Mendapatkan Input dari Keyboard

Slides:



Advertisements
Presentasi serupa
EXCEPTION HANDLING.
Advertisements

Mendapatkan Input dari Keyboard
Pemrograman Berorientasi Objek (Project)
Try, Catch, Finally Throws
BAHASA PEMROGRAMAN JAVA
Kelas A & B Jonh Fredrik Ulysses STMIK PALANGKARAYA - JFU
Membuat class sendiri.
Variabel di Java Variabel merupakan sebuah tempat untuk menyimpan data. Di Java setiap pembuatan variabel harus ditentukan tipe.
Java Progamming Operasi I/O
Pemrograman Berorientasi Objek
Abstract Class & Interface
Workshop SCS: Java Game Programming
Modul 3: Kendali program dan teknik penyimpanan data
Dasar Exception Handling
Flow Control & Exception Handling
Oleh : Sukma Murdani, S.Kom. SILABUS PENDAHULUAN Pengenalan OOP Pengenalan JAVA OOP (Object Oriented Programming) JAVA Class, Java Interface Encapsulation.
Java array.
KONTROL ALUR EKSEKUSI PROGRAM
SLIDE OTOMATIS PINDAH DALAM WAKTU 4-5 MENIT. A:kiriB:kanan Deklarasikan sebuah variabel dengan nama ‘isi’ yang mempunyai type array of double dengan ukuran.
Praktikum OOP Pengenalan Java Nana Ramadijanti Laboratorium Computer Vision Politeknik Elekltronika Negeri Surabaya PENS-ITS 2009.
STRING Pemrograman Object Oriented dengan JAVA Teknik Informatika-UMM.
MATA KULIAH : PEMROGRAMAN 3 JAVA PROGRAMMING (JSE)
Pemrograman Berorientasi Objek
Dasar exception handling
Pemrograman Berorientasi Objek 1
Mendapatkan input dari keyboard
Mendapatkan Input dari Keyboard
Struktur Kode Aplikasi Java (1)
EXCEPTION TRY-CATCH-FINALLY
Koneksi Database Java dan Access
PELATIHAN JAVA FUNDAMENTAL
Algoritma & Pemrograman 1
UDP.
Public class RelasiDemo { public static void main(String[] args) { //beberapa nilai int i = 37; int j = 42; int k = 42; System.out.println("Nilai variabel...");
1 Pertemuan 8 PACKAGE AND CLASSPATH Matakuliah: M0074/PROGRAMMING II Tahun: 2005 Versi: 1/0.
- PERTEMUAN 8- NETWORK PBO. Pengantar Java mengijinkan anda untuk mempermudah mengembangkan aplikasi yang mengerjakan berbagai pekerjaan melalui jaringan.
Exceptional Pendahuluan Bugs dan error dalam sebuah program sangat sering muncul meskipun program tersebut dibuat oleh programmer berkemampuan tinggi.
Do you remember this?.  Strategy  Concrete Strategy  Context  Client Strategy Pattern consists of..
OOP Java Minggu 2b Dasar OOP. Class (1) Deklarasi class : [ *] class { [ *] } Cat : [] = optional, * = repeat 0-N.
MATERI IV OOP (Object Oriented Programming) Chapter II.
Dasar exception handling
Try, Catch, Finally Throws
Penanganan Eksepsi.
Mendapatkan input dari keyboard
Input/output dan Kelas File
Memahami Ruang Lingkup Pemrograman
Array Pada Bab sebelumnya, kita telah mendiskusikan bagaimana cara pendeklarasian berbagai macam variabel dengan menggunakan tipe data primitif. Dalam.
MENDAPATKAN INPUT DARI KEYBOARD.
Aplikasi berbasis teks
Algoritma & pemrograman 1B
Input/output dan Kelas File
Mendapatkan Input dari Keyboard
Memahami Ruang Lingkup Pemrograman
BAB XI EXCEPTION HANDLING.
Algoritma & Pemrograman 1
Mendapatkan input dari keyboard
MEMBUAT CLASS SENDIRI 2.
Tipe Data, Variabel, dan Operator
INPUT DARI KEYBOARD Pertemuan 4 Muhamad Haikal, S.Kom,. MT.
Tipe Data, Variabel, dan Operator
PEMROGRAMAN BERORIENTASI OBYEK PENDAHULUAN
Meriska Defriani, M.Kom Workshop Pemrograman #3 HUMANIKA
Dasar-Dasar Pemrograman
Oleh : Rahmat Robi Waliyansyah, M.Kom
Memahami Ruang Lingkup Pemrograman
Mendapatkan input dari keyboard
Tipe Data, Variabel, dan Operator
Mendapatkan Input dari Keyboard
Pemrograman Berorientasi Objek
Mendapatkan Input dari Keyboard
Transcript presentasi:

Mendapatkan Input dari Keyboard Menggunakan BufferedReader untuk mendapatkan input Pada bagian ini, kita akan menggunakan class BufferedReader yang berada di package java.io untuk mendapatkan input dari keyboard. Berikut ini adalah langkah-langkah yang diperlukan untuk mendapatkan input dari keyboard: 1. Tambahkan di bagian paling atas code Anda: import java.io.*; 2. Tambahkan statement berikut: BufferedReader dataIn = new BufferedReader(new InputStreamReader( System.in) ); 3. Deklarasikan variabel String temporary untuk mendapatkan input, dan gunakan fungsi readLine() untuk mendapatkan input dari keyboard. Anda harus mengetikkannya di dalam blok try-catch: try{ String temp = dataIn.readLine(); } catch( IOException e ){ System.out.println(“Error in getting input”);

Mendapatkan Input dari Keyboard Berikut ini adalah source code lengkapnya: import java.io.BufferedReader; import java.io.InputStreamReader; import java.io.IOException; public class GetInputFromKeyboard { public static void main( String[] args ){ BufferedReader dataIn = new BufferedReader(new InputStreamReader( System.in) ); String name = ""; System.out.print("Please Enter Your Name:"); try{ name = dataIn.readLine(); }catch( IOException e ){ System.out.println("Error!"); } System.out.println("Hello " + name +"!");

Mendapatkan Input dari Keyboard Dua statement selanjutnya, public class GetInputFromKeyboard { public static void main( String[] args ){ kita sudah mempelajari pada pelajaran sebelumnya. Pernyataan ini mendeklarasikan class bernama GetInputFromKeyboard dan kita mendeklarasikan method main.Dalam statement, BufferedReader dataIn = new BufferedReader(new InputStreamReader( System.in) ); kita mendeklarasikan sebuah variabel bernama dataIn dengan tipe class BufferedReader. Jangan mengkhawatirkan tentang maksud dari syntax saat ini. Kita akan menjelaskannya pada akhir pembahasan.

Mendapatkan Input dari Keyboard Sekarang, kita akan mendeklarasikan variabel String dengan identifier name, String name = ""; Pernyataan di atas merupakan tempat untuk menyimpan input dari user. Nama variabel diinisialisasi sebagai String kosong "". Sebaiknya kita selalu menginisialisasi sebuah variabel setelah kita mendeklarasikannya. Baris berikutnya adalah memberikan output sebuah String pada layar yang menanyakan nama user. System.out.print("Please Enter Your Name:"); Sekarang, blok di bawah ini merupakan try-catch block, try{ name = dataIn.readLine(); }catch( IOException e ){ System.out.println("Error!"); }

Mendapatkan Input dari Keyboard Statement,import java.io.BufferedReader; import java.io.InputStreamReader; import java.io.IOException; menjelaskan bahwa kita akan menggunakan class BufferedReader, InputStreamReader dan IOException yang berada di java.io package. Java Application Programming Interface (API) berisi ratusan class yang sudah didefinisikan sebelumnya yang dapat digunakan untuk program Anda. Class-class tersebut dikumpulkan di dalam packages. Packages berisi class yang mempunyai fungsi yang saling berhubungan. Seperti pada contoh di atas, java.io package mengandung class-class yang memungkinkan program untuk melakukan input dan output data. Pernyataan di atas juga dapat ditulis sebagai berikut, import java.io.*; yang akan mengeluarkan semua class yang berada dalam package, dan selanjutnya kita bisa menggunakan class-class tersebut dalam program kita.

Mendapatkan Input dari Keyboard Dua statement selanjutnya, public class GetInputFromKeyboard { public static void main( String[] args ){ kita sudah mempelajari pada pelajaran sebelumnya. Pernyataan ini mendeklarasikan class bernama GetInputFromKeyboard dan kita mendeklarasikan method main. Dalam statement, BufferedReader dataIn = new BufferedReader(new InputStreamReader( System.in) ); kita mendeklarasikan sebuah variabel bernama dataIn dengan tipe class BufferedReader. Jangan mengkhawatirkan tentang maksud dari syntax saat ini. Kita akan menjelaskannya pada akhir pembahasan. Sekarang, kita akan mendeklarasikan variabel String dengan identifier name, String name = "";

Mendapatkan Input dari Keyboard Pernyataan di atas merupakan tempat untuk menyimpan input dari user. Nama variabel diinisialisasi sebagai String kosong "". Sebaiknya kita selalu menginisialisasi sebuah variabel setelah kita mendeklarasikannya. Baris berikutnya adalah memberikan output sebuah String pada layar yang menanyakan nama user. System.out.print("Please Enter Your Name:"); Sekarang, blok di bawah ini merupakan try-catch block, try{ name = dataIn.readLine(); }catch( IOException e ){ System.out.println("Error!"); } Pada baris ini menjelaskan bahwa kemungkinan terjadi error pada pernyataan, name = dataIn.readLine(); akan ditangkap. Kita akan membahas tentang penanganan exception pada bab selanjutnya dari pembahasan ini, tetapi untuk sekarang, Anda cukup mencatat bahwa Anda perlu menambahkan kode ini untuk menggunakan method readLine() dari BufferedReader untuk mendapatkan input dari user.

Mendapatkan Input dari Keyboard Selanjutnya kembali ke pernyataan, name = dataIn.readLine(); method diatas memanggil dataIn.readLine(), mendapatkan input dari user dan memberikan sebuah nilai String. Nilai ini akan disimpan ke dalam variabel name, yang akan kita gunakan pada statement akhir untuk menyambut user, System.out.println("Hello " + name + "!");

Menggunakan JOptionPane untuk mendapatkan input Cara lain untuk mendapatkan input dari user adalah dengan menggunakan class JoptionPane yang didapatkan dari javax.swing package. JoptionPane memudahkan memunculkan dialog box standard yang memberikan kepada user sebuah nilai atau menginformasikan sesuatu. Diberikan kode berikut ini, import javax.swing.JOptionPane; public class GetInputFromKeyboard { public static void main( String[] args ){ String name = ""; name = JoptionPane.showInputDialog("Please enter your name"); String msg = "Hello " + name + "!"; JOptionPane.showMessageDialog(null, msg); }

Menggunakan JOptionPane untuk mendapatkan input

Menggunakan JOptionPane untuk mendapatkan input Statement pertama, import javax.swing.JOptionPane; Menjelaskan bahwa kita mengimpor class JoptionPane dari package javax.swing. Bisa juga ditulis seperti, import javax.swing.*; Pernyataan, name = JOptionPane.showInputDialog("Please enter your name"); membuat sebuah input dialog JOptionPane, yang akan menampilkan dialog dengan sebuah pesan, sebuah textfield dan tombol OK seperti pada gambar. Hasil dari dialog tersebut adalah String dan disimpan ke dalam variabel name. Sekarang kita membuat pesan selamat datang, yang akan disimpan ke dalam variabe msg, String msg = "Hello " + name + "!";

Menggunakan JOptionPane untuk mendapatkan input Statement pertama, import javax.swing.JOptionPane; Menjelaskan bahwa kita mengimpor class JoptionPane dari package javax.swing. Bisa juga ditulis seperti, import javax.swing.*; Pernyataan, name = JOptionPane.showInputDialog("Please enter your name"); membuat sebuah input dialog JOptionPane, yang akan menampilkan dialog dengan sebuah pesan, sebuah textfield dan tombol OK seperti pada gambar. Hasil dari dialog tersebut adalah String dan disimpan ke dalam variabel name. Sekarang kita membuat pesan selamat datang, yang akan disimpan ke dalam variabe msg, String msg = "Hello " + name + "!"; Baris selanjutnya adalah menampilkan sebuah dialog yang berisi sebuah pesan dan tombol OK, JOptionPane.showMessageDialog(null, msg);

Menggunakan JOptionPane untuk mendapatkan input Latihan Kata Terakhir (versi BufferedReader) Menggunakan BufferedReader, tanyakan tiga kata dari user dan tampilkan output dari input user tersebut ke layar. Contoh, Enter word1:Goodbye Enter word2:and Enter word3:Hello Goodbye and Hello Kata Terakhir (versi JOptionPane) Menggunakan JOptionPane, tanyakan tiga kata dari user dan tampilkan output dari input user tersebut ke layar. Contoh Gambar 1: Input Pertama Gambar 3: Menampilkan Pesan Gambar 2: Input Kedua

Menggunakan JOptionPane untuk mendapatkan input Latihan Kata Terakhir (versi BufferedReader) Menggunakan BufferedReader, tanyakan tiga kata dari user dan tampilkan output dari input user tersebut ke layar. Contoh, Enter word1:Goodbye Enter word2:and Enter word3:Hello Goodbye and Hello Kata Terakhir (versi JOptionPane) Menggunakan JOptionPane, tanyakan tiga kata dari user dan tampilkan output dari input user tersebut ke layar. Contoh Gambar 1: Input Pertama Gambar 3: Menampilkan Pesan Gambar 2: Input Kedua

Menggunakan JOptionPane untuk mendapatkan input