Arsitektur Komputer “Pengenalan Arsitektur Komputer ” Kurniawan Teguh Martono Sistem Komputer FT UNDIP kteguhm.siskom@gmail.com
Menurut Anda : Arsitektur Komputer? kteguhm.siskom@gmail.com
Arsitektur Komputer ? Merupakan ilmu yang mempelajari bagaimana komputer dapat berinterkoneksi, memahami perintah dari programer yang berkaitan dengan atribut-atributnya. Apa saja yang akan dipelajari : Set Instruksi Teknik Pengalamatan Penyajian data Kesimpulan : Arsitektur Komputer = Instruksi set + Organisasi Mesin kteguhm.siskom@gmail.com
Analogi Building : Material : Rumah Batu bata Kantor Semen Apartemen Stadion Material : Batu bata Semen Pasir besi konstruksi Plans Tujuan : Fungsi Biaya Keamanan Efisiensi energi desain kteguhm.siskom@gmail.com
Sehingga Arsitektur komputer Manufatur Computer : Server Desktop Mobile Phone Game Console Supercomputer Teknologi : Gerbang logika Memori IC Storage Packaging Plans desain Tujuan : Fungsi Unjuk kerja Biaya Efisiensi energi Ketahanan kteguhm.siskom@gmail.com
Aplikasi yang dihasilkan dari komputer Automatic teller Machines Computer in Automobiles Laptop Computer Human Genome Project kteguhm.siskom@gmail.com
Klasifikasi Komputer berdasar karakterisitiknya Desktop Computer Server Supercomputer Embedded Computer kteguhm.siskom@gmail.com
Desktop Computer Merupakan sebuah komputer yang didesain untuk digunakan secara perorangan Perangkat terdiri atas : GPU Keyboard Mouse dll kteguhm.siskom@gmail.com
Server Komputer yang didesain untuk menangani program yang besar yang digunakan oleh banyak user secara bersama sama dan biasanya diakses melalui jaringan Perangkat terdiri atas: GPU Keyboard Mouse Jaringan kteguhm.siskom@gmail.com
Supercomputer Merupakan komputer dengan kelas unjuk kerja dan harga yang tinggi. Contoh : Komputer untuk rendering animasi Komputer untuk simulasi kteguhm.siskom@gmail.com
Embedded Komputer Merupakan komputer yang hanya dapat menjalankan perintah yang spesifik. Contoh : Sistem Parkir pada mobil Sistem Alarm kteguhm.siskom@gmail.com
Perkembangan klasifikasi komputer kteguhm.siskom@gmail.com
Sistem perangkat lunak Merupakan perangkat lunak yang menyedikan layangan yang sering digunakan dalam komputer Sistem software : Sistem operasi, program yang digunakan untuk mengawasi dan memanajemen sumber sumber dalam sebuah komputer agar komputer dapat berjalan Compiler, Sebuah program yang digunakan untuk menterjemahkan dari high level language ke bahasa rakitan (assembly) Assemblers, Sebuah program yang digunakan untuk menterjemahkan simbol dari sebuah intruksi ke dalam bentuk binari kteguhm.siskom@gmail.com
Hirarki layer kteguhm.siskom@gmail.com
Komunikasi di dalam komputer Komputer bekerja berdasarkan perintah Perintah = instruksi Kumpulan instruksi = program Count Ada Lovelace Programer pertama Programming language : Generation Programming Language 1 Machine Language 2 Assembly Language 3 High Level Language 4 Very High Level Language 5 Natural Language kteguhm.siskom@gmail.com
Bahasa mesin Merupakan bahasa tingkat rendah Menggunakan anggka Dan dan instruksi 0 dan 1 Program yang ditulis dengan bahasa lain harus diubah ke dalam bahasa mesin sebelum di eksekusi kteguhm.siskom@gmail.com
Basaha assembly Bahasa tingkat rendah Penulisan menggunakan kode mnemonic, singkatan Program yang ditulisa dengan bahasa ini diterjemahkan ke dalam bahasa mesin sebelum dieksekusi kteguhm.siskom@gmail.com
Bahasa tingkat tinggi Muncul tahun 1960 Dengan bahasa ini diharapkan dapat membuat program yang lebih kompleks Penterjemah code program disebut dengan compiler yang akan merubah program ke dalam bahasa mesing sebelum di eksekusi Contoh : Java :System.out.println(“Sistem Komputer”); C : printf(“Sistem Komputer”); C++ :cout<<“Sistem Komputer”; Cobol :DISPLAY”Sistem Komputer”; Basic :PRINT”Sistem Komputer”; kteguhm.siskom@gmail.com
Natural Language Seperti berbicara dalam bahasa inggris Natural language menterjemahkan intruksi manusia kedalam kode yang dapat dipahami oleh komputer kteguhm.siskom@gmail.com
compiler kteguhm.siskom@gmail.com
Instruksi Set kteguhm.siskom@gmail.com
Instruksi Set Arsitektur Digitak Alpha (v1, v2) 1992-1997 HP PA-RISC (v1.1, v2.0) 1986-1996 Sun Sparc (v8, v9) 1987-1995 SGI MIPS (MIPS I, II, III, IV, V, MIPS 32, MIPS 64) 1986-2002 Intel (8086, 80286, 90486, pentium, MMX, SSE, SSE2) 1978-2002 kteguhm.siskom@gmail.com
MIPS ISA Tipe insturksi Register Instruction format Load/store Jump/branch Floating point Memori management Special Computational Register 32 gps PC Instruction format 32 bit RISC kteguhm.siskom@gmail.com
X86 ISA (ia32) Tipe instruksi Register Format instruksi Load/store Computational Jump/Branch Floating point Stack operation Subroutine calls Memory management Special Register 8 32 bit register (SP) 8 80 bit FP Register 8 64 bit MMX register 8 128 bit XMM SIMD Regiters (SSE/SSE2) Format instruksi Not fixed length CISC kteguhm.siskom@gmail.com