Aplikasi dan Pemrograman Jaringan

Slides:



Advertisements
Presentasi serupa
INTRO (TO BPOS). What is BPOS? Apakah BPOS itu? •BPOS = (Microsoft) Business Productivity Online Suite (Service) •adalah sebuah layanan online Microsoft,
Advertisements

WE-2010 Web Engineering Husni husni.trunojoyo.ac.id
Presented at “Indonesia MS Access Community Gathering 2012” By Haer Talib, Access MVPHaer Talib Auditorium PT Microsoft Indonesia, 19 April 2012.
INTRO TO BPOS ( Coffey’s Project Portal). What is BPOS? Apakah BPOS itu? •BPOS = (Microsoft) Business Productivity Online Suite (Service) •adalah sebuah.
Wiratmoko Yuwono. Requirement  Apache Web Server  PHP  Library NUSoap.
This document is for informational purposes only. MICROSOFT MAKES NO WARRANTIES, EXPRESS OR IMPLIED, IN THIS DOCUMENT. © 2006 Microsoft Corporation. All.
PEMOGRAMAN BERBASIS JARINGAN
KONSEP DASAR WEB DAN INTERNET
Selamat datang di ujian perbaikan yang oke!!! Di susun oleh: Herman Prianto( ) Evi Nurhayani( )
Pengantar Teknologi Informasi
Perancangan Web dan Internet. Introduction ? •What is a web site ? •What Is Internet ?
Bab 8 Aplikasi Internet.
Process to Process Delivery
Taken From William Stallings Chapter 2 TCP/IP Models.
Database Create-Retrieve-Update-Delete (CRUD)
PENGENALAN PL/SQL.
M. Suwarso Kegiatan Lembaga Standarisasi Internasional Dalam Hal Telepon Internet Telepon Internet.
Internet & Pemrograman Web Pertemuan I : Pengenalan Internet Oleh : Hadi Santoso.
Pemrograman Jaringan Socket Programming Aurelio Rahmadian.
Dasar - dasar Web dan HTML
KONSEP PEMROGRAMAN WEB
KULIAH X FIREWALL KOM Keamanan Jaringan 2012/2013 KOM Keamanan Jaringan 2012/2013.
Pemrograman Jaringan Web & DNS Aurelio Rahmadian.
Information and Communication Technology: SEDIKIT TENTANG TEKNOLOGI KOMUNIKASI presented by: Rhiza S. Sadjad
Pemrograman Client Server
Aplikasi Manipulasi Data
© 2007 Cisco Systems, Inc. All rights reserved.Cisco Public 1 Fungsi dan Protokol Layer Aplikasi Network Fundamentals – Chapter 3.
Pemrograman Lanjut Pemrograman Berbasis Obyek Lanjut.
SISTEM TERDISTRIBUSI (SILABUS dan Introduction to Distributed Systems)
© 2007 Cisco Systems, Inc. All rights reserved.Cisco Public ITE PC v4.0 Chapter 1 1 Pengalamatan Jaringan – IPv4 Dosen Pengampu: Resi Utami Putri, S.Kom.,
TCP, THREE-WAY HANDSHAKE, WINDOW
SISTEM TERDISTRIBUSI (SILABUS dan Introduction to Distributed Systems)
Secure HTTP With Apache Web Server
Socket Programming Hernando Ivan Teddy S.Kom. Pertemuan 6 Pemrograman Jaringan STMIK GI MDP PALEMBANG 2013.
Socket Programming Isbat Uzzin.
Pengembang aplikasi memiliki kemampuan untuk memperbaiki beberapa parameter TCP, seperti buffer dan maksimum ukuran segmen maksimum Socket Programming.
Matakuliah : H0483 / Network Programming Tahun : 2008 Versi : 2.0
Hernando Ivan Teddy S. Kom
Pertemuan 2 Socket Introduction
Pertemuan 6 Server dengan Multi Thread pada Linux
Web Service.
UDP Socket Programming
Nyimas Artina, S. Kom, M.Si Pemrograman Jaringan Penjelasan Umum Nyimas Artina, S. Kom, M.Si.
Pertemuan 3 ELEMENTARY TCP SOCKETS
DASAR SOCKET PROGRAMMING
TCP Socket Programmning
Shibu lijack Keamanan Web Sistem Kelompok : Benedicktus Fobia, Saptadi Handoko, Heri Permadi, Andrean T. Sinaga.
1 Pertemuan 10 Pemrograman Jaringan pada Windows dengan VC ) Matakuliah: H0483 – Network Programming Tahun: 2008 Versi: 2.0.
Aasliyaniunm10.wordpress.com. DNS Server adalah komponen yang berfungsi menerjemahkan nama domain dengan IP address atau sebatiknya. Dengan menggunakan.
PROTOKOL LAPISAN APLIKASI
SISTEM TERDISTRIBUSI CSG3L3 ~SPO~
1 Pertemuan 12 Membuat Program Client dan Server pada Win32 Console Application Matakuliah: H0483 – Network Programming Tahun: 2008 Versi: 2.0.
Zaini, PhD Jurusan Teknik Elektro Universitas Andalas 2012
LATIHAN SOAL JARINGAN KOMPUTER
Matakuliah : H0483 – Network Programming Tahun : 2008 Versi : 2.0
HTTP & .
PENDAHULUAN JARINGAN KOMPUTER
Aplikasi dan Pemrograman Jaringan
Pengantar Jaringan Komputer
DASAR DASAR WEB DAN HTML
PEMROGRAMAN WEB 1 PERTEMUAN 1
Prinsip Dasar Internet & Pemrograman Web
Pengantar Teknologi Informasi
Firewall adalah “pos pemeriksa”
Pengantar Teknologi Informasi
Aplikasi dan Pemrograman Jaringan
TCP Socket Programmning
UDP Socket Programming
Prinsip Dasar Internet & Pemrograman Web
TCP Socket Programming
Transcript presentasi:

Aplikasi dan Pemrograman Jaringan Oleh: Abdul Kholiq,S.Kom www.abdkejora.wordpress.com

Pendahuluan Pemrograman Jaringan modern sekarang ini berbasis pada model client/server. Pada sebagian besar kasus, server biasanya mengirim data, sedangkan client menerimanya. Pembahasan tentang model Client/Server tidak akan lepas dari konsep sistem terdistribusi. Sebab client/server merupakan model dasar dari sistem terdistribusi.

Ada dua organisasi yang menstandarisasi pemrograman jaringan dan protokol di internet, yaitu : Internet Engineering Task Force (IETF) : TCP/IP, MIME, dan SMTP. World Wide Web Consortium (W3C) : HTTP, HTML, XHTML, MathML, dan XML.

Hubungan Client-Server

Model aplikasi Client-Server

Arsitektur Client-Server WebBrowser Middleware PHP, JSP,ASP Server – Apache, IIS Service Request Services Response Database: MySQL, Oracle Ket: Service Request adalah permintaan dari client baik berupa permintaan data maupun perintah ke server. Service Response berupa balasan dari server atas permintaan dari client berupa hasil proses.

Socket Socket adalah sebuah special type of file handle, yang digunakan oleh sebuah process untuk layanan request jaringan dari operating system.

Blok Diagram Socket Client Program Server Program

Pemanggilan sistem socket untuk protokol connection-oriented

Pemanggilan sistem socket untuk protokol connectionless Server socket () client socket () bind () listen () bind () Data request read () write () close () close ()

Tabel Pemanggilan Sistem Socket

Command Socket Inisialisasi int sockfd = socket(int family, int type, int protocol) Registrasi socket ke alamat address int bind(int sockfd, struct sockaddr *localaddr, int addrlen) Penerimaan Koneksi int accept(int sockfd, struct sockaddr *foreign-address, int addrlen) Koneksi keluar dari server int connect(int sockfd, struct sockaddr *foreign-address, int addrlen) Send/receive data The read(),readv(sockfd, char*buffer int addrlen), recv(), readfrom(), send(sockfd,msg,len,flags), and write() Menutup socket int close(int sockfd)

Pemrograman jaringan UDP/IP Mendefinisikan Layanan connectionless. Untuk server: sd=socket(AF_INET, SOCK_DGRAM, 0); Untuk client: sd = socket(AF_INET,SOCK_DGRAM,0); bind (registrasi ke alamat port) Untuk server : servAddr.sin_family = AF_INET; servAddr.sin_addr.s_addr = htonl(INADDR_ANY); servAddr.sin_port = htons(LOCAL_SERVER_PORT); rc = bind (sd, (struct sockaddr *) &servAddr,sizeof(servAddr)); Untuk client: cliAddr.sin_family = AF_INET; cliAddr.sin_addr.s_addr = htonl(INADDR_ANY); cliAddr.sin_port = htons(0);

cliLen = sizeof(cliAddr); Send/Receive Untuk server: cliLen = sizeof(cliAddr); n = recvfrom(sd, msg,MAX_MSG,0,(struct sockaddr *) &cliAddr, &cliLen); Untuk client: for(i=2;i<argc;i++) { rc = sendto(sd, argv[i], strlen(argv[i])+1, 0, (struct sockaddr *) &remoteServAddr, sizeof(remoteServAddr));}

Pemrograman jaringan TCP/IP Mendefinisikan Layanan connection-oriented. Untuk server: sd = socket(AF_INET, SOCK_STREAM, 0); Untuk client: bind (registrasi ke alamat port) Untuk server : servAddr.sin_family = AF_INET; servAddr.sin_addr.s_addr = htonl(INADDR_ANY); servAddr.sin_port = htons(SERVER_PORT); localAddr.sin_family = AF_INET; localAddr.sin_addr.s_addr = htonl(INADDR_ANY); localAddr.sin_port = htons(0);

Send/Receive Untuk server: while(read_line(newSd,line)!=ERROR) { printf("%s: received from %s:TCP%d : %s\n", argv[0], inet_ntoa(cliAddr.sin_addr), ntohs(cliAddr.sin_port), line); Untuk client: rc = connect(sd, (struct sockaddr *) &servAddr, sizeof(servAddr));

TQ