Pemrograman Visual I Pendahuluan Presented by : Herianto.

Slides:



Advertisements
Presentasi serupa
NAMA: MUSTIKO AJI NIM: Secara garis besar pemrograman (terutama untuk aplikasi desktop) dibedakan menjadi dua, yaitu pemrograman konvensional.
Advertisements

Instalasi dan pengenalan visual basic 6
KOMPONEN DALAM DELPHI Form
Pemrograman Visual Isa Rosita, S.Kom Hp :
Team Pemrograman I AMIK MBP
Program Paket Niaga Putu Putra Astawa S.Kom.,M.kom
PEMROGRAMAN I 2 SKS.
Menggunakan Event dan Property
Pemrograman Visual Basic 6.0
GUI Design Event-Driven Programming Basic Windows Controls
PEMROGRAMAN APLIKASI BISNIS I (VISUAL STUDIO 2010)
PEMROGRAMAN VISUAL 2 SKS By Ari Pambudi.
PERTEMUAN II CONTROLS DAN SINTAK DASAR
Form Gambar IDE (Integrated Development Environment) VB6 ToolBar
Object Form, Label, Textbox, & Command Button
Object Form, Label, Textbox, & Command Button
KOMPONEN DALAM DELPHI Form
PEMOGRAMAN 1 Pertemuan 2. TOOLBOX Toolbox adalah sebuah “kotak peranti” yang mengandung semua objek atau kontrol yang dibutuhkan untuk membentuk suatu.
Elemen Dasar pada Windows Form Pemrograman Visual I 4 sks Renni Angreni, M.Kom. This Slide from Herianto.
Presented by : Arfansyah, M.Kom
1 Pertemuan 06 Control Object Matakuliah: T0063/Pemrograman Visual Tahun: 2005 Versi: 1/0.
Pemrograman Basisdata
1 Pertemuan 03 Form Matakuliah: T0063/Pemrograman Visual Tahun: 2005 Versi: 1/0.
Presented by : Herianto
Konsep dasar pemrograman visual
TOOLBOX VISUAL BASIC 6.0.
PENGENALAN PEMROGRAMAN VISUAL
Komponen Pemrograman Orientasi Objek
JAWABAN UTS PEMROGRAMAN VISUAL 2012
PENGANTAR PEMROGRAMAN VISUAL BASIC
Nama : Sassika Nim : Secara garis besar pemrograman (terutama untuk aplikasi desktop) dibedakan menjadi dua, yaitu pemrograman konvensional.
Pertemuan 1 Dani Hamdani, S.Kom..
Pengenalan Visual Basic
BAB II KOMPONEN-KOMPONEN MICROSOFT VISUAL BASIC 6.0
VISUAL BASIC FOR APLICATION (VBA) EXCEL VBA
ALGORITMA & PEMROGRAMAN 2 B
Menggunakan Form Pertemuan Ke-3.
PROPERTY, METHOD DAN EVENT
Pemrograman Visual I Outline: Pengenalan bahasa C#
Presented by : Herianto
Pemrograman Visual Oleh : Erni Fatmawati.
PEMROGRAMAN VISUAL BASIC
VISUAL BASIC.NET Apa Itu VB.NET ?
Louis Bertrand Secondra
Konsep delphi Pertemuan Ke-1 & 2.
MENGENAL VISUAL BASIC 6.0 Pertemuan 3
Konsep Teknologi Informasi a
Algoritma & PEMROGRAMAN 2B (Visual basic)
Mengenal Integrated Development Environment (IDE) VB 6
Algoritma dan Pemrograman 2A
Lia afriani Andreas Saputra
Pemrograman Basisdata
Bahasa Pemrograman 1 ACTIVE X DAN MDI Chapter 05 bimocahyo bimocahyo.
LAB PEMOGRAMAN III (VISUAL BASIC)
Pemrograman Visual (Borland Delphi 7.0)
Pengenalan Visual Basic
Menggunakan Event dan Property
Blog : muningmini.wordpress.com
Dasar Komputer & Pemrog. 2B
Pertemuan 1 Pemrograman Visual Intro ‘n Delphi Intro
Desain User Interface dengan Visual Basic
Pengenalan Borland Delphi 7.0
Pemrograman Terstruktur I dengan Delphi
Muhammad Riska PTP FT UNM
Menggunakan Form Pertemuan Ke-3.
KONSEP PEMROGRAMAN DALAM VISUAL BASIC
KONSEP PEMROGRAMAN DALAM VISUAL BASIC
ALGORITMA & PEMROGRAMAN 2B
Pengenalan Visual Basic
ALGORITMA DAN PEMROGRAMAN 2B
Transcript presentasi:

Pemrograman Visual I Pendahuluan Presented by : Herianto

Sejarah Microsoft Visual Basic 6.0  Microsoft Visual Basic merupakan pengembangan dari pendahulunya yaitu bahasa pemrograman BASIC (Beginner’s All- purpose Symbolic Instruction Code) yang sudah dikembangkan sejak tahun 1950.

Microsoft Visual Basic 6.0  Microsoft Visual Basic adalah bahasa pemrograman yang digunakan untuk membuat aplikasi Windows yang berbasis grafis (Graphical User Interface).  Visual Basic 6.0 merupakan Event-Driven Programming, yang artinya program menunggu sampai adanya respon dari pemakai berupa event/kejadian tertentu.

Struktur Aplikasi Visual Basic  Form  Window/jendela dimana user membuat interface/tampilan.  Control  Tampilan berbasis grafis yang dimasukkan pada Form untuk membuat interaksi dengan pemakai. Form dan Control adalah objek.  Cth : Textbox, Label, Scrollbar, Command Button, dll.

Struktur Aplikasi Visual Basic  Properties  Nilai/karakteristik yang dimiliki oleh sebuah objek Visual Basic. Visual Basic menerapkan properties standar/default, tapi pengguna dapat mengubah properties pada saat mendesain program atau pada saat program dijalankan.  Cth : Caption, Height, Width, ForeColor, dll.  Methods  Serangkaian perintah yang sudah tersedia pada suatu objek yang dapat diminta untuk mengerjakan tugas khusus.  Cth : Hide, Move, Show, dll.

Struktur Aplikasi Visual Basic  Event Procedure  Kode yang berhubungan dengan suatu objek. Kode ini akan dieksekusi ketika ada respon dari pemakai berupa event tertentu.  Cth : Click, KeyPress, KeyDown, dll.  General Procedure  Kode yang tak berhubungan dengan suatu objek, dan kode ini harus diminta oleh aplikasi.

Struktur Aplikasi Visual Basic  Module  Merupakan kumpulan dari Prosedur, Function, Variabel, dan Konstanta Public yang digunakan oleh aplikasi.

Memahami Object, Property, Method, dan Event

Visual Basic Environment Menubar 2.Toolbar 3.Toolbox 4.Window form 5.Window code 6.Project explorer 7.Window properties

Mengatur Property Objek 1  Object Selector Daftar object-object yang terdapat pada sebuah form, termasuk form itu sendiri. 2  Property dan Value List Daftar properties dari objek yang sedang terpilih dan nilai properties yang dapat diset sesuai kebutuhan. 3  Property Description Deskripsi atau keterangan dari properties yang terpilih

Menulis Coding Program 1  Object Selector Daftar object-object yang terdapat pada sebuah form, termasuk form itu sendiri. 2  Event Selector Daftar event-event yang dapat dipilih dari object yang sedang terpilih. 3  Code Editor Tempat untuk mengetikkan perintah-perintah yang akan dijalankan oleh Visual Basic. 12 3

Events  Change  Event yang akan terpicu ketika ada perubahan property pada sebuah object.  Cth : Ketika mengetikkan karakter pada textbox.  Click  Event yang akan terpicu ketika object di click oleh pointer mouse pada layar.  Cth : Ketika mengklik command button.

Events  DblClick  Event yang akan terpicu ketika object di double click oleh pointer mouse pada layar.  Cth : Ketika melakukan double click pada objek label.  GotFocus  Event yang akan terpicu ketika focus / kursor berada berpindah menuju objek.  Cth : Ketika focus dari command button ke textbox.

Events  KeyDown  Event yang akan terpicu ketika tombol keyboard ditekan. Pada event ini terdapat 2 buah parameter, yaitu : KeyCode As Integer dan Shift As Integer.  Keycode merupakan kode ascii dari tombol keyboard yang ditekan  Shift menunjukkan kode apakah tombol shift pada keyboard dalam keadaan ditekan atau tidak. Shift akan bernilai 0 jika tidak ditekan, dan 1 jika dalam keadaan ditekan.  Cth : Ketika tombol enter ditekan pada sebuah textbox.

Event  KeyPress  Event yang akan terpicu ketika tombol keyboard ditekan. Pada event ini hanya terdapat 1 buah parameter yaitu KeyAscii As Integer.  Keyascii merupakan kode ascii dari tombol keyboard yang ditekan  Cth : Ketika tombol enter ditekan pada sebuah textbox.

Events  KeyUp  Event yang akan terpicu ketika tombol yang sudah ditekan dilepas.  Cth : Ketika tombol enter selesai ditekan pada sebuah textbox  LostFocus  Event yang akan terpicu ketika focus / kursor berpindah ke object lain.  Cth : Ketika kursor dipindahkan dari textbox ke textbox lain.

Events  MouseDown  Event yang akan terpicu ketika tombol pada mouse ditekan. Pada event ini ada 4 buah parameter, yaitu : Button As Integer, Shift As Integer, X As Single, dan Y As Single.  Button menunjukkan kode tombol pada mouse, tombol kiri bernilai 1 dan tombol kanan bernilai 2.  Shift menunjukkan kode apakah tombol shift pada keyboard dalam keadaan ditekan atau tidak. Shift akan bernilai 0 jika tidak ditekan, dan 1 jika dalam keadaan ditekan.  X merupakan posisi horizontal (left), sedangkan Y merupakan posisi vertikal (top) kursor mouse pada form.  Cth : Untuk mendapatkan posisi pointer mouse pada form ketika sebuah form diklik.

Events  MouseMove  Event yang akan terpicu ketika pointer mouse digerakkan diatas sebuah objek. Pada event ini ada 4 buah parameter, yaitu : Button As Integer, Shift As Integer, X As Single, dan Y As Single.  Button menunjukkan kode tombol pada mouse, tombol kiri bernilai 1 dan tombol kanan bernilai 2.  Shift menunjukkan kode apakah tombol shift pada keyboard dalam keadaan ditekan atau tidak. Shift akan bernilai 0 jika tidak ditekan, dan 1 jika dalam keadaan ditekan.  X merupakan posisi horizontal (left), sedangkan Y merupakan posisi vertikal (top) kursor mouse pada form.  Cth : Untuk mendapatkan secara langsung posisi pointer pada form ketika pointer mouse berada diatas sebuah form.

Events  MouseUp  Event yang akan terpicu ketika tombol pada mouse dilepas. Pada event ini ada 4 buah parameter, yaitu : Button As Integer, Shift As Integer, X As Single, dan Y As Single.  Button menunjukkan kode tombol pada mouse, tombol kiri bernilai 1 dan tombol kanan bernilai 2.  Shift menunjukkan kode apakah tombol shift pada keyboard dalam keadaan ditekan atau tidak. Shift akan bernilai 0 jika tidak ditekan, dan 1 jika dalam keadaan ditekan.  X merupakan posisi horizontal (left), sedangkan Y merupakan posisi vertikal (top) kursor mouse pada form.  Cth : Untuk mendapatkan posisi pointer mouse pada form ketika sebuah form diklik dan dilepas.

Events  Activate  Event yang akan terpicu ketika sebuah object berupa form dijalankan.  Cth : Pada saat form dijalankan.  Load  Event yang akan terpicu ketika form diload atau dijalankan.  Cth : Pada saat form diload atau dijalankan.

Events  Resize  Event yang akan terpicu ketika ukuran sebuah object berupa form diubah pada saat program dijalankan.  Cth : Ketika memperbesar ukuran form pada saat dijalankan.  Terminate  Event yang akan terpicu ketika form dihentikan atau ditutup.  Cth : Pada saat form ditutup atau dihentikan.  Unload  Event yang akan terpicu ketika form dihentikan atau ditutup.  Cth : Pada form di unload.