Game Mobile Petualangan berbasis Teori Van Hiele untuk Meningkatkan Nilai Pelajaran Matematika Geometri SMA Joko Setiyono.

Slides:



Advertisements
Presentasi serupa
“Peningkatkan Aktivitas dan Pemahaman Konsep Matematika Siswa Menggunakan Teknik Rotasi Refleksi pada Kelas V SDN 18 Koto Panjang Padang Panjang” Oleh:
Advertisements

DAFTAR PUSTAKA Daftar pustaka atau bibliografi adalah daftar yang berisi judul buku, artikel, dan lain-lain yang mempunyai pertalian dengan isi karangan.
PENULISAN LAPORAN PENELITIAN Oleh MUH. YUNANTO, SE., MM.
PEMBUATAN WEBSITE SMA NEGERI 99 JAKARTA MENGGUNAKAN CMS Tri Wulandari
BAGAIMANA METODE PENELITIAN PADA ILMU KOMPUTER / INFORMATIKA ?
ATIK WIDARTI, Efektivitas Penggunaan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Think-Pair-Share terhadap Hasil Belajar Pokok Bahasan Segiempat Pada.
MEMPERSIAPKAN PROPOSAL PTK
PROJECT-BASED LEARNING
SKRIPSI.
Review Journal Internasional
Rancang Bangun APLIKASI PEMBELAJARAN BAHASA PEMROGRAMAN dengan metode blended learning (studi kasus: LABORATORIUM KOMPUTER stikom surabaya) Edo Yonatan.
OLEH : Adi Suarman Situmorang NIM
PEMERINTAH KABUPATEN JEMBER DINAS PENDIDIKAN KKG GUGUS 04 RAMBIPUJI
WAHYU EKO WIJAYANTO, MODEL MATEMATIKA DAN SOLUSI DARI SISTEM GETARAN DUA DERAJAT KEBEBASAN (GETARAN TERGANDENG)
PROGRAM STUDI PENDIDIKAN MATEMATIKA
SETYANI YULIA NINGRUM, FAKTOR-FAKTOR YANG MEMPENGARUHI PRESTASI BELAJAR SISWA KELAS X DALAM PROGRAM KEAHLIAN ADMINISTRASI PERKANTORAN DI SMK.
HARTANTO, TINGKAT PEMAHAMAN GURU PADA KURIKULUM TINGKAT SATUAN PENDIDIKAN DI SMA NEGERI 4 PURWOREJO KABUPATEN PURWOREJO TAHUN 2008/2009.
Teknik PEMBUATAN MAKALAH
PENELITIAN TINDAKAN KELAS
SARASWATI SRI HASTANTI, KEEFEKTIFAN MODEL PEMBELAJARAN RECIPROCAL TEACHING TERHADAP KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS DALAM MATERI POKOK SEGIEMPAT DI.
SEMINAR PROPOSAL JUDUL
Seminar Bidang Kajian Penyusunan Tesis
NOOR QOMARUDIN MALIK, ANALISIS KESALAHAN SISWA KELAS VII SMP 4 KUDUS DALAM MENYELESAIKAN SOAL MATEMATIKA PADA POKOK BAHASAN SEGIEMPAT DENGAN.
METODE PENELITIAN ILMU KOMPUTER
KHOLISOH, upaya meningkatkan hasil belajar siswa kelas vii a smpn 1 balapulang dalam pokok bahasan persamaan linear satu variabel melalui model.
METODE PENELITIAN DALAM KURIKULUM DAN PEMBELAJARAN
MODEL-MODEL PEMBELAJARAN MATEMATIKA
GATOT IRIYANTO, PERSEPSI GURU NON PENDIDIKAN JASMANI OLAHRAGA DAN KESEHATAN TERHADAP KINERJA GURU PENDIDIKAN JASMANI OLAHRAGA DAN KESEHATAN.
KUSNIATI, ANALISIS KESALAHAN SISWA DALAM MENYELESAIKAN SOAL MATERI POKOK SEGIEMPAT MENURUT TINGKAT BERPIKIR GEOMETRI VAN HIELE.
METODOLOGI PENELITIAN dan PENERAPANNYA
SISTEMATIKA LAPORAN ILMIAH
MEMPERSIAPKAN PROPOSAL PTK
SRI MUNAWAROH, KEEFEKTIFAN PENGGUNAAN METODE PEMBELAJARAN TALKING STICK TERHADAP MOTIVASI DAN HASIL BELAJAR MATERI PRINSIP DAN MOTIF EKONOMI.
MOODLE DI LINUX. PEMBUATAN E - LEARNING BIOLOGI SMA KELAS 1 MENGGUNAKAN for further detail, please visit
NAMA : RIO ANDREANTO NIM : PROGRAM : S1 (Strata Satu)
AGUS SUPRIYANTO, IMPLEMENTASI PENDEKATAN KONTEKSTUAL DALAM PEMBELAJARAN PENGETAHUAN SOSIAL GEOGRAFI MATERI POKOK UNSUR SOSIAL WILAYAH INDONESIA.
Susunan Proposal Penelitian Skripsi
ROIE ULFHA ASMARA, Perbedaan Prestasi Belajar antara Metode Pemberian Tugas dengan Metode Ceramah Mata Pelajaran Menggunakan Alat-alat Ukur.
MARTINA DESY PRAMELIA, KEEFEKTIFAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE CIRC BERBANTUAN ALAT PERAGA TERHADAP KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH PADA.
APLIKASI PEMBUATAN for further detail, please visit
Thesis MM Widyatama Jenis : Penelitian Bisnis Perancangan Bisnis
MISTEM, KEEFEKTIFAN MODEL PEMBELAJARAN REALISTIC MATHEMATICS EDUCATION (RME) TERHADAP KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH MATERI POKOK SEGIEMPAT PESERTA.
ADAM NUR SYARIF HIDAYAT, PENGARUH KETERAMPILAN KOOPERATIF TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA KELAS VIII SMP NEGERI 15 SEMARANG PADA MATERI POKOK KUBUS.
OLEH: FITRIA WALLY NPM :
PERTEMUAN 8 HARLINDA SYOFYAN, S.Si., M.Pd
XIII. TATA CARA PENYUSUNAN KARYA ILMIAH
PROPOSAL OLEH NANI ARIFIN Npm : O32
PENALARAN GEOMETRI KELOMPOK V SAFARI (G2I )
CONTOH PENELITIAN PENGEMBANGAN MODEL
DENGAN MENGGUNAKAN PHP, MY SQL DAN EDITOR MACROMEDIA PERANCANGAN DAN PEMBUATAN APLIKASI PEMBELAJARAN BIOLOGI for further detail, please visit
DI SUSUN OLEH: BAMBANG WIJANARKO, S.Pd SMK N 1 TEGAL
TEORI BELAJAR DIENES DAN VAN HIELE
GAME MATEMATIKA UNTUK PEMBELAJARAN MURID SD Eka Safitri Ani
PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN BERBANTUAN KOMPUTER MENGGUNAKAN MACROMEDIA FLASH DAN POWERPOINT UNTUK POKOK BAHASAN SEGITIGA DI KELAS VII SMP PROPOSAL.
MENINGKATAN PRESTASI DAN AKTIVITAS BELAJAR SISWA DENGAN MODEL PEMBELAJARAN TEAMS GAMES TOURNAMENT (TGT) BERBANTUAN PERMAINAN ULAR TANGGA Brigitta Ruthy.
FUNGSI TEORI DALAM PENELITIAN
KAPITA SELEKTA HASIL-HASIL PENELITIAN PAUD “MEMBAHAS JURNAL NASIONAL”
PELAKSANAAN PENELITIAN TINDAKAN KELAS
CLASSROOM ACTION RESEARCH
PROGRAM STUDI MAGISTER MANAJEMEN PENDIDIKAN PROGRAM PASCASARJANA
Penelitian Tindakan Kelas (PTK)
PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN PROJECT BASED LEARNING BERBASIS LESSON STUDY TERHADAP MINAT DAN HASIL BELAJAR SISWA KELAS XI IPS 3 SMAN 3 BLITAR Oleh: HAMIDA.
Penguji 2 : Nelly Indriani W,S.Si. M.T.
USULAN PROPOSAL PENELITIAN (UPP)
JUDUL PENELITIAN Pengaruh Penggunaan Hp terhadap Konsentrasi Siswa SMA Negeri Kebakkramat Tahun Ajaran 2015/2016.
MATA KULIAH SEMINAR PROPOSAL PENELITIAN JUDUL Penggunaan Media Gambar Untuk Meningkatkan Aktivitas dan Prestasi Belajar Geografi pokok bahasan Litosfer.
UPAYA MENINGKATAN MOTIVASI BELAJAR DAN KEMAMPUAN PEMAHAMAN KONSEP PESERTA DIDIK MENGGUNAKAN MODEL COURSE REVIEW HORAY (CRH) DI KELAS VII.3 SMPN 30 PADANG.
Penelitian Pendahuluan Pembatasan Penelitian Dimensi Penelitian
NAMA : Joan Jamarsi Ginting NIM : FAKULTAS TEKNIK JURUSAN PENDIDIKAN TEKNIK BANGUNAN UNIVERSITAS NEGERI MEDAN 2019.
for further detail, please visit
Transcript presentasi:

Game Mobile Petualangan berbasis Teori Van Hiele untuk Meningkatkan Nilai Pelajaran Matematika Geometri SMA Joko Setiyono

Latar Belakang Hasil tes geometri siswa rendah jika dibandingkan dengan materi matematika yang lain. Kesulitan siswa dalam memahami konsep- konsep geometri terutama pada konsep bangun ruang, Madja (1992:3) Kennedy & Tipps (1994:387) menyatakan bahwa dengan pembelajaran geometri mampu mengembangkan kemampuan pemecahan masalah dan mendukung banyak topik lain dalam matematika. Susiswo (1989:77) menyimpulkan bahwa pembelajaran geometri dengan pembelajaran model van Hiele lebih efektif daripada pembelajaran konvensional.

Menurut Gros Begona, 2007, bahwa games merupakan instrumen yang sangat bermanfaat untuk strategi belajar yang spesifik dan game juga dapat dikembangkan untuk pelajaran yang memiliki karakteristik tertentu dalam masyarakat informasi. Beberapa penelitian yang telah dilakukan membuktikan bahwa penerapan teori van Hiele memberikan dampak yang positif dalam pembelajaran geometri

Beberapa ahli matematika seperti Ruseffendi (1984:15), mensinyalir kelemahan matematika pada siswa Indonesia, karena pelajaran matematika di sekolah ditakuti bahkan dibenci siswa. Menurut Sriyanto (2004) sikap negatif seperti ini muncul karena adanya persepsi bahwa pelajaran matematika yang sulit.

Pembatasan Masalah Pembelajaran matematika SMA pada bab ruang dimensi tiga. Penerapan game matematika dengan menggunakan teori Van Hiele pada materi geometri.

Rumusan Masalah Nilai Matematika khususnya Geometri Siswa SMA Rendah Pelajaran Matematika Dianggap Sulit Siwa Senang Main Game Adventure Siswa Sebagian Besar Memiliki HP

Tujuan Penelitian Mengembangkan mobile game untuk pembelajaran Matematika.

Manfaat Penelitian Bagi pengembangan ilmu pengetahuan: memberikan kontribusi berupa tehnologi mobile untuk pengajaran matematika Bagi guru: mengenalkan model pembelajaran berbasis game mobile Bagi siswa: memberi pengalaman baru dalam belajar matematika secara mandiri

Landasan teori Perilaku siswa suka main game Teori van Hiele dalam pembelajaran geometri. Menurut teori van Hiele, seseorang akan melalui lima tahap perkembangan berpikir dalam belajar geometri (Clements & Battista, 1990:356-357; Orton, 1992:72; Burger & Culpepper, 1993:141-142 dan Muser & Burger, 1994:529-531). Kelima tahap perkembangan berpikir van Hiele adalah tahap 0 (visualisasi), tahap 1 (analisa), tahap 2 (deduksi informal), tahap 3 (deduksi), dan tahap 4 (rigor).

Games theory Game theory is the study of the ways in which strategic interactions among rational players produce outcomes with respect to the preferences (or utilities) of those players, none of which might have been intended by any of them. Sebuah teori matematika yang berasal dari John von Neumann yang melihat strategi dan probabilitas sebagai fungsi dari permainan persaingan dimana semua pemain mempunyai peran kontrol parsial dan para pemain bersaing satu sama lainnya.

Game Mobile Petualangan berbasis Teori Van Hiele untuk Meningkatkan Nilai Pelajaran Matematika Geometri SMA PROBLEMS Nilai Matematika khususnya Geometri Siswa SMA Rendah Pelajaran Matematika Dianggap Sulit OPPORTUNITY Siwa Senang Main Game Adventure Siswa Sebagian Besar Memiliki HP APPROACH Van Hiele Game Adventure Game Mobile GAME DEVELOPMENT Specification & Design: UML Coding: Java Testing: Whitebox and Blackbox Testing GAME IMPLEMENTATION SMAN 1 Majalengka Pretest (Sebelum Pakai Game) Posttest (setelah Pakai Game) GAME MEASUREMENT Grafik Perbedaan Pretest-Posttest Uji T-Test RESULT Game Mobile Petualangan berbasis Teori Van Hiele DAPAT Meningkatkan Nilai Pelajaran Matematika Geometri SMA

METODE PENELITIAN Pengumpulan data Perancangan dan pengembangan sistem Pengujian sistem Pengujian software menggunakan blackbox white box Pengujian atribut/variabel menggunakan user Pengambilan kesimpulan

Daftar Pustaka Ruseffendi, E.T. (1984). Dasar-dasar Matematika Modern untuk Guru. Bandung: Tarsito. Sriyanto (2004). Momok Itu Bernama Matematika. Basis, edisi Juli-Agustus 2004.  Madja, M.S.. 1992. Perancangan dan Implementasi Perangkat Ajar Geometri SMTA. Tesis tidak diterbitkan. Jakarta: PPS UI  (R. Bambang Aryan Soekisno, Makalah seminar Membangun Keterampilan Komunikasi Matematika dan Nilai Moral Siswa Melalui Model Pembelajaran Bentang Pangajen di UIN Syarif Hidayatullah Jakarta, Oktober 2008) Abdussakir, 2003. Pengembangan Paket Pembelajaran Berbantuan Komputar Materi Irisan Dimensi Tiga. Tesis tidak diterbitkan. Malang: PPS UM.  Anne. T.. 1999. The van Hiele Models of Geometric Thought. (Online) (Http://euler.slu.edu/teach_material/van_hiele_model_of_geometry.html, diakses 14 Oktober 2005).  Argyropoulus, V.. 2001. Investigating Levels of Understanding of Concept of Geometric Shape by Student with V.I. (Online) (Http://www.iceui-europe.org/cracow2000/proceeddings/chapter04/04- 10.doc, diakses 14 Oktober 2005).  Arnold, S.. 1996. Challenge and Support: van Hiele.(Online) (Http://stmarys.nsw.edu.au/PAGES/c35.html, diakses 14 Oktober 2005

Budiarto, M. T. 2000. Pembelajaran Geometri dan Berpikir Geometri Budiarto, M.T.. 2000. Pembelajaran Geometri dan Berpikir Geometri. Dalam prosiding Seminar Nasional Matematika “Peran Matematika Memasuki Millenium III”. Jurusan Matematika FMIPA ITS Surabaya. Surabaya, 2 Nopember.  Burger, W.F. & Culpepper, B.. 1993. Restructuring Geometri. Dalam Wilson Patricia S. (Ed). Research Ideas for the Classroom: High School Mathematics. New York: MacMillan Publishing Company. Clements, D.H. & Battista, M.T.. 1992. Geometry and Spatial Reasoning. Dalam Grouws, D.A. (Ed). Handbook of Research on Mathematics Teaching and Learning. New York: MacMillan Publishing Company.  Clements, D.H. & Battista, M.T.. 2001. Geometry and Proof. (Online) (Http://www.terc.edu/investigation/relevant/html/Geometry.html, diakses 14 Oktober 2005). Gutierrez, A., Jaime, A., dan Fortuny, J.M.. 1991. An Alternative Paradigm to Evaluate the Acquisition of The van Hiele Levels. Journal for research in Mathematics Education. 22 (3): 237- 257.

To Do Studi literatur tentang: Van hiele: terbukti bisa membantu pembelajaran geometri Game adventure: bisa menyelesaikan masalah matematika yg sulit/abstrak Penelitian pendahuluan: Data nilai matematika geometri di sekolah tampilkan dalam bentuk grafik (sman 1 majalengka dan studi literatur) Pelajaran matematika geometri sulit (kuesioner ke siswa dan studi literatur) Cari penelitian yang mirip (related research) Cari game simulasi opensource yang tujuannya mirip (java, game engine /3d game studio) Kerangka pemikiran diperbaiki Susun proposal penelitian

Road to M.Kom Degree (Oktober 09) April: Mengumpulkan Landasan Teori (Studi Literatur) Topik dan Judul Penelitian Harus Pasti Mei: Studi Literatur Penelitian Sejenis (Opensource) Penelitian Pendahuluan (Kuesioner) Juni: Susun Proposal Penelitian Siapkan Presentasi Juni-Agustus: Game Development (SDLC: Specification (Storyboard), Design, Coding, Testing) Agustus: Penerapan dan Pengukuran Game Ujian Proposal Tesis Penelitian September: Susun Tesis October: Ujian Tesis

Theses Structure Pendahuluan Landasan Teori Pengembangan Game Analisa Perancangan Coding Testing (Whitebox dan Blackbox) Implementasi dan Pengukuran Game Implementasi Game Target User Waktu Strategi Implementasi Pengukuran Pretest-Postest Analisa Hasil Analisa Hasil Pretest Postest Kesimpulan dan Saran