IMPLIKASI TEKNOLOGI INFORMASI IMPLIKASI = KETERLIBATAN •I•Implikasi pada dunia PERBANKAN •I•Implikasi pada dunia PERDAGANGAN •I•Implikasi pada dunia MILITER •I•Implikasi pada dunia PENDIDIKAN
Implikasi pada dunia PERBANKAN - ATM (Auto Teller machine) : Pengambilan uang tunai, pembayaran rekening, pengalihan dana dsb. - Hubungan antar bank clearing - Perlu perhatian : keamanan data Implikasi pada dunia PERDAGANGAN - Informasi dapat dengan mudah diakses - Jual / beli tanpa meninggalkan meja - Informasi harga saham dan harga komoditi
Implikasi pada dunia MILITER - Dunia intelejen : satelit berkamera Implikasi pada dunia PENDIDIKAN - Terutama : e-learning
E - LEARNING ( ELECTRONIC LEARNING) Elektronika : suatu ilmu bidang kelistrikan yang memanfaatkan ke tidak linieran suatu bahan listrik Contoh linier : 1 lampu menarik arus listrik 2 Ampere 2 lampu menarik arus listrik 4 Ampere Contoh tidak linier : 1 lampu menarik arus 2 Ampere 2 lampu bisa menarik arus 6 Ampere Pemakaian alat elektronika : amplifier & loudspeaker Teknik komputer : memanfaatkan listrik untuk membentuk pulsa (biner) Pulsa – huruf – kata – kalimat TERJADI PERCAMPURAN TEKNOLOGI ANTARA ELEKTRONIKA DAN KOMPUTER
Pengertian E-learning E-learning adalah proses belajar mengajar menggunakan alat elektronika Konsep E-learning Semua bahan ajar boleh disampaikan ke pada siapa saja yang berhak, tanpa dibatasi oleh dinding kelas, batas perguruan tinggi / kelas maupun batas negara Peranan e-learning a. Seorang mahasiswa tidak perlu ke tempat dosen mengajar b. Seorang dosen mengajar tidak perlu berhadapan di kelas c. Biaya kuliah bisa dihemat, karena perguruan tinggi tidak perlu menyediakan ruangan kulih, bangku yang banyak d. Sistem ujian dapat langsung melalui jalur internet
TEKNOLOGI INFORMASI DAN ISU HUKUM KEMAJUAN TEKNOLOGI INFORMASI – KEUNTUNGAN FINANSIAL – PELANGGARAN HUKUM – MIS : HAK CIPTA Di Indonesia hak cipta dirumuskan dalam HAKI ( Hak Atas Kekayaan Intelektual ) dalam bidang TIK ( Teknologi Informasi dan Telekomunikasi ) Hukum Hak Cipta melindungi karya intelektual dan seni dalam bentuk EKSPRESI : Tulisan, mis: lirik lagu, puisi, artikel, buku Gambar, mis : foto, gambar arsitektur, peta Suara dan Video, mis : rekaman lagu, pidato, video pertunjukan, video koreografi dll Dalam teknologi informasi (komputer) hak cipta meliputi bidang :hardware, software dan brainware
Hak PATEN Adalah hak eksklusif atas ekspresi di dalam hak cipta dalam kaitannya dengan perdagangan Hak CIPTA berlaku seumur hidup ditambah 50 tahun setelah pencipta meninggal dunia Hak PATEN berlaku 20 tahun Hak CIPTA direpresentasikan dengan simbol © ( Copyright ) Hak PATEN direpresentasikan dengan simbol ™ (trade mark) Hak paten yang masih dalam proses pendaftaran disimbolkan dengan ® (registered)
Istilah istilah : Freeware Shareware Lisensi Open Source Digunakan untuk paket-paket yang mengizinkan redistribusi tetapi bukan pemodifikasian (kode program tidak tersedia) – bukan paket perangkat lunak bebas Perangkat lunak yang mengizinkan orang-orang untuk meredistribusikan salinannya, tetapi mereka yang terus menggunakannya diminta untuk membayar lisensi Silahkan lihat modul 09 - Mengelola Informasi hal