Pertemuan 8 Interaksi Manusia dan Komputer Viska Armalina, ST., M.Eng

Slides:



Advertisements
Presentasi serupa
Apa itu Keluaran (output)?
Advertisements

PENGANTAR TEKNOLOGI INFORMASI Pertemuan 2
GRAFIKA KOMPUTER BAB 1 . PENGANTAR.
Cara Kerja Perangkat Keras
Interaksi Manusia dan Komputer - part 2 Danny Kriestanto, S.Kom., M.Eng.
Mahmud Yunus, S.Kom., M.Pd., M.T.
Surface Rendering dan Warna
Pengertian grafis Desain Grafis adalah salah satu bentuk seni lukis (gambar) terapan yang memberikan kebebasan pada sang desainer (perancang) untuk memilih,
Bab 9 Pengelolaan Alat Masukan- Keluaran Bab
GRAFIKA KOMPUTER (TIN 3221)
PERALATAN OUTPUT (Monitor) By: Asriadi Pertemuan 11.
MONITOR.
INTERAKSI MANUSIA DAN KOMPUTER
Komponen Antarmuka Grafis
Pertemuan 5 PIRANTI INTERAKTIF
Piranti Interaktif INTERAKSI MANUSIA DAN KOMPUTER.
Pertemuan 5 PIRANTI INTERAKTIF
Representasi RGB pada Citra Digital
Piranti Interaktif.
Output Devices.
Pengenalan Grafika Komputer
Sistem adalah Suatu kesatuan elemen yang saling berhubungan sehingga membentuk suatu kelompok dalam melaksanakan suatu tujuan pokok yang ditargetkan.
Peralatan sistem komputer
1 Pertemuan 11 Akses langsung ke memori Video Matakuliah: T0483 / Bahasa Rakitan Tahun: 2005 Versi: 1.0.
LAPORAN PENGANTAR SISTIM KOMPUTER MONITOR CRT DI SUSUN OLEH : LUSIA PUSVITA DEWI : FETI FUJI ASTUTI : NOKI HAMDA :
LCD MONITOR SUWANTO_ YULI AGUS P_ HAFIS
Hieronimus Edhi Nugroho, M.Kom
GRAFIKA KOMPUTER SISTEM GRAFIKA KOMPUTER
H A R D W A R E K O M P U T E R.
MENGENAL MONITOR BY NUNING P XI-A / 22 PEMBAGIAN KELAS MONITOR FAKTOR YANG MEMPENGARUHI KUALITAS MONITOR PENGERTIAN MONITOR PERKEMBANGAN MONITOR.
10/5/2004 Pengantar Teknologi Informasi Pertemuan 5 Output Device.
IMAGE ENHANCEMENT (PERBAIKAN CITRA)
1. Pendahuluan Image Processing 1. Content: 1.Aplikasi Citra 2.Pengertian Citra Digital 3.Pengertian Piksel 4.Sampling 5.Kuantisasi 6.Jenis Citra 7.RGB.
MENGENAL GRAFIS DAN PROGRAM APLIKASINYA
PEMAHAMAN ELEMEN DASAR SISTEM KOMPUTER
Video Pertemuan 5.
DASAR DESAIN GRAFIS.
PIRANTI INTERAKSI.
Piranti Interaktif.
Pengelolaan Alat Masukan-Keluaran 3
Pengantar Teknologi Informasi
Image Processing 1. Pendahuluan.
Grafis berbasis Vektor dan Bitmap
EDY WINARNO fti-unisbank-smg 31 maret 2009
Interaksi Manusia & Komputer Komputer
BAB II. PEMBENTUKAN CITRA
PIRANTI MASUKAN DAN KELUARAN
MONITOR.
Pertemuan 5 PIRANTI INTERAKTIF
DEFINISI DAN FUNGSI KARTU GRAFIS
GRAFIKA KOMPUTER SISTEM GRAFIKA KOMPUTER
Cara Menghitung Ukuran File Gambar
Dasar Pemrosesan Citra Digital
Komputer Grafis by Muhammad R Babo
TUGAS PENGANTAR TEGNOLOGI INFORMASI tentang PERANGKAT INPUT DAN OUTPUT
Piranti Interaktif.
PERALATAN OUTPUT Peralatan output adalah perangkat keluaran sistem komputer sebagai alat untuk melihat ataupun memperagakan hasil dari proses eksekusi.
Sistem Operasi Komputer
Pengantar Teknologi Informasi (Peralatan Output)
Pengolahan Citra Digital
Pertemuan 10 (Lanjutan) F. Menaikkan Kapasitas Penyimpanan Data
PENINGKATAN KUALITAS CITRA (Image Enhancement)
Pengolahan Citra Digital
PIRANTI ALAT KELUARAN Output Device.
Pengertian Pixel Pixel :
PERANGKAT OUTPUT KOMPUTER KELOMPOK 1: MUSTIKA ( ) TAHRIM WARA WARIN ( MUH.IRSAN ( )
Pengolahan Citra Digital. Pembentukan Citra Citra dibagi menjadi 2 macam : 1.Citra kontinyu : adalah citra yang dihasilkan dari sistem optik yang menerima.
BIOS Basic Input Output system. Software yang dipasang pada chip komputer untuk mengatur operasi dasar seperti layar, Harddisk, memory, VGA, dll. BIOS.
KONSEP DASAR CITRA DIGITAL (2) dan SISTEM PEREKAMAN CITRA
Piranti Interaktif.
Transcript presentasi:

Pertemuan 8 Interaksi Manusia dan Komputer Viska Armalina, ST., M.Eng Peranti Interaktif - 2 Pertemuan 8 Interaksi Manusia dan Komputer Viska Armalina, ST., M.Eng

Layar Tampilan

Pendahuluan Layar tampilan merupakan piranti yang dipastikan selalu ada pada sebuah sistem komputer, karena lewat layar tampilan inilah pengguna dapat melihat apa yang ia ketikan, dan informasi yang diberikan oleh komputer sebagai hasil dari suatu proses komputasi.

Prinsip Kerja Layar Tampilan Aliran elektron dilepaskan oleh penembak elektron (electron gun), kemudian difokuskan dan dibelokan oleh medan listrik pada layar yang berlapiskan fosfor. Ketika elektron mengenai layar yang berlapiskan fosfor, maka akan muncul pendaran pada titik kontak antara elektron dengan lapisan fosfor.

Tiga Komponen Utama Layar Tampilan Pengingat digital (frame buffer)  citra yang akan ditampilkan ke layar disimpan sebagai matriks, nilai elemennya menunjukan intensitas dari citra grafis yang akan ditampilkan. Layar penampil Peranti pengendali tampilan (display controller) atau pengolah tampilan (display processor) untuk melewatkan isi pengingat digital dan mengolahnya untuk ditampilkan kelayar penampil. Secara umum ada tiga tipe tabung sinar katoda yang digunakan.

Pengingat Digital (1) Layar tampilan yang dikembangkan sekitar tahun 60-an, dan yang masih banyak digunakan sampai saat ini disebut tampilan vektor atau tampilan kaligrafi (vector, calligraphic atau stroke display). Pengingat digital pada jenis tampilan vektor berisi daftar tampilan/program tampilan yang berisi: - perintah penggambaran titik - perintah penggambaran garis - perintah penggambaran karakter.

Pengingat Digital (2) Pada pengingat digital, citra grafis yang akan ditampilkan disimpan sebagai pola bit, sehingga gambar bisa dibentuk sesuai keinginan. Gambar hitam-putih  warna hitam disajikan dengan bit 1, warna putih dengan bit 0, serta hanya butuh 1 penembak elektron. Gambar berwarna  pengaturan lebih rumit dan melibatkan 3 buah penembak elektron.

Raster Display Jenis layar tampilan berdasarkan teknologi televisi. Pada tampilan ini, garis, karakter dan bentuk lain digambar berdasar komponen terkecil yaitu titik (pixel atau pel/picture element). Status titik pada layar bisa di ON-OFF kan dengan menggunakan kode angka 1 (menyala) dan 0 (mati).

Pengolah Tampilan/Display Processor/Video Display Adapter Bagian yang mengubah pola bit dari pengingat digital menjadi tegangan analog yang selanjutnya akan membangkitkan elektron yang digunakan untuk menembak fosfor pada layar tampilan.

Jenis-Jenis Adapter Tampilan Adapter tampilan yang banyak dipakai untuk komputer pribadi antara lain: - Monochrome Display Adapter (MDA) - Color Graphics Adapter (CGA) - Multi-Color Graphics Array (MCGA) - Enhanced Graphics Adapter (EGA) - Video Graphics Array (VGA) - Super Video Graphics Array (SVGA)

Gambar Monochrome Display Adapter

Gambar Colour Graphics Adapter

Gambar Video Graphics Array (VGA)

Gambar Super Video Graphics Array (SVGA)

Memori Video Pengolah tampilan mempunyai memori khusus yang disebut Memori Video. Semakin besar ukuran memori video, semakin tinggi resolusi yang dihasilkan oleh pengolah tampilan dan semakin banyak warna yang dapat dihasilkan. Contoh : Pada VGA, dengan memori 2 Mbyte maupun 4 Mbyte dapat menghasilkan gambar dengan true color yang sangat bagus.

Tipe Layar Tampilan Berdasar jenis-jenis adapter yang digunakan, layar tampilan dikelompokkan dalam 5 tipe: Direct-drive Monochrome Monitor Composite Monochrome Monitor Composite Color Monitor Red-Green-Blue Monitor Variable-Frequency Monitor

Direct-drive Monochrome Monitor Digunakan untuk adapter jenis MDA atau EGA. Hanya menyajikan warna latar depan (foreground) dan warna latar belakang (background).

Composite Monochrome Monitor Digunakan bersama-sama dengan adapter CGA. Hanya bisa menyajikan sebuah warna latar depan, dan hanya bisa digunakan dengan adapter CGA saja. Jarang ditemui, karena resolusi dan jumlah yang dapat ditampilkan tidak banyak.

Composite Color Monitor Dapat menghasilkan teks dan grafik berwarna. Resolusinya jelek, sehingga gambar yang dihasilkan tidak bagus. Harus digunakan bersama-sama dengan adapter CGA.

Contoh Gambar Composite Color Monitor

Red-Green-Blue Monitor/RGB Monitor Tipe ini lebih baik daripada Composite Color Monitor, karena layar tampilan ini memproses isyarat warna merah, hijau, biru secara terpisah, sehingga teks dan grafik maupun gambar yang dihasilkan lebih halus.

Contoh Gambar RGB Monitor

Variable-Frequency Monitor Tipe layar tampilan ini memungkinkan kita untuk menggunakan adapter tampilan yang berbeda, sehingga bila ada teknologi adapter yang baru, kita tidak perlu membeli layar tampilan baru pula.

Pengaruh Buruk Peranti Interaktif Faktor manusia dan lingkungan kerja  faktor ergonomik - Beban visual  terus menerus melihat ke layar tampilan. - Beban otot  karena harus mengolah informasi dengan kecepatan tinggi dengan banyak melakukan pengetikan. - Beban tubuh  programmer butuh persyaratan kondisi yang fit.