SIMULASI DAN KOMUNIKASI DIGITAL – KOMUNIKASI DALAM JARINGAN Dino Lesmana Hadi Teknologi Komunikasi dan Informatika PPG-UNY-S52019.

Slides:



Advertisements
Presentasi serupa
MULTIMEDIA INTERAKTIF UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA
Advertisements

Pengertian, Sejarah, dan Fasilitas-Fasilitasnya
E-LEARNING E-LEARNING KELOMPOK III HEDI SUSANTO HERY WAHYUDI HUSMADIA
Kegunaan Web Bagi Pendidikan
Diklat Penyiapan Calon Kepala Sekolah
DIKLAT TEMATIK Pengenalan E Learning ICT TERAPAN PPPPTK PKn IPS
KOMUNIKASI DALAM JARINGAN
Collaborative Computing Technologies: Group Support Systems (GSS)
Mengindentifikasi Bagian-bagian Komputer
Simulasi Digital Kelas Maya.
Menggunakan Internet TEMMY IRAFITRIANA SMP NEGERI 1 SLEMAN.
E-Learning by : AIRA 2009.
ANGGOTA KELOMPOK 5 : NURLAILY MUFARIKHAH( ) FEBRIANI ROHMADHANA( ) ANGGAIDA YUNIASARI( ) KARNO DWI JOYOUTOMO( )
KELOMPOK 5 ESTU WIDYA P. FIRDAUSI NUZULA HANI MEI P.
Komunikasi dalam Jaringan
ELEMEN KOMUNIKASI 1. Komunikator (who) 2. Pesan (what) 3.  Media atau sarana (channel) 4. Komunikan (whom) 5. Pengaruh atau akibat (effect).
KEBIJAKAN TELEMATIKA INDONESIA
Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Jurusan Pendidikan Matematika
Mata pelajaran simulasi dan komunikasi digital
Metode Pembelajaran E-Learning
SISTEM MANAJEMEN PEMBELAJARAN
BAB 1 PENGENALAN INTERNET
IMPLEMENTASI KURIKULUM 2013 SEKOLAH MENENGAH KEJURUAN
Peranan sistem informasi dan teknologi informasi
SISTEM PENDUKUNG PENGAMBILAN KEPUTUSAN
BIMBINGAN TEKNIS IMPLEMENTASI KURIKULUM 2013 SEKOLAH MENENGAH KEJURUAN
BIMBINGAN TEKNIS IMPLEMENTASI KURIKULUM 2013 SEKOLAH MENENGAH KEJURUAN
MEDIA PEMBELAJARAN KUIS BERBASIS MACROMEDIA FLASH 8.0
Pembekalan Admin Guru Pembelajar
MODEL PEMBELAJARAN BERBASIS MASALAH (PROBLEM BASED LEARNING )
DAFTAR SOFT WARE KOMPUTER DAN SMARTHPONE KU
“Website Latihan Soal – Soal Mata Pelajaran Bahasa Inggris Untuk Kelas
Kegiatan 6a Pengenalan Fitur-Fitur Sistem Guru Pembelajar Moda Daring Waktu: 30 JP Disampaikan oleh: Disiapkan oleh: Tim Pengembang.
Introducing to digital literacy
KOMUNIKASI Dalam Jaringan Asinkron
Mengembangkan E-learning
IMPLEMENTASI KURIKULUM 2013 SEKOLAH MENENGAH KEJURUAN
PERANCANGAN RPP KEMENTRIAN PENDIDIKAN DAN KEBUDAYAAN
Komponen E-Learning
SISTEM MANAJEMEN PEMBELAJARAN
PERANCANGAN RPP KEMENTRIAN PENDIDIKAN DAN KEBUDAYAAN
ISNAINI, Tugas MPSI.
PEMBLAJARAN BERBASIS INTERNET UNTUK MENINGKATKAN MUTU PENDIDIKAN
PERANCANGAN RPP PELATIHAN IMPLEMENTASI KURIKULUM 2013 SMK
JANIS – JENIS PEMBELAJARAN BERBASIS IT
TEKNOLOGI INFORMASI DAN KOMUNIKASI
Melaksanakan Komunikasi Daring Asinkron
Komunikasi dalam jaringan (daring/online)
Nama: Nicco frediso Kelas : XI ATPH 2 No : 23
Mengindentifikasi Bagian-bagian Komputer
Model problem based learning
II. KELAS MAYA Kegiatan Belajar 5: Memahami Kelas Maya – Perangkat Lunak Pendukung Kelas Maya.
TUGAS SIMULASI DIGITAL
Kegiatan 6a Pengenalan Fitur-Fitur Sistem Guru Pembelajar Moda Daring Waktu: 30 JP Disampaikan oleh: Disiapkan oleh: Tim Pengembang.
IMPLEMENTASI KURIKULUM 2013 SEKOLAH MENENGAH KEJURUAN
Materi Hari ini Pertemuan Kedua
SIMULASI DIGITAL Komunikasi Dalam Jaringan dan Kelas Maya
ALAT ALAT KOMUNIKASI TRADISIONAL DAN MODERN
مقدمة في تفنة المعلو مات
Pengertian, Sejarah, dan Fasilitas-Fasilitasnya
MANAJEMEN SISTEM INFORMASI SEKOLAH
Mengindentifikasi Bagian-bagian Komputer
PERANGKAT LUNAK PEMBELAJARAN KOLABORATIF DARING God Bless & & SIMULA SI KOMUNIKAS I DIGITAL Pembelajaran dengan memanfaatkan kelas maya (cyber class) merupakan.
KEMENTERIAN PENDIDIKAN DAN KEBUDAYAAN BADAN PENGEMBANGAN SUMBER DAYA MANUSIA PENDIDIKAN DAN KEBUDAYAAN DAN PENJAMINAN MUTU PENDIDIKAN MODEL PEMBELAJARAN.
SISTEM PENDUKUNG PENGAMBILAN KEPUTUSAN
Pengantar E-Learning.
KEMENTERIAN PENDIDIKAN DAN KEBUDAYAAN BADAN PENGEMBANGAN SUMBER DAYA MANUSIA PENDIDIKAN DAN KEBUDAYAAN DAN PENJAMINAN MUTU PENDIDIKAN MODEL PEMBELAJARAN.
LATIHAN MEMBUAT PRESENTASI SIMULASI DAN KOMUNIKASI DIGITAL Nama : Dani Cahaya Romadoni Kelas : X AGTER 1 Sekolah : SMK N 1 KALIBAGOR.
PERANGKAT PEMBELAJARAN SIMULASI DAN KOMUNIKASI DIGITAL 1.SILABUS 2.RPP 3.BAHAN AJAR 4.MEDIA PEMBELAJARAN 5.LEMBAR KERJA PESERTA DIDIK (LKPD) 6.INSTRUMEN.
E-learning berbasis Student-centered Learning
Transcript presentasi:

SIMULASI DAN KOMUNIKASI DIGITAL – KOMUNIKASI DALAM JARINGAN Dino Lesmana Hadi Teknologi Komunikasi dan Informatika PPG-UNY-S52019

KD 3.10 Menganalisis komunikasi sinkron dan asinkron dalam jaringan KD 4.10 Melakukan komunikasi sinkron dan asinkron dalam jaringan Menjelaskan pengertian komunikasi Menjelaskan pengertian komunikasi daring Mengidentifikasi jenis komunikasi daring Mengidentifikasi komponen pendukung komunikasi dalam jaringan Menjelaskan bentuk komunikasi daring asinkron: Menerapkan tata krama dalam komunikasi asinkron

KOMUNIKASI DALAM JARINGAN Ruang Lingkup Materi membimbing, melatih, yang mampu 1.Pengertian Komunikasi 2.Pengertian Komunikasi Daring 3.Fungsi dan Jenis Komunikasi Daring 4.Komponen Pendukung Komunikasi dalam Jaringan 5.Bentuk Komunikasi Daring Asinkron: 6.Tata Krama (etiket) dalam Komunikasi Asinkron Metode Pembelajaran Ceramah, diskusi, tanya jawab, penugasan

KOMUNIKASI DALAM JARINGAN Tujuan Pembelajaran 1.Peserta didik dapat menjelaskan pengertian komunikasi dengan percaya diri dan penuh rasa tanggung jawab. 2.Peserta didik dapat menjelaskan pengertian komunikasi daring dengan percaya diri dan penuh rasa tanggung jawab. 3.Peserta didik dapat mengidentifikasi jenis komunikasi daring dengan percaya diri dan penuh rasa tanggung jawab. 4.Peserta didik dapat mengidentifikasi komponen pendukung komunikasi dalam jaringan dengan percaya diri dan penuh rasa tanggung jawab. 5.Peserta didik dapat menjelaskan bentuk komunikasi daring asinkron: dengan percaya diri dan penuh rasa tanggung jawab. 6.Peserta didik dapat menerapkan tata krama dalam komunikasi asinkron dengan percaya diri dan penuh rasa tanggung jawab.

merpati pos merupakan alat atau media komunikasi pertama yang ada dunia. Merpati pos ini awalnya dilakukan oleh Naruddin, seorang Sultan Baghdad pada tahun 1146 untuk mengirim pesan ke wilayah sekitar kerajaannya. e a075724bb/komunikasi-dari- merpati-hingga-ujung-jari-di-2020?page=all

Dalam lintasan sejarah, budaya kentongan sebenarnya berasal dari legenda Ho Chi Min dari Cina yang mengadakan perjalanan dengan misi keagamaan. Dalam perjalanan tersebut, Cheng Ho menemukan kentongan ini sebagai alat komunikasi keagamaan. Penemuan kentongan tersebut dibawa ke negeri Cina, Korea dan Jepang.

Pengertian Komunikasi Komunikasi adalah proses penyampaian pikiran atau perasaan oleh seseorang kepada orang lain dengan menggunakan lambang-lambang yang bermakna bagi kedua pihak. ( Effendi, 2000:13)

Pengertian Komunikasi Dalam Jaringan (Daring) Istilah Komunikasi Daring mengacu pada membaca, menulis, dan berkomunikasi melalui/menggunakan jaringan komputer. (Warschauer, M pp ) Dengan kata lain, Komunikasi Daring adalah cara berkomunikasi di mana penyampaian dan penerimaan pesan dilakukan dengan atau melalui jaringan Internet.

Jenis komunikasi daring Terdapat 2 jenis komunikasi daring, Sinkron dan Asinkron

Komunikasi daring sinkron (serempak) Komunikasi daring serempak atau komunikasi daring sinkron adalah komunikasi menggunakan komputer sebagai media, yang terjadi secara serempak, waktu nyata (real time). Text chat Video chat

Komunikasi daring asinkron (tak serempak) Komunikasi daring tak serempak atau asinkron adalah komunikasi menggunakan perangkat komputer dan dilakukan secara tunda.

Komponen Pendukung Komunikasi Daring Komponen perangkat keras (hardware) Komponen Perangkat Lunak (software) Komponen Perangkat Nalar atau Akal (Brainware)

Tata krama (etiket) Komunikasi Asinkron Komunikasi merupakan kegiatan yang melibatkan dua atau lebih orang, sehingga perlu diperhatikan tata cara serta tata krama (etiket) dalam melakukannya. Hal tersebut menjadi makin penting dalam tata krama berkomunikasi daring, karena kedua belah pihak tidak bertemu langsung, sehingga lebih rentan terhadap terjadinya salah paham.

KESIMPULAN Perkembangan komunikasi daring saat ini sudah semakin maju. Dalam hal ini tentunya juga memiliki kelebihan dan kekurangan. Tinggal bagaimana kita mensikapinya. Jika kita menggunakan komunikasi daring untuk hal yang negatif, tentu saja dapat berpengaruh untuk kita bahkan orang lain. Pada era ini kita telah dimudahkan dalam hal apapun termasuk dalam hal berkomunikasi. Namun dengan adanya kemudahan tersebut cenderung membuat sifat manusia menjadilebih invidulistis dan tidak lagi memperdulikan lingkungan sekitar.

Next Materi yang akan dipelajari dipertemuan selanjutnya: “fitur perangkat lunak pembelajaran kolaboratif daring”

Sekilas Materi Dalam rangka mendukung kelas maya dimanfaatkanlah berbagai perangkat lunak/aplikasi/sistem yang pada umumnya berbasis web. Secara umum dikenal dua jenis aplikasi yaitu aplikasi Learning Management System (LMS) dan Learning Content Management System (LCMS). Akan tetapi dalam perkembangan selanjutnya, seiring meluasnya pemanfaatan Social Network (SN) khususnya Facebook, muncullah aplikasi Social Learning Network (SLN) sebagai salah satu alternatif bentuk kelas maya.

TERIMAKASIH