Mata kuliah Komputer Grafik ( Grafika Computer 1) 2 SKS

Slides:



Advertisements
Presentasi serupa
Hieronimus Edhi Nugroho, M.Kom
Advertisements

Usulan Liputan Materi. Apakah Komputer Grafis itu?  Kreasi, Manipulasi, dan Penyimpanan obyek geometris (pemodelan) dan citranya (rendering)  Peragaan.
Bab 6 Multimedia.
Teknologi Informasi dan Komputasi Multimedia
GRAFIKA KOMPUTER BAB 1 . PENGANTAR.
Pertemuan 8 Interaksi Manusia dan Komputer Viska Armalina, ST., M.Eng
Video • Video menyediakan sumberdaya yang kaya dan hidup bagi aplikasi multimedia.
Pengertian grafis Desain Grafis adalah salah satu bentuk seni lukis (gambar) terapan yang memberikan kebebasan pada sang desainer (perancang) untuk memilih,
Pengantar Kuliah: Grafika Komputer
Bitmap Vs Vector Iwan Sonjaya, ST.MMT.MT.
Grafika Komputer (TIZ10)
GRAFIKA KOMPUTER (TIN 3221)
} Program Aplikasi Perkembangan Komputer Grafik
Twelve: Microprocessor dan Memory
Praktikum PTI Sekolah Tinggi Ilmu Statistik Oleh : SIS - BPS Pengolahan Citra.
PENGANTAR GRAFIK KOMPUTER DAN OLAH CITRA
Komponen-komponen utama komputer
Mata kuliah Komputer Grafik ( Grafika Computer ) 4 SKS
Praktikum PTI Sekolah Tinggi Ilmu Statistik Oleh : SIS - BPS
Ida Bagus Surya Dharma,S.Kom
02 |Introduction to OpenGL
Pengantar Kuliah: Grafika Komputer
Pengenalan Grafika Komputer
PEMBUATAN GAME ”FUN PUZZLE” DENGAN MENGGUNAKAN Ratih Handayani
Amalia Firanty Almira Nur Endah Setiani Sintya Rosdwianty Fildza Novadiwanti Atana Sarah Dinda Nadhirah.
Pengolahan Citra Pertemuan 14.
Oleh Dede Nugroho XI-IPA5.  Dimulai dari sini :  1971: 4004 Microprocessor  Pada tahun 1971 munculah microprocessor pertama Intel, microprocessor 4004.
19 Januari 2011 Grafika komputer.
MENGENAL GRAFIS DAN PROGRAM APLIKASINYA
DESAIN GRAFIS (CITRA BITMAP DAN VEKTOR)
Mata kuliah Komputer Grafik ( Grafika Computer ) 3 SKS
Grafis berbasis Vektor dan Bitmap
Mata kuliah Komputer Grafik ( Grafika Computer 1) 2 SKS
SISTEM GRAFIKA KOMPUTER
Part 1 PENGENALAN GRAFIKA.
GRAPHIC APpLICATION PROGRAM
Pengertian grafis Desain Grafis adalah salah satu bentuk seni lukis (gambar) terapan yang memberikan kebebasan pada sang desainer (perancang) untuk memilih,
PEMANFAATAN GRAFIKA KOMPUTER DALAM PENGOLAHAN CITRA
PENGANTAR GRAFIK KOMPUTER DAN OLAH CITRA
DEFINISI DAN FUNGSI KARTU GRAFIS
Grafika Komputer Pengenalan Grafika Komputer &
Pengantar Design Grafis
02 |Introduction to OpenGL
Sistem Grafika Komputer
GRAFIKA KOMPUTER PENDAHULUAN
Hieronimus Edhi Nugroho, M.Kom
Grafika Komputer - Pengantar
Grafika komputer 29 Mei 2012.
GRAFIKA KOMPUTER DAN INFORMASI VISUAL
TUGAS PENGANTAR TEGNOLOGI INFORMASI tentang PERANGKAT INPUT DAN OUTPUT
KOMPUTER GRAFIK unindra
Grafika komputer 1.
Sumber Daya Komputasi dan Komunikasi
Pengantar Komputer Grafis MK. Komputer Grafis
Hardware (lanjutan).
Mata kuliah Komputer Grafik ( Grafika Computer 1)
02 |Introduction to OpenGL
Teknologi Informasi Teknologi Informasi  Teknologi Komputer dan
Mata kuliah Komputer Grafik ( Grafika Computer 1) 2 SKS
Pengantar Kuliah: Grafika Komputer
Kumpulan Materi Kuliah hendroagungs.blogspot.co.id.
PENGANTAR GRAFIK KOMPUTER DAN OLAH CITRA
PENGOLAHAN CITRA DIGITAL. URAIAN MATERI PCD Pemberian Evek Pada Gambar Vektor dan Bitmap Penggabungan Teks & Citra Bitmap Penggabungan Teks & Citra Vektor.
PENGANTAR GRAFIK KOMPUTER DAN OLAH CITRA
Format citra Oleh : Kustanto 11/10/2018.
Komponen-komponen utama komputer
PENGANTAR TEKNOLOGI INFORMASI TIM DOSEN PEMATERI MATRIKULASI
02 |Introduction to OpenGL
PENGANTAR GRAFIK KOMPUTER DAN OLAH CITRA
SIMULASI 3D ART GALLERY DENGAN MENGGUNAKAN 3DS MAX Sinta Nuraini Ikhsan for further detail, please visit
Transcript presentasi:

Mata kuliah Komputer Grafik ( Grafika Computer 1) 2 SKS Dosen : Atit Pertiwi, SKom., MMSI Teknik Informatika Universitas Gunadarma

Ide Dasar Grafika Komputer Grafika komputer adalah suatu bidang ilmu yang mempelajari bagaimana membangun grafik (gambar) baik 2D maupun 3D yang kelihatan nyata menggunakan komputer Salah satu bidang grafika komputer yang sangat terkenal adalah Desain grafis

Beberapa Penerapan Grafika Komputer Entertainment, misalnya dalam pembuatan film animasi. Terminator II dan Titanic merupakan contoh film non animasi yang memanfaatkan efek-efek grafika komputer yang sangat canggih. Visualisasi Proses, misalnya menggambarkan layout kinerja proses pabrik, atau proses-proses yang dalam modul ajar. Visualisasi Hasil Penelitian, seperti menggambar grafik performance, grafik perubahan bahkan grafik model hasil simulasi dan implementasi program. Bersama-sama dengan image processing digunakan sebagai algoritma identifikasi, seperti yang dilakukan pada kepolisian untuk menggambarkan wajah seseorang secara 3D dan identifikasi seseorang. GIS (Geographic Information System) Masih banyak yang lainnya.

Applications Simulators (flight, driving) Mechanical CAD (Computer Aided Design) Architectural visualization Advertising

Applications Computer games Special effects Computer art Scientific visualization Medical imaging

Apakah Beda Gambar dan Photo? Photo merupakan gambar yang dihasilkan dengan proses capture dari kegiatan nyata. Hasilnya setiap detail akan muncul, misalnya jumlah kumis pada kucing sama Gambar adalah proses pembentukan yang dilakukan dengan meniru kegiatan nyata. Hasilnya ada beberapa detail yang tidak dapat ditampilkan. Siapa yang peduli pada jumlah kumis pada kucing saat menggambar?

Macam-Macam Gambar Komputer Raster Image adalah gambar yang strukturnya berupa matriks. Dimana setiap titik (x,y) mempunyai nilai berupa warna yang digunakan seperti RGB atau CYMK. File dengan ekstensi BMP, GIF, TIFF, JPG dan PNG merupakan contoh dari Raster Image. Model gambar ini digunakan dalam Image Processing Vector Image adalah gambar yang strukturnya berupa vektor. Gambar yang dibuat menggunakan AutoCAD atau Maya atau gambar-gambar pada GIS, ini merupakan contoh dari Vector Image. Model gambar semacam ini digunakan dalam grafika komputer dan GIS

Pada tahun 1950-an Keluarannya via teletypes, lineprinter, dan cathode ray tube (CRT). Suatu picture yang di reprodukisi menggunakan karakter gelap dan terang Part 2

Contoh Gambar nya linesprinter CRT Part 2

Tahun 1960-an Merupakan permulaan grafik interaktif modern, keluarannya adalah grafik vektor dan grafik interaktif. Permasalahan yang terburuk adalah masalah biaya dan mesin yang tidak bisa di akses. Misalnya : Spacewars Part 2

Contoh gbr Spacewars Part 2

Tahun 1970-an Keluaran mengenai raster display, kemampuan grafis masih tipis dan tebal. Seperti : Video arcade game ( GAME seperti di TIMEZONE ) film “Westword” > film pertama kali menggunakan CG Apple II, warna grafik komputer pribadi Specular Highlighting Part 2

Contoh gambarnya Apple II.. Part 2 Specular Highlighting Film Westworld Video Arcade GAMES Part 2

Tahun 1980-an Keluarannya adalah grafik raster built-in, gambar bitmap, dan pixel. Biaya – biaya komputer pribadi berkurang secara drastis Trackball dan mouse menjadi alat interaktif yang baku. Part 2

Contoh Gambar Raster build-in Part 2

Tahun 1990-an Sejak diperkenalkan VGA, SVGA, komputer pribadi bisa dengan mudah menampilkan gambar hidup dan gambar photo-realistik dan juga gambar 3D rendering yang merupakan kemajuan utama dan mampu merangsang aplikasi garfik sinematik. Misalnya : Jurassic park, Toy Story Part 2

Tahun 2000-2001 Munculah NVIDIA Corporation , GeForce 256, dan GeForce3. Part 2

Tahun 2003 Berkembang lagi ID Software – mesin grafik Doom. DOOM adalah bagian dari DNA id software dan membutuhkan talenta dan otak tercerdas di dalam industri ini demi membawa seri berikut dari franchise utama kita” Ujar Todd Hollenshead, CEOnya id software. Part 2

Kekuatan Pemrosesan yang Murah Chips sebagai Kunci Subsistem Grafik Keuntungan - Hukum Moore – harga/performance meningkat 2x setiap 18 bulan untuk setiap penggandaan jumlah transistor. – Teknologi bergerak secara eksponensial kecuali pertumbuhan www. CPU Komputasi 64-bit masuk ke dalam mainstream • Server: Intel Itanium, AMD Opteron • Consumer: IBM G5, AMD Athlon64 – AMD Athlon MP – Intel Xeon – Sun UltraSPARC III – Hewlett Packard PA-RISC – IBM POWER4

Kekuatan Pemrosesan yang Murah Graphics subsystems – SGI, Sun, HP, Evans & Sutherland masih memiliki ceruk yang selektif, meskipun PC cards menguasai pasar bawah dan menengah (nVidia GeForce3, ATI’s Radeon 9000 line, 3DLabs’ Wildcat) – Spesifik Graphics Hardware (nVidia GeForceFX, ATI Radeon 9800) memasuki tahap baru dukungan grafik main processor graphics (Intel MMX, AMD 3DNow!)

SELESAI SEKIAN TERIMA KASIH