor memiliki memori lokal masing-masing. Prosesor-prosesor dalam sistem terhubung dalam jaringan komunikasi. Sistem terdistribusi menyediakan akses pengguna ke bermacam-macam sumber daya. Akses tersebutmenyebabkan: Peningkatan kecepatan kompuatsi peningkatan penyediaan data peningkatan keandalan
Sistem Proteksi Proteksi berkenaan dengan mekanisme untuk mengontrol akses yang dilakukan oleh program,prosesor,pengguna sistem maupun pengguna sumber daya. Mekanisme Proteksi harus : membedakan antara penggunaan yang sah dan yang tidak sah. spesifikasi kontrol untuk diterima menyediakan alat untuk pemberlakuan sistem.
Command-Interpreter System Sistem Operasi menunggu instruksi dari pengguna (command driven). Program yang membaca instruksi dan mengartikancontrol statements (keinginan pengguna) umumnya disebut : control-card interpreter command-line interpreter UNIX shell. Command-Interpreter System sangat bervariasi dari satu sistem operasi ke sistem operasi yang lain dan disesuaikan dengan tujuan dan teknologi I/O peranti yang ada. Contohnya: CLI, Windows, Pen-based(touch), dan lain-lain.
Pelayanan Sistem Operasi (1) Eksekusi program: meload program ke memory dan menjalankannya (run). Operasi I/O : pengguna tidak bisa mengontrol I/O secara langsung ( untuk efisiensi dan keamanan), sistem harus bisa menyediakan mekanisme untuk melakukan operasi I/O. Manipulasi sistem berkas : membaca, menulis, membuat, dan menghapus file.
Pelayanan Sistem Operasi (2) Komunikasi : pertukaran informasi, dapat dilaksanakan melalui shared memory atau message passing. Deteksi error : mempertahankan kestabilan dengan mendeteksi error (pada CPU, perangkat keras memori, I/O, program pengguna) dan jika bisa,memperbaikinya.
PelayananTambahan Lebih diarahkan kepada upaya untuk menjaga efisiensi sistem,bukan untuk membantu pengguna Alokasi sumberdaya: mengalokasikan sumber daya kepada beberapa pengguna atau tugas yang dijalankanpada saat yang bersamaan Accounting: menentukan berapa banyak dan berapa lama users menggunakan sumber daya sistem Proteksi: menjaga semua akses ke sumber daya sistem terkontrol
System Calls (1) System calls menyediakan antar muka antara proses (program yang sedang dijalankan) dan sistem operasi. Biasanya tersedia sebagai instruksi bahasa rakitan Beberapa sistem mengizinkan system calls dibuat langsung dari bahasa pemrograman tingkat tinggi Beberapa bahasa pemrograman tingkat tinggi (contoh : C, C++) telah didefenisikan untuk menggantikan bahasa rakitan untuk sistem pemrograman
System Calls (2) Tiga metode umum yang digunakan dalam memberikan parameter kepada sistem operasi 1. Melaluiregister 2. Menyimpan parameter dalam blok atau tabel pada memori dan alamat blok tersebut diberikan sebagai parameter dalamr egister 3. Menyimpan parameter (push)ke dalam stack (oleh program), dan melakukan pop off pada stack (oleh sistim operasi)
Memberikan Parameter dalam Tabel
System Calls (3) Pada dasarnya System Call dapat dikelompokkan dalam 5 kategori sebagai berikut : 1. Kontrol Proses selesai, abort Load, eksekusi Membuatdanmengakhiriproses Mengambildanmengesetatribut proses Menunggu waktu Wait event, signal event Alokasi dan pengosongan memori
System Calls (4) 2. Memanipulasi File Membuatdanmenghapusberkas Membuka danmenutupberkas Read, write, reposition Mengambildanmengeset atribut berkas 3. Memanipulasi Device Meminta device, melepaskan device Read, write, reposition Mengambil dan mengeset atribut
System Calls (5) 4. Information Maintenance Mengambil dan mengeset waktu dan tanggal Mengambil dan mengeset sistem data Mengambil proses, berkas atau atribut device Mengeset proses, berkas atau atribut device 5. Komunikasi Menciptakan, menghapus hubungan komunikasi Mengirim dan menerima pesan Mentransfer status informasi Attach atau detach remote device Komunikasi dapat dilakukan melalui message passing atau shared memory
Mekanisme Komunikasi Sumber: Silberschatz,et.al, Operating System Concepts, 6the,.2003, New York:John Wiley & Son.Inc,
Pemrograman Sistem (1) Pemrograman sistem menyediakan lingkungan yang memungkinkan pengembangan program dan eksekusi berjalan dengan baik Dapat dikategorikan: Manajemen/manipulasi berkas : membuat, menghapus, copy, rename, print, memanipulasi berkas dan direktori. Informasi Status : tanggal, jam, jumlah memori dan disk yang tersedia, jumlah pengguna, dan informasi tentang status lainnya Modifikasi Berkas : modifikasi isi berkas
Pemrograman Sistem (2) Mendukung bahasa pemrograman : Kompilator, perakit, interpreter Loading dan eksekusi program : absolute loaders, relocata bleloaders, linkage editors, overlay loaders Komunikasi : menyediakan mekanisme komunikasi antara proses, pengguna, dan sistem komputer yang berbeda System program yang paling penting adalah command interpreter (mengambil dan menerjemahkan user- specified command selanjutnya).
Struktur Sistem Operasi (1) 1.StrukturSederhana Dimulai dengan sistem yang kecil, sederhana dan terbatas kemudian berkembang dengan cakupan original Struktur sistemMS-DOS: disusun untuk mendukung fungsi yang banyak pada ruang yang kecil Struktur Sistem UNIX Terdiri dari 2 bagian : Kernel : - antarmuka - device drivers Program Sistem
Struktur Sistem Operasi (2) 2. Pendekatan Terlapis Lapisan adalah implementasi dari objek abstrak yang merupakan enkapsulasi dari data dan operasi yang bisa memanipulasi data tersebut Lapisan paling bawah : perangkat keras Lapisan paling atas: antar muka pengguna
Struktur Sistem Operasi (3) 3. Mikrokernel Menyusun sistem operasi dengan menghapus semua komponen yang tidak esensial dari kernel, dan mengimplementasikannya sebagai sistem program dan level pengguna Fungsiutama: mendukung fasilitas komunikasi antara program klien dan bermacam-macam layanan yang juga berjalan di user-space
Mesin Virtual (1) Mesin virtual mengambil pendekatan terlapis sebagai kesimpulan logis. Mesin virtual memperlakukan hardware dan sistem operasi seolah-olah berada pada level yang sama sebagai perangkat keras. Pendekatan Mesin virtual menyediakan sebuah antarmuka yang identik dengan underlying bare hardware. Sistem Operasi membuat ilusi dari banyak proses, masing-masing dieksekusi pada prosesornya sendiri dengan virtual memorinya sendiri. VM dibuat dengan pembagian sumber daya oleh komputer fisik
Mesin Virtual (2 ) Sumber daya dari komputer fisik dibagi untuk membuat VM Penjadwalan CPU bisa menciptakan penampilan seakan–akan pengguna mempunyai prosesor sendiri. Spooling dan sistem data bisa menyediakan virtual card readers dan virtual line printers Sebuah time-sharing terminal user yang normal melayani sebagaimana operator konsulat VM software membutuhkan ruang di dalam disk untuk menyediakan memori virtual dan spooling, yaitu sebuah disk virtual.
System Generation Sistem operasi dirancang untuk dapat dijalankan pada, sistemnya harus dikonfigurasikan untuk setiap komputer. Program Sysgen mendapatkan informasi mengenai konfigurasi khusus tentang sistem perangkat keras dari sebuah data, antara lain sebagai berikut: CPU apa yang digunakan, pilihan yang diinstal Berapa banyak memori yang tersedia Peralatan yang tersedia Sistem operasi pilihan apa yang diinginkan atau parameter apa yang digunakan Satu kali info diperoleh, bisa digunakan dengan berbagai cara.
Perancangan Sistem Masalah: menentukan tujuan dan spesifikasi sistem. Perancangan sistem dipengaruhi oleh perangkat keras dan jenis sistem sehingga kebutuhan-nya akan lebih sulit untuk dispesifikasikan. Kebutuhan terdiri dari tujuan pengguna dan tujuan sistem. Pengguna ingin sistem yang enak digunakan, mudah dipelajari, terpercaya, aman, dan cepat. Tapi itu semua sebenarnya tidak dibutuhkan oleh sebuah sistem. Sistem ingin mudah dirancang dan diimplmentasikan, fleksibel, terpercaya, error yang minimal, dan efisien.
Thank You