Interaksi Manusia dan Komputer TI1143

Slides:



Advertisements
Presentasi serupa
Fisika 2 Pendahuluan. Rencana Kuliah Fisika 2 Aturan Penilaian No.Komponen PenilaianPersentase Kehadiran Tugas-tugas Ujian Tengah Semester.
Advertisements

Kerangka Kognitif Restyandito, S.Kom, MSIS.
KONTRAK KULIAH Stephanie I.P.
Teknologi Multimedia.
Kontrak Perkuliahan Kuliah Bahasa Inggris dimulai pada minggu ke-1 tanggal 23 Februari 2009 Responsi Bahasa Inggris dimulai pada minggu kedua tanggal 2.
ANALISIS DAN PERANCANGAN SISTEM
INTERAKSI MANUSIA DAN KOMPUTER
Pengantar Interaksi Manusia dan Komputer
PRAKTEK BAIK DALAM PENJAMINAN MUTU PENDIDIKAN TINGGI
MANAJEMEN OPERASI DOSEN: Munjiati Munawaroh, S.E.,M.Si
PENGANTAR KOMPUTER & TI 1A
Soal-Soal Latihan Mandiri
IKK 431: 3(3-0) KONTRAK PERKULIAHAN MANAJEMEN KEUANGAN KONSUMEN
1 Chapter 1 Introduction to Human Computer Interaction Mgs. Afriyan Firdaus Fakultas Ilmu Komputer UNSRI.
Introduction Internet & E-Commerce S1 Teknik Informatika
Created by : Peningkatan kualitas Pendidikan Guru Produktif SMK di Kabupaten Indramayu Indramayu, 22 September 2007.
Panduan Kerja Praktek S1 Teknik Informatika Semester Genap 2013/2014
Customer Relationship Managemant Diema Hernyka S, M.Kom.
PENGANTAR ANALISIS DESAIN SISTEM INFORMASI
Manajemen Sistem Informasi
Jurusan Manajemen Universitas Kristen Maranatha
Pengolahan Sinyal Digital TE5601
D. Linggarjati Novi P, S.Psi
Alat Ukur Waktu dengan Satuan Jam
INTERAKSI MANUSIA dan KOMPUTER (HUMAN COMPUTER INTERACTION)
PERTEMUAN KE 9 MENU TUNGGAL.
PEMBELAJARAN BERBANTUAN KOMPUTER Triyanna Widiyaningtyas, S.T, M.T 2010.
Interaksi Manusia dan Komputer (IMK) Dosen : Tata Sumitra M
Manajemen produksi/operasi
Rencana Pembelajaran Pengantar Ilmu Kesehatan Masyarakat
KONTRAK PERKULIAHAN PERANCANGAN PERCOBAAN (EXPERIMENTAL DESIGN) Beban Studi 2 SKS (2-0)
MANAJEMEN DESAIN Desain Produk Industri Universitas Pembangunan Jaya
PEMROGRAMAN JARINGAN Catur Iswahyudi, S.Kom, S.E
Manajemen Koperasi dan UMKM
Kontrak kuliah dan outline Cleoputri Yusainy, PhD cleostudies.lecture.ub.ac.id twitter.com/cleoyusainy EKSPERIMENEKSPERIMEN.
INTERAKSI MANUSIA DAN KOMPUTER
Teknik jaringan wireless
Suwirno Mawlan, S.Kom., M.T.I
Sistem Pakar (3 SKS) By Eka Dyar W, S.Kom..
Audit Sistem Informasi Suwirno Mawlan, S.Kom., M.T.I
INTEROPERABILITAS Catur Iswahyudi, S.Kom, S.E
Mata Kuliah Sosiologi dan Politik
Petunjuk Kuliah Embriologi
Testing dan Implementasi Sistem
BASIS DATA II Jenjang Sarjana
SISTEM OPERASI Pertemuan Pertama.
INTERAKSI MANUSIA dan KOMPUTER (HUMAN COMPUTER INTERACTION)
JamSenin 2 Des Selasa 3 Des Rabu 4 Des Kamis 5 Des Jumat 6 Des R R S S.
SISTEM INFORMASI AKUNTANSI I
Pengantar Perkuliahan Teori Komunikasi
ATURAN PENYELENGGARAAN OSTN SMK TINGKAT PROVINSI JATENG
Analisis dan Perancangan Sistem Informasi
TERNAK PEMULIAAN ILMU.
Program kreatifitas mahasiswa
INTERAKSI MANUSIA DAN KOMPUTER
REKAYASA PERANGKAT LUNAK (RPL)
HUMAN COMPUTER INTERACTION
SISTEM OPERASI Dosen Pengampu : Erfanti Fatkhiyah, ST., M.Cs.
Human Computer Interaction (HCI)
TATA KELOLA DAN AUDIT SISTEM INFORMASI Diema Hernyka S, M.Kom
PENGEMBANGAN MEDIA BELAJAR
Introduction to Human Computer Interaction
INTERAKSI MANUSIA DAN KOMPUTER
Organisasi Komputer Semester Ganjil 2011/2012
Interaksi Manusia dan Komputer (IMK)
INTERAKSI MANUSIA DAN KOMPUTER
Interaksi Manusia Komputer [IF ]
Rekayasa Sistem Komputer
CSG2C3/ Interaksi Manusia dan Komputer (IMK)
Interaksi Manusia dan Komputer (IMK) 3 SKS
Transcript presentasi:

Interaksi Manusia dan Komputer TI1143 Restyandito, S.Kom, MSIS

TUJUAN Matakuliah ini memberikan pengantar mengenai bagaimana merancang suatu sistem komputer yang interaktif. Meninjau aspek-aspek perencanaan yang berpengaruh terhadap penggunaan suatu aplikasi komputer Mempelajari dan mengaplikasikan teknik-teknik assesing need, analyzing tasks, dan usability testing suatu aplikasi komputer Mempelajari dan mengaplikasikan teknik-teknik manajemen user interface

JADWAL KULIAH A: Selasa, 08.00-10.20, B.3.4 B: Kamis, 10.30-12.50, B.3.4 C: Kamis, 13.30-15.50, B.3.4

SILABUS PERKULIAHAN 02/09 04/09 Perkenalan + PengantarIMK ► Silabus & Kontrak Perkuliahan ► Apa itu IMK dan Komponen-komponennya MANUSIA DAN TEKNOLOGI: MANUSIA Kerangka Kognitif untuk IMK ► Perspektif Kognitif : Pemrosesan Informasi Manusia ► Perluasan kerangka kognitif 09/09 11/09 Persepsi dan Representasi ► Persepsi Visual ► Representasi Grafik pada interface

SILABUS PERKULIAHAN 16/09 18/09 Atensi dan Memori 23/09 25/09 ► Focusing attention ► Keterbatasan memori 23/09 25/09 Knowledge dan Mental Model ► representasi pengetahuan ► metafor ► conceptual model 07/10 09/10 Aspek Sosial dan Organisasi ► Analisa percakapan ► Komunikasi kelompok ► Bekerja kelompok dalam suatu konteks

SILABUS PERKULIAHAN 13/10 TES TENGAH SEMESTER 28/10 30/10 MANUSIA DAN TEKNOLOGI: TEKNOLOGI Input dan Output ► Berbagai macam piranti input dan output ► Pengembangan piranti input/output ► Tugas Kelompok 1: Technology Assesment 04/11 06/11 Macam-Macam Gaya Interaksi ► Berbagai macam interaksi ► natural language dialogue ► direct manipulation ► hal-hal kognitif yang berhubungan dengan gaya interaksi

SILABUS PERKULIAHAN 11/11 13/11 Merancang Sistem Windows 18/11 20/11 ► Komponen-komponen Windows ► Fungsi-fungsi umum pada Windows ► CSCW (Computer Supported Cooperatve Work) ► Tugas Kelompok 2: Desain Icon 18/11 20/11 METODE DAN TEKNIK PERANCANGAN User Centered Design ► Prinsip-prinsip user centered design ► Metode user centered design 25/11 27/11 Penunjang dan Panduan Perancangan ► Proses perancangan ► Berbagai macam penunjang

SILABUS PERKULIAHAN 02/12 04/12 Pengumpulan Tugas dan Presentasi 09/12 ► Tugas Kelompok 3: Presentasi Seminar 09/12 TES AKHIR SEMESTER

Website Kuliah http://lecturer.ukdw.ac.id/e-class http://www2.ukdw.ac.id/kuliah/info/TI1143

BUKU ACUAN Preece, Rogers, Sharp,Benyon, Holland & Carey, 1996, Human-Computer Interaction , Addison-Wesley Cooper, Reimann, Cronin, 2007, About Face 3, The Essentials of Interaction Design, Wiley Publishing Inc. Baecker, Grudin, Buxton & Greenberg, 2000, Readings in Human-Computer Interaction: Toward the Year 2000 2nd Edition, Morgan Kaufmann Inc. Norman, 2002, The Psychology of Everyday Things, Basic books. Preece, Rogers, Sharp, 2002, Interaction Design: Beyond Human-Computer Interaction, John Wiley & Sons, Inc. Shneiderman Ben, 2004, Designing the User Interface: Strategies for Effective Human-Computer Interaction 3rd Edition, Pearson Education

PENILAIAN Tes Kecil & Tugas 20% Group Project 30%    Tes Tengah Semester 25%    Tes Akhir Semester 25%

Sistem Nisbi ( Rata-rata kelas ) Distribusi Nilai Sistem Nisbi ( Rata-rata kelas ) A : AVG + 1,5 STD A- : AVG + 1,25 STD B+ : AVG + 1 STD B : AVG + 0,75 STD B- : AVG + 0,5 STD C+ : AVG C : AVG - 0,5 STD D : AVG - 1,5 STD E : 0 F : Failed

Extra Project Bagi mahasiswa yang merasa nilainya kurang memuaskan dapat mengerjakan extra project untuk memperbaiki nilai mereka. Pemberian extra project sepenuhnya merupakan hak pengajar dan memiliki bobot maksimal 10% . Penilaian extra project dilakukan diluar sistem nisbi.

TATA TERTIB KELAS Saling menghormati dan menghargai Menjunjung “Honor System ” Mahasiswa yang tidak hadir lebih dari 25% (3 kali) tidak diperkenankan ikut TAS Tidak ada tes susulan untuk tugas / tes kecil. Tidak melayani konsultasi melalui SMS. Protes nilai dilayani maksimal 1 minggu setelah nilai keluar.

The End