Manajemen Proyek Aplikasi Web Husni husni.trunojoyo.ac.id komputasi.wordpress.com Web Engineering 2010 Pertemuan ke-12.

Slides:



Advertisements
Presentasi serupa
These courseware materials are to be used in conjunction with Software Engineering: A Practitioner’s Approach, 6/e and are provided with permission by.
Advertisements

Web Engineering 2010 Pertemuan ke-01 Pengantar Rekayasa Web Husni Husni.trunojoyo.ac.id Komputasi.wordpress.com.
Pengembangan Sistem Informasi
CHAPTER 7 Pengembangan Sistem
Pengembangan Sistem Informasi - 4
Web Engineering 2010 Pertemuan ke-11
Manajemen Resiko 1.
Pengembangan Sistem Pakar
Pertemuan 2 Pengambilan Keputusan, Model dan Dukungan
Pertemuan 7 DSS Development
Pembelajaran Manajemen Kinerja
Pengelolaan Proyek Sistem Informasi
Bab 10 Penetapan Harga Produk Memahami dan Menangkap Nilai Pelanggan
Sasaran Menjelaskan apa yang dimaksud model proses
Bab 9 Pengembangan Produk Baru dan Strategi Siklus Hidup Produk
SIKLUS HIDUP PROYEK Manajemen Proyek_Gasal 2012/2013.
FASE PENGEMBANGAN MPSI sesi 8.
Web Engineering 2010 Pertemuan ke-02 Rekayasa Kebutuhan Aplikasi Web
PENGORGANISASIAN PROYEK SISTEM
Manajemen Proyek Sistem Informasi
Software Quality Assurance
PERENCANAAN MANAJEMEN MUTU
Sistem Informasi Marketing
Kuliah Sistem Pakar Pertemuan VIII “PENGEMBANGAN SISTEM PAKAR”
konflik organisasi / perilaku organisasi / herwanparwiyanto
PENGEMBANGAN SISTEM.
Dr. H. Pudjo Sumedi AS., SE., M.Ed.
Pengelolaan Proyek Sistem Informasi
2. Kompetensi Analis Bisnis
Manajemen & Evolusi SI/TI
MANAJEMEN SUMBER DAYA MANUSIA
PERENCANAAN STRATEGIS SISTEM INFORMASI (PSSI).
Pengenalan Manajemen Proyek
Mengelola isi halaman web
Manajemen Proyek.
1 Pendahuluan Ir. Waniwatining Astuti, M.T.I Muhammad Rachmadi, S.T., M.T.I.
Strategi Pengembangan SIA
PERTEMUAN 2 Manajemen, Manajer, dan Kegiatannya
ANALISIS SISTEM 1.
Administrasi Data dan Basis data
PERANCANGAN SISTEM.
Chapter 13 Mengembangkan Sistem.
Menentukan Nilai Bisnis dari Sistem dan Mengelola Perubahan
PERTEMUAN 7 PENGEMBANGAN SPK
PEMAHAMAN REKAYASA PERANGKAT LUNAK
Manajemen Proyek Web.
METODOLOGI MANAJEMEN PROYEK
PriNciples That Guide Practice
Pengelolaan Proyek Sistem Informasi
Dokumentasi & Pengelolaan Kebutuhan
Apakah “Praktek”? Praktek adalah sejumlah konsep, prinsip, metode dan tools that yang harus dimiliki ketika software direncanakan dan dikembangkan. Dia.
Pengelolaan Sistem Informasi
MANAJEMEN PROYEK SISTEM INFORMASI (ManPro-SI)
ANALISA DAN PERANCANGAN SISTEM INFORMASI
SISTEM INFORMASI PEMASARAN
R.S. Pressman & Associates, Inc
Metode Pengembangan Arsitektur
Analisa dan Perancangan Sistem
PENGEMBANGAN SISTEM Muhammad Hidayat, SE.
ANALISA DAN PERANCANGAN SISTEM INFORMASI
Materi Rekayasa Perangkat Lunak
Proses Pengembangan Database
REKAYASA WEB Development Process
PENGEMBANGAN SISTEM.
REKAYASA PERANGKAT LUNAK
Pengembangan Sistem Informasi
Pengembangan Sistem Informasi
PRAKTEK RPL.
Metode Pengembangan Arsitektur
Manajemen Proyek.
Transcript presentasi:

Manajemen Proyek Aplikasi Web Husni husni.trunojoyo.ac.id komputasi.wordpress.com Web Engineering 2010 Pertemuan ke-12

Outline • Tantangan • Mengelola Tim Pegembangan • Mengelola Proses Pengembangan • Resiko Proyek & Manajemen Resiko • Rangkuman 2

Tujuan • Manajemen Proyek Suatu pendekatan sistematis untuk merencanakan dan memandu proses proyek dari awal sampai akhir. • Merupakan aktifitas human-centered • Seperti analisis kebutuhan, resolusi konflik adalah kritis. • Banyak tim pengembangan masih “baru” untuk web – Sejarah singkat, kurang berpengalaman dalam manajemen – Pengalaman hanya dalam software tradisional 3

Sasaran & Tugas 4

Memperhitungkan Tujuan yang Konflik • Perubahan dalam satu tujuan menghadirkan tarik-ulur (trade-off) dengan yang lain. • Pastikan semua stakeholder mengetahui (aware) tentang hubungan ini! 5

Tradisional vs. Web 6 Proyek Tradisional • Quality product at lowest cost • Anggota tim • Horison bulan • Jutaan $ • Requirements-based; struc- tured phases; document- driven • Metode OO • Proses yang rigid • Kompleks; miskin reusability • Berpengalaman, pengembang profesional Proyek Web • Produk dapat digunakan dalam waktu paling singkat • Anggota tim • Horison 3-6 bulan • Ribuan $ • Metode Agile; prototipe • Metode component-based; multimedia; pemrograman visual • Proses bersifat ad-hoc • Distandarkan; reusability tinggi • Perancang multimedia; pemrograman Web; penjual

Tantangan Umum • Leadership (Kepemimpinan) – Perencanaan yang buruk/tak-lengkap – Sistem software unik/warisan – Kepemimpinan sangat teknis • Development (Pengembangan) – Kepribadian (individuality) – Banyak solusi alternatif – Berlomba dengan perubahan (rapid) • Monitoring (Pengawasan) 7

Tantangan Pengembangan • Novelty (keterbaruan) – pengguna tidak dikenali & tidak diberitahu. • Usability (kebergunaan) – tidak ada manual, waktu untuk belajar sangat sedikit, intuitif! • Dynamics – tekanan waktu • Parallelism – sub tim & komunikasi • Continuity – pengembangan menuju transisi • Juvenility – muda; kurang pengalaman • Immaturity – tool tidak mencukupi 8

Tantangan Terkait-Produk • Aplikasi Web bersifat “sederhana” • Aesthetics (estetika) • Spontaneity (spontanitas) • Ubiquity • Compatibility (kesesuaian) • Stability & Security • Scalability 9

Mengelola Tim Pengembangan • Sukses sangat ditentukan oleh dinamika grup & sebaik apa mereka dikelola – Komunikasi antar anggota tim – Motivasi & koordinasi oleh Manajer Proyek – Mengenali & menyelesaikan konflik secepatnya – Rekayasa terjadi berbarengan (concurrent) – Primer & cadangannya – Dokumentasi adalah tanggungjawab setiap orang 10

Tim Proyek Web 11 Manajer Proyek Insinyur Software Perancang Multimedia Pakar Bidang Terkait Pakar Bisnis

Peran Manajer Proyek • Mediator • Motivator • Communicator • Translator • Trainer • Hubungan dengan Konsumen – Requirement selama pengembangan – Pasca deployment (instalasi di konsumen)? 12

10 Aturan Emas 1.Memajukan gambaran pribadi profesional dari setiap anggota tim dan perilaku beradab. 2.Tekankan pentingnya pengetahuan apllikasi berbeda 3.Pecahkan konflik secepatnya 4.Pelihara peran terdefinisi baik 5.Wujudkan pengembangan paralel dan sinergis 6.Sebarkan tugas dokumentasi secara wajar/adil 7.Majukan & koordinasikan pemanfaatan tool berkelanjutan 8.Terjemahkan biaya & nilai-nilai 9.Pelihara keterlibatan konsumen 10.Pantau kemajuan dan sasaran proyek 13

Mengelola Proses Pengembangan • Tool-driven vs. document-driven – Paket requirement & test – Komunikasi (Wikis) • Manajemen konfigurasi – Penanganan versi (versioning) – Siklus iterasi yang singkat – No project is too small for it! • Mengukur kemajuan – Spesifikasi sistem – Aplikasi itu sendiri 14

Resiko Proyek • Resiko: Peluang suatu aktifitas mengakibatkan kerugian. • Resiko paling kritis: – Kekurangan personalia – Waktu dan spesifikasi biaya yang tak-realistis – Komponen pihak-ketiga yang tak kompatibel – Properti-properti salah dipahami – Antarmuka pengguna yang jelek 15

Resiko Top “Nielsen” • Definisi sasaran hasil (objective) yang tak jelas • Pengguna yang ditargetkan salah • Struktur halaman berorientasi-pengembangan • Rancangan yang tak-konsisten • Anggaran yang tak-cukup untuk pemeliharaan • Pemakaian ulang content & linking yang jelek • Pencampuran Internet & intranet • Riset pemasaran dilihat sebagai riset kebergunaan 16

Manajemen Resiko • Bagaimana mungkin suatu masalah terjadi, Apa yang akan terpengaruh, dan apa saja solusinya? • Penilaian: kenali, analisis & tentukan prioritas • Kendali: tetapkan, awasi, redakan • Grup adalah lebih baik dalam menaksir dan mengelola resiko daripada seorangan. • Kerjakan suatu analisis cost-benefit untuk memutuskan aktifitas manajemen resiko. 17

Rangkuman • Manajemen proyek merupakan bagian dari proses meta-development (proses mengenai proses tersebut) – Meminimalkan resiko – Memungkinkan pengawasan proses pengembangan – Mengharuskan integrasi dengan proses pengembangan (titik “pemeriksaan=probe”) 18

Referensi • Bacaan Utama – Bab 9 19

Pertanyaan? 20