Multimedia dan Hypermedia

Slides:



Advertisements
Presentasi serupa
Selamat Datang Oleh : Edrizon
Advertisements

Kategori Desain Grafis
RAGAM MEDIA DALAM PEMBELAJARAN
ULEAD VIDEO STUDIO Direktorat e-Business
Mendesain & Mengembangkan Media Pembelajaran Berbasis ICT
LAYANAN SUBSTANSI PENDIDIKAN
Oleh : Tim Pengembang TIK BTKP Dinas Dikpora DIY PROSEDUR PENGEMBANGA BAHAN BELAJAR Berbasis Internet.
PENGEMBANGAN TEKNOLOGI PENDIDIKAN
Sistem e-learning Perencanaan, Perancangan, dan Pengelolaan
MEDIA E-LEARNING DALAM PEMBELAJARAN REPRODUKSI VIRUS
MEDIA PEMBELAJARAN DALAM PEMBELAJARAN SEJARAH/IPS
Musdalifah DJ. Teknologi selalu mencakup hardware dan software. Hardware akan berguna apaila ada software di dalamnya, demikian pula sebaliknya software.
INSTRUCTIONAL SOFTWARE
Wahid UNMUH Jember. 15 Nopember 2006 Workshop Dokumentasi dan Standarisasi Materi E-Learning Memunculkan Paradigma e-education, e-campus, e-learning,
Pengertian Bahan Ajar Bahan ajar adalah segala bentuk bahan yang digunakan untuk membantu guru/instruktor dalam melaksanakan kegiatan belajar mengajar.
Konsep Pendekatan Sistem dalam Desain Instruksional
Aplikasi Instruksional
Pendahuluan Tentang .Net
Sistem Multimedia.
Bab 2 TIK DALAM PEMBELAJARAN BAHASA Oleh: Wahyumi Deliani Muksil Een Rochaeni Herdiyanti Marni Astuti.
Pemrograman multimedia
Pengantar Multimedia Nurochman.
Graphical User Interface (GUI) dan Multimedia
KOMPUTER & MASYARAKAT Pertemuan 3.
Nama : Deon Opisar H. NIM : Virtual Reality (VR) atau Realitas Maya adalah teknologi yang dibuat sehingga pengguna dapat berinteraksi dengan.
Himawat Aryadita S.T., M.Sc.
Desain dan pengembangan call
1 Pertemuan 12 Manajemen Dialog (02) Matakuliah: M0154 / Management Support Systems Tahun: 2005 Versi: 1/1.
Perencanaan & pembiayaan
GARIS BESAR ISI SILABI MEDIA PENDIDIKAN
Storyboard.
Multimedia production
PENGEMBANGAN BAHASA AJAR BERBASIS WEB
Media Pembelajaran Bahasa dan Sastra Jawa
Media Pembelajaran OLEH : RATNASARI
Graphical User Interface (GUI) dan Multimedia
MAGANG 1 Dr.R.Ika Mustika, M.Pd Latifah,M.Pd
TEKNOLOGI PEMBELAJARAN BERBASISKOMPUTER
Materi Android Fundamental
Prototyping
CONTOH PENELITIAN PENGEMBANGAN MODEL
MAGANG 1 R. Mekar Ismayani, M.Pd.
Sejarah Multimedia TRI SURATNO, S.KOM.,M.KOM.
APLIKASI MULTIMEDIA INTERAKTIF Gatot Kurniawan
TEKNOLOGI DAN SISTEM INFORMASI DALAM BIDANG PENDIDIDKAN
Sikllus Pengembangan Aplikasi Multimedia
PEMBUATAN STORYBOARD MEDIA PRESENTASI
JANIS – JENIS PEMBELAJARAN BERBASIS IT
Nur zahara, syafaah farid, hamidah, ridwan
Graphical User Interface (GUI) dan Multimedia
PROTOTYPING IMK 2015 Laseri, S.Kom.
Penggunaan Komputer di Bidang Pendidikan
Bab 2 TIK DALAM PEMBELAJARAN BAHASA Oleh: Wahyumi Deliani.
Interactive multimedia
Langkah-langkah dalam Mengembangkan CALL
Pemrograman Mobile Kelompok Pertemuan 7.
PENILAIAN PORTOFOLIO Suranto, S.Pd, M.Pd.
ANALISA DAN PERANCANGAN
PEMBELAJARAN BERBASIS MEDIA PRESENTASI
UNIVERSITAS SERANG RAYA
STMIK AKAKOM YOGYAKARTA
TAHAPAN PRAKTEK BIMBINGAN TIK KELAS X SMAN 48
UPT Pelayanan Pendidikan Unila
Prototyping Deskripsi Desain  Bagaimana kita menyatakan dengan cepat gagasan-gagasan desain ?  Tidak ada koding.
UPT Pelayanan Pendidikan Unila
KELOLA MODUL DAN KELAS DI KELAS MAYA.
MERANCANG DAN MENILAI PEMBELAJARAN ABAD KE 21 1 TUGAS MODUL 1 KEGIATAN BELAJAR 3 By KISWANTO.
PPG DALAM JABATAN Kegiatan Belajar 4: DESAIN MULTIMEDIA INTERAKTIF STORYBOARD.
Modul 5 Kegiatan Belajar 4: DESAIN MULTIMEDIA INTERAKTIF Kelompok 4: Nur Awaludin Warjito Totok Hermawan.
KOMUNIKASI MULTIMEDIA
Transcript presentasi:

Multimedia dan Hypermedia

Multimedia Kombinasi teks, foto, audio, video, animasi dan grafis yang diolah sedemikian rupa untuk tujuan tertentu

Hypermedia Struktur yang saling terkait dalam multimedia yang dirancang sedemikian rupa sehingga terjadi interaksi interkatif dengan user/pengguna dimana interaksi ini dapat dinavigasikan atau diarahkan ke tautan konten baru

Tipe multimedia dan hypermedia dalam pembelajaran Authoring tools: Software presentasi Authoring tools: Sistem produksi dan editing video Authoring tools: Sistem pembuat hypermedia Authoring tools: Sistem virtual reality (VR)

Penggunaan software presentasi Memproyeksikan pengajaran guru di kelas Guru menggunakan aplikasi presentasi untuk memfokuskan perhatian siswa pada materi dan memandu siswa dalam pencatatan materi. Memproyeksikan latihan-latihan Guru meminta siswa mengeja kata, kosa kata baru, dll. Memproyeksikan project/penelitian siswa

Penggunaan software presentasi Memproyeksikan materi tes untuk dinilai Guru meminta siswa untuk mengidentifikasikan foto-foto dari obyek dan selanjutnya dilakukan penilaian visual atas hasil identifikasi. Memproyeksikan tutorial/prosedur Guru mengajarkan materi tentang Grammar atau prosedur bagaimana mengerjakan sesuatu. Memproyeksikan laporan buku (book reports) Siswa diminta untuk menjelaskan apa saja yang telah dia baca dari suatu buku teks dan membuatkan ringkasannya.

Penggunaan software video Presentasi project/penelitian siswa Video pengajaran guru di kelas Video portofolio (kumpulan karya) siswa Video simulasi problem-solving/decision-making Dokumentasi kegiatan sekolah Pengajaran bagaimana memproduksi video

Aplikasi virtual reality Aplikasi yang memunculkan gambar/bentuk 3 dimensi sehingga terlihat nyata dengan bantuan sejumlah peralatan

Aplikasi virtual reality 3-D models Tipe ini membuat replika 3D dari suatu obyek dan lokasi. Lalu produk ini ditampilkan pada layar komputer. QuickTime VR (QTVR) Dimungkinkan dengan menggunakan QuickTime VR Authoring Studio dari Apple Computer. Dengan QTVR, seorang guru/siswa dapat membuat pemotretan dengan sudut 3600 lalu dirangkai menjadi panoramic view yang tidak bertepi.

Menampilan foto-foto (imaging) untuk keperluan virtual field trip. 3-D models untuk mengilustrasikan bagaimana sistem bekerja. Immersion learning environments untuk eksplorasi dan latihan.

Prosedur pembuatan multimedia dan hypermedia Lakukan kajian terhadap produk hypermedia/multimedia pihak lain. Lakukan riset terlebih dahulu. Gunakan storyboard. Kembangkan frame/segmen rekaman video/hasil shooting kamera. Tambahkan link, button dan/atau script atau bagian-bagian lain pembentuk produk hypermedia. Lakukan pengujian dan revisi produk bersama siswa.

Problem Statement Ada anggapan Multimedia dan Hypermedia membuat guru menjadi tidak kritis dan kreatif karena semua yang dibutuhkan untuk mendukung proses belajar mengajar telah tersedia. Bagaimana pendapat anda dengan anggapan tersebut? Jelaskan dan uraikan pendapat anda

Materi minggu depan Definisi dan karakteristik ILS (Integrated Learning System) Komponen, Kriteria pemilihan, keuntungan dan keterbatasan serta masalah terkait ILS