MANAJEMEN PROYEK SISTEM INFORMASI “Desain Aplikasi Penjualan dan Pemesanan Barang pada Toko Dbase Souvenir dengan Menggunakan Pemrograman Visual Basic 6.0”. MANAJEMEN PROYEK SISTEM INFORMASI Oleh 08.50.152 Siti Huswatun Hasanah 07.50.107 Deby Sahria 07.50.140 Suriawati 07.50.094 Ermi Wijayanti 07.50.096 Andhika Ario S 07.50.097 Boneventure A STRATA I SISTEM INFORMATIKA SEKOLAH TINGGI MANAJEMENT INFORMATIKA KOMPUTER PPKIA TARAKANITA RAHMAWATI TARAKAN 2008 / 2009
BAB I PENDAHULUAN 1.1 Latar Belakang 1.2 Permasalahan Perkembangan Teknologi Informasi saat ini Mempermudah manajer dalam pengambilan sebuah keputusan yang efektif dan efisien Membantu manajer dalam menentukan strategi-strategi penjualan Penyajian Data Barang dan Penjualan 1.2 Permasalahan Permasalahan ada pada sistem informasi penjualan yang masih manual 1.3 Batasan Masalah Data yang dikelola adalah yang berkaitan dengan data barang, data penjualan, data pemesanan dan data karyawan. Keluaran yang dihasilkan dari aplikasi ini adalah laporan data barang, data penjualan, data pemesanan, dan data karyawan. 1.4 Metode Penelitian Pengumpulan Data >> Observasi & Studi Pustaka 1.5 Keaslian Penelitian Penelitian mengenai sistem komputerisasi pada sebuah toko yang bergerak dibidang usaha dagang barang-barang souvenir
BAB II MANAJEMEN PROYEK SISTEM INFORMASI 2.1 Jenis/ Macam Proyek Proyek Sistem Informasi Merupakan kegiatan merencanakan (planning), mengorganisir (organizing), memimpin, dan mengendalikan sumberdaya perusahaan untuk mencapai sasaran jangka pendek yang telah ditentukan, dengan menggunakan pendekatan sistem secara vertikal maupun horizontal. 2.2 Sasaran dan Kendala Menghasilkan suatu aplikasi yang dapat digunakan untuk toko penjualan souvenir. Meningkatkan mutu penjualan souvenir yang ada.
2.3 Kendala Proyek Sistem Perencanaan Kegiatan Waktu (Hari) 2.3.1 Waktu Kegiatan Perencanaan Kegiatan Waktu (Hari) Kegiatan Pendahuluan BAB I 2 - BAB II 12 BAB III 21 BAB IV BAB I, II, III Tabel 2.1 Waktu Kegiatan
Tabel 2.2 Rincian Anggaran Biaya 2.3.2 Biaya Kegiatan No. Komponen Biaya Jumlah Biaya Total Biaya 1. Biaya Pengadaan Laptop Acer 4720 Processor Intel Core Duo 1.73 Ghz Memory DDR 512 Mb Harddisk 120 Gb Display 14” Cristal Bright VGA Intel GMA DVDRW, Modem, Lan, WiFi Camera 1.3 Mp Os : Dos Instalasi Software Rp 5.990.000,- Rp 150.000,- Rp 7.490.000,- 2. Tahap Analisa Biaya Pengumpulan Data (Internet) Rp 12.000,- 3. Biaya Operasi dan Perawatan Biaya Listrik Rp 56.000,- 4. Biaya Transportasi Rp 10.000,- 5. Biaya ATK Rp 50.000,- 6. Biaya Lain-lain Biaya Keseluruhan Rp 7.668.000,- Tabel 2.2 Rincian Anggaran Biaya 2.3.3 Mutu Mutu yang dihasilkan dalam proyek ini sesuai dengan tujuan utama dan sesuai dengan pemesanan
2.4 Penjadwalan Tugas 2.4.1 Tabel Perencanaan Perencanaan Kegiatan Waktu (Hari) Kegiatan Pendahuluan BAB I 2 - BAB II 12 BAB III 21 BAB IV BAB I, II, III Tabel 2.3 Perencanaan 2.4.2 Bagan Balok Hari 28 30 32 10 12 14 8 6 4 2 16 20 18 26 24 22 BAB I BAB II BAB III BAB IV Gambar 2.1Bagan Balok
2.4.3 Tabel Pelaksanaan Perencanaan Kegiatan Mulai Kegiatan Waktu (hari) Kegiatan Pendahuluan BAB I BAB II BAB III BAB IV Tepat Waktu Lambat 1 hari Tepat waktu 2 12 21 - I BAB I, II, III Tabel 2.4 Pelaksanaan 2.4.4 Bagan Balok Hari 28 30 32 10 12 14 8 6 4 2 16 20 18 26 24 22 BAB I BAB II BAB III BAB IV Keterangan Balok Perencanan Garis Pelaksanana Gambar 2.2 Bagan Balok
Tabel 3.1 Desain tabel souvenir BAB III PROYRK SISTEM INFORMASI 3.1 Desain Database 3.1.1 Desain Table Souvenir No Field Tipe Data Lebar Keterangan 1 kodesvn Text 5 Kode 2 namasvn 30 Nama 3 satuan 15 Satuan 4 stok Number Integer Stok tgltrbaru Date Short Tanggal Update 6 tglstokawal Tanggal Awal Stok 7 stokawal Jumlah Stok Awal 8 hargasvn Long Integer Harga 9 bahan Bahan 10 kemasan Kemasan 11 ukuran Ukuran 12 minorder Minimal Order 13 isi Isi 14 ket niksvn NIK Operator Tabel 3.1 Desain tabel souvenir
No Field Tipe Data Lebar Keterangan 3.1.2 Desain Table Karyawan No Field Tipe Data Lebar Keterangan 1 nik Text 7 Nomor Induk Karyawan 2 nama 30 Nama Karyawan 3 tgllhr Date Short Tanggal Lahir 4 tempatlhr Tempat Lahir 5 tglmsk Tanggal Masuk Kerja 6 jabatan Jabatan jkel Yes/No Jenis Kelamin 8 alm 50 Alamat 9 tlp 15 Telpon 10 hp1 No Handphone 11 hp2 12 status Status Aktif 13 agama Agama 14 pend Pendidikan Terakhir nikah Status Nikah Tabel 3.2 Desain tabel karyawan
No Field Tipe Data Lebar Keterangan 3.1.3 Desain Table HPesan No Field Tipe Data Lebar Keterangan 1 kodepsn Text 5 Kode Transaksi 2 namapsn 30 Nama 3 almpsn 50 Alamat 4 tlppsn 15 Telp hppsn No Handphone 6 jaminanpsn Number Long Integer Jaminan 7 jkelpsn Yes/No Jenis Kelamin 8 tglpsn Date Short Tanggal Pesan 9 tglambil Tanggal Ambil 10 statuspsn Status Pesan 11 totalpsn Total Tabel 3.3 Desain tabel hpesan
Tabel 3.4 Desain tabel hjual 3.1.4 Desain Table HJual No Field Tipe Data Lebar Keterangan 1 kodejual Text 5 Kode Transaksi 2 nikjual 7 NIK Karyawan 3 tgljual Date Short Tanggal 4 disc Number Integer Diskon total Long Integer Total Tabel 3.4 Desain tabel hjual 3.1.5 Desain Table DJual No Field Tipe Data Lebar Keterangan 1 kodejual Text 5 Kode Transaksi 2 kodesvn Kode Souvenir 3 jmljual Number Integer Jumlah 4 hargajual Long Integer Harga jmlhargajual Jumlah Harga Tabel 3.5 Desain tabel djual
Tabel 3.6 Desain tabel barangmasuk 3.1.6 Desain Table Barang Masuk No Field Tipe Data Lebar Keterangan 1 kodemsk Text 4 Kode Transaksi 2 kodesvn 5 Kode Souvenir 3 nikmsk 7 NIK Karyawan jmlmsk Number Integer Jumlah tglmsk Date Short Tanggal Tabel 3.6 Desain tabel barangmasuk 3.1.7 Desain Table DPesan No Field Tipe Data Lebar Keterangan 1 kodepsn Text 5 Kode Transaksi 2 kodesvn Kode Souvenir 3 jmlpsn Number Integer Jumlah 4 hargapsn Long Integer Harga jmlhargapsn Jumlah Harga Tabel 3.7 Desain tabel dpesan
3.2 Desain Form 3.2.1 Menu Utama “Desain Aplikasi Penjualan dan Pemesanan Barang pada Toko Dbase Souvenir dengan Menggunakan Program Visual Basic 6.0” Gambar 3.1 Form Menu Utama
Gambar 3.3 Laporan Data Souvenir Gambar 3.2 Form Souvenir Gambar 3.3 Laporan Data Souvenir
Gambar 3.4 Form Barang Masuk
Gambar 3.5 Form Data Karyawan
3.2.5 Pemesanan Gambar 3.6 Form Pemesanan
3.2.6 Penjualan Langsung Gambar 3.7 Form Penjualan Langsung
Gambar 3.8 Form Penjualan Lewat Pemesanan
3.2.8 Laporan Penjualan Gambar 3.9 Form Laporan Penjualan
Gambar 3.10 Laporan Penjualan 3.3 Listing Program
BAB IV PENUTUP 4.1 Kesimpulan 4.2 Saran Desain Aplikasi Penjualan dan Pemesanan Barang ini dapat menyediakan informasi tentang data ouvenir, data pemesanan dan penjualan serta data karyawan Toko Souvenir Dbase Adanya sistem yang baik akan meningkatkan kinerja dan produktivitas penjualan pada Toko Dbase Souvenir 4.2 Saran Penambahan fitur keamanan data, seperti sistem login Penambahan fitur laporan data keuangan.