Hieronimus Edhi Nugroho, M.Kom

Slides:



Advertisements
Presentasi serupa
TURUNAN/ DIFERENSIAL.
Advertisements

PERSAMAAN GERAK LURUS smanda giri.
Kategori Desain Grafis
Usulan Liputan Materi. Apakah Komputer Grafis itu?  Kreasi, Manipulasi, dan Penyimpanan obyek geometris (pemodelan) dan citranya (rendering)  Peragaan.
Kamera Foto dan Editing Teknik Dasar Fotografi
Teknologi Informasi dan Komputasi Multimedia
GRAFIKA KOMPUTER BAB 1 . PENGANTAR.
Video • Video menyediakan sumberdaya yang kaya dan hidup bagi aplikasi multimedia.
LOGO “ Add your company slogan ” Siswo Wardoyo, S.T., M.Eng. Siswo WardoyoJurusan Teknik Elektro Fakultas Teknik UNTIRTA2011/2012- Genap
SOAL ESSAY KELAS XI IPS.
PENGANTAR KOMPUTER & TI 1A
LUAS DAERAH LINGKARAN LANGKAH-LANGKAH :
Fisika Dasar Oleh : Dody
SISTEM DAN PEMODELAN Sistem Pemodelan.
Sistem Informasi Manufaktur
Hieronimus Edhi Nugroho,M.Kom
Luas Daerah ( Integral ).
Judhistira Aria Utama, M.Si. Jur. Pendidikan Fisika FPMIPA UPI
Grafika Komputer (TIZ10)
GRAFIKA KOMPUTER (TIN 3221)
Memahami etimologi multimedia
GRAFIK PRESENTASI DR. AGUNG MURTI NUGROHO JOHANNES P.
Menggambar perspektif
Teknologi Informasi Multimedia
ALGORITHMA GARIS Hieronimus Edhi Nugroho, M.Kom.
Hieronimus Edhi Nugroho, M.Kom
These courseware materials are to be used in conjunction with Software Engineering: A Practitioner’s Approach, 6/e and are provided with permission by.
BAB I DASAR – DASAR TEKNIK PERANGKAT LUNAK
PENGANTAR GRAFIK KOMPUTER DAN OLAH CITRA
Mengelola isi halaman web
Jelaskan yang anda ketahui tentang energi
Matakuliah Pembelajaran IPA MI
Persamaan Garis Lurus Latihan Soal-soal.
Teknologi Display Hieronimus Edhi Nugroho, M.Kom.
PROYEKSI Hieronimus Edhi Nugroho, M.Kom 11/04/2017 Proyeksi.
Visualisasi INFORMASI
PERANCANGAN SISTEM.
Pengantar Grafika Komputer
Mata kuliah Komputer Grafik ( Grafika Computer ) 3 SKS
Pengantar Komputer Grafik
Computer Aided Design Gambar Listrik.
Memahami etimologi multimedia
Pertemuan 1 Introduction
APLIKASI GRAFIKA KOMPUTER
SISTEM GRAFIKA KOMPUTER
Part 1 PENGENALAN GRAFIKA.
Hieronimus Edhi Nugroho, M.Kom
PENGANTAR GRAFIK KOMPUTER DAN OLAH CITRA
Grafika Komputer Pengenalan Grafika Komputer &
GRAFIKA KOMPUTER Part 2.
GRAFIKA KOMPUTER PENDAHULUAN
Hieronimus Edhi Nugroho, M.Kom
Grafika Komputer - Pengantar
Grafika komputer 29 Mei 2012.
GRAFIKA KOMPUTER DAN INFORMASI VISUAL
KOMPUTER GRAFIK unindra
Kontrak Kuliah Animasi 3D.
Grafika komputer 1.
Pengantar Komputer Grafis MK. Komputer Grafis
Memahami etimologi multimedia
Pengantar dan Konsep Realisme Grafik Komputer
Animasi dan Suara Pertemuan 02
Teknologi Informasi Teknologi Informasi  Teknologi Komputer dan
Standar Kompetensi Menganalisis gejala alam dan keteraturannya dalam cakupan mekanika benda titik Kompetensi Dasar Menganalisis gerak lurus, gerak melingkar.
PENGANTAR GRAFIK KOMPUTER DAN OLAH CITRA
S1 Teknik Informatika Disusun Oleh Dr. Lily Wulandari
PENGANTAR GRAFIK KOMPUTER DAN OLAH CITRA
PENGANTAR GRAFIK KOMPUTER DAN OLAH CITRA
ANIMASI.
EDITING DAN KOMPUTER GRAFIS Pendahuluan. Komputer Grafis S uatu proses pembuatan, penyimpanan dan manipulasi model dan citra. Model berasal dari beberapa.
Transcript presentasi:

Hieronimus Edhi Nugroho, M.Kom GRAFIKA KOMPUTER Hieronimus Edhi Nugroho, M.Kom Grafika Komputer - Pengantar

Grafika Komputer - Pengantar Grafika komputer : suatu proses pembutan, penyimpanan dan manipulasi model dan citra. Komponen : masukan, proses dan penyimpanan dan keluaran Pengguna dapat mengendalikan isi, struktur dan kemunculanobjek serta menampilkan citra melalui suatu komponen dasar visual feedback Grafika Komputer - Pengantar

Grafika Komputer - Pengantar Merupakan cabang ilmu komputer yang membahas algorithma untuk menampilkan simulasi (benda). Grafika komputer tidak sama dengan pemrosesan citra (image processing) Mata kuliah grafika komputer tidak membahas software komersial seperti adobe photoshop, corel draw dan sebagainya. Mata kuliah grafika komputer juga tidak membahas tentang grafik bisnis, seperti diagram pie, diagram garis dan sebagainya. Grafika Komputer - Pengantar

Grafika Komputer - Pengantar Mencakup area : Film (spesial effects) Industri : CAD Automated machining Visualisasi : data ilmiah hasil medik (scanning,X-Ray, MRI) Permainan Komputer Distribusi Online Grafika Komputer - Pengantar

Grafika Komputer - Pengantar Film (Special effect) Grafika Komputer - Pengantar

Grafika Komputer - Pengantar Film (Animasi) Grafika Komputer - Pengantar

Grafika Komputer - Pengantar Industri / CAD Grafika Komputer - Pengantar

Visualisasi data ilmiah Grafika Komputer - Pengantar

Visualisasi data ilmiah Grafika Komputer - Pengantar

Grafika Komputer - Pengantar Medical Grafika Komputer - Pengantar

Grafika Komputer - Pengantar Permain (Game) Grafika Komputer - Pengantar

Grafika Komputer - Pengantar Tiga tema utama dalam grafika komputer : Modeling Bagaimana kita merepresentasikan (= memodelkan) objek 3 Dimensi ? Bagaimana kita dapat membuat model dari objek-objek tertentu ? Animation Bagaimana kita merepresentasikan gerakan sebuah objek Bagaimana kita dapat memberikan kendali kepada pembuat animasi (animator) dalam pembuatan animasi Rendering Bagaimana kita mensimulasikan formasi gambar Bagaimana kita dapat mensimulasikan cahaya seperti pada dunia nyata? Grafika Komputer - Pengantar

Grafika Komputer - Pengantar Modelling Representasi objek / lingkungan shape — geometri dari sebuah objek appearance — emission, reflection, and transmission of light Bagaimana kita dapat membuat model-model tesrebut ? deskripsimanual (misal : menuliskan rumus) manipulasi secara interaktif menggunakan prosedur / program melakukan pemindaian (scanning) dari objek riil Grafika Komputer - Pengantar

Grafika Komputer - Pengantar Modelling Grafika Komputer - Pengantar

Grafika Komputer - Pengantar Animasi Bagaimana caranya kita menampilkan gerakan objek posisi, sudut dan sebagainya sebagai fungsi dari waktu Bagaimana caranya kita mengendailkan gerakan membuat gerakan menggunakan tangan, mengisi keyframe simulasi perilaku (membat program yang berfungsi sebagai "otak" dari sebuah objek) simulasi fisika menangkap gerakan Grafika Komputer - Pengantar

Grafika Komputer - Pengantar Animasi Grafika Komputer - Pengantar

Grafika Komputer - Pengantar Rendering Bagaimana caranya kita meniru dunia nyata ? cahaya yang datang difokuskan oleh lensa energi cahaya mempengaruhi film representasi gambar sebagai titik-titik / pixels (x,y) membutuhkan representasi dari kamera Bagaimana caranya kita meniru perilaku cahaya? cahaya dianggap sebagai photon (partikel cahaya) menangkap gerak lurus dari photon membuat model interaksi antara cahaya dengan permukaan benda Grafika Komputer - Pengantar

Grafika Komputer - Pengantar Rendering Grafika Komputer - Pengantar

Grafika Komputer - Pengantar Proses Pemodelan Manipulasi Visualisasi Tampilan Data Grafika Komputer - Pengantar

CAD (Computer Aided Design) Perangkat lunak yg penting dalam rekayasa,konstruksi arsitektur dan cabang yg berhubungan dengan dunnia yg dibangun lalu, sekarang atau masa depan. Sering digunakan dalam kedokteran, ilmu pengetahuan dan teknologi untuk menjelaskan dan memvisualisasikan fenomena fisik Suatu cara yg dibuat untuk mempermudah pekerjaan manusia dalam mendesain sesuatu baik electrical, mechanical, arcitectural atau lainnya dengan menggunakan komputer Grafika Komputer - Pengantar