Pertemuan 4 Pengolahan teks.

Slides:



Advertisements
Presentasi serupa
MENGGUNAKAN Materi Pembelajaran SMA N 1 SRAGEN 2008/2009 TEKNOLOGI INFORMASI DAN KOMUNIKASI.
Advertisements

Penggunaan Symbol di dalam Movie Flash
Dibawah ini adalah Toolbox pada CorelDRAW X6 (apabila sampeyan adalah pengguna CorelDRAW versi dibawahnya mungkin ada Tool yang belum ada)
Amy Cintya Fitri Pendidikan B. Jepang 2 A
Oleh : Deri Suyatma. Arahkan mouse pada menu View kemudian beri tanda ceklis pada Snap to Grid 7 Snap to Objects.
TUTORIAL MEMBUAT LOGO “K4KIK UNITED“
Tutorial Logo Carrefour
MENGGUNAKAN Materi Pembelajaran SMA N 1 SRAGEN 2008/2009 TEKNOLOGI INFORMASI DAN KOMUNIKASI.
Perkenalan lingkungan kerja dan tools-tools
PROGRAM APLIKASI DESAIN GRAFIS BERBASIS VEKTOR & BITMAP (CORELDRAW)
Menggambar dengan Macromedia Flash
MEMBUAT DESAIN STEMPEL DENGAN CORELDRAW 12
Penuntun Kelas VIII Semester 2
Pertemuan 2.  Dreamweaver adl salah satu program pembuatan website yang mempunyai banyak sekali menu-menu dan tool-tool yang dapat dipergunakan untuk.
KOMPONEN DALAM DELPHI Form
Pengenalan Program Macromedia Flash
Pengenalan Action di dalam Movie Flash
Oleh : Tim Mata Kuliah Aplikasi
MEMBUAT DESAIN STEMPEL DENGAN CORELDRAW 12 MATERI SISWA KELAS XII
Desain grafis DESAIN GRAFIS BERBASIS VEKTOR.
TEXT Part 1 & TRANSFORMATION SMA KD.
Membuat Asesori Web. Tujuan Instruksional Khusus  Mampu membuat obyek dan teks dengan berbagai variasinya.
Mengimport Symbol, Instance dan Library Pengolahan Layer & Frame
PARAGRAF, GAMBAR DAN BINGKAI
TUGAS GAMBAR RASTER AREA KERJA PHOTOSHOP
PROGRAM S1 TEKNIK INFORMATIKA SEKOLAH TINGGI TEKNOLOGI NURUL JADID MOH. FURQAN, S. Kom.
Print Preview Dokumen word berbentuk digital, biasanya akan dicetak kedalam bentuk kertas Untuk melihat bentuk dokumen tercetak digunakan perintah File>
Page properties Cara 1: Cara 2: Menu Modify - Ctrl + J Page Properties
Digitasi Data Spasial Pertemuan 5.
Membuat Bingkai Dokumen Dan Pangaturan Tabulasi
Menggunakan Text dan Effec
APLIKASI KOMPUTER Alifia Dyah Ratu Anisa.
Kelas XII/ 1 Oleh: Adhe Whisnu K.
PEMBUATAN TABEL DENGAN STAROFFICE DISUSUN OLEH : M.S. HERAWATI, Skom
PENGENALAN PEMROGRAMAN APLIKASI MENGGUNAKAN MACROMEDIA FLASH Pertemuan 1 D3 Manajemen Informatika Universitas Trunojoyo.
Bab 11- Manipulasi Gambar Dengan Photoshop
Bekerja dengan file dan desain web
Ega puspitriani Pendidikan B. Jepang 2 A
Area Kerja Macromedia Flash 8
PERTEMUAN 6. .classshadow { font-family: color:#333333; text-shadow: 1px 2px 3px blue; } kita juga bisa menambah value lagi misal : text-shadow: 1px 2px.
1 Memasukkan dan Memodifikasi Data ke Dalam Tabel Pertemuan 05 Matakuliah: F0712 / Lab MS Access Tahun: 2007.
Membuat Asesori Web.
Animasi Banner dengan Flash
Animasi Banner dengan Flash
Nisn.data.kemdiknas.go.id 25/10/2017.
Microsoft Office Word 2007 ( PENGATURAN DOKUMEN )
MEMBUAT POSTER DENGAN COREL DRAW
B. Membuat Dokumen Baru.
Mencetak dan Distribusi File Bekerja Dengan Diagram
EFEK-EFEK INTERACTIVE
Mendesain Halaman WEB.
Macromedia Flash.
Area Kerja Dreamweaver
MENGIDENTIFIKASI FUNGSI MENU DAN IKON PADA PENGOLAH ANIMASI
Kelas XII / 1 Menu dan icon Desain Grafis 25 February 2012.
Manipulasi Gambar Dengan Photoshop
CSS.
Macromedia Flash.
Microsoft Word.
Mengenal Layer.
Animasi Tweening.
4. Kegiatan Belajar 4: Teknik Animasi Motion Guide
Mengolah Objek Pertemuan 3 Oleh : Sri Herawati, S.Kom
Multimedia Matematika – Pertemuan 1
Animasi Banner dengan Flash
TRANSFORMASI OBYEK Menggunakan Program Corel Draw 11 9/17/2018.
Politeknik Elektronika Negeri Surabaya (PENS) 1 Bab 11- Manipulasi Gambar Dengan Photoshop Web Design Team Dosen.
Macromedia Flash.
Mengolah Gambar Menggunakan Corel Draw
PEMBAHASAN MATERI Grafik Berbasis Vektor dan Bitmap Pengertian Grafis Bentuk komunikasi visual yang dirancang dengan menggunakan kombinasi kordinat titik-titik.
Transcript presentasi:

Pertemuan 4 Pengolahan teks

Pendahuluan Buat gambar seperti di bawah ini :

Buat keadaan malam dari gambar tsb di atas. Kemudian jadikan file SWF, Tampilkan di Flash Player dan HTML.

Pengertian Teks Objek merupakan semua item yang ada pada stage. Teks juga bagian dari objek dalam flash Teks merupakan type ( ketikan ) yg dapat ditampilkan dengan efek-efek menarik Teks dapat diperpanjang-diperpendek, diperbesar – diperkecil, juga dibalik seperti objek-objek yg lain.

Membuat Teks Klik Text Tool utk menempatkan teks pada stage. Pada Property Inspector utk mengatur jenis font dan ukurannya, misal : pilih Font : Arial Black, Size : 24 pt, Text (fill) color : Merah, Seperti gambar di bawah ini :

Mengubah Arah Aliran Teks Arah Aliran Teks ada 2 : Horizontal Vertikal : dari kiri ke kanan dan dari kanan ke kiri Langkah-langkah utk mengubah arah aliran yaitu : Klik Text Tool pada Toolbox Pilih Font : Arial, Size : 20 pt, Text (fill): Biru Pada Property Inspector klik Change Orientation of Text lalu pilih Vertical, Left to Right. Klik pada stage lalu ketik Macromedia Flash, tekan Enter

Mengubah Arah Aliran Teks Kemudian ketik Professional 8. Tekan Q utk menampilkan bingkai Transform Drag ke kanan handle pada sisi kanan bingkai transform Pada Property Inspector klik tombol Character Spacing ubah menjadi -5. Hasilnya seperti berikut :

Memisahkan Karakter Teks Klik Text Tool pada Toolbox Pilih Font : Century Schoolboox, Size : 30 pt, Text(Fill) Color : Merah. Klik pada area stage lalu ketik Welcome Klik Selection Tool dan pilih objek teks lalu klik menu Modify > Break Apart. Hasilnya karakter teks terpisah seperti gambar di bawah ini :

Memisahkan (cont..) Tekan tombol Q utk mengaktifkan transform tool. Kemudian kelompokkan menjadi satu dgn menekan Ctrl + G.

Transformasi Teks Transformasi teks terdiri dari : Merotasi Memiringkan Menskalakan Memutar Balik

Transformasi (cont..) Siapkan dokumen Flash Klik Text Tool pada toolbox Ketik Teks, misal : B Klik menu Window > Design Panels > Transform. Utk merotasi objek pilih Rotate lalu atur nilai Rotation : 15o , lalu tekan Enter . Hasilnya seperti gambar di bawah ini:

Transformasi (cont..) Pilih Skew utk memiringkan objek. Atur nilai Skew Horizontal :25o , Skew Vertical : 15 o lalu tekan Enter. Hasilnya seperti gambar di bawah ini :

Transformasi (cont..) Utk menskalakan objek pilih Constrain lalu atur Width : 70% kemudian tekan Enter Utk memutar balik objek secara horisontal, klik menu Modify > Transform > Flip Horizontal. :

Latihan Bagaimana membuat tulisan seperti di bawah ini : 1. 2.

Pembahasan 1 Langkah –langkah utk membuat tulisan no 1 , yaitu : Klik Text Tool pada toolbox Buat teks MACROMEDIA dengan Font : Arial Black, Size : 40, Text ( Fill) Color : Biru. Pilih objek teks lalu tekan Ctrl + B dua kali utk mengaktifkan Break Apart, seluruh karakter macromedia akan terpisah.

Klik menu Modify > Transform > Envelope Klik menu Modify > Transform > Envelope . Bingkai transform dgn modus envelope akan aktif. Envelope digunakan utk mentrasformasi bentuk teks yg telah dijadikan bentuk grafik. Pilih node bagian atas lalu drag ke atas. Hasilnya bentuk objek akan memanjang ke atas Pilih node bagian bawah lalu drag ke bawah. Hasilnya bentuk objek akan memanjang ke bawah.

Pembahasan 2 Buat objek lingkaran ukuran 200 x 200 px dgn warna fill sembarang tanpa menggunakan warna stroke Pilih fill objek lingkaran melalui color mixer pilih Fill Style : Radial. Utk Color Proxy 1: Biru, Color Proxy 2 : Hitam. Hasilnya seperti gambar di bawah ini :

Klik Teks Tool, kemudian buat objek M dengan Font : Arial Black, Size : 96, Text(Fill) Color : Putih. Tekan Ctrl + B lalu gunakan Envelope utk memodifikasi bentuk objek teks seperti gambar berikut :

Menambah Efek Tulisan Efek yang bisa ditambahkan antara lain : 1. Drop Shadow 2. Blur

Menambah Efek (cont..) 3. Glow 4. Bevel

Menambah Efek (cont..) 5. Gradient Glow 6. Gradient Bevel

Menambah Efek (cont..) 7. Adjust Color, pengaturan warna : Brightness, Contrast, Saturation, Hue