P ENGANTAR M ULTIMEDIA ASEP DEDEN RAHMAT S., ST.
S EJARAH M ULTIMEDIA Multimedia berawal dari teater Sistem Multimedia mulai pd akhir 1980 Apple memperkenalkan hyphercard pd thn 1987 IBM memperkenalkan software AVC (Audio Visual Connection) Pada thn 1994 ada 700-an sistem multimedia
D EFINISI M ULTIMEDIA Multimedia adalah kombinasi dari komputer dan video (Rosch, 1996). Multimedia secara umum merupakan kombinasi dari 3 elemen, yaitu suara, gambar dan teks (McCormick, 1996). Multimedia adalah kombinasi dari paling sedikit dua media input atau output dari data, media ini dapat audio (suara, musik), animasi, video, teks, grafik dan gambar (Turban dkk, 2002).
D EFINISI M ULTIMEDIA Multimedia merupakan alat yang dapat menciptakan presentasi yang dinamis dan interaktif yang mengkombinasikan teks, grafik, animasi, audio, dan gambar video (Robin dan Linda, 2001). Multimedia adalah pemanfaatan komputer untuk membuat dan menggabungkan teks, grafik, audio, gambar bergerak (video dan animasi) dan menggabungkan link dan tool yang memungkinkan pemakai melakukan navigasi, berinteraksi, berkreasi dan berkomunikasi (Hofstetter, 2001).
P ENTINGNYA M ULTIMEDIA Multimedia sebagai alat utk bersaing Keterampilan Multimedia > Membaca Multimedia lebih menarik indera dan minat CTR: orang 50% mengingat apa yg dilihat dan didengar Multimedia tool yg ampuh dlm pendidikan
P ERKEMBANGAN M ULTIMEDIA Morgan Stanley: radio bth wkt 38 thn utk mencapai 50jt penduduk US Televisi bth wkt 13 thn TV Kabel bth wkt 10 thn Internet bth wkt 5 thn Perkembangan multimedia mengikuti Internet
P ERKEMBANGAN M ULTIMEDIA Di US sekolah setingkat TK menginvestasikan US$ 4,8 Billion utk teknologi alat peraga pd thn 1998
K ARIR BIDANG M ULTIMEDIA Bidang Pemasaran Animasi perekaman CD/DVD perencanaan konstruksi multimedia desain isi multimedia electronic publishing
K ARIR BIDANG M ULTIMEDIA editor elektronik, desain fasilitas multimedia, front-ending, desain game, desain grafik, desain instruksional,
K ARIR BIDANG M ULTIMEDIA desain interface, desain kios, pelayanan online, desain presentasi, public relation, pemasaran real estate,
K ARIR BIDANG M ULTIMEDIA scientific modelling, desain layar, penulis naskah dan storyboard, simulasi, sound track, special effect,
K ARIR BIDANG M ULTIMEDIA pelatihan, travel system, produksi video, virtual reality dan webmaster.
H UKUM M ULTIMEDIA Multimedia berkait dengan hak paten, copyright, penggunaan yang adil, etika dan kejahatan. Hak paten yang menonjol dalam multimedia adalah hak paten data optis, hak paten compton serta hak paten GIF dari UNISYS. Hukum terbaru yang berkaitan dengan copyright adalah The Digital Millenium Copyright Act (1998).
H UKUM M ULTIMEDIA Untuk mendapatkan hak kekayaan intelektual di Indonesia anda dapat menghubungi Direktorat Jenderal Hak Kekayaan Intelektual (Ditjen HKI). PBB mengeluarkan resolusi No. 55/63 pada 4 Desember 2001 yang salah satu butirnya menyebutkan bahwa setiap negara harus memiliki undang-undang atau peraturan hukum yang dapat memperkecil kejahatan tersebut.
H UKUM M ULTIMEDIA Undang-Undang Informasi dan Transaksi Elektronik (UU ITE) yang akan diberlakukan mulai tahun 2010.
T UGAS Sebutkan contoh-contoh perangkat lunak multimedia yang digunakan dalam dunia pendidikan! Carilah perangkat keras multimedia beserta gambar dan keterangan! Carilah dokumen RUU ITE dan ringkas hal-hal yang berkaitan dengan multimedia!