Pemrograman Dasar IS – 104 Introduction. Perkenalan • Nama: Yosua Timotius Kipling • • Tujuan perkuliahan: Mengenal konsep.

Slides:



Advertisements
Presentasi serupa
Oleh : Suparno Blog : Penterjemahan Data (Compiler – Interpreter) Pengenalan Pengelolahan Data Elektronik.
Advertisements

Mendapatkan Input dari Keyboard
Mendapatkan Input dari Keyboard
Pemrograman Berorientasi Objek (Project)
BAHASA PEMROGRAMAN JAVA
Malang,22 November 2012
Kelas A & B Jonh Fredrik Ulysses STMIK PALANGKARAYA - JFU
Java Progamming Operasi I/O
Pemrograman Berorientasi Objek
- PERTEMUAN 1 - DASAR-DASAR ALGORITMA, PROGRAM, DAN PEMROGRAMAN
Praktikum Bahasa Pemrograman
All sections to appear here
Pemrograman Berorientasi Objek
PEMROGRAMAN KOMPUTER 2 4 SKS 2 TEORI DAN 2 PRAKTEK
Flow Control & Exception Handling
Oleh : Sukma Murdani, S.Kom. SILABUS PENDAHULUAN Pengenalan OOP Pengenalan JAVA OOP (Object Oriented Programming) JAVA Class, Java Interface Encapsulation.
PENGANTAR ALGORITMA PUTRA PRIMA NAUFAL, S.ST masputra.net.
ALGORITMA & PEMROGRAMAN 4SKS(2T/2P)
Praktikum OOP Pengenalan Java Nana Ramadijanti Laboratorium Computer Vision Politeknik Elekltronika Negeri Surabaya PENS-ITS 2009.
- PERTEMUAN 1 - PENGANTAR DAN INSTALASI JAVA BAHASA PEMROGRAMAN.
STRING Pemrograman Object Oriented dengan JAVA Teknik Informatika-UMM.
MATA KULIAH : PEMROGRAMAN 3 JAVA PROGRAMMING (JSE)
Mendapatkan input dari keyboard
Mendapatkan Input dari Keyboard
Jaringan Terdistribusi
Struktur Kode Aplikasi Java (1)
Introduction Object Oriented Programming (JAVA) Nur Hayatin, S.ST Teknik Informatika – UMM 2011.
Object Oriented Programming (OOP)
- PERTEMUAN 9 - BERBAGAI KELAS UTILITAS DI JAVA
- PERTEMUAN 4 - PERULANGAN
PELATIHAN JAVA FUNDAMENTAL
Algoritma & Pemrograman 1
Praktikum Dasar-Dasar Pemrograman
Public class RelasiDemo { public static void main(String[] args) { //beberapa nilai int i = 37; int j = 42; int k = 42; System.out.println("Nilai variabel...");
Pemrograman Dasar Pengenalan Java PTIIK- UB.
Perulangan (Iteration)
Command line argument.
Mendapatkan input dari keyboard
Konsep Pemrograman dan Paradigmanya
PEMROGRAMAN VISUAL II Agenda Perkuliahan :
BAB 1 BAHASA PEMROGRAMAN
Pengenalan Java Pertemuan Ke-1.
Algoritma & pemrograman 1B
Pengantar Pemrograman
Pengenalan dan Struktur Java (Statement Output)
Command line argument.
Mendapatkan input dari keyboard
Java Fundamental Java Fundamental Syahrul Mauluddin S.Kom.
Bahasa Pemrograman 2 Oleh : Safitri Juanita.
S. Indriani Lestariningati, M.T
Perulangan / Looping / Repetisi PEMROGRAMAN DASAR
DASAR PEMROGRAMAN KOMPUTER
PENERAPAN DASAR-DASAR SYNTAX JAVA
Pengenalan Program Java
Dasar-Dasar Pemrograman
ANALISIS DESAIN SISTEM INFORMASI
Praktikum OOP Java (IX307)
DASAR PEMROGRAMAN KOMPUTER
MODUL PRATIKUM PEMOGRAMAN BERORIENTASI OBJEK (OOP)
ALGORITMA & PEMROGRAMAN
Dasar-Dasar Pemrograman
Pemrograman Visual I D3 Manajemen Informatika
JAVA.
64B011 Algoritma dan Pemrograman
Mendapatkan input dari keyboard
PEMROGRAMAN BERORIENTASI OBJEK
Mendapatkan Input dari Keyboard
Java Fundamental Java Fundamental Syahrul Mauluddin S.Kom.
Pemrograman Berorientasi Objek
PEMROGRAMAN DASAR Pertemuan Ke-1
Transcript presentasi:

Pemrograman Dasar IS – 104 Introduction

Perkenalan • Nama: Yosua Timotius Kipling • • Tujuan perkuliahan: Mengenal konsep dasar programming dan memahami dasar algoritma dengan benar.

Perkenalan Siswa • Nama • Asal Kota • Asal Sekolah • Tujuan kuliah di SI / Cita-cita

Peraturan dalam kelas • Kehadiran dalam kelas minimal 75% dari total pertemuan. • Maximal telat 15 menit. Lebih dari itu ada hukuman. • Pengumpulan tugas / praktikum tidak boleh terlambat dan dikerjakan sendiri-sendiri. • Pakaian rapi. Wajib memakai sepatu.

Aturan penilaian • UTS: 30% • KAT: 40% (Praktikum 50%, Quiz 20% dan Responsi 30%) • UAS: 30% • Mahasiswa / i yang aktif dapat poin tambahan KAT.

Referensi • Java A Beginner’s Guide – Herbert Schildt • Beginning Java 2 JDK 5 – Murach’s • Esensi-esensi Bahasa Pemrograman JAVA – Bambang Hariyanto, Ir., MT. •

Introduction to programming • Program itu apa? Program: A set of coded instructions that a computer can understand to solve a problem or produce a desired result. (Businness Dictionary) Program: urutan perintah yang diberikan pada komputer untuk membuat fungsi atau tugas tertentu. (Kamus Besar Indonesia) • Contoh program dalam kehidupan sehari-hari? • Inti dari pemrograman yaitu menyelesaikan permasalahan melalui algoritma-algoritma yang tepat.

Metode-metode dalam menulis program • Tujuan: menemukan cara paling tepat dan cepat untuk menyelesaikan suatu masalah. • Faktor-faktor pendukung: 1.Tools yang baik 2.Bahasa pemrograman yang baik 3.Teknik penulisan program

Tingkatan dalam bahasa pemrograman • Low level language o Dapat dimengerti oleh hardware komputer o Menggunakan bahasa mesin / assembly o Contoh: bahasa C • Mid level language o Tidak dimengerti langsung oleh komputer o Menggunakan bahasa yang mudah dipahami manusia o Contoh: Java, PHP, C++, Pascall, dll. • High level language o Full object oriented o Flexible syntax o Penggunanya tergolong lebih sedikit dan hanya orang-orang fanatik tertentu saja. o Contoh: ruby

Struktur pemrograman • Sequence: kumpulan perintah-perintah yang dijalankan oleh komputer secara berurutan. • Branches: Percabangan. Terdapat pilihan dari salah satu perintah yang akan dijalankan. • Loops: terjadi ketika kita menginginkan menjalankan sebuah perintah secara berulang-ulang hingga sebuah kondisi tertentu tercapai.

Programming tools • Compiler dan Interpreter

Programming tools (cont) • Editor: letak dimana kita menuliskan baris program. Contoh: notepad, editplus, Jgrasp, dll. • Debugger: digunakan untuk pencarian bugs / error pada saat program dijalankan. • Profiler: tools untuk menganalisis performance dari program yang dibuat.

Testing program • Untuk membuat program java harus dipastikan dulu JDK (Java Development Kit) sudah terinstall di komputer kita. • Install tool programmingnya. (EditPlus, JGrasp, dll).

Contoh 1 • HelloWorld.Java 0 : // Exercise 1 : HelloWorld.java 1 : // NAMA : Josh 2 : // NRP : : public class HelloWorld { 4 : public static void main(String[] args) { 5 : System.out.println("Hello World!"); 6 : } 7 : }

Penjelasan Contoh 1 (HelloWorld.Java) • Baris 0-2: Komentar, biasanya berisi penjelasan program dan identitas penulis. • Baris 3: nama kelas. • Baris 4: main method yang dijalankan • Baris 5: mencetak kata ke layar. Hal yang perlu diingat: • Tiap akhir baris program harus ditutup dengan tanda ; • Jumlah tanda { dan } harus sesuai. • Dibiasakan menggunakan indentasi untuk mempermudah dilihat dan dibaca.

Latihan 1 • Berdasarkan program “HelloWorld.java”, buatlah sebuah program baru bernama HelloMe.java • Pada saat di-run, program harus menampilkan pesan sbb : Hello World, [nama_anda]! Note : • Ganti dengan nama sendiri • Beri comment berupa nama dan nrp

Input / Output • Untuk menerima hasil inputan dari user, di java menggunakan kelas Scanner. • Supaya program kita dapat mengenali kelas scanner ini, kita perlu mengimport kelas dari scanner ini dengan cara: import java.util.Scanner;

Input / Output • Cara penggunaannya dengan membuat kelas Scanner terlebih dahulu dengan cara: Scanner sc = new Scanner(System.in); Hasil inputan dari user dapat berupa angka, karakter, string, dll. (Akan dijelaskan lebih lanjut di pertemuan yang akan datang).

Contoh 2 import java.util.Scanner; public class MyScanner{ public static void main(String[] args){ Scanner sc = new Scanner(System.in); System.out.println("Please input your name : "); System.out.println("Welcome, "+sc.next()); }

Latihan 2 Buatlah program yang meminta inputan nama, nrp, dan alamat sehingga menghasilkan output sebagai berikut: Nama : [nama_anda] Nrp : [nrp_anda] Alamat: [alamat_anda]