IT & Pengembangan Mahasiswa FD-IT MAKASSAR. The world is Flat.

Slides:



Advertisements
Presentasi serupa
Internet.
Advertisements

Komunikasi Data Jaringan Komputer.
Internet dan Pemanfaatannya Untuk Bisnis
OLEH: NI KOMANG DEPI LESTARI
Internet Materi Pertemuan Ke-12.
Pengenalan Internet Surfing – Browsing – Searching - – Chatting – SMS – E-card – Download – Servise - Advertising Nanik Triana, M.Kom.
Perkembangan Terkini Teknologi Informasi Jurusan Informatika Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam 2012 Pengantar TIK.
TEKNOLOGI INFORMASI DAN KOMUNIKASI
SAINS & TEKNOLOGI INFORMASI DALAM KONTEKS PENDIDIKAN SEJARAH Hansiswany Kamarga.
Internet dan Intranet Oleh : Fitriadye, S.Pd.
DAMPAK INTERNET Alia Sugeng Rahayu Aline Arum Suryani
FUNGSI DAN LAYANAN INTERNET
Intranet, Ekstranet dan Internet
Pengertian, Sejarah, dan Fasilitas-Fasilitasnya
Perencanaan Model Bisnis E-Commerce
Metode Pembelajaran E-Learning
( INTERCONNECTION NETWORKING )
MEDIA – MEDIA ECOMMERCE
PalComTech. WORLD WIDE WEB (WWW), Adalah sarana internet yang menampilkan tampilan berupa gabungan teks, grafis, suara bahkan video yang bersifat interaktif.
Manfaat dan Dampak Internet
1.  Apakah pembelajaran blended?  Mengapa memerlukan blended?  Bagaimana Menyiapkan Pembelajaran Variatif- integratif?  Bagaimana pendidiknya? 2.
INTERNET, TEKNOLOGI DAN PENGARUHNYA
TEKNOLOGI KOMUNIKASI & INFORMASI
Pertemuan 1 Pengenalan Multimedia
Internet dan Pemanfaatannya
Sumber : Instant Messaging Sumber :
E-Learning by : AIRA 2009.
VIRTUAL MARKETING Disusun Oleh : Imam Widayat ( )
Modul 2 : Teknologi Informasi
MANFAAT INTERNET BAGI SEKRETARIS
New Media: New technology, New Ideas or New Headaches
Cyber Crime AND Cyber Law
TELEKOMUNIKASI DAN JARINGAN
Telekomunikasi & Jaringan
WELCOME Loading ….
Network : adalah jaringan dari sistem komunikasi data yang melibatkan sebuah atau lebih sistem komputer yang dihubungkan dengan jalur transmisi alat komunikasi.
Telekomunikasi & Jaringan
Karier dan Sertifikasi Komputer
Internet Materi Pertemuan Ke-12.
Komputer dan perkembangan internet
Komputer dan perkembangan internet
BAB II PEMBAHASAN Pengertian Internet
Pengenalan Internet Fakultas Ilmu Komputer dan Teknologi Informasi
PENGENALAN INTERNET.
INTERNET SEBAGAI PERPUSTAKAAN VIRTUAL
Peranan IT terhadap Pengembangan Mahasiswa
PEMASARAN DALAM E-COMMERCE
Internet Materi Pertemuan Ke-11.
Komponen E-Learning
– Fitri Febriani – Delia Annisa Putri
Jaringan Komputer 1 – Pertemuan 1
Landasan Ilmu Pendidikan
Telekomunikasi & Jaringan
PENGENALAN INTERNET.
Pemasaran online SMK Profita Bandung.
JANIS – JENIS PEMBELAJARAN BERBASIS IT
Oleh : Nanik Triana, M.Kom
Telekomunikasi & Jaringan
Pengenalan Internet Oleh: Burhanudin.
Konvergensi.
PENGERTIAN DASAR INTERNET & INTRANET
E-Learning Fungsi Implementasi Oleh: Izzul Fatawi, M.Pd.I.
KELOMPOK 2.
Model Pembelajaran Berbasis Komputer
MEDIA – MEDIA ECOMMERCE
Pengertian Dasar Internet Dan Intranet
Komunikasi di Era Informasi
Network : adalah jaringan dari sistem komunikasi data yang melibatkan sebuah atau lebih sistem komputer yang dihubungkan dengan jalur transmisi alat komunikasi.
Pengertian, Sejarah, dan Fasilitas-Fasilitasnya
SISTEM PENDIDIKAN JARAK JAUH MELALUI INTERNET
Transcript presentasi:

IT & Pengembangan Mahasiswa FD-IT MAKASSAR

The world is Flat

Perkembangan Globalisasi •Globalisasi 1.0 : Mengglobalnya Negara •Globalisasi 2.0 : Mengglobalnya Perusahaan-perusahaan •Globalisasi 3.0 : Mengglobalnya individu

Sebab yang mendatarkan dunia •1. 9/11/89 : runtuhnya tembok berlin •2. 09/08/95 : Munculnya Website •3. Perangkat Lunak Alur Kerja •4. Up Loading •5. Outsourcing •6. OffShoring •7. Supply Chaining •8. insourcing •9. Informing •10. Steroid : Digital, bergerak, personal dan virtual

Konvergensi •Pul Romer : Tatanan dunia baru muncul adanya pengabungan sepuluh pendatar bersatu. Paul Romer, ekonom Stanford University menyatakan” peningkatan simultan dari barang-barang komplementer. Dimana barang A akan jauh lebih berharga jika dimiliki bersama barang C. semakin banyak semakin baik •Seluruh fasilitas yang ada, pada saat yang bersamaan bergabung menjadi perangkat alur kerja sehingga memungkinkan penggabungan- penggabungan kerja •Ex : HP yang bisa MP3, , Kamera, Video, Reminder, Game, SMS, MMS dll

Konvergensi II •Ketika komputer pertama kali di ciptakan orang semua berharap akan terjadi lonjakan dalam produktivitas, akan tetapi tidak terjadi apa-apa •Pakar sejarah ekonomi, Paul A David dalam bukunya “ Computer and Dynamo : The Modern Productivity Paradox in a Not Too Distant Mirror, menjelaskan setelah bola lampu ditemukan tahun 1879 diperlukan beberapa dekade bagi elektrifikasi untuk menjadi ekonomis dan produktif.

•Mengapa ? Karena tidak cukup hanya dengan memasang listrik dan membuang teknologi mesin uap. Seluruh cara menjalankan manufaktur harus diubah dulu.

•Hal ini juga terjadi di komputer : mengapa revolusi IT tidak serta merta membawa peningkatan produktivitas? Sebabnya tidak hanya dibutuhkan komputer baru tapi juga keterampilan baru. Dibutuhkan orang-orang yang terbiasa menggunakan IT, kolaborasi horizontal, perilaku baru, nilai-nilai baru dsb •Lapangan permainan menjadi horizontal munculnya pemain-pemain baru

Konvergensi III •Munculnya lapangan-lapangan pekerjaan baru tenaga ahli yang baru dll, tingkat persaingan baru, kolaborasi baru, kesempatan baru. •Menciptakan kesempatan bagus buat diri sendiri dan mempertahankannya atau terus menciptakan kesempatan baru yang memungkinkan kita berkembang. Masalhnya adalah Efisiensi, kolaborasi, daya saing dan terus menjadi pemain

Bagaimana Dosen dan Mahasiswa Memanfaatkan ini

Bernie Trilling, dalam buku Toward Learning Societies (2006), Di negara- negara maju, seorang sarjana telah mendapatkan pengalaman: jam dengan video games, mengirim dan menerima sekitar , memakai ponsel selama jam, menonton TV selama jam, melihat iklan, tetapi hanya menghabiskan waktu di bawah jam untuk membaca buku.

Di Indonesia baru 5 orang menggunakan internet di antara 100 orang Indonesia―95 orang lagi belum beruntung. Bandingkan dengan Cina (10 per 100 orang), Malaysia (45 per 100), Singapura (62 per 100). (Majalah Ekonomi)

pengembangan TI Indonesia. Pertama, dari sisi teknologi akan terjadi konvergensi akses, terutama antara selular dan broadband internet. Kedua, pembuatan regulasi yang akan memungkinkan digital money (konversi antara pulsa dan uang).

Flexi Time •Sudah bukan zamannya lagi melihat mahasiswa dari mana dia berasal (kampusnya). Dengan kemajuan teknologi, seseorang bisa belajar di mana saja, kapan saja. Tak ada korelasi langsung antara keberadaan di kampus secara fisik dengan jaminan akan prestasi atau kontribusi pengetahuan.

•Adanya notebook, telepon genggam, dan internet secara drastis mengubah gaya belajar sebagian besar kita. Produktivitas meningkat secara berlipat-lipat. Kecanggihan teknologi ini Harus bisa dimanfaatkan oleh perusahaan, yaitu dengan menerapkan sistem flexi-time untuk tingkatan yang membutuhkannya.

Wide Area Networks

•Saat ini ribuan jaringan bisnis, pendidikan, penelitian, organisasi terkoneksi dalam satu jaringan (information superhighway) •Untuk peningkatan pendidikan ada dibuat OLPC •tren munculnya user-generated content, yang di dalamnya termasuk perekam video digital amatir, fotografer lewat ponsel, penggila wikipedia, dan social-media blog. •Disposable Product : (disposability continuum, restorable (replaceable). refillable.

Kompetensi baru (1) pencarian, dengan memanfaatkan search engine, (2) koleksi digital, dalam bentuk MP3, grafik, animasi, dan video, (3) kreasi, mengembangkan website dan game, (4) berbagi (sharing), lewat halaman web atau blog, (5) berkomunikasi, lewat , instant messaging (IM), chatting, (6) koordinasi, melalui workgroups dan mailing list,

( 7) virtual meeting, melalui forum dan chat room, (8) sosialisasi, melalui berbagai kegiatan online group, (9) evaluasi, lewat online advisor, (10) jual-beli, lewat online transaction, (11) bermain game, lewat online game, (12) belajar, melalui jurnal online serta riset online.