Aplikasi Cabri 3D Nama Kelompok: Angel Claudia situmeang Dwi Emmya Grace Tarigan Octaviani Sitompul Teodora Tania Tampubolon Media Pembelajaran Matematika.

Slides:



Advertisements
Presentasi serupa
SISTEM KOORDINAT.
Advertisements

KULIAH MEDAN ELEKTROMAGNETIK
Transformasi Linier.
GEOMETRI TRANSFORMASI
Teknologi Dan Rekayasa TECHNOLOGY AND ENGINERRING
CERMIN.
Transformasi geometri.  Pemindahan objek (titik, garis, bidang datar) pada bidang.  Perubahan yang (mungkin) terjadi: Kedudukan / letak Arah Ukuran.
GESERAN ( TRANSLASI ) DALAM MEMBAHAS TRANSLASI DIPERLUKAN BEBERAPA SIFAT DAN PENGERTIAN VEKTOR VEKTOR ADALAH BESARAN YANG MEMPUNYAI BESAR DAN ARAH SECARA.
Bab 5 TRANSFORMASI.
Pengenalan Geogebra.
Kelas XII/ 1 Oleh: Adhe Whisnu K.
Transformasi Geometri 2 Dimensi
KOMPUTER GRAFIKA TRANSFORMASI 2D (ROTASI DAN SHEARING)
PEMBELAJARAN Matematika INTERAKTIF
KOMPUTER GRAFIKA TRANSFORMASI 2D (TRANSLASI DAN SKALA)
MEDIA PEMBELAJARAN BERBASIS IT
Sifat-Sifat Bangun Datar
BAB V (lanjutan) VEKTOR.
Pertemuan Cahaya Pembiasan dan Dasar-Dasar Optik Geometri
Macam-Macam Bangun Ruang
S1 Teknik Informatika Disusun Oleh Dr. Lily Wulandari
QUIZ Diketahui vektor a, b, dan c:
T R A N S F O R M A S I G E O M E T R I
BAB 5 VEKTOR BIDANG DAN VEKTOR RUANG
Konstruksi Geometris.
Konstruksi geometri Pertemuan ke-3
TRANSFORMASI 2D.
Teknologi Dan Rekayasa TECHNOLOGY AND ENGINERRING
VEKTOR VEKTOR PADA BIDANG.
Transformasi Geometri Sederhana
Irma Damayantie, S.Ds., M.Ds Prodi Desain Interior - FDIK
GEOMETRI DALAM BIDANG Pertemuan 14.
Transformasi Geometri Sederhana
Menggunakan Menu dan Ikon untuk Membuat Desain Sederhana.
Teknologi Dan Rekayasa TECHNOLOGY AND ENGINERRING
MODUL KE TIGA BELAS MENGGAMBAR TEKNIK PENSKETSAAN LUKISAN
Aturan Dasar Untuk Memberi Ukuran
Anna Dara Andriana, S.Kom., M.Kom
Transformasi geometri
AYO BELAJAR TRANSFORMASI GEOMETRI !!!
3D Elisabeth, S.kom.
GEOMETRI DAN PENGUKURAN
BANGUN RUANG SISI LENGKUNG
1.4 SISTEM KOORDINAT EMPAT BIDANG
OLEH : SONIA RUKMARDI SARI KELAS : X2
Teknologi Dan Rekayasa TECHNOLOGY AND ENGINERRING
PERSEGI.
KOMPUTER GRAFIKA TRANSFORMASI 2D (TRANSLASI DAN SKALA)
KOMPUTER GRAFIKA TRANSFORMASI 2D (ROTASI DAN SHEARING)
Geometri Euclid Lilik Linawati MY 305 – 3 sks
LINGKARAN DALAM DAN LINGKARAN LUAR SEGITIGA
Transformasi 2 Dimensi.
BAB I ANALISIS VEKTOR 1.1 SKALAR DAN VEKTOR Skalar Vektor Medan skalar
Irma Damayantie, S.Ds., M.Ds. Prodi Desain Interior - FDIK
ASSALAMU’ALAIKUM. WR.WB
Cabri, diperkenalkan untuk membuat ilmu ukur dua dimensi supaya lebih mudah mempelajarinya
DIMENSI DUA transformasi TRANSLASI.
Teknologi Dan Rekayasa TECHNOLOGY AND ENGINERRING
Sketch Up 2014 Juan Timothy.
GAMBAR TEKNIK KELAS X OLEH ISHRI. MATERI Gambar konstruksi geometrisGambar konstruksi geometris:  Konstruksi garis Konstruksi garis  Konstruksi sudut.
Konsep 3D dan Representasi Objek 3D
TIA 102 Menggambar Teknik Pekan ke-2: Gambar Dasar Geometri
1 2 KOMPETENSI Memiliki kemampuan menjelaskan materi Geometri Datar dan Geometri Ruang di Sekolah Dasar beserta cara mengajarkannya kepada para siswa.
Teknologi Dan Rekayasa TECHNOLOGY AND ENGINERRING Mapping And Surveing Department MACAM-MACAM GARIS.
Transformasi Geometri 2 Dimensi
Sifat & Unsur Bangun Datar
Transformasi Geometri 2 Dimensi
Irma Damayantie, S.Ds., M.Ds. Prodi Desain Interior - FDIK
KOMPUTER GRAFIKA TRANSFORMASI 2D (TRANSLASI DAN SKALA)
Konstruksi Geometris. Untuk menggambar bentuk-bentuk geometri diperlukan ketrampilan dasar menggambar dengan menggunakan penggaris, jangka, segitiga,
Transcript presentasi:

Aplikasi Cabri 3D Nama Kelompok: Angel Claudia situmeang Dwi Emmya Grace Tarigan Octaviani Sitompul Teodora Tania Tampubolon Media Pembelajaran Matematika

Sejarah Perkembangan Cabri 3D Program Cabri ini diproduksi oleh Jean Marie Laborde dan Max Marcadet, Grenoble, France. Program ini pada awalnya dikembangkan oleh Jean Marie Laborde sebagai ketua researching interactive tools for teaching mathematics, Perancis tahun Cabri menjabarkan sebuah eksplorasi dari sifat-sifat objek-objek matematika dan hubungan antara setiap sifat dan objek tersebut. Versi pertama Cabri mendapat penghargaan Education Trophy pada tahun Versi pertama ini dibuat dengan apple. Cabri mulai digunakan di bidang pendidikan pada tahun 1989 yaitu digunakan pada pendidikan di Perancis dan di negara lain. Selama tahun 90-an generasi pertama Cabri ini telah dihasilkan dan merupakan generasi baru “Cabri 2” yang dikembangkan oleh Jean Marie Laborde, Franck Bellemain dan Sylvie Tessier. Pada tahun 2000 Jean Marie Laborde mendirikan the company cabrilog untuk mengembangkan software Cabri, dan pada tahun 2003 menghasilkan versi baru dari Cabri yaitu Cabri Geometri II Plus, diikuti software geometri baru : Cabri Junior untuk kalkulator T183 dan T184. Pada bulan september 2004, Jean Marie Laborde mengembangkan Geometri II Plus untuk MacOS X. Pada bulan september 2007 dikembangkan Cabri Geometri II Plus dilanjutkan dengan versi 1.4. Muncul pula versi terbaru dari Cabri yaitu Cabri 3D v2 yang lebih lengkap. Pada tahun 2007, Cabri 3D memenangkan BETT awards pada suatu perlombaan digital.

Menurut Accascina dan Rogora 2006, Cabri 3D adalah perangkat lunak dinamis- geometri yang dapat digunakan untuk membantu siswa dan guru untuk mengatasi beberapa kesulitan – kesulitan dan membuat belajar geometri dimensi tiga geometri ruang menjadi lebih mudah dan lebih menarik. Pengertian Cabri 3D

Kegunaan Program Cabri 3D  Bagi siswa Kegunaan Program Cabri 3D yaitu : a.Siswa dengan mudah dapat membuat bangun 2 dimensi atau 3 dimensi, dari yang paling sederhana sampai yang paling kompleks, dengan menggabungkan objek geometris dasar seperti titik, sudut, segmen, lingkaran, dan lain-lain. b.Siswa dapat menghubungkan geometri dan aljabar dengan panjang pengukuran, sudut, luas dan volume dan kemudian melampirkan nilai-nilai numerik langsung ke gambar c.Siswa dapat mengamati efek dari transformasi seperti pencerminan, perputaran, pergeseran, atau perbesaran.  Bagi guru Kegunaan Program Cabri 3D yaitu : a.Guru dapat membuat kegiatan yang memfasilitasi pengenalan dan pemahaman konsep-konsep baru, memperlihatkan penemuan teorema atau rumus, membantu model situasi kehidupan nyata. b.Guru dapat membangun motivasi belajar siswa dengan menyisipkan teks atau gambar, atau dengan memodifikasi grafis sehingga siswa tertarik untuk belajar. c.Guru dapat menilai pemahaman individu siswa.

Peralatan Cabri 3D (Icon Cabri 3D) Ikon pertama Manipulation digunakan untukmenunjukkan koordinat titik yang dipilihatau komponen yang dipilih dan untuk memindahkan poin atau titik dan benda benda, dan sebagai konsekuensinya, semua objek. b. Redefinition digunakan untuk dapat mendefinisikan kembali definisi untuk mengubah cara poin dapat dipindahkan. c. Point digunakan untuk membangun poin dengan cara yang berbeda. Poin ini kemudian dapat digunakan untuk jangkar pembangunan berbagai objek (segmen, polyhedra, dan lain-lain) dan untuk membangun poin dalam ruang di atas atau di bawah bidang dasar. d. Instersection Point(s) digunakan untuk membangun sebuah titik potong

Ikon kedua a.Line digunakan untuk membangun garis melalui dua titik dan untukmembangun garis perpotongan dari dua bidang. b.Segment digunakan untuk membangun sebuah sinar melewati duatitik c.Ray digunakan untuk membangun segmen melalui dua titik d.Vector digunakan untuk membangun sebuah vector melalui dua titik e.Circle digunakan untuk membangun lingkaran dalam berbagai cara,misalnya sebuah loop melalui dua titik (pusat dan jari-jari) pada bidang f.Arc digunakan untuk membangun sebuah busur lingkaran melaluitiga titik g.Conic digunakan untuk membangun sebuah conic melewati limatitik coplanar (sebidang) h.Intersection Curve digunakan untuk membangun garis perpotongandari dua bangunan

Ikon ketiga a.Plane digunakan untuk membangun sebuah bangunan baru dalam berbagai bentuk b.Polygon digunakan untuk membangun sebuah polygon melalui tiga ataulebih poin. c.Triangle digunakan untuk membangun sebuah segitiga melalui tiga poi d.Half Plane digunakan untuk membangun setengah banguna e.Sector digunakan untuk membangun sector melalui titik asal dan titiklainnya. f.Cylinder digunakan untuk membangun sebuah silinder melalui garisobjek linier (sumbu dari silinder) dan melalui sebuah titik g.Cone digunakan untuk membangun sebuah keucut melalui titik- titik(vertex) dan lingkaran-lingkaranh) h.Sphere digunakan untuk membangun bola dari titik pusat dan titik lain

Ikon keempat a.Perpendicular digunakan untuk membangun sebuah garis tegak lurus terhadap permukaan bidang b.Parallel digunakan untuk membangun sebuah garis sejajar dengan garis(atau bagian dari garis) dan untuk membangun bangunan sejajar dengan permukaan bidang sebelumnya c.Perpendicular Bisector digunakan untuk membangun bangunan tepat ditengah antara dua titik dan tegak lurus terhadap garis yang melalui dua titik tersebut d.Bisector plane digunakan untuk membangun bidang tegak lurus ke sudutyang melalui tiga poin e.Midpoint digunakan untuk membangun titik tengah antara dua titik danuntuk membangun bagian tengah garis (segmen, vector, poligon, sisi,tepi polyhedron) f.Vector Sun digunakan untuk membangun vector yang dihasilkan dari penambahan dua vector lainnya. g.Cross product digunakan untuk membangun vector yang dihasilkan dari produk silang dari dua vector h.Measurement Transfer digunakan dapat memindahkan pengukuran dibuat dengan menggunakan alat pengukuran untuk beberapa objek i.Trajectory digunakan untuk menampilkan jejak jalan yang diciptakan oleh gerakan objek

Ikon kelima a.Central Symmetry digunakan untuk membangun suatu titik sebagai pusat refleksi selanjutnya pilih obyek yang akan dimodifikasi b.Half-Turn digunakan untuk membangun objek yang akan direfleksi terhadap sumbu linier c.Reflection digunakan untuk membangun bidang permukaan sebagai bidang simetri lalu dimodifikasi d.Translation digunakan untuk membangun vector atau 2 titik (atau membangun titik secara langsung lalu pilih objek yang akandimodifikasi e.Rotation digunakan untuk merotasi di sekitar sumbu dan dua poin,dengan cara memilih objek dengan garis linear sebagai sumbu rotasi,memilih (atau membangun) 2 poin, lalu memilih objek yang akan dimofikasi

Ikon keenam a.Distance digunakan untuk menghitung jarak antar titik b.Length digunakan untuk mengukur panjang benda-benda seperti vector,segmen garis, busur, dll c.Area digunakan untuk mengukur area (luas) objek bidang sepertilingkaran, segitiga dan polygon d.Volume digunakanuntuk mengukur volume dari bangun ruang baik sisidatar maupun sisi lengkung e.Angle digunakanuntuk mengukur sudut antara bidang dengan garis,ruas garis, vektor, dan sinar garis f.Dot product digunakan untuk menukur hasil kali dari dua vektor yang telah dipilih sebelumnya g.Coord & equation(s) digunakan untuk memberikan koordinat titiktertentu dengan membangun sembarang garis. Klik alat (x,y,z) tempatkan disembarang titik pada garis maka akan diberikan persamaan garis h.Calculator digunakan untuk melakukan operasi paling umum yangdisediakan oleh Scientific c kalkulator dan menampilkan hasil di areakerja.

Kelebihan dan Kekurangan Cabri 3D  Kelebihan 1.Gambar-gambar bangun geometri yang biasanya dilakukan menggunakan bangun baik berupa kerangka bangun maupun ruang dari jaring-jaring dapat dibuat dengan mudah yang lebih cepat dan teliti. 2.Adanya animasi gerakan (dragging) dapat memberikan visualisasi dengan jelas. 3.Dapat digunakan sebagai alat evaluasi apakah pekerjaan yang dilakukan adalah benar atau salah. 4.Memudahkan guru dan siswa untuk menyelidiki sifat-sifat yang berlaku pada suatu objek. 5.Mempunyai perintah pengerjaan matematika yang luas. 6.Mempunyai suatu antarmuka berbasis worksheet. 7.Mempunyai fasiitas pengerjaan yang baik dalam dimensi dua dan dimensi tiga. 8. Bahasa pemogramannya memudahkan pemahaman konsep peserta didik. 9.Hasil pengerjaannya lebih baik dibandingkan software Autograph dan Maple. 10. Mempunyai fasilitas untuk membuat dokumen dalam beberapa format  Kekurangan 1.Hasil pengukurannya kurang akurat karena menggunakan angka decimal. 2.Kurang baik dalam kemampuan Originality (keaslian) dan Sensitivity (kepekaan)