PEMROGRAMAN TERSTRUKTUR BAHASA C/C++ Pemrograman Terstruktur Bahasa C

Slides:



Advertisements
Presentasi serupa
ALGORITMA dan STRUKTUR DATA 1
Advertisements

Mengenal Bahasa C++ Pertemuan 1.
WELCOME TO VISUAL BASIC
Tugas: Perangkat Keras Komputer Versi:1.0.0 Materi: Installing Windows 98 Penyaji: Zulkarnaen NS 1.
KONSEP DASAR PROGRAM BAHASA C
Konsep Dasar Bahasa Pascal
All sections to appear here
CARA PENGGUNAAN QBASIC
Teknik Kompilasi Febuari 2013.
Mengenali Lingkup Pemrograman Anda
Sejarah Bahasa BASIC Disusun Oleh : Lily W..
Pendahuluan : Konsep memprogram, bahasa pemrograman dan komputer
Memori dan Scope Variabel
EDITOR PADA LINUX Objektif: - Mengetahui editor yang digunakan
Outline Awalnya dikembangkan oleh Borland dan umunya igunakan untuk paket perangkat lunak tingkat lanjut dengan kepustakaan yang lebih banyak dan.
Pertemuan 1 Dasar Pemrograman Triana Elizabeth S. Kom Dibuat o/ : Renni Angreni, S.Kom.
Praktikum Dasar-Dasar Pemrograman
Pendahuluan Definisi :
Praktikum Java Script.
Mengenal Lingkungan Processing
Struktur Bahasa Pascal & Tools
Pratikum Pemograman Menggunakan Konsep Dasar Bahasa C, Sebagai Pemahaman Algoritma dan pemrograman.
SEKUENSIAL Christine Dewi S.Kom, M.Cs,. bestfriends406.blogspot.com
Pengenalan Bahasa C Pengenalan Bahasa C.
BAB 5 MENGGUNAKAN PERANGKAT LUNAK PENGOLAH KATA
Dasar Pemrograman Nama : 1. Panca Mustapa (P ) (P ) 2. Prana Yudha P 2. Prana Yudha P (P ) (P )
Algoritme dan Pemrograman
Bahasa Pemrograman dasar
Algoritme dan Pemrograman
Bahasa Pemprograman Dasar Pertemuan 2
Pertemuan 1 Pengenalan Bahasa C++.
Pemrograman Terstruktur
Algoritma dan Struktur Data 1 pertemuan 4
Louis Bertrand Secondra
ALGORITMA & PEMROGRAMAN
MENGENAL VISUAL BASIC 6.0 Pertemuan 3
PART 4 Pengenalan Bahasa C
Pertemuan 2 (Perkenalan Bahasa C) .:: Erna Sri Hartatik ::.
Pertemuan 1 (Perkenalan Bahasa C) .:: Nurul Fuad, S.Kom., M.Kom.::.
Pemrograman Visual2 Pendahuluan.
BORLAND C++ Pemrograman I Nama : Ahmat Josi,S.Kom.,M.Kom
PENANGANAN KESALAHAN DAN HELP DOKUMENTASI
Pemrograman Visual (Borland Delphi 7.0)
ALGORITMA & STRUKTUR DATA I
MATERI 1 Review dan Pengantar C (Struktur Bahasa C, Variabel, Konstanta, Tipe Data, Operator)
Minggu 5 Imam Fahrur Rozi
Pengenalan QBasic.
Sejarah Bahasa BASIC.
Pertemuan 1.
ALGORITMA & PEMROGRAMAN 1A
Mengenal Fungsi Lingkungan Kerja Glade
PENGENALAN C++ Sejarah C++ Struktur Bahasa C++ Input & Output
OLEH : SONIA RUKMARDI SARI KELAS : X2
PEMROGRAMAN DASAR (BAHASA C)
MATERI PERKULIAHAN PEMROGRAMAN I (Remedial)
Pertemuan Pertama Membahas Perintah Cls , Print dan Stop
Keterampilan komputer 1AB
ALGORITMA & PEMROGRAMAN
STRUKTUR DATA Konsep Dan Arsitektur.
LAB PEMOGRAMAN DASAR (BAHASA C)
Sariffu’adi Baharsyah KELOMPOK 7 Parintosa Manggala Evilia Nur H Muhammad Makruf P Sariffu’adi Baharsyah Vicky Roby Wirayuda Loading...
Pemrograman Terstruktur
Pertemuan 2 Pengantar Pemrograman
MATERI 1 Review dan Pengantar C (Struktur Bahasa C, Variabel, Konstanta, Tipe Data, Operator)
ALGORITMA DAN PEMROGRAMAN
PEMROGRAMAN DASAR.
ALGORITMA DAN BAHASA PEMROGRAMAN JAVA
Dasar Pemrograman Pengenalan Nurul Anisa Sri Winarsih, M. CS
copyright by. Khasdeidy.P.Harahap, SE
Memori dan Scope Variabel
Transcript presentasi:

PEMROGRAMAN TERSTRUKTUR BAHASA C/C++ Pemrograman Terstruktur Bahasa C Kuliah 01: Pendahuluan Pemrograman Terstruktur Bahasa C “Mata kuliah ini mengajarkan dasar-dasar pemrograman terstruktur dengan pendekatan Bahasa C.

Apa itu program komputer ? Program komputer tidak lain adalah suatu perangkat lunak (software yang digunakan untuk keperluan-keperluan aplikatif tertentu di berbagai bidang, baik di lingkungan perusahaan, pendidikan ataupun lainnya. Perangkat lunak tersebut sebenarnya merupakan suatu runtunan kode-kode program yang ditulis dengan salah satu bahasa pemrograman tertentu dan telah dikompilasi melalui kompilator yang sesuai dengan bahasa pemrograman tersebut. Untuk membuat sebuah perangkat lunak atau lazim dikenal dengan sebutan ‘program’, tentu harus memiliki dan menguasai salah satu bahasa pemrograman tertentu.

Apa itu Kompilator ? Kompilator (compiler) diartikan sebagai suatu penerjemah, artinya kumpulan kode program yang ditulis dalam suatu bahasa pemrograman tertentu akan diterjemahkan oleh kompilator ke dalam bahasa assembly, yang selanjutnya akan diterjemahkan lagi menjadi kode objek sehingga perintah-perintahnya akan dikenali oleh komputer (dalam hal ini mesin). Dengan demikian komputer akan dapat merespon permintaan dengan melakukan sesuatu sesuai dengan apa yang kita perintahkan Tidak semua bahasa pemrograman dapat dikompilasi di dalam satu kompilator tertentu, artinya sebuah kompilator hanya dapat mengenali bahasa-bahasa tertentu saja sesuai dengan perintah yang dibuat oleh pencipta kompilator tersebut. Contoh ditulis dgn bahasa C dikompilator ke Pascal. Semua kompilator C++, selain digunakan untuk mengkompilasi program yang ditulis dalam bahasa C++, kompilator tersebut juga dapat digunakan untuk melakukan kompilasi terhadap kode-kode program yang ditulis dalam bahasa C

Apa itu Bahasa Pemrograman ? Bahasa pemrograman adalah suatu kumpulan kata (perintah) yang siap digunakan untuk menulis suatu kode program sehingga kode-kode program yang ditulis tersebut akan dapat dikenali oleh kompilator yang sesuai. Kata-kata tersebut dalam dunia pemrograman sering dikenal dengan istilah keywoard terkadang disebut reserved word. Untuk mempelajari salah satu bahasa pemrograman tertentu, kita tidak hanya menghafal semua keyword (kata kunci) yang ada di dalamnya, namun kita juga perlu untuk memahami fungsi dan aturan penggunaannya. Bahasa pemrograman yang dapat digunakan untuk mengembangkan suatu perangkat lunak, diantaranya bahasa C, C++, Pascal, Java. Bahkan untuk pembuatan pemrograman visual telah banyak tersedia perangkat lunak seperti C++Builder, JBuilder, Visual C++ dan lainnya.

Mengapa menggunakan Bahasa C ?

Mengapa menggunakan Bahasa C ?

Sejarah singkat Bahasa C ?

Sejarah singkat Bahasa C ?

Sejarah singkat Bahasa C ?

Kelebihan dan Kekurangan Bahasa C Kelebihan Bahasa C ♦ Bahasa C tersedia hampir di semua jenis computer. ♦ Kode bahasa C sifatnya adalah portable dan fleksibel untuk semua jenis computer. ♦ Bahasa C hanya menyediakan sedikit kata-kata kunci, hanya terdapat 32 kata kunci. ♦ Proses executable program bahasa C lebih cepat ♦ Dukungan pustaka yang banyak. ♦ C adalah bahasa yang terstruktur ♦ Bahasa C termasuk bahasa tingkat menengah

Next…………….. Kekurangan Bahasa C ♦ Banyaknya Operator serta fleksibilitas penulisan program kadang-kadang membingungkan pemakai. ♦ Bagi pemula pada umumnya akan kesulitan menggunakan pointer Next……………..

DASAR-DASAR PEMROGRAMAN TERSTRUKTUR DENGAN PENDEKATAN BAHASA C. Part 2 DASAR-DASAR PEMROGRAMAN TERSTRUKTUR DENGAN PENDEKATAN BAHASA C.

PEMROGRAMAN TERSTRUKTUR BAHASA C Berkenalan dengan Bahasa C Bahasa C merupakan perkembangan dari bahasa BCPL yang dikembangkan oleh Martin Richards pada tahun 1967. Selanjutnya bahasa ini memberikan ide kepada Ken Thompson yang kemudian mengembangkan bahasa yang disebut bahasa B pada tahun 1970. Perkembangan selanjutnya dari bahasa B adalah bahasa C oleh Dennis Ricthie sekitar tahun 1970-an di Bell Telephone Laboratories Inc. (sekarang adalah AT&T Bell Laboratories). Bahasa C pertama kali digunakan di computer Digital Equipment Corporation PDP-11 yang menggunakan system operasi UNIX. Hingga saat ini penggunaan bahasa C telah merata di seluruh dunia. Hampir semua perguruan tinggi di dunia menjadikan bahasa C sebagai salah satu mata kuliah wajib. Selain itu, banyak bahasa pemrograman populer seperti PHP dan Java menggunakan sintaks dasar yang mirip bahasa C. Oleh karena itu, kita juga sangat perlu mempelajarinya.

Mengenal Editor Bahasa C Memulai Bahasa C Buka Editor Bahasa C yang ada, seperti Bordland C, Turbo C, dan sebagainya. Semua program bisa dicoba Turbo C. Sekilas Mengenai Editor Turbo C Untuk mengkompilasi Program, langkah-langkahnya sbb: ♦ Pilih menu Compile dengan menekan Alt + C ♦ Pilih Submenu Compile ♦ Enter Akan ditampilkan hasil kompilasi Program, tekan Sembarang tombol Untuk menjalankan program : ♦ Pilih menu Run dengan menekan Alt + R ♦ Pilih submenu Run dan tekan Enter

Menu-menu dalam Turbo C :

Tampilan Menu Editor Turbo C ♦ File , terdiri dari : (1) New, untuk memulai program baru (2) Open, untuk mengambil atau membuka program (3) Save, untuk menyimpan file/program (4) Save as, untuk menyimpan file/program (5) Save all, untuk menyimpan seluruh file/program (6) Change dir, untuk mengubah directory (7) Print, untuk mencetak program (8) DOS Shell, untuk menuju ke DOS Shell (9) Quit, untuk keluar dari Turbo C

♦ Edit, terdiri dari : (1) Undo, untuk membatalkan pengeditan terakhir (2) Redo, untuk kembali ke pengeditan terakhir yang telah di undo. (3) Cut, untuk memotong bagian tertentu dari program. (4) Copy, untuk menduplikasi bagian program (5) Paste (6) Clear, untuk menghapus bagian tertentu dari program (7) Copy example (8) Show Clipboard ♦ Search, terdiri dari : (1) Find… (2) Replace… (3) Search again (4) Previous error (5) Next error (6) Locate function…

♦ Run, terdiri dari : (1) Run…, untuk menjalankan program (2) Program reset (3) Go to cursor (4) dst ♦ Compile, terdiri dari : (1) Compile, untuk mengkompilasi program (2) Make (3) Link (4) Build all, dst ♦ Debug, terdiri dari (1) Inspect (2) Evaluate/modify (3) Dst ♦ Project, terdiri dari : (1) Open project (2) Close project (3) dst

♦ Options, terdiri dari : (1) Application (2) Compiler (3) Transfer (4) Dst ♦ Window, terdiri dari : (1) Size/Move (2) Zoom (3) Tile (4) Cascade (5) Next (6) dst ♦ Help, terdiri dari (1) Contens (2) Index (3) Topic search (4) Previous topic (5) dst

Kerangka Program dalam Bahasa C

Kerangka Program dalam Bahasa C

Kerangka Program dalam Bahasa C

Kerangka Program dalam Bahasa C

Kerangka Program dalam Bahasa C

Kerangka Program dalam Bahasa C

Kerangka Program dalam Bahasa C File Header (*.h)

Kerangka Program dalam Bahasa C

Kerangka Program dalam Bahasa C Proses Pembentukan Program dalam Bahasa C Menuliskan Kode Program

Kerangka Program dalam Bahasa C

Kerangka Program dalam Bahasa C Melakukan kompilasi kode program

Kerangka Program dalam Bahasa C Proses Linking

Kerangka Program dalam Bahasa C Mengenal fungsi printf () dan scanf ()

Mengenal fungsi printf () dan scanf ()

Mengenal fungsi printf () dan scanf ()

Mengenal fungsi printf () dan scanf ()

Mengenal fungsi printf () dan scanf ()

Mengenal fungsi printf () dan scanf ()

Mengenal fungsi printf () dan scanf ()

Mengenal fungsi printf () dan scanf ()

Mengenal fungsi printf () dan scanf ()

Mengenal fungsi printf () dan scanf ()

Komentar program

Komentar program

komentar sisipan

komentar bersarang

variabel Bahasa C/C++

variabel Bahasa C/C++

Batasan penamaan variabel

Batasan penamaan variabel

Inisialisasi Variabel

Inisialisasi variabel

inisialisasi variabel

Lingkup Variabel

Variabel Global

Variabel Global

Variabel lokal

Variabel Lokal

Variabel Lokal

PEMROGRAMAN TERSTRUKTUR DENGAN PENDEKATAN BAHASA C. Part 3 PEMROGRAMAN TERSTRUKTUR DENGAN PENDEKATAN BAHASA C. JENIS VARIABEL VARIABEL OTOMATIS VARIABEL STATIS VARIABEL EKSTERNAL VARIABEL REGISTER

VARIABEL OTOMATIS Variabel otomatis adalah variabel yang hanya dikenal di dalam suatu blok saja (dalam tanda {…}, baik itu blok pemilihan, pengulangan ataupun fungsi. Apabila setelah tanda { (permulaan blok), kita melakukan deklarasi variabel, maka variabel tersebut hanya akan dikenali oleh program sampai ditemukan tanda } (akhir blok) pertama ditemukan. Variabel inilah yang dinamakan variabel otomatis. Dikatakan “otomatis” karena variabel ini dialokasikan pada saat pendeklarasiaan dan akan dialokasikan secara otomatis ketika program keluar dari suatu blok.

Variabel Otomatis Untuk lebih memahaminya, perhatikan sintak berikut :

Variabel Otomatis

Variabel Otomatis

Variabel statis Variabel Statis

Variabel statis

Variabel statis Hasil yang diperoleh Variabel biasa Variabel Statis

Variabel eksternal

Variabel eksternal

Variabel eksternal

Variabel register

Variabel register Contoh program

Variabel register

Konstanta

Konstanta Contoh penggunaan dlm program

Konstanta

PEMROGRAMAN TERSTRUKTUR DENGAN PENDEKATAN BAHASA C. Part 5 PEMROGRAMAN TERSTRUKTUR DENGAN PENDEKATAN BAHASA C. JENIS DAN TIPE DATA BILANGAN BULAT BILANGAN RIIL KARAKTER DAN STRING LOGIKA

Tipe data Tipe Data Dasar Tipe Bilangan Bulat

Tipe data dasar

Tipe data dasar Tipe Bilangan Riil

Tipe data dasar Tipe karakter dan string

Tipe data dasar Tipe logika

Tipe Data Bentukan Tipe Data Bentukan Tipe data bentukan adalah suatu tipe data yang didefiniskan sendiri untuk memenuhi kebutuhan-kebutuhan program yang akan dibuat. Adapun yang termasuk ke dalam tipe data bentukan adalah tipe array (larik) dan struktur Tipe Data Enumerasi

Enumerasi

Enumerasi

Enumerasi