SEMINAR ROBOTIKA 2014 REKAYASA TEKNOLOGI ROBOTIKA DAN PENERAPANNYA

Slides:



Advertisements
Presentasi serupa
PENGERTIAN KOMPUTER Modul 1 I-1 1. PENGERTIAN DASAR
Advertisements

Pengenalan Pengolahan Data Elektronik
ORGANISASI & ARSITEKTUR KOMPUTER
Kelompok Sistem Komputer.
Pengantar komputer dan ilmu komputer
PENGANTAR KOMPUTER & TI 1A Minggu ke 2. PENGENALAN KOMPUTER * Sejarah singkat komputer Computer berasal dari kata kerja to compute, yang berarti menghitung.
PENGANTAR TEKNOLOGI & SI 1A Minggu 2 - Jenis Komputer.
Organisasi Komputer : Sistem Memori
IT Pengantar komputer 1 & Praktikum** 2-SKS Sejarah Komputer.
Pengantar Tekno. Komp. & Informatika A
PENGENALAN KOMPUTER.
Ciri-ciri Perkembangan Komputer dari Setiap Generasi
Perkembangan dan Klasifikasi Komputer
TEKNOLOGI KOMPUTER : TINJAUAN SEKILAS
One: Pengenalan Komputer dan System Perangkat Lunak.
1. Ciri Komputer Generasi Pertama
PRESENTASI X TKJ 2 SMK TELKOM SANDHY PUTRA PURWOKERTO AHMAD MARZUKI
Sejarah Komputer dan Perkemba-ngannya
Pengantar Data Terdistribusi
Peng. Organisasi & Arsitektur Komputer
ORGANISASI & ARSITEKTUR KOMPUTER
SEJARAH KOMPUTER ABACUS awal mula mesin komputasi.
MENGENAL DUNIA KOMPUTER
Sejarah Teknologi Komputer
KOMPUTER, SEJARAH & PERKEMBANGANNYA
DEFINISI KOMPUTER COMPUTARE TO COMPUTE menghitung KOMPUTER adalah :
PENGANTAR APLIKASI KOMPUTER 1A
Computare (Latin) to compute menghitung
SEJARAH PERKEMBANGAN KOMPUTER
ORGANISASI & ARSITEKTUR KOMPUTER
Pertemuan 3 Pengenalan Komputer.
komputer to compute menghitung
Oleh Lasminiasih, SE,.MM Teknologi komputer.
Computare (Latin) to compute menghitung
Generasi Komputer Komputer Generasi Pertama ( ) Ciri-ciri :
SEJARAH PERKEMBANGAN KOMPUTER
computare to compute menghitung
Dasar Komputer dan Internet
Oleh : Ari Muhardono, S.Kom., M.Kom
Pengantar Teknologi Informasi
Sejarah Perkembangan Komputer Generasi ketiga
Oleh : Devie Rosa Anamisa
Diagram Komponen Umum Hardware
SEJARAH PERKEMBANGAN KOMPUTER
ORGANISASI & ARSITEKTUR KOMPUTER
ORGANISASI & ARSITEKTUR KOMPUTER
Mengoperasikan Sistem Operasi Berbasis Teks
ORGANISASI & ARSITEKTUR KOMPUTER
3 HARDWARE KOMPUTER CHAPTER
Materi2.
Pertemuan 2 Pengenalan Organisasi Komputer
HARDWARE (Sejarah Komputer)
SEJARAH KOMPUTER ABACUS awal mula mesin komputasi.
Sejarah komputer dan perkembangannya
Perkembangan dan Klasifikasi Komputer
Sejarah Komputer Generasi Pertama sampai Generasi Ke Empat
Khoiriyatul Mukhfiyah
Perkembangan dan Klasifikasi Komputer
Computare (Latin) to compute menghitung
MENGENAL DUNIA KOMPUTER
Modul ke: Fakultas Program Studi 01 MKCU Ida Farida, M.Kom APLIKASI KOMPUTER Pengenalan, Sejarah Komputer dan Sistem Komputer.
Peng. Organisasi & Arsitektur Komputer
Pengantar Teknologi Informasi
Pengantar Teknologi informasi Novi Hendriyanto, M.Kom
Computare (Latin) to compute menghitung
Konsep Sistem Komputer
SEJARAH KOMPUTER ABACUS awal mula mesin komputasi.
PENGANTAR TEKNOLOGI INFORMASI TIM DOSEN PEMATERI MATRIKULASI
DEFINISI KOMPUTER COMPUTARE TO COMPUTE menghitung KOMPUTER adalah :
Informatika SEJARAH KOMPUTER BOOTING DAN SHUTDOWN PERANGKAT LUNAK PERANGKAT KERAS DAN SISTEM OPERASI KUIS.
Transcript presentasi:

SEMINAR ROBOTIKA 2014 REKAYASA TEKNOLOGI ROBOTIKA DAN PENERAPANNYA DALAM INDUSTRI TEPAT GUNA Presented by : Purwokerto, 5 April 2014 | STMIK WIDYA UTAMA – DIENG CYBER

NARASUMBER Komunitas IT yang lahir pada 27 Maret 2009. Berorientasi pada : Kegiatan Edukasi, Kegiatan Hiburan dan Kegiatan Bisinis. Tersebar di : Wonosobo, Yogyakarta, Jakarta, Surabaya. Kantor Pusat di : Jl. May. Jend Bambang Sugeng Km 5 Wonosobo, Telp. (0286) 321659 http://www.diengcyber.com

NARASUMBER Sunaryono, S.Kom (Aryo) Saefudin, S.Kom (Udin) Pendidikan : Alamat : Semagung (Belakang Dinas Pendidikan) RT 3 RW 3 Wonosobo Pendidikan : S1 Teknik Informatika Online Microsoft Academy : System Center Advisor Datacenter For A Private Cloud : Windows Server 2008 R2 Developing in HTML5 with JavaScript and CSS3 Jump Start MikroTik Router OS Networking Network, Web Hacking and Security – XCODE Yogyakarta Saefudin, S.Kom (Udin) Alamat : Banjarnegara – Kec. Sukoharjo, Banjarsari Wonosobo YT Elektronik NARASUMBER

NARASUMBER

MATERI SEMINAR SEJARAH HARDWARE - ROBOT ARTIFICIAL INTELLEGENCE (AI) PENERAPAN ROBOT DI BIDANG INDUSTRI HARDWARE DEMO & BELAJAR ROBOTIKA SOFTWARE

Komputer Generasi Pertama (1946-1959) Sirkuitnya menggunakan Vacum Tube Program dibuat dengan bahasa mesin ; ASSEMBLER Ukuran fisik komputer sangat besar, Cepat panas Proses kurang cepat , Kapasitas penyimpanan kecil Memerlukan daya listrik yang besar Orientasi pada aplikasi bisnis 1946 : ENIAC, komputer elektronik pertama didunia yang mempunyai bobot seberat 30 ton, panjang 30 M dan tinggi 2.4 M dan membutuhkan daya listrik 174 kilowatts 1953 : IBM 701, komputer komersial berukuran besar, komputer generasi pertama yang paling populer

CARA KERJA = 23 Vakum Tidak Vakum Vakum Vakum 1 0 1 1 1 dst.... 26 25 1 0 1 1 1 dst.... 26 25 24 23 22 21 20 ..... 64 32 16 8 4 2 1 1 + 2 + 4 + 16 = 23

QUIZ ? = 741 Vakum Tidak Vakum Vakum Vakum Tidak Tidak Vakum Tidak Vakum 1 0 1 1 1 0 0 1 0 1 512 0 128 64 32 0 0 4 0 1 = 741

Komputer Generasi Kedua (1959-1964) Sirkuitnya berupa transistor Program dapat dibuat dengan bahasa tingkat tinggi ; COBOL, FORTRAN, ALGOL Kapasitas memori utama sudah cukup besar Proses operasi sudah cepat Membutuhkan lebih sedikit daya listrik Berorientasi pada bisnis dan teknik. Komputer yang paling banyak digunakan pada generasi kedua ini adalah IBM 401 untuk aplikasi bisnis, IBM 1602 & IBM 7094 untuk aplikasi teknik

Komputer Generasi Ketiga (1964-1970) Menggunakan IC ( Integrated Circuit ) Pemrosesan lebih cepat Kapasitas memori lebih besar lagi Penggunaan listrik lebih hemat Bentuk fisik lebih kecil Banyak bermunculan application software 1964 : IBM S/360, komputer generasi ketiga pertama digunakan untuk aplikasi bisnis dan teknik. 1969 : NOVA, dikembangkan oleh Data General Corporation, komputer mini 16 bit pertama

Komputer Generasi Keempat (1970-1990) Menggunakaan Large Scale Integration ( LSI ) Dikembangkan komputer micro yang menggunakan microprocessor dan semiconductor yg berbentuk chip untuk memori komputer IBM 370, komputer generasi keempat yang pertama Cray 1, Komputer super pertama Apole II, Personal Computer pertama Komputer IBM PC yang pertama Pentium II AMD K6 3D

Komputer Generasi Kelima (Sejak 1990 an) Menggunakaan Very Large Scale Integration ( VLSI ) Adanya microprocessor dan semi conductor Komputer pada generasi ini mengembangkan komputer yang bisa bercakap dengan manusia sehingga bisa meniru intelegensi manusia

ARTIFICIAL INTELLEGENCE Kecerdasan Buatan : Game Playing General Problem Solving Natural Language Recognition Speech Recognition Visual Recognition Robotics Dan Sistem Pakar XBOX 360 Kinnect

PROSES AI

MIKROKONTROLLER 1.1 Memori dan register 1.2 Central Processing Unit /CPU 1.3 Bus/jalur 1.4 Input-output unit 1.5 Komunikasi Serial 1.6 Timer unit 1.7 Watchdog 1.8 Pengubah sinyal Analog ke Digital

Mikrokontroller & Komputer Kesamaan antara Mikrokontroler dengan Komputer Sama-sama memiliki unit pengolah pusat atau yang lebih dikenal dengan CPU (Central Processing Unit); CPU tersebut sama-sama menjalankan program dari suatu lokasi atau tempat, biasanya dari ROM (Read Only Memory) atau RAM (Random Access Memory); Sama-sama memiliki RAM yang digunakan untuk menyimpan data-data sementara atau yang lebih dikenal dengan variabel-variabel;Sama-sama memiliki beberapa keluaran dan masukan yang digunakan untuk melakukan komunikasi timbal-balik dengan dunia luar.

Mikrokontroller & Komputer Perbedaan antara mikrokontroler dan komputer antara lain : CPU pada Komputer berada eksternal dalam suatu sistem, sampai saat ini kecepatan operasionalnya sudah mencapai tingkat lebih dari 2 GHz, sedangkan CPU pada Mikrokontroler berada internal dalam sebuah chip, kecepatan bekerja masih cukup rendah, dalam orde MHz (misalnya, 24 MHz, 40 MHz dan lain sebagainya). Kecepatan yang relatif rendah ini sudah mencukupi untuk aplikasi-aplikasi berbasis mikrokontroler. Jika CPU pada komputer menjalankan program dalam ROM atau yang lebih dikenal dengan BIOS pada saat awal dihidupkan, kemudian mengambil atau menjalankan program yang tersimpan dalam hard disk. Sedangkan mikrokontroler sejak awal menjalankan program yang tersimpan dalam ROM internal-nya (bisa berupa Mask ROM atau Flash PEROM). Sifat memori program ini non volatile, artinya tetap akan tersimpan walaupun tidak diberi catu daya. RAM pada mikrokomputer bisa mencapai ukuran sekian MByte dan bisa di-upgrade ke ukuran yang lebih besar dan berlokasi di luar chip CPU-nya, sedangkan RAM pada mikrokontroler ada di dalam chip mikrokontroler yang bersangkutan dan ukurannya sangat minim, misalnya 128 byte, 256 byte dan seterusnya dan ukuran yang relatif kecil inipun dirasa cukup untuk aplikasi-aplikasi mikrokontroler. Keluaran dan masukan pada mikrokomputer jauh lebih kompleks dibandingkan dengan mikrokontroler, yang jauh lebih sederhana, selain itu, pada mikrokontroler tingkat akses keluaran dan masukan bisa dalam satuan per bit. Jika diamati lebih lanjut, Mikrokomputer atau Komputer merupakan komputer serbaguna atau general purpose computer, bisa dimanfaatkan untuk berbagai macam aplikasi (atau perangkat lunak). Sedangkan mikrokontroler adalah special purpose computer atau komputer untuk tujuan khusus, hanya satu macam aplikasi saja.

ROBOT Robot adalah sebuah alat mekanik yang dapat melakukan tugas fisik, baik menggunakan pengawasan dan kontrol manusia, ataupun menggunakan program yang telah didefinisikan terlebih dahulu. Robot biasanya digunakan untuk tugas berat, berbahaya, pekerjaan berulang dan kotor. Kebanyakan robot digunakan dalam bidang industri, sebagai contoh untuk pembersihan limbah beracun, penjelajahan bawah air dan ruang angkasa. Tapi seiring dengan perkembangan, robot sudah mulai masuk dalam bidang hiburan dan bidang pendidikan, alat pembantu rumah tangga, seperti penyedot debu dan pemotong rumput. International Robot Expo 2013

TINGKAT TEKNOLOGI ROBOT 1. Robot teknologi rendah 2. Robot teknologi menengah 3. Robot teknologi tinggi Base Rotation (dudukan untuk berputar) Shoulder Flex (lengan atas / pundak) Elbow Flex (lengan bawah) Wrist Pitch (pergelangan angguk) Wrist Yaw (pergelangan sisi) Wrist Roll (pergelangan putar)

GEOMETRI ROBOT Base Rotation (dudukan untuk berputar) Shoulder Flex (lengan atas / pundak) Elbow Flex (lengan bawah) Wrist Pitch (pergelangan angguk) Wrist Yaw (pergelangan sisi) Wrist Roll (pergelangan putar)

Joint Dan Link Linear Joint Gerakan antara In & Out, link adalah gerakan linear (tipe L-Joint). Orthogonal Joint Ini juga Linear Joint. Tetapi antara In & Out, Link-nya saling tegak lurus (tipe O-Joint) Rotational Joint. Merupakan penghubung dimana perputaran terjadi tegak lurus terhadap In & Out Link (tipe R-Joint). Twisting Joint. Mengakibatkan gerakan berputar, tapi putaran pararel dengan In & Out Link (tipe T-Joint) Revolving Joint. Input Link, pararel dengan axis perputaran dari joint. Output tegak lurus dengan putaran.

APLIKASI ROBOT DI INDUSTRI / MANUFAKTURING Pertama kita lihat kondisi pada industri sehingga diperlukan robot, yaitu : Kondisi yang berbahaya Pekerjaan yang berulang dan membosankan Bagian yang sulit dibawa Operasi dengan banyak shift General Electric Co. memberikan kriteria untuk survey penggunaan robot, yaitu : Operasi berulang dan sederhana dibutuhkan Cycle Time lebih besar dari 5 detik Part dapat dipindahkan pada lokasi dan orientasi tepat Berat part memadai Satu atau dua orang dapat digantikan dalam 24 jam

HUMANOID ROBOT ASIMO PET MAN HPR NAO WORLD TOP 4 PETMAN ASIMO VS PETMAN KURATAS

ROBOT DAN SENSOR