Planning Erick Kurniawan, M.Kom. Rencana  Sebagai Contoh Project  Membangun Online Learning Community  Dimana user didalam OLC dapat saling sharing.

Slides:



Advertisements
Presentasi serupa
PENGENALAN Software & Hardware untuk berinternet dan jenis – jenis Homepage.
Advertisements

PENGENALAN INTERNET M. Masrur, SKom.
Web Statis vs Web Dinamis
EIH/Pengantar Sistem Informasi 1 Aplikasi Web Eka Ismantohadi.
Apa itu Web Browser ? Web Browser adalah suatu software yang digunakan untuk mencari alamat suatu web site yang terdapat pada jaringan Internet Web Browser.
Aplikasi Kuliah Online dengan Penerapan Live Video Conferencing dan Streaming Berbasis Komponen dengan Visual Basic 6.0 Rinanda Rianti
YOUTUBE.
Panduan Pengelolaan LMS-2
Latar Belakang Masalah
Oleh: Moh. Haitan Rachman, VP Program KMSI Launching
DINAS KOMUNIKASI DAN INFORMATIKA KABUPATEN PASURUAN
Userguide Agenda Siswa Online For Operator and Teacher.
Pertemuan Ke-1 (Konsep Dasar Web)
SESION 15 MEMBUAT WEB SITE. Dalam membuat sebuah website ada beberapa hal yang perlu Anda persiapkan sebelum Anda memulainya. Pertama, Anda bisa mengajukan.
Apa itu Web Browser ? Web Browser adalah suatu software yang digunakan untuk mencari alamat suatu web site yang terdapat pada jaringan Internet Web Browser.
Proses Pengembangan Website
Oleh: Muadzin Muhammad Dahlan Nurul Aminah
Irfan Santiko, M.Kom Build Web With Wordpress Framework.
Membangun Proyek Websiete
Content Managament System
Blog dan Management Blog
Membuat Blog Pembelajaran Menggunakan
WordPress merupakan salah satu software untuk membangun situs Web. WordPress mudah diinstal dan digunakan. Pemakai pemula pun dapat memanfaatkan WordPress.
Internet Programming FORM DAN UP LOAD FILE M. Agus Zainuddin PENS – ITS Surabaya.
INTERNET Internet adalah jaringan antara komputer di seluruh dunia.
Consumer Behavior Online
BAB 5 Mengakses Internet.
Diajukan Oleh : Deici Siringo-ringo SISTEM INFORMASI FORUM PADA THREE CORES BERBASIS WEB.
PRAKTIKUM PEMROGRAMAN WEB Pertemuan 5
Pertemuan 1 Pengenalan Dasar Web.
Agnes Aryasanti, S.Kom Rekayasa Web ( KP212).
PRIHANDOKO S.Kom, MIT, PDH
Pelatihan Website untuk OPD, Kecamatan dan Puskesmas Kabupaten Banyuasin
Front Office Dalam Forum 1 Juta Member
Proses Pengembangan Website
Pertemuan 1 Khairul Anwar Hafizd
Copyright © Integra office by Integra Teknologi Solusi
* Membuat Blog Wordpress by M.Nangimulloh
Pengenalan Internet Fakultas Ilmu Komputer dan Teknologi Informasi
COMPUTER MEDIATED LEARNING UNIVERSITAS INDONESIA
Welcome. Electronic Mail ( ) Welcome Kompetensi Dasar Standar Kompetensi :1. Menggunakan internet untuk keperluan informasi dan komunikasi Kompetensi.
Content Management System (CMS) JOOMLA
Pertemuan 5 Electronic Commerce
REKAYASA WEB 3 SKS.
By : Avissa Qonita sidqi – IX I
MENGOPERASIKAN WEB DESIGN
MENGOPERASIKAN WEB DESIGN
Pertemuan ke 5 Ahmadi Sistem Informasi STMIK “BINA NUSANTARA JAYA”
Overview Teknologi Internet
Universitas Udayana MIPA Ilmu Komputer 2010 Please wait.
PENGENALAN BLOG PENGENALAN BLOG ACEP ALIT A..
MEDIA WEB SERVICE DARI ONLINE-SHOP
Pengenalan Dasar Web dan HTML
Web Site atau Situs Pengertian
Prinsip Dasar Internet & Pemrograman Web
MERANCANG PEMBUATAN WEBSITE
Cyberpreneurship KP225 – Cyberpreneurship Anugrah Bagus Susilo, S.Kom.
TUTORIAL PEMBUATAN BLOG menggunakan Blogger (
Menggunakan Wordpress
Assalamualaikum Wr. Wb..
Apa itu Web Browser ? Web Browser adalah suatu software yang digunakan untuk mencari alamat suatu web site yang terdapat pada jaringan Internet Web Browser.
Pertemuan 1 Pengenalan Dasar Web.
Pengembangan Web Topik Project Akhir.
Prinsip Dasar Internet & Pemrograman Web
Pertemuan 1 Pengenalan Dasar Web.
Apa itu Web Browser ? Web Browser adalah suatu software yang digunakan untuk mencari alamat suatu web site yang terdapat pada jaringan Internet Web Browser.
CMS (Content Management System)
WEBSITE PEMBUATAN for further detail, please visit
World Wide Web atau WWW atau juga dikenal dengan WEB adalah salah satu layanan yang didapat oleh pemakai computer yang terhubung ke internet.
UNIVERSITAS GUNADARMA 2010
Transcript presentasi:

Planning Erick Kurniawan, M.Kom

Rencana  Sebagai Contoh Project  Membangun Online Learning Community  Dimana user didalam OLC dapat saling sharing knowledge  Idealnya menemukan client yang sebernarnya  Sebelum melakukan coding, lakukan planning dan competitive analysis  Situs OLC apa yang dibuat (programming, fotografi, dll)  Menentukan untuk siapa situs dibuat (marketnya)  dll

User Classes  Pengelompokan / pembagian user dalam kelas tertentu  Perbedaan pengalaman, kemampuan, senioritas  Jangan menciptakan situasi teacher vs learner  Setiap user melakukan aktifitas belajar dan mengajar

Contoh  Layanan yang disediakan photo.net  Umum : Setiap user bisa mendapatkan jawaban dari pertanyaan tentang photography  Admin (Administrative Privilege) : admin dapat dengan bebas mengedit atau menghapus content yang ada pada sites  Admin mempunyai kekuasaan lebih dibandingkan user biasa

Contoh  Umumnya Online Community mempunyai 2 macam user  Moderator : mempunyai otoritas untuk approve atau mendelete posting dari regular user pada discussion forum  Regular User : dapat membaca, post, dan mengedit pesan yang berasal dari dirinya

Cara pengelompokan user yg lain  User bisa juga dikelompokan dengan cara yang berbeda, misal pada photo.net  Wanna-be point-and-shooter : user yg ingin mendapatkan informasi tentang kamera, cara pemakaian praktis, dimana membelinya? (petunjuk pemakaian kamera yg praktis, mudah, tidak membutuhkan waktu untuk dipelajari)  Novice photographer shopper : user ingin mendapatkan teknik mengambil gambar yg lebih bagus dan artistik, tetapi belum mempunyai kamera dengan kontrol / fasilitas yang diinginkan

Cara pengelompokan user yg lain  Novice photographer learner : sudah punya kamera yang tepat, tetapi belum punya ide bagaimana cara menggunakannya (dimana?, kapan?)  Expert photographer learner : membutuhkan ide baru, apakah ada alat / kamera teknologi baru?, ingin sharing pengetahuan, membutuhkan komunintas  Exhibitor : ingin mengupload photo ke server (photo sharing system) untuk minta pendapat / komentar dari user lain

Cara pengelompokan user yg lain  Traveler : ingin mengetahui lokasi dari tempat- tempat wisata melalui foto-foto wisata yang ada di website, menentukan tujuan wisatanya  Reader : suka melihat foto saja, tidak suka memotret.

Cara pengelompokan user yg lain  Membagi user dengan melihat dengan apa mereka mengakses Internet  Web Browser User : via browser, upload dan download photo, berpartisipasi dalam forum diskusi, membaca turtorial, dll  Mobile User : via mobile phone, menyediakan informasi tentang toko kamera terdekat, reparasi terdekat, dan informasi yang berguna lainnya.

Skenario penggunaan oleh user  Untuk setiap kelas dari user, anda harus menulis rancangan ide fasilitas apa yang akan kita sediakan untuk user dlm kelas tertentu  Contoh – novice photographer shopper :  Novice seharusnya mulai dengan membaca artikel untuk mencari pendapat orang / nasehat tentang kamera yang akan dibelinya  Pendapat paling bagus biasanya berasal dari hasil tanya jawab pada disscussion forum (user lain dapat memberi masukan)  Ditampilkan pendapat orang beserta penawaran dari toko kamera

Skenario penggunaan oleh user  Contoh – site wide administrator  Administrator seharusnya login dulu untuk masuk ke tampilan admin  Dapat melihat statistik user (user baru yg register, user terakhir yang login, menentukan maksimum photo yang dapat diupload oleh user, aktifitas pada discussion forum, aktifitas moderator, memblock user, dll)

User Profile  Perlu untuk membuat halaman user profile (untuk user yang potensial), yang berisi informasi :  Gambar / Foto dari user  User name, umur, pekerjaan, status perkawinan, pendapatan, dll  Tujuan jangka pendek dan jangka panjang dari user yang bergabung di OLC anda  Bagaimana user dapat tahu website OLC anda?  Informasi lainnya yang membantu dan relevant dengan OLC yg anda buat  Contoh (Amazon melakukan profiling user dengan menghapalkan buku kesukaan dari user-nya)

Kesimpulan  Jika anda melakukan langkah perencanaan untuk mengembangkan project OLC, anda paling tidak harus menentukan :  Subyek apa yang dibahas pada OLC yang anda buat?  Komentar dari user yang anda harapkan setelah user mengunjungi webiste anda (tentang layanan, informasi yang disediakan)  Pembagian kelas user yang jelas dan deskripsinya

LC : Offline Alternatives  Alasan kenapa perlu Online Community Learning? Harus Online ?  Mana yang lebih baik offline / online community?  Contoh : Majalah Popular Photography  Apakah efektif?, Sudah dapat memenuhi pertanyaan, mis:  Berapa harga dari kamera nixon 50/1.4 lens?  Teknologi kamera apa yang keluar paling baru?  Benchmark performa dari kamera canon?  Cukup efektif untuk pertanyaan diatas

LC : Offline Alternatives  Tidak efektif untuk start-to-finish learning  Tidak mungkin untuk menyertakan 20 halaman artikel complete beginners textbox (halaman terbatas)  Tidak efektif untuk menjawab pertanyaan yang banyak  Waktu lama (harus menunggu edisi berikutnya, dll)  Tidak efektif untuk menampikan foto-foto yang akan ditunjukan (tempat terbatas, hanya orang tertentu)

LC : Online Alternatives  Beberapa elemen yang berguna yang mendukung online community  Content / Isi yang menarik (magnet content) yang ditulis oleh expert  Kerjasama / Collaboration (antar user)  Pendelegasian pada Moderator (bagi tugas, tanggung jawab)  Identifikasi Anggota (tahu aggota yg aktif, dapat di keluarkan dari komunitas, dll)  Perluasan / pengembangan software yang berasal dari anggota komunitas  Jika publisher authored content dan user authored content perbandingannya seimbang maka website sudah berhasil karena komunitas jalan.

LC : Online Alternatives  User dapat mengirimkan beberapa informasi ke website dan user lain dapat membaca / mengomentarinya (Collaboration)  Fasilitas searching (discussion forum posting)  Untuk melihat teknologi yang digunakan untuk membangun website dapat dilihat dari URL-nya (.pl,.asp,.php,.jsp,.aspx)