KOM 331 3(2-3) – Rekayasa Perangkat Lunak

Slides:



Advertisements
Presentasi serupa
01 Dasar-Dasar Teknologi Informasi
Advertisements

Interaksi Manusia dan Komputer TI1143
Aplikasi Teknologi dalam Pembelajaran Kontrak Kuliah Jurusan Teknik Elektro Universitas Udayana September 2011.
Kontrak Perkuliahan Kuliah Bahasa Inggris dimulai pada minggu ke-1 tanggal 23 Februari 2009 Responsi Bahasa Inggris dimulai pada minggu kedua tanggal 2.
ANALISIS DAN PERANCANGAN SISTEM
TESTING DAN IMPLEMENTASI SISTEM
Perencanaan Perangkat Lunak
Rekayasa Perangkat Lunak ( Software Engineering )
KU1071 Pengenalan Teknologi Informasi - A
Pengantar Teknologi Informasi dan Ilmu Komputer
Introduction Internet & E-Commerce S1 Teknik Informatika
PRÉSENTATION.  NOM : HARAPAN  Prénom: Ari Anggari  Spécialité: Histoire et civilisation française 
INTRODUCTION OF INFORMATION TECHNOLOGY
Keamanan sistem komputer
PROYEK SISTEM INFORMASI
Software Quality Assurance
Sekolah Teknik Elektro dan Informatika Institut Teknologi Bandung
INSTITUT PERTANIAN BOGOR Kontrak Perkuliahan 1. Kuliah Bahasa Inggris dimulai pada minggu I tanggal 19 Februari Responsi Bahasa Inggris dimulai.
PEMBELAJARAN BERBANTUAN KOMPUTER Triyanna Widiyaningtyas, S.T, M.T 2010.
Program Pasca Sarjana Magister Teknik Elektro
PEMROGRAMAN JARINGAN Catur Iswahyudi, S.Kom, S.E
Pengantar Teknologi Informasi (TEL 103)
Teknik jaringan wireless
REKAYASA SISTEM INFORMASI
Keamanan JARINGAN Catur Iswahyudi.
Testing dan Implementasi Sistem
SISTEM OPERASI Pertemuan Pertama.
1 Pendahuluan Ir. Waniwatining Astuti, M.T.I Muhammad Rachmadi, S.T., M.T.I.
Analisis dan Perancangan Sistem Informasi
1 of 6 PERKULIAHAN Metodologi Penelitian September 2009 Program Pasca Sarjana Magister Teknik Elektro Universitas Udayana.
Rekayasa Perangkat Lunak (Software Engineering)
SE2423 REKAYASA PERANGKAT LUNAK
REKAYASA PERANGKAT LUNAK (RPL)
1 of 6 PERKULIAHAN Teknologi Informasi September 2010 Program Pasca Sarjana Magister Teknik Elektro Universitas Udayana.
Rekayasa Perangkat Lunak (Lanjut)
Pemrograman Berorientasi Obyek (PBO)
REKAYASA PERANGKAT LUNAK
Pengantar Teknologi Sistem Informasi C
Rekayasa Perangkat Lunak
Rekayasa Perangkat Lunak 1
Rekayasa Perangkat Lunak
REKAYASA PERANGKAT LUNAK
proses PERANGKAT LUNAK
Rekayasa Perangkat Lunak
Aspek Penilaian Prosentase Tugas Mandiri--20 %
Pendahuluan Analisis & Desain Berorientasi Obyek (ADBO)
Rekayasa Perangkat Lunak (Software Engineering)
Rekayasa Perangkat Lunak Pendahuluan
Rekayasa Perangkat Lunak Oleh : BERI PERIMA, S. Kom
TESTING & IMPLEMENTASI SI
Pengantar Praktikum Rekayasa Perangkat Lunak
REKAYASA PERANGKAT LUNAK (RPL)
Rekayasa Perangkat Lunak
TESTING & IMPLEMENTASI SI
IK2163-Pemrograman Berorientasi Objek Pengantar
PENGANTAR REKAYASA PERANGKAT LUNAK
INF – UNIJOYO Analisa dan Desain Berbasis Objek
Rekayasa Perangkat Lunak Pertemuan 1 Pengenalan Rekayasa Perangkat Lunak Oleh : Yudha Dwi Putra negara, S.Kom
REKAYASA PERANGKAT LUNAK
Rekayasa Perangkat Lunak
ANALISIS PERANCANGAN SISTEM INFORMASI (APSI) 00
ANALISIS PERANCANGAN SISTEM INFORMASI (APSI) 01. Pengantar APSI
11/15/2018 Pertemuan 1 Siti Mukaromah,S.Kom.
Rekayasa Sistem Komputer
REKAYASA PERANGKAT LUNAK PROGRAM STUDI D3
Pustaka Wajib Pressman, R. S., Software Engineering: A Practitioner’s Approach, 8th Edition, McGraw-Hill, 2008 Sommerville, I., Software Engineering 8th.
Review Rekayasa Perangkat Lunak
Pengantar Perangkat Lunak
Konsep Dasar Rekayasa Perangkat Lunak
REKAYASA PERANGKAT LUNAK
Transcript presentasi:

KOM 331 3(2-3) – Rekayasa Perangkat Lunak Yani Nurhadryani, Ph.D Sony Hartono Wijaya, MKomp Departemen Ilmu Komputer IPB 2011 updated : 25 Februari 2009

Pertemuan 1 – Introduction Panji Wasmana Sony Hartono Wijaya – sony@ipb.ac.id Departemen Ilmu Komputer IPB 2009 updated : 25 Februari 2009

KENAPA PERLU REKAYASA PERANGKAT LUNAK ? DEFINISI REKAYASA PERANGKAT LUNAK PRODUK PERANGKAT LUNAK PROSES PERANGKAT LUNAK MATERI KULIAH

KENAPA PERLU REKAYASA PERANGKAT LUNAK ? DEFINISI REKAYASA PERANGKAT LUNAK PRODUK PERANGKAT LUNAK PROSES PERANGKAT LUNAK MATERI KULIAH

Materi Kuliah Pendahuluan Analisis Perancangan Metode Berorientasi Obyek Implementasi dan Pengujian Maintenance

Tujuan kuliah Menguasai algoritma pemrograman dan perancangan basis data Mengembangkan perangkat lunak secara sistematis dan terukur dengan mengimplementasikan metode-metode pengembangan perangkat lunak yang klasik maupun terkini

Referensi Sommerville I. 2004 & 2006. Software Engineering . 7th or 8th Edition, Addison-Wesley, Harlow, Essex,UK Pressman RS. 2005. Software Engineering. 6th Edition. McGraw-Hill Pilone D. & Miller R. 2008. Head First Software Development. O’Reilly

Referensi Bennett S. et al. 2002. Object Oriented System Analysis and Design Using UML. McGraw-Hill

Materi Kuliah dan Diskusi www.ilkom.fmipa.ipb.ac.id/kulon Enrollment key : rpl0809 Username dan First Name diisi dengan nomor NRP. Mahasiswa yang tidak memenuhi ketentuan tersebut tidak akan diterima menjadi anggota kuliah online RPL

Penilaian dan Kontrak Perkuliahan Semester Ganjil 2009/2010 Kuliah : Selasa, 19.00 – 20.40 – KOM Baranangsiang Praktikum : Rabu dan Kamis, 19.00 – 21.00 - Lab. Penilaian : UTS : 30% UAS : 30% Project, Praktikum dan Tugas: 40% (Progress 10%, Presentasi 20%) Ujian perbaikan  menyusul , maksimal 1 minggu setelah jadwal ujian yang telah ditetapkan Toleransi keterlambatan maksimal 15 menit

KENAPA PERLU REKAYASA PERANGKAT LUNAK ? DEFINISI REKAYASA PERANGKAT LUNAK PRODUK PERANGKAT LUNAK PROSES PERANGKAT LUNAK MATERI KULIAH

Kenapa perlu RPL ? Pengembangan Perangkat Lunak memerlukan effort yang tinggi ! Membedakan sistem sederhana dan sistem kompleks Problem pada umumnya kompleks

Kenapa perlu RPL ? Ukuran Perangkat Lunak yang besar UNIX mengandung 4 juta baris kode Windows 2000 mengandung 108 baris kode Menghindari error yang disebabkan perangkat lunak

Kejadian yang disebabkan error perangkat lunak Hilangnya pesawat ruang angkasa Voyager Banyak orang terbunuh karena radiasi mesin Beberapa pesawat penumpang (umum) tertembak saat perang teluk http://www.experiencefestival.com/a/Software_bug_-_Famous_computer_bugs/id/4880583

Software bug - Famous computer bugs Software bug - Space exploration NASA Mariner 1 went off-course during launch, due to a missing 'bar' in its FORTRAN software (July 22, 1962).[6] NASA Apollo 11 landing problem (July 20, 1969). NASA Voyager 2 (January 25, 1986). Phobos 1 lost (September 10, 1988). ESA Ariane 5 Flight 501 self-destruction 40 seconds after takeoff (June 4, 1996). NASA Mars Climate Orbiter destroyed due to incorrect orbit insertion (September 23, 1999). Mars Polar Lander lost (December 3, 1999). NASA Mars Rover freezes due to too many open files in flash memory (January 21, 2004). Software bug - Medical The Therac-25 accidents (1985-1987), quite possibly the most serious computer-related failure ever in terms of human life lost. Software bug - Telecommunications AT&T long distance network crash (January 15, 1990). Software bug - Computing Pentium FDIV bug, resulting in inaccuracies in certain floating point division (FDIV) operations. Pentium F0 bug, causing the processor to stop under certain instructions. The year 2000 problem, popularly known as the "Y2K bug", spawned fears of worldwide economic collapse and an industry of consultants providing last-minute fixes. Software bug - Military The MIM-104 Patriot bug, which resulted in the deaths of 28 Americans in Dharan, Saudi Arabia (February 25, 1991). Chinook crash on Mull of Kintyre Software bug - Video games The Missingno. and Glitch City bugs, found in the Pokémon series The Minus world in NES version of Super Mario Brothers http://www.experiencefestival.com/a/Software_bug_-_Famous_computer_bugs/id/4880583

KENAPA PERLU REKAYASA PERANGKAT LUNAK DEFINISI REKAYASA PERANGKAT LUNAK PRODUK PERANGKAT LUNAK PROSES PERANGKAT LUNAK MATERI KULIAH

Rekayasa Perangkat Lunak (Software Engineering) Definisi Rekayasa Perangkat Lunak Disiplin ilmu rekayasa yang berhubungan dengan semua aspek yang terkait dengan pembuatan perangkat lunak Harus melakukan pendekatan yang sistematis dan terorganisasi dalam menyelesaikan pembuatan perangkat lunak Harus menggunakan alat bantu dan teknik yang sesuai bergantung dengan problem yang akan dipecahkan dan ketersediaan sumber daya Rekayasa Perangkat Lunak (Software Engineering) Software Engineer Rekayasa (KBBI) : penerapan kaidah-kaidah ilmu dl pelaksanaan (spt perancangan, pembuatan konstruksi, serta pengoperasian kerangka, peralatan, dan sistem yg ekonomis dan efisien)

Perbedaan Rekayasa Perangkat Lunak dan Rekayasa Sistem ? Rekayasa Perangkat Lunak adalah bagian dari Rekayasa Sistem Rekayasa Sistem (mis: Sistem Informasi) terkait dengan semua aspek pengembangan sistem berbasis komputer yang meliputi : Perangkat keras (Hardware), Jaringan (Netware) Perangkat lunak (Software) Data (dataware) Manusia (brainware) System engineers melibatkan kegiatan Spesifikasi sistem, perancangan arsitektur, integrasi dan deployment deployment : menyebarluaskan

KENAPA PERLU REKAYASA PERANGKAT LUNAK DEFINISI REKAYASA PERANGKAT LUNAK PRODUK PERANGKAT LUNAK PROSES PERANGKAT LUNAK MATERI KULIAH

Apakah Perangkat Lunak itu ? Perangkat Lunak adalah suatu kumpulan objek-objek yang membentuk sebuah konfigurasi yang terdiri dari: program dokumen data ...

What is Software? Software is engineered, tidak direkayasa dengan metode klasik (1 design to all) Software doesn’t wear out, tidak akan lekang dimakan waktu, kecuali spesifikasi kebutuhan berubah. Software is complex, multidisiplin, multi aspek.

Waktu penggunaan vs. Tingkat kegagalan

Biaya perubahan

Aplikasi Perangkat Lunak Perangkat Lunak Sistem Perangkat Lunak Real time Perangkat Lunak Bisnis Perangkat Lunak Teknik atau Sains Embedded Software Perangkat Lunak PC Perangkat Lunak AI Aplikasi Web

Perangkat Lunak Sistem Sistem Operasi Kompilator Perangkat Lunak Utilitas Anti Virus

Perangkat Lunak Real Time Perangkat Lunak Pengendali Reaktor Kimia Perangkat Lunak Pengendali Pesawat Terbang Perangkat Lunak untuk Vehicle Tracking System dll

Perangkat Lunak Bisnis Cash Register Sistem Inventory Sistem Informasi Akuntansi Sistem Informasi Eksekutif dll

Embedded Software Smart Card Microwave dll

Perangkat Lunak PC Pengolah Kata Pengolah Data Presentasi dll

Perangkat Lunak AI Sistem Pakar Optimasi Game Robot

SE in plain text Serangkaian metode yang diterapkan untuk menghasilkan Software yang berkualitas. Disiplin Ilmu yang mendasari arsitektur sebuah aplikasi Berkualitas memiliki kedekatan arti dengan pemuasan konsumen

Tom the adventure Guys… Studi Kasus Tom the adventure Guys…

Siapakah Tom? Seorang cowo macho!! Memiliki pekerjaan sebagai trail guide Aktif dalam berbagai perkumpulan Pengguna aktif Internet

Komponen dalam project SE Pendanaan Waktu Complexity dan kualitas

Apa yang biasanya terjadi?

Pelajaran dari studi kasus Mind reader? Tidak ada metode dalam rekayasa? Team? Optimasi kerja? Komunikasi dengan customer?

Diskusi dan Pertanyaan? 

Tantangan Proses Pengembangan Perangkat Lunak Bagaimana kita bisa menjamin kualitas perangkat lunak yang kita bangun ? Bagaimana kita tetap dapat memenuhi permintaan yang meningkat tapi tetap mampu mengontrol budget ? Bagaimana dapat menghindari keterlambatan waktu pengembangan ? Bagaimana kita dapat dengan sukses memperkenalkan teknologi baru ?

Jawabannya ???

P R O S E S !

Minggu Depan : Process Go deep with Tom  Terima Kasih Minggu Depan : Process Go deep with Tom 