MODEL PROTOTYPE.

Slides:



Advertisements
Presentasi serupa
Model Pengembangan Perangkat Lunak dengan Prototype
Advertisements

Strategi Pengembangan SIA
Siklus, Metode dan Teknik Pengembangan Sistem Informasi
Bab 6 PERANCANGAN PERANGKAT LUNAK
METODE PENGEMBANGAN PERANGKAT LUNAK
PROTOTYPING MODEL >> Kelompok 1: Windandini B.M.
 KELOMPOK 1 : 1. Ekva Pujiani ( ) 2. Elfira Tatriana Yuniastuti ( ) 3. Windi Fitriana ( )
SIKLUS HIDUP SISTEM Pertemuan Ke-7.
METODOLOGI SIKLUS HIDUP SISTEM
REKAYASA SISTEM.
Pengembangan PL Ahmat Adil.
PROTOTYPING MODEL PROSES
PROTOTYPING Analisa Desain Sistem Informasi. Pendahuluan Prototipe merupakan simulasi atau animasi dari bakal sistem. Prototipe merupakan suatu metode.
Protyping IMK-M5.
PERENCANAAN PROSES PERANGKAT LUNAK
PROTOTYPING MODEL PROSES Karakteristik
Prototyping Aplikasi Teknologi Informasi
PROTOTYPING MODEL PROSES
PERANCANGAN SISTEM INFORMASI
PROTOTYPING.
Rekayasa Perangkat Lunak
Metodologi Pengembangan Perangkat Lunak
METODOLOGI SIKLUS HIDUP SISTEM
PROSES-PROSES PERANGKAT LUNAK
Kelompok 4 Agusta Sigit Dewantoro Almizan Dio Restu Saputra
PENGEMBANGAN PERANGKAT LUNAK.
Pengembangan Siklus Hidup Sistem
PERENCANAAN AKTIVITAS PROYEK
Spesifikasi Perangkat Lunak
Analisa Desain Sistem Informasi
PriNciples That Guide Practice
PENGEMBANGAN APLIKASI
Rekayasa Perangkat Lunak Model Proses PL
Rekayasa perangkat lunak (rpl)
Pengenalan Rekayasa Perangkat Lunak
Nur fisabilillah, S.Kom, MMSI | UNIVERSITAS GUNADARMA
Anna dara andriana., M.kom
Interaksi Manusia & Komputer Prototyping
ANALISA DAN PERANCANGAN SISTEM INFORMASI
RPL.
REKAYASA PERANGKAT LUNAK
PENGEMBANGAN SISTEM INFORMASI
Interaksi Manusia dan Komputer
SISTEM INFORMASI PEMASARAN
REKAYASA PERANGKAT LUNAK
Strategi Pengembangan SIA
METODOLOGI SIKLUS HIDUP SISTEM
METODOLOGI SIKLUS HIDUP SISTEM
PENGEMBANGAN SISTEM.
Materi Habis Uts IMK Prototyping
Analisa dan Perancangan Sistem
RPL.
Analisa Perancangan Sistem
PENGEMBANGAN SISTEM.
PERTEMUAN 2 Proses Pengembangan Perangkat Lunak
METODOLOGI SIKLUS HIDUP SISTEM
ANALISA DAN PERANCANGAN SISTEM INFORMASI
KELOMPOK FARHATULLAILA ( )
Metode Rekayasa Perangkat Lunak
SIKLUS HIDUP PENGEMBANGAN SISTEM (System Development Life Cycle/SDLC)
Interaksi Manusia dan Komputer
Interaksi Manusia dan Komputer
METODOLOGI SIKLUS HIDUP SISTEM
PENGEMBANGAN PERANGKAT LUNAK
SDLC Pertemuan 1 Dosen Pengampu: Sandfreni
Siklus hidup pengembangan sistem
Analisa Desain Sistem Informasi
BAB I PENDAHULUAN 1.1 Latar Belakang
Pengembangan Sistem Informasi
MODEL PROSES PERANGKAT LUNAK
Transcript presentasi:

MODEL PROTOTYPE

Bahasan Definisi Model Prototype Gambar Model Prototype Aktifitas Prototype Cara Kerja / Konsep Keunggulan Model Prototype Kelemahan Model Prototype Kesimpulan

Definisi Model Prototype Prototyping merupakan salah satu metode pengembangan perangkat lunak yang banyak digunakan. Dengan metode prototyping ini pengembang dan pelanggan dapat saling berinteraksi selama proses pembuatan sistem. Sering terjadi seorang pelanggan hanya mendefinisikan secara umum apa yang dikehendakinya tanpa menyebutkan secara detail output apa saja yang dibutuhkan, pemrosesan dan data-data apa saja yang dibutuhkan. Sebaliknya disisi pengembang kurang memperhatikan efesiensi algoritma, kemampuan sistem operasi dan interface yang menghubungkan manusia dan komputer.

Untuk mengatasi ketidakserasian antara pelanggan dan pengembang , maka harus dibutuhkan kerjasama yang baik diantara keduanya sehingga pengembang akan mengetahui dengan benar apa yang diinginkan pelanggan dengan tidak mengesampingkan segi-segi teknis dan pelanggan akan mengetahui proses-proses dalam menyelasaikan sistem yang diinginkan. Dengan demikian akan menghasilkan sistem sesuai dengan jadwal waktu penyelesaian yang telah ditentukan. Kunci agar model prototype ini berhasil dengan baik adalah dengan mendefinisikan aturan-aturan main pada saat awal, yaitu pelanggan dan pengembang harus setuju bahwa prototype dibangun untuk mendefinisikan kebutuhan. Prototype akan dihilangkan sebagian atau seluruhnya dan perangkat lunak aktual direkayasa dengan kualitas dan implementasi yang sudah ditentukan.

Gambar Metode Prototype

Aktivitas Prototype

Cara Kerja/Konsep Pengumpulan kebutuhan Pelanggan dan pengembang bersama-sama mendefinisikan format seluruh perangkat lunak, mengidentifikasikan semua kebutuhan, dan garis besar sistem yang akan dibuat. Membangun prototyping Membangun prototyping dengan membuat perancangan sementara yang berfokus pada penyajian kepada pelanggan (misalnya dengan membuat input dan format (output).

Evaluasi protoptyping Evaluasi ini dilakukan oleh pelanggan apakah prototyping yang sudah dibangun sudah sesuai dengan keinginan pelanggan. Jika sudah sesuai maka langkah 4 akan diambil. Jika tidak prototyping direvisi dengan mengulang langkah 1, 2 , dan 3. Mengkodekan sistem Dalam tahap ini prototyping yang sudah di sepakati diterjemahkan ke dalam bahasa pemrograman yang sesuai. Menguji sistem Setelah sistem sudah menjadi suatu perangkat lunak yang siap pakai, harus dites dahulu sebelum digunakan. Pengujian ini dilakukan dengan White Box, Black Box, Basis Path, pengujian arsitektur dan lain-lain.

Evaluasi Sistem Pelanggan mengevaluasi apakah sistem yang sudah jadi sudah sesuai dengan yang diharapkan . Jika ya, langkah 7 dilakukan; jika tidak, ulangi langkah 4 dan 5. Menggunakan sistem Perangkat lunak yang telah diuji dan diterima pelanggan siap untuk digunakan .

1. Adanya komunikasi yang baik antara pengembang dan pelanggan. 2 1. Adanya komunikasi yang baik antara pengembang dan pelanggan. 2. Pengembang dapat bekerja lebih baik dalam menentukan kebutuhan pelanggan. 3. Pelanggan berperan aktif dalam pengembangan sistem. 4. Lebih menghemat waktu dalam pengembangan sistem. 5. Penerapan menjadi lebih mudah karena pemakai mengetahui apa yang diharapkannya. Keunggulan Prototype

McLeod dan Schell (2001) alasan-alasan pemakai maupun spesialis informasi menyukai model prototype adalah: 1. Komunikasi antara analis sistem dan pemakai membaik; 2. Analis dapat bekerja dengan lebih baik dalam menemukan kebutuhan pemakai; 3. Pemakai berperan lebih aktif dalam pengembangan sistem; 4. Spesialis informasi dan pemakai menghabiskan lebih sedikit waktu dan usaha dalam mengembangkan sistem; 5. Implementasi menjadi lebih mudah karena pemakai mengetahui sistem yang diharapkan.

1. Pelanggan kadang tidak melihat atau menyadari bahwa perangkat lunak yang ada belum mencantumkan kualitas perangkat lunak secara keseluruhan dan juga belum memikirkan kemampuan pemeliharaan untuk jangka waktu lama. 2. pengembang biasanya ingin cepat menyelesaikan proyek. Sehingga menggunakan algoritma dan bahasa pemrograman yang sederhana untuk membuat prototyping lebih cepat selesai tanpa memikirkan lebih lanjut bahwa program tersebut hanya merupakan cetak biru sistem . 3. Hubungan pelanggan dengan komputer yang disediakan mungkin tidak mencerminkan teknik perancangan yang baik. Kelemahan Prototype

4. Prototyping memungkinkan terjadinya pengembalian terhadap kode, implementasi, dan perbaikan siklus hidup yang digunakan untuk mendominasi sistem informasi. 5. Prototyping tidak menolak kebutuhan dari fase analisis sistem. Prototype hanya dapat memecahkan masalah yang salah dan memberi kesempatan sebagai sistem pengembangan konvensional. 6. Perancangan issu numerik tidak dialamatkan oleh prototyping. Isu tersebut dapat dilupakan jika pengguna tidak berhati-hati. 7. Prototyping dapat mengurangi kreatifitas perancangan.

Prototyping Model Berfungsi sebagai mekanisme pendefinisian kebutuhan Prototyping Model   Berfungsi sebagai mekanisme pendefinisian kebutuhan. Pertama, developer menggali semua kebutuhan user secara cepat kemudian membangun prototipe yang sesuai dengan yang diinginkan dengan cepat pula dan ditunjukkan ke user, baru dibuat PL yang sesungguhnya berdasarkan komentar user terhadap prototipe. Kesimpulan

TERIMA KASIH