Review Pertemuan 12 (Terakhir).

Slides:



Advertisements
Presentasi serupa
Catur Iswahyudi + Edhy Sutanta
Advertisements

Metode Pengujian Perangkat Lunak (White Box)
Bab 7 sequence diagram Catur Iswahyudi.
U M L Unified Modeling Language
UNIFIED MODELLING LANGUAGE
PEMODELAN ANALISIS Kuliah - 5
BPR – Tahap 1 (Persiapan)
Unified Modelling Language (UML)
Interaction Diagram.
Pertemuan 6 Structural modelling
Architecture dan design
Teknik Pengujian Perangkat Lunak
Analisis Model.
Interaksi Objek.
SEQUENCE DIAGRAM.
Yang akan dipelajari Pengenalan UML Sejarah Singkat UML
PERANCANGAN KASUS UJI.
Dasar-dasar Pengujian Perangkat Lunak
UML mendukung pengembangan aplikasi Kelas application partitioning Objek-objek Business Relationships Business Process Objek-objek Use Cases Sistem untuk.
Mata Praktikum Sistem Informasi Pertemuan-2 PJ : Nuraini Purwandari Copyright©2010. This presentasion is dedicated to Laboratory of Information of Universitas.
ANALISIS DAN PEMODELAN BERORIENTASI OBJEK DENGAN UML
Model Analysis Rekayasa Perangkat Lunak
RELATIOPNSHIPS IN THE UML
VALIDASI SOFTWARE (Nelly Sofi).
Unified Modeling Language [UML]
CLASS DIAGRAM.
Visual Modelling Teguh Sutanto, S.Kom.,M.Kom.
Analisis Model.
Object oriented analyst and design
Pengujian Jalur Pengujian Jalur Dasar (Basis Path Testing)
Citra N., S.Si, MT Program Studi Sistem Informasi - UNIKOM
TESTING PROGRAM.
Soal latihan psbo.
PENGEMBANGAN PERANCANGAN SISTEM
Pengujian Perangkat Lunak
Sequence Diagram.
ANALISIS DAN PERANCANGAN BERORIENTASI OBJEK
PERANCANGAN SISTEM BERORIENTASI OBJEK DENGAN UML
Metode Pengujian Perangkat Lunak (White Box)
PEMODELAN SYSTEM BERORIENTASI OBYEK (UML)
Pengenalan Analisa Desain
Citra N., S.Si, MT Sisfo - UNIKOM
Pengenalan UML.
TESTING DAN IMPLEMENTASI SISTEM (Pertemuan Ke-11)
REKAYASA PERANGKAT LUNAK
Dasar-dasar Pengujian Perangkat Lunak
TESTING DAN IMPLEMENTASI PERTEMUAN 3
PEMODEAN SISTEM INFORMASI – PERTEMUAN 5
PEMODELAN OBJECT ORIENTED
Pemodelan Sistem Bisnis
Konsep & Perancangan Database
REVIEW UML.
Analisis Model.
Unified Modelling Languange (UML)
Validasi dan Verifikasi Software
Model-Model Analisis.
Analisis dan Desain Berorientasi Obyek
Bab 5 activity diagram.
Dasar-dasar Pengujian Perangkat Lunak
Testing dan Implementasi
Kebutuhan dan Pemodelan Analisis
Dasar-dasar Pengujian Perangkat Lunak
White Box Testing.
OBJECT ORIENTED ANALISYS AND DESIGN
RPL untuk Pemrograman Berorientasi Obyek
Dasar-dasar Pengujian Perangkat Lunak
Dasar-dasar Pengujian Perangkat Lunak
Metode Pengujian Perangkat Lunak (White Box)
Object oriented analyst and design
PERANCANGAN SISTEM BERORIENTASI OBJEK DENGAN UML
Transcript presentasi:

Review Pertemuan 12 (Terakhir)

Langkah Pemodelan Dg ERD : Pemodelan Data – ERD : Memungkinkan untuk identifikasi obyek data dan hubungannya dengan menggunakan notasi grafis Menetapkan semua data yang dimasukkan, disimpan, ditransformasikan dan diproduksi pada suatu aplikasi Hanya berfokus pada data Langkah Pemodelan Dg ERD : Tentukan entitas yang terlibat dalam sistem [Simbol rectangle] Buat hubungan antar entitas (kata kerja) [Simbol diamond] Tentukan kardinalitas hubungan [Simbol 1/n] Tentukan atribut pada tiap entitas [Simbol oval]

Contoh ERD

D F D (Data Flow Diagram) : Sebuah teknik grafis yang menggambarkan aliran informasi dan transformasi yang diaplikasikan pada saat data bergerak dari input menjadi output Langkah Pemodelan Dg DFD (Level 0) : Tentukan proses utama sistem [Simbol Lingkaran Tunggal] Tentukan entitas luar yang mempengaruhi input/output sistem [Simbol rectangle] Buat aliran data/informasi dari/ke sistem dan entitas luar Aliran data disimbolkan dengan tanda panah

Contoh DFD Level 0 :

Langkah Pemodelan Dg DFD (Level 1) : Level 1 merupakan perluasan level 0 Lakukan suatu untaian gramatikal pada naratif pemrosesan yang menggambarkan lingkaran tingkat proses Isolasi semua kata benda dan kata kerja dalam narasi tersebut Garis bawahi kejadian pertama dari semua kata benda Miringkan huruf pada kejadian pertama dari setiap kata kerja

Contoh Uraian : Perangkat lunak SafeHome memungkinkan pemilik rumah untuk mengatur konfigurasi sistern keamanan pada saat dia dipasang, memonitor semua sensor yang dihubungkan dengan sistem keamanan, dan berinteraksi dengan pemilik rumah melalui papan ketik dan kunci fungsi yang diisikan ke dalam panel kontrol SafeHome. Selama instalasi, kontrol panel SafeHome digunakan untuk mem-program dan mengkonfigurasikan sistem. Tiap‑tiap sensor ditandai dengan nomor dan tipe, sebuah password master diprogram untuk mengunci dan membuka sistem, dan nomor telepon diinput untuk menekan tombol nomor pada saat kejadian sensor berlangsung.

Bila sensor event dikenali, perangkat lunak memanggil alarm audibel yang dipasang pada sistem. Setelah suatu waktu tunda yang dispesifikaskan pemilik rumah selama aktivitas konfigurasi sistem, perangkat lunak memutar sebuah nomor telepon dari sebuah pelayanan monitoring dan memberikan informasi mengenai lokasi dan pelaporan sifat kejadian yang telah dideteksi. Nomor tersebut akan diputar lagi setiap 20 detik sarnpai diperoleh sambungan telepon. Semua interaksi dengan SafeHome diatur oleh subsistem user‑interface yang membaca input yang diberikan melalui papan ketik dan kunci‑kunci fungsi, tampilan yang menunjukkan pesan dan status sistem pada tampilan LCD.

Semua kata kerja adalah PROSES. Semua kata benda merupakan ENTITAS EKST., Objek Data/Kontrol, atau Database. Maksimal jumlah proses dari level 0 ke level 1 = 1:7

Level 1 disaring lebih detil lagi ke level 2 Contoh level 2 proses monitor sensor

U M L Penggunaan UML itu sendiri tidak terbatas hanya pada dunia software modeling, bisa pula digunakan untuk modeling hardware (engineering systems) dan sering digunakan sebagai modeling untuk proses bisnis dan juga modeling untuk struktur organisasi. UML adalah suatu metode terbuka yang digunakan untuk menspesifikasi, memvisualisasi, membangun dan mendokumentasikan artifak-artifak dari suatu pengembangan sistem software yang berbasis pada obyek. UML merupakan hasil kompilasi best engineering practice yang sudah terbukti sukses dalam pemodelan sistem yang besar, sistem yang kompleks, khususnya pada level arsitektural.

Tipe Diagram UML Use Case Diagram Diagram ini menggambarkan suatu fungsionalitas dari sistem restoran sederhana. Aktor Food Critic dapat Eat meal, Pay for meal atau Drink wine. Aktor Chef hanya dapat untuk Cook meal. Kotak di tengah membatasi sistem restoran ini.

2. Class Diagram Diagram di atas menunjukkan struktur sederhana dari suatu sistem restoran. UML menunjukkan inheritance relationship dengan suatu segitiga dan dengan sebuah container dengan bentuk diamond. Sebagai tambahan, peran dari relationship ini bisa dispesifikasikan secara cardinality. Sistem restoran tersebut memiliki beberapa macam Food dishes(*), dengan sebuah Kitchen(1), sebuah Dining area(contains) dan beberapa orang Staff(*). Semua object tersebut diasosiasikan kepada sebuah restoran tersebut.

3. Sequence Diagram Diagram ini merepresentasikan suatu Patron mengenai proses order dari food dan wine; minum wine kemudian makan food; dan akhirnya membayar untuk food. Garis putus-putus yang tampak turun ke bawah menggambarkan timeline-nya. Sedangkan lambang panah, menandakan message (stimuli) dari seorang aktor atau object kepada object lainnya. Sebagai contoh, Patron mengirimkan pesan 'pay' kepada Cashier. Sedangkan panah yang tampak setengah, menandakan asynchronus method calls.

Statements dengan conditions adalah node-node dalam flow graf. White-box testing Path testing Tujuannya meyakinkan bahwa himpunan test case akan menguji setiap path pada suatu program paling sedikit satu kali. Titik awal untuk path testing adalah suatu program flow graph yang menunjukkan node-node yang menyatakan program decisions (mis.: if-then-else condition) dan busur menyatakan alur kontrol Statements dengan conditions adalah node-node dalam flow graf.

Konsep dan Definisi

Simpul Predikat : dua atau lebih edge berasal darinya. Jalur independen : harus bergerak sepanjang paling tidak satu edge yang tidak dilewatkan sebelum jalur tersebut ditentukan. Masing-masing jalur baru memperkenalkan sebuah edge baru.

Kasus 1

Independent paths 1, 2, 3, 8, 9 1, 2, 3, 4, 6, 7, 2 1, 2, 3, 4, 5, 7, 2 1, 2, 3, 4, 6, 7, 2, 8, 9 Test cases harus ditentukan sehingga semua path tsb tereksekusi.

Kasus 2

Kasus 3

Perhitungan Keuangan Keseluruhan

End of Slide