Waktu Respons dan Kecepatan Tampil

Slides:



Advertisements
Presentasi serupa
Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam Universitas Syiah Kuala
Advertisements

Bab 1 Pemasaran Mengatur Hubungan Pelanggan yang Menguntungkan
ENTREPRENEURSHIP KEWIRAUSAHAAN BAB 14 Oleh : Zaenal Abidin MK SE 1.
NOMADEN? Kejadian 30:25-43 vs NOMADEN?.
Pertemuan 6 (Organisasi Input/Output)
MENGEMBANGKAN STRATEGI PEMBELAJARAN
Presented by: Nur Hasanah, SE, MSc
MEMPERBAIKI PRESTASI KERJA DENGAN UMPAN BALIK & PENGHARGAAN
Waktu Respons dan Kecepatan Tampil
EMA402 - Manajemen Rantai Pasokan EMA402 – Manajemen Rantai Pasokan
ALTERNATIVE ASSESMENT (Penilaian Alternatif)
ELEKTRONIKA Bab 7. Pembiasan Transistor
SOAL ESSAY KELAS XI IPS.
Motivasi Serangkaian hal yang menyebabkan orang-orang berlaku dalam cara tertentu.
PENGEMBANGAN MODEL MATA PELAJARAN
Kalimat Efektif Selasa, 16 Oktober 2012.
PENGEMBANGAN KURIKULUM
1 Chapter 1 Introduction to Human Computer Interaction Mgs. Afriyan Firdaus Fakultas Ilmu Komputer UNSRI.
Pembelajaran Manajemen Kinerja
Interaksi Manusia dan Komputer
PEDOMAN LATIHAN ATLET MUDA
LUAS DAERAH LINGKARAN LANGKAH-LANGKAH :
WEEK 6 Teknik Elektro – UIN SGD Bandung PERULANGAN - LOOPING.
ALAT-ALAT UKUR dan PENGUKURAN
Struktur Dasar Algoritma
INTERAKSI MANUSIA DAN KOMPUTER
MENEJEMEN KONFLIK.
13 Agustus 2004 Sugito Wonodirekso 1 Kiat presentasi Sugito Wonodirekso.
KOMPONEN SISTEM INFORMASI Materi Pertemuan ke-4.
Sosial, Budaya dan Perilaku Kesehatan
KONSEP DIRI Oleh Dewi Eka Putri.
Interaksi Manusia dan Komputer (IMK) Dosen : Tata Sumitra M
Pertemuan 5 P.D. Tak Eksak Dieksakkan
PERTEMUAN 6 Pemecahan Masalah & Pengambilan Keputusan
Intan Silviana Mustikawati, SKM, MPH
Pemrogramman Terstruktur
BAB 2 TINJAUAN UMUM PENGEMBANGAN SISTEM
Algoritma Penjadwalan Disk
Manajemen Proses Meliputi : Pengelolaan sisklusi hidup proses
PEMANFAATAN TEKNOLOGI INFORMASI UNTUK MENCAPAI KEUNGGULAN KOMPETITIF
Lecture Note: Retno Budi Lestari Model Bisnis v [STMIK MDP] Retno Budi Lestari 1 9. Analisis Kasus Bisnis.
PENGUKURAN PRODUKTIVITAS
EVALUASI DAN PENGENDALIAN STRATEGI
SISTEM PAGING.
Komunikasi Efektif.
ETIKA PROGRAMMER Jurusan Teknik Informatika STMIK EL-RAHMA YOGYAKARTA
SISTEM PAGING STMIK MDP Palembang
Algoritma Pergantian Halaman
Pengembangan Sistem Informasi
PEMANFAATAN TEKNOLOGI MODERN UNTUK SARANA PENGELOLAAN INFORMASI (1)
Kompleksitas Algoritma
Sistem Informasi Sistem Informasi Eksekutif. 2Pendahuluan Review Pert.10 : SIM adalah sistem informasi yang digunakan untuk menyajikan informasi yang.
KALOR.
1 Pendahuluan Ir. Waniwatining Astuti, M.T.I Muhammad Rachmadi, S.T., M.T.I.
Tes uraian (essay examination)
SISTEM INFORMASI BERBASIS KOMPUTER
WISNU HENDRO MARTONO,M.Sc
Waktu Respons dan Kecepatan Tampil
Jurusan Teknik Gas dan Petrokimia FTUI
Intan Silviana Mustikawati, SKM, MPH
Teori, Prinsip, dan Pedoman
Interaksi Manusia dan Komputer
IMK Modul 7.
Interaksi Manusia dan Komputer
Teori, Prinsip, dan Pedoman
Waktu Respons dan Kecepatan Tampil
Teori, Prinsip, dan Pedoman
Interaksi Manusia - Komputer Rani Susanto, M. Kom
Ragam dialog Pertemuan 3.
Materi 2 - Komputer Multimedia
Transcript presentasi:

Waktu Respons dan Kecepatan Tampil Pertemuan 7 Waktu Respons dan Kecepatan Tampil IMK - 7

Pendahuluan Waktu sangat berharga Sistem yang lambat atau waktu respons yang tidak diharapkan akan menghasilkan: frustasi; kekesalan; kemarahan. IMK - 7

Waktu Respons Definisi : waktu respons (respons time) ; waktu yg diperlukan untuk menjawab/menindak lanjuti perintah yg diberikan oleh user waktu pemakai berpikir (user think time) : waktu yg diperlukan oleh user untuk suatu proses IMK - 7

Pekerjaan yang terlalu cepat mengakibatkan : kurangnya belajar membaca dengan pemahaman rendah keputusan kurang dipertimbangkan masak-masak kesalahan pemasukkan data yg lebih besar IMK - 7

Pertimbangan bagi Para Desainer Hal-hal yg berhubungan dgn waktu respon dan kecepatan tampil : Complex interaction of technical feasibility cost Task complexity User expectation Speed of task performance Error rates Error-handling procedures IMK - 7

Faktor-faktor lain : perbedaan kepribadian kelelahan tingkat pengenalan komputer pengalaman melaksanakan tugas motivasi IMK - 7

Landasan Teori 1. Keterbatasan memori jangka pendek dan memori kerja the magical number seven – plus or minus two”(George Miller, 1956): kebanyakan orang hanya dapat mengenali tujuh “bongkah” informasi pada satu waktu informasi dapat dipertahankan di memori jangka pendek selama 14-30 detik ukuran “bongkah” berbeda tergantung tingkat pengenalan orang terhadap bahan IMK - 7

memori jangka pendek dan memori kerja memori jangka pendek mengolah masukkan perseptual memori kerja menghasilkan dan mengimplementasikan solusi orang belajar untuk mengatasi masalah yang rumit dengan mengembangkan konsep higher-level menggunakan beberapa konsep lower-level yang digabungkan bersama menjadi satu bongkah IMK - 7

memori jangka pendek dan memori kerja sangat mudah berubah gangguan dapat menghilangkan yang ada di memori penundaan menyebabkan memori harus disegarkan kembali (refresh) IMK - 7

solusi masalah harus direkam di memori atau diimplementasikan 2. Sumber kesalahan solusi masalah harus direkam di memori atau diimplementasikan Waktu respon lambat, pemakai dpt melupakan sebagian rencana/perlu mengulangi rencana terus-menerus Waktu respon terlalu cepat, waktu memformulasikan rencana solusi berkurang, kesalahan bertambah IMK - 7

3. Kondisi bagi pemecahan masalah yang optimal waktu respons yang lebih lambat menyebabkan pemakai merasa tegang karena akibat kesalahan lebih berat waktu respons yang lebih cepat dapat mengakibatkan pemakai gagal memahami bahan yang ditampilkan indikator proses memperlambat waktu yang terlihat dan meningkatkan kepuasan IMK - 7

kecepatan kinerja tugas yang tinggi, tingkat kesalahan yang rendah, dan kepuasan yang tinggi dapat dihasilkan jika: pemakai mempunyai pengetahuan yang cukup mengenai objek dan aksi yang diperlukan untuk tugas pemecahan masalah rencana solusi dapat dilaksanakan tanpa penundaan pengalih perhatian dihapuskan tingkat ketegangan pemakai rendah ada umpan balik tentang kemajuan ke arah solusi kesalahan dapat dihindari, atau jika terjadi, dapat diatasi dengan mudah IMK - 7

Kecepatan Tampil (Display Rate) Kecepatan komputer menampilkan informasi di layar Dinyatakan dalam cps Display rate yg tinggi membuat pemakai lebih rileks serta bkrj dgn cepat & produktif IMK - 7

Ekspektasi dan Kelakuan Tiga faktor yang mempengaruhi waktu respons : Pengalaman sebelumnya mengenai waktu yang dibutuhkan untuk menyelesaikan tugas tertentu Jika waktu lebih cepat, pemakai akan senang Jika waktu lebih lambat, pemakai akan berpikir ”ada yang salah” IMK - 7

ekspektasi waktu respons diantara individu dan tugas Pemakai pemula lebih bersedia menunggu daripada pemakai berpengalaman Variasi dipengaruhi sifat tugas, pengenalan tugas, kepribadian, biaya, usia, mood, budaya, waktu pada hari, kebisingan, dan tekanan Orang sangat adaptif, dapat beradaptasi dan mengubah gaya kerja untuk menampung perbedaan waktu respons Orang bisa mampu menerima penundaan yang lama, tapi berakibat kinerja dan kepuasannya menurun IMK - 7

Produktivitas Pemakai Tugas kendali yang berulang-ulang (repetitive control tasks): pengaruh yang kuat pada apakah perubahan waktu respons mengubah produktivitas pemakai melibatkan pemantauan tampilan dan melakukan perintah yang menanggapi perubahan pada tampilan IMK - 7

Tugas pemecahan masalah (problem-solving tasks): Lanjutan… Tugas pemecahan masalah (problem-solving tasks): ketika pemecahan masalah yang kompleks diperlukan dan banyak pendekatan dimungkinkan, pemakai akan mengadaptasikan cara kerja mereka dengan waktu respons pemakai akan mengubah cara kerja mereka jika waktu respons berubah IMK - 7

Tugas pemrograman (Programming tasks) Lanjutan… Tugas pemrograman (Programming tasks) programmer mahir membuat rencana dan berusaha melaksanakannya secepat mungkin.mereka tidak takut salah karena tahu dapat memperbaikinya dengan cepat Profesional yang bekerja (professionals at work) bekerja lebih cepat pada waktu respons yang lebih sedikit kecepatan kerja yang tinggi menuntut perhatian yang lebih untuk meminimalkan biaya penundaan karena perbaikan kesalahan IMK - 7

Pedoman Waktu Respons pemakai lebih menyukai waktu respons yang lebih pendek waktu respons yang lebih panjang (lebih dari 15 detik) mengganggu pemakai mengubah cara penggunaan sesuai dengan waktu respons waktu respons yang lebih pendek menyebabkan waktu pemakai berpikir yang lebih pendek IMK - 7

Lanjutan… langkah yang lebih cepat meningkatkan produktivitas, tetapi juga meningkatkan tingkat kesalahan kemudahan perbaikan kesalahan dan waktu perbaikan kesalahan mempengaruhi waktu respons optimal IMK - 7

waktu respons harus sesuai dengan tugasnya: Lanjutan… waktu respons harus sesuai dengan tugasnya: mengetik, menggerakkan kusor, memilih dengan mouse : 50-150 milidetik tugas sederhana yang sering: < 1 detik tugas biasa : 2-4 detik tugas kompleks : 8-12 detik IMK - 7

pemakai harus diberitahu mengenai penundaan yang panjang Lanjutan… pemakai harus diberitahu mengenai penundaan yang panjang perbedaan waktu respons yang tidak banyak dapat diterima penundaan yang tidak diharapkan dapat mengganggu tes empiris dapat membantu dalam menentukan waktu respons yang sesuai IMK - 7