GRAFIKA KOMPUTER BAB 1 . PENGANTAR.

Slides:



Advertisements
Presentasi serupa
Hieronimus Edhi Nugroho, M.Kom
Advertisements

Bab 6 Multimedia.
Pengantar Teknologi Informasi Fakultas Ekonomi UNPAR 1. Output Devices.
Pertemuan 8 Interaksi Manusia dan Komputer Viska Armalina, ST., M.Eng
PERANGKAT INPUT OUTPUT (IO- STORAGE)
Video • Video menyediakan sumberdaya yang kaya dan hidup bagi aplikasi multimedia.
PERANGKAT INPUT OUTPUT (IO- STORAGE)
BAB VIII PEMROGRAMAN GRAFIK
Alat input ,Output dan pengolongan komputer
Grafika Komputer (TIZ10)
GRAFIKA KOMPUTER (TIN 3221)
PERALATAN OUTPUT Peralatan output adalah perangkat keluaran sistem komputer sebagai alat untuk melihat ataupun memperagakan hasil dari proses eksekusi.
} Program Aplikasi Perkembangan Komputer Grafik
H A R D W A R E K O M P U T E R Materi Pertemuan Ke-3.
IMK-M3. Kata komputer berasal dari bahasa latin yaitu computare yang artinya menghitung Menurut Hamacher, komputer adalah mesin penghitung elektronik.
INTERAKSI MANUSIA DAN KOMPUTER
Pertemuan 5 PIRANTI INTERAKTIF
Piranti Interaktif INTERAKSI MANUSIA DAN KOMPUTER.
Pertemuan 5 PIRANTI INTERAKTIF
Mata kuliah Komputer Grafik ( Grafika Computer ) 4 SKS
Pengantar Teknologi Informasi
Mengoperasikan PC Stand Alone
Pengenalan Grafika Komputer
Graphical User Interface (GUI) dan Multimedia
Sistem adalah Suatu kesatuan elemen yang saling berhubungan sehingga membentuk suatu kelompok dalam melaksanakan suatu tujuan pokok yang ditargetkan.
DASAR-DASAR PEMROSESAN KOMPUTER
Pengantar Ilmu Komputer
GRAFIKA KOMPUTER SISTEM GRAFIKA KOMPUTER
H A R D W A R E K O M P U T E R.
10/5/2004 Pengantar Teknologi Informasi Pertemuan 5 Output Device.
MATA KULIAH: PENGANTAR ILMU KOMPUTER
Graphical User Interface (GUI) dan Multimedia
PIRANTI INTERAKSI.
ALAT OUTPUT (OUTPUT DEVICE)
Pengantar Teknologi Informasi
Pengenalan Sistem Operasi
SISTEM GRAFIKA KOMPUTER
Interaksi Manusia & Komputer Komputer
PEMANFAATAN GRAFIKA KOMPUTER DALAM PENGOLAHAN CITRA
Pertemuan 5 PIRANTI INTERAKTIF
DEFINISI DAN FUNGSI KARTU GRAFIS
GRAFIKA KOMPUTER SISTEM GRAFIKA KOMPUTER
Pengantar Grafika Komputer
GRAFIKA KOMPUTER PENDAHULUAN
PERANGKAT INPUT DAN OUTPUT
Hieronimus Edhi Nugroho, M.Kom
Grafika Komputer - Pengantar
Grafika komputer 29 Mei 2012.
GRAFIKA KOMPUTER DAN INFORMASI VISUAL
KOMPUTER DAN JARINGAN DASAR
Grafika komputer 1.
PERALATAN OUTPUT Peralatan output adalah perangkat keluaran sistem komputer sebagai alat untuk melihat ataupun memperagakan hasil dari proses eksekusi.
Sistem Operasi Komputer
Pengantar Teknologi Informasi (Peralatan Output)
Pertemuan 7 Hardware.
Pengantar Komputer Grafis MK. Komputer Grafis
Pengenalan Hardware Andri Pranolo.
Graphical User Interface (GUI) dan Multimedia
Pertemuan 10 (Lanjutan) F. Menaikkan Kapasitas Penyimpanan Data
Piranti Keluaran (Output Device)
PIRANTI ALAT KELUARAN Output Device.
SEKOLAH TINGGI MANAJEMEN INFORMATIKA KOMPUTER PRINGSEWU
Teknologi Informasi Teknologi Informasi  Teknologi Komputer dan
Pengantar teknologi informasi
BIOS Basic Input Output system. Software yang dipasang pada chip komputer untuk mengatur operasi dasar seperti layar, Harddisk, memory, VGA, dll. BIOS.
UNIT 4: PEMPROSESAN PERKATAAN
SISTEM INFORMASI GEOGRAFIS (SIG)
UNIT 2: PENGENALAN KOMPUTER DAN SISTEM OPERASI KOMPUTER
B. Sistem Peripheral pada Sistem Operasi Windows
Unit output pada komputer
Transcript presentasi:

GRAFIKA KOMPUTER BAB 1 . PENGANTAR

Sistem Grafika Komputer Grafika komputer  suatu bidang ilmu komputer yang mempelajari tentang cara – cara untuk meningkatkan dan memudahkan komunikasi antara manusia dan mesin (komputer) Sistem grafika komputer dapat diklasifikasikan : - grafika komputer pasif - grafika komputer interaktif

Penerapan grafika komputer Bidang sains,teknologi dan bisnis cth: diagram statistik, chart, fenomena fisika, dsb Kartografi cth: menyajikan informasi geografis, cuaca Simulasi dan Animasi cth: Film, simulator, game Computer Aided design and drafing ( CAD ) Cth: membantu perancangan sistem elektronis, perancangan struktur bangunan Graphical User Interface (GUI) Cth: mempermudah interaksi antar program dan pemakainya

Sistem grafis Sistem grafis terdiri dari komponen hardware dan paket software, antara lain : Perangkat layar penampil (video display device) Pengolah tampilan (display adaptor) Pengingat digital (frame buffer) Peripheral device

Video display device Layar penampil merupakan perangkat output primer dari sistem grafis Beberapa contoh teknologi layar penampil : CRT (cathoda ray tube) - Raster scan Display - Random scan display Flat panel display (emissive dan non emissive) - plasma display - LCD

Pengolah tampilan Pengolah tampilan / video display adaptor adalah piranti grafis yang mengolah pola bit dari pengingat digital (frame buffer) untuk ditampilkan sebagai citra pada layar penampil Tipe video adaptor menurut layar penampil yang didukung: - MDA (monochrome display adaptor) digunakan bersama layar bertipe direct drive monochrome monitor, dapat menampilkan warna latar depan dan warna latar belakang (foreground dan background color) - CGA (color graphic adaptor) digunakan bersama composite color monitor, dapat menampilkan warna dengan jumlah terbatas - VGA ( video graphic array) digunakan bersama RGB monitor, dapat menampilkan citra dalam true color

Peripheral device Piranti / device yang umum dijumpai dalam sistem berbasis grafis: Mouse Trackball Joystick Digitizer tablet Light pen Printer dan plotter

Perangkat Lunak Corel draw AutoCAD 3D Studio MAX MS.Paint, dll

Tools / Library Perangkat Tools untuk pengembangan grafis (pustaka/library) : BGI (Borland Graphic Interface) OpenGL DirectX

BGI BGI (Borland Graphic Interface) merupakan salah satu piranti grafis (graphic tools) yang dapat digunakan mengembangkan aplikasi berbasis grafis BGI terdiri dari unit penggerak grafik (display driver) dan graphic library yang berisi fungsi – fungsi dan makro grafis display adaptor yang didukung antara lain EGA,CGA,VGA dan IBM 8514

BGI Langkah – langkah untuk bekerja pada mode grafis dengan BGI Load library graphic dan library pendukung (bila dibutuhkan) - include <graphics.h> - include <conio.h> Tentukan driver dan mode grafik yang digunakan cth: int drv =9 ; //vga driver int mode = 2; // vga Hi 640 *480*16 bit color int drv= DETECT //deteksi konfigurasi optimal Inisialisasikan layar grafik initgraph(&drv,&mode, “bgi-path”)

BGI Error handling (optional) cth: int errkode; errkode=graphresult(); if (errkode !=grOk) { cout << “terjadi error ” <<grapherrormsg(errkode); getch(); exit(1); } Mode grafis siap digunakan cth: putpixel (100,100,white) // buat titik putih di koordinat 100,100 Akhiri mode grafis closegraph();

Driver dan error grafis Driver  mode 1- CGA 2- MCGA 3- EGA 9- VGA  0.vgaLo(640*200*16), 1. vgaMed(640*350*16),2.vgaHi(640*480*16) Kode kesalahan grafis 0  grOk // tidak ada kesalahan -1 grNoInitGraph // mode grafik BGI tidak ditemukan -2 grNotDetected // perangkat grafis tidak ditemukan -4 grInvalidDriver // driver penggerak grafis salah

Open GL spesifikasi standar yang mendefinisikan sebuah cross-bahasa, cross-platform API untuk menulis aplikasi yang menghasilkan komputer 2D dan 3D grafis. Antarmuka terdiri dari lebih dari 250 panggilan fungsi yang berbeda yang dapat digunakan untuk menggambar tiga dimensi yang kompleks adegan-adegan dari primitif sederhana. sebuah library terdiri dari berbagai macam fungsi dan biasanya digunakan untuk menggambar sebuah objek 2D ata 3D

Sejarah OpenGL [1] OpenGL dikembangkan oleh Silicon Graphics Inc (SGI) pada tahun 1992 [2] dan secara luas digunakan dalam CAD, virtual reality, visualisasi ilmiah, visualisasi informasi, dan simulasi penerbangan. Hal ini juga digunakan dalam video game, di mana bersaing dengan Direct3D on Microsoft Windows platform (lihat vs OpenGL Direct3D). OpenGL dikelola oleh sebuah teknologi nirlaba konsorsium yaitu Khronos Group.

OpenGL bahasa pemrograman C/C++, delphi dan java OpenGL merupakan sebuah library untuk pemrograman grafik (Graphics Programming / GP) Dasar untuk mempelajari GP adalah terletak pada fungsi matematikanya, terutama operasi matriks yang perlu dipelajari adalah mengenai shading, shape, transform (rotate, translation, scala).

Tujuan OpenGL Untuk menyembunyikan kompleksitas dari interfacing dengan berbagai 3D accelerators, memamerkan oleh programmer dengan satu, seragam API. Untuk menyembunyikan kemampuan yang berbeda dari hardware platform, oleh semua yang memerlukan mendukung implementasi penuh fitur opengl set (menggunakan software emulation jika diperlukan).

Cara Kerja OpenGL OpenGL lebih mengarah pada prosedural daripada sebuah deskriptif API grafis Untuk mendeskripsikan scene dan bagaimana penampilannya,sebenarnya programer lebih tau untuk menentukan hal-hal yang dibutuhkan untuk menghasilkan efek yang di inginkan Langkah tersebut termasuk memanggil banyak perintah openGL,perintah tersebut digunakan untuk menggambarkan grafis primitif seperti titik,garis dan poligon dalam tiga openGL mendukung lighting,shading,texture mapping,blending,transparancy,dan banyak kemampuan efek khusus lainnya.

Library Tambahan • OpenGL32.dll • Glu32.dll • Glut32.dll

Evolusi OpenGL Pendahulu openGL adalah IRIS GL dari Silicon Grapics library grafis 2D,yang berefolusi menjadi API program 3D untuk workstation canggih milik perusahaan tersebut. OpenGL adalah hasil dari usaha SGI untuk mengembangkan dan meningkatkan kemampuan portable IRIS API grafis yang baru akan menawarkan kemampuan IRIS GL tetapi dengan standar yang lebih terbuka,dengan input dari pembuatan hardware lain dan sistem operasi lain,dan aka memudahkan adaptasi ke hardware platform dan sistem operasi lain.

…lanjutan Untuk lebih mempopulerkan openGL SGI mengijinkan pihak lain untuk mengembangkan standart openGL,dan beberapa vendor menyambut hal tersebut dengan membentuk OpenGL Architecture Review Board (ARB) Pendiri openGL adalah SGI,Digital Equepment Corporation,IBM,Intel dan Microsoft,pada tanggal 1 juli 1992 OpenGL versi 1.0 diperkenalkan.

Penjelasan Letak openGL ketika aplikasi berjalan, program tersebut memanggil banyak fungsi,beberapa yang dibuat oleh programer dan beberapa yang disediakan oleh sistem operasi bahasa pemrograman. Aplikasi windows membuat output pada layar biasanya dengan memanggil sebual API windows yang disebut Graphics Device Interface,yang memungkinkan sebagai penulisan teks pada sebuah windows,menggambar garis 2D sederhana dan lainnya.Implementasi dari openGL mengambil permintaan grafis dari aplikasi dan membangun sebuah gambar berwarna dari grafis 3D,kemudian memberikan gambar tersebut ke GDI untuk ditampilkan pada layar monitor.

DirectX directX (microsoft) memiliki fungsi yang hampir sama, namun DirectX lebih banyak digunakan oleh sebagian besar game developer karena beberapa fungsi DirectX nampaknya lebih memudahkan game developer untuk membuat game.

Mode grafis dan teks Perbedaan mode Teks dan grafis: - Teks * satuan unit terkecil adalah 1 karakter * resolusi 80 x 25 - Grafis * Satuan unit terkecil adalah 1 pixel * Resolusi beragam tergantung display device (VGA Hi = 640 x 480)

Bahan Lanjut Output primitif