Pemrograman Berorientasi Objek

Slides:



Advertisements
Presentasi serupa
Pemrograman Berorientasi Objek
Advertisements

Java Fundamentals: 5. Java Advanced
CARI ERROR !!! ADA BERAPA KESALAHAN ??? Apa beda JRE dan JDK ??? JDK JRE.
BAHASA PEMROGRAMAN JAVA
Deklarasi Class Kelas pada Java dideklarasikan dengan menggunakan kata kunci class. Contoh : class Mobil { String warna; int thn_prod; } Mobil Data :
 public static void main(String[] args) {  int bil1=3;  do {  System.out.print(bil1+",");  bil1=bil1+4;  }  while(bil1
- PERTEMUAN 3- INHERITANCE
Modul 3: Kendali program dan teknik penyimpanan data
Dasar Exception Handling
SLIDE OTOMATIS PINDAH DALAM WAKTU 4-5 MENIT. A:kiriB:kanan Deklarasikan sebuah variabel dengan nama ‘isi’ yang mempunyai type array of double dengan ukuran.
Overriding, Overloading, Polymorphism
Pemrograman Java Pewarisan / Inheritance Polimorfisme Pemrograman Java.
Inheritance Ery Setiyawan Jullev A.
Inheritance (Pewarisan)
Overriding, Overloading, Polymorphism
POLIMORFISME 2 Imam Fahrur Rozi 01.
Pemrograman Berbasis Obyek Oleh Tita Karlita
Nandang Hermanto PK2 Pertemuan 3. Perulangan Pernyataan while Pernyataan do..while Pernyataan for.
Pemrograman Berorientasi Objek
Flow Control Nana Ramadijanti Laboratorium Computer Vision Politeknik Elekltronika Negeri Surabaya PENS-ITS 2008.
- PERTEMUAN 9 - BERBAGAI KELAS UTILITAS DI JAVA
- PERTEMUAN 4 - PERULANGAN
Pertemuan : Object Oriented Programming
Flow Control & Looping Pertemuan 4 Pemrograman Berbasis Obyek Oleh Tita Karlita.
PELATIHAN JAVA FUNDAMENTAL
Object Oriented Programming with JAVA 2011/2012
NAMA : JUMADI Npm : Interface mendefinisikan sebuah cara standar dan umum dalam menetapkan sifat-sifat dari class-class. Mereka menyediakan.
Public class RelasiDemo { public static void main(String[] args) { //beberapa nilai int i = 37; int j = 42; int k = 42; System.out.println("Nilai variabel...");
Pemrograman Berorientasi Objek
OOP Java Minggu 2b Dasar OOP. Class (1) Deklarasi class : [ *] class { [ *] } Cat : [] = optional, * = repeat 0-N.
Algoritma & Pemrograman 1
Perulangan (Iteration)
Manipulasi String dengan Kelas String dan StringBuffer
Pertemuan 6 PEWARISAN AND POLYMORPHISM
1 Pertemuan 10 PEMROGRAMAN MULTITHREADING Matakuliah: M0074/PROGRAMMING II Tahun: 2005 Versi: 1/0.
Multithreading As’ad Djamalilleil
Access Modifier.
Materi 1: Konsep Pemrograman Berorientasi Objek Kelas dan Objek
Constructor dan Overloading
Array dan Argumen Baris Perintah
Tugas Minggu Ke 9 PBO Siti Halisah
Constructor overloading
JAVA FUNDAMENTAL (Method)
THREAD Pertemuan 9.
THREAD (Multi Threading).
C++ static.
Interface.
MATERI PENDUKUNG PENGGUNAAN THROW
As’ad Djamalilleil Multithreading As’ad Djamalilleil
Pemrograman Berorientasi Objek
MATERI PENDUKUNG PENGENALAN DASAR CLASS
Karakteristik Pemrograman Berorientasi Objek
JAva Threads.
Konstruktor -1- Method yang digunakan untuk memberi nilai awal pada saat object diciptakan Dipanggil secara otomatis ketika new digunakan untuk membuat.
Dasar Bahasa Java.
Pilar Object Oriented Programming
Pilar Object Oriented Programming
Pemrograman Berorientasi Objek
Dhefi Cahyadi, S. Kom ARRAY / LARIK Lanjutan Dhefi Cahyadi, S. Kom
Method Java Fundamental Syahrul Mauluddin S.Kom, M.Kom.
Pemograman Lanjut M. Failrul Filza, S.Kom
Pilar Object Oriented Programming
E. Haodudin Nurkifli Universitas Ahmad Dahlan Pertemuan
Pertemuan 3 Class dan Objek (Lanjutan)
Pertemuan 6 Praktek Pembuatan Program dengan menggunakan Inheritance
Dasar-dasar Pemrograman Berbasis Obyek. kelas Kelas pada java didefinisikan dengan menggunakan kata kunci class.
- PERTEMUAN 2- CONSTRUCTOR
Pertemuan 4 Praktek Pembuatan Program Class dan Objek (Lanjutan)
Pertemuan 2 Praktek Pembuatan Program Class dan Objek
FONDASI PEMROGRAMAN & STRUKTUR DATA #8
Transcript presentasi:

Pemrograman Berorientasi Objek Multi threading

MULTITHREADING Multithreading adalah kemampuan yg memungkinkan kumpulan instruksi atau proses dpt dijalankan secara bersamaan dlm sebuah program. Thread adalah satu kumpulan instruksi yg akan dieksekusi secara independen Kegunaan thread pada permainan( game) dan web browser

Daur hidup sebuah thread Multithreading Sebuah program Thread 1 Thread 2 Thread 3 Daur hidup sebuah thread waktu

Penanganan Thread Thread dengan menggunakan kelas thread Thread melalui Runnable

Menggunakan kelas Thread Cara ini dgn memperluas kelas thread dan menuliskan kembali kode pada metode run(). Bentuk : class namakelas extends Thread{ public void run(){ … }

Contoh : Ujithread.java public class Ujithread{ public static void main(String[] args){ Mobil m1 = new Mobil("M-1"); Mobil m2 = new Mobil("M-2"); m1.start(); m2.start(); } class Mobil extends Thread{ //konstruktor public Mobil(String id){ super(id);

Contoh : Ujithread.java //mendefinisikan sendiri run() public void run() { String nama = getName(); for (int i=0; i<5; i++) { try{ sleep(1000); //tunggu 1 detik } catch(InterruptedException ie){ System.out.println("terinterupsi"); System.out.println("Thread " + nama + " :Posisi " + i);

Keterangan : Mobil m1 = new Mobil(“M-1”) m1.start(); class Mobil extends Thread{ … public void run() { }

Hasil :

Thread melalui Runnable Runnable sesungguhnya adalah sebuah interface. Dengan mengimplementasikan interface ini, sebuah kelas yg menangani thread dapat diciptakan.

Contoh : Ujithread2.java public class Ujithread2 { public static void main(String[] args){ Thread m1 = new Thread(new Mobil("M-1")); Thread m2 = new Thread(new Mobil("M-2")); m1.start(); m2.start(); }

Contoh : Ujithread2.java class Mobil implements Runnable{ String nama; //konstruktor public Mobil(String id) { nama=id; }

Contoh : Ujithread2.java public void run() { for(int i=0; i<5; i++) { try{ Thread.currentThread().sleep(1000); } catch(InterruptedException ie){ System.out.println("terinterupsi");cr System.out.println("Thread " + nama + " :Posisi " + i);

Hasil :

Daur hidup Thread Sebuah Thread terus dieksekusi sampai salah satu kondisi berikut terjadi : Eksekusi terhadap run() berakhir Terinterupsi oleh eksepsi yg tidak tertangkap Metode stop() dipanggil

Contoh : Ujithread3.java public class Ujithread{ public static void main(String[] args){ Mobil m1 = new Mobil("M-1"); Mobil m2 = new Mobil("M-2"); m1.start(); m2.start(); } class Mobil extends Thread{ //konstruktor public Mobil(String id){ super(id);

Contoh : Ujithread3.java // beri komentar ketika thread berakhir boolean m1Berakhir = false; boolean m2Berakhir = false; do{ //cek keberadaan thread m1 if (!m1Berakhir && !m1.isAlive()) { m1Berakhir = true; System.out.println("Thread m1 berakhir"); }

Contoh : Ujithread3.java // cek keberadaan thread m2 if (!m2Berakhir && !m2.isAlive()) { m2Berakhir = true; System.out.println("Thread m2 berakhir"); } }while (!m1Berakhir || !m2Berakhir);

Contoh : Ujithread3.java //mendefinisikan sendiri run() public void run() { String nama = getName(); for (int i=0; i<5; i++) { try{ sleep(1000); //tunggu 1 detik } catch(InterruptedException ie){ System.out.println("terinterupsi"); System.out.println("Thread " + nama + " :Posisi " + i);

Hasil :

Sinkronisasi Sinkronisasi merupakan suatu upaya agar kode tertentu dijalankan secara berurutan dengan jaminan kode tersebut tdk akan dijalankan oleh yg lain dlm waktu bersamaan.

Contoh : Ujithread4.java public class Ujithread4{ public static void main(String[] args){ Mobil m1 = new Mobil("M-1"); Mobil m2 = new Mobil("M-2"); m1.start(); m2.start(); }

Contoh : Ujithread4.java class Mobil extends Thread{ //konstruktor public Mobil(String id){ super(id); } //mendefinisikan sendiri run() public void run() { String nama = getName(); SinkronisasiKeluaran.info(nama);

Contoh : Ujithread4.java class SinkronisasiKeluaran{ public static synchronized void info(String nama){ for (int i=0; i<5; i++) { try{ Thread.sleep(1000); //tunggu 1 detik } catch(InterruptedException ie){ System.out.println("terinterupsi"); System.out.println("Thread " + nama + " :Posisi " + i);

Hasil :