Teknik Pemrograman (TEKPRO)

Slides:



Advertisements
Presentasi serupa
TEORI ALGORITMA.
Advertisements

STRUKTUR PERULANGAN Statemen ini di gunakan untuk memproses statemen-statemen tertentu berulang kali. Struktur perulangan While … Do Jenis perulangan.
STRUKTUR PERULANGAN Perulangan adalah instruksi yang dapat mengulang sederetan Instruksi secara berulang-ulang sesuai persyaratan yang ditetapkan. Struktur.
STATEMENT KONDISI Adalah perintah yang memungkinkan
PENGULANGAN PROSES PADA VISUAL BASIC
MATERI 8 CHOICE / PILIHAN.
Hanya dipergunakan untuk kepentingan pengajaran di lingkungan Telkom Applied Science School MI1264 Dasar Algoritma dan.
PERTEMUAN 6 Algoritma Presented by : Sity Aisyah, M.Kom
Pemrograman Visual (Borland Delphi 7.0)
Iteration Statements (statement iterasi/pengulangan) As’ad Djamalilleil
Struktur Dasar Algoritma
Struktur Kontrol Struktur kontrol merupakan pengatur aliran program
Struktur Kontrol.
Teknik Pemrograman (TEKPRO)
Teknik Pemrograman (TEKPRO)
Struktur Kontrol #2 Perulangan
Teknik Pemrograman (TEKPRO)
Algoritma dan Struktur Data
PENCARIAN (SEARCHING)
Struktur Kontrol: Keputusan
OPERATOR.
Algoritma dan Struktur Data
Mata Kuliah : Metode Numerik Gianinna Ardanewari
PERTEMUAN 1 Pendahuluan Materi - Endra Rahmawati, S.Kom -
Pemograman 1 Pertemuan 6.
Pengenalan PHP Operator Aritmatika:
Operasi Perulangan pada FORTRAN Pertemuan 6
PHP Operators.
Operator Fungsi Logika Perulangan
PERNYATAAN PERULANGAN
PHP? PHP adalah server-side web programming
Pengulangan.
LOOPING / PERULANGAN VISUAL BASIC 6.0.
Algoritma dan Pemrograman
Materi Kuliah 1. Pertemuan ke : 1 Pengenalan Komputer dan Pemrograman
STRUKTUR PERULANGAN STMIK AMIKOM PURWOKERTO.
KUG1A3 Algoritma& Pemrograman
Dasar-Dasar Pemrograman
PERNYATAAN PERULANGAN
STRUKTUR DASAR ALGORITMA
PERULANGAN WHILE.
Algoritma Pemrograman
Pernyataan Pengulangan Proses
Pernyataan Pengulangan Proses
Pengenalan PHP Operator Aritmatika:
Algoritma dan Pemrograman
Pseudocode – Tipe Data, Variabel, dan Operator
Struktur Kontrol Struktur kontrol merupakan pengatur aliran program
Pseudo-code.
PERTEMUAN 5 Pemrograman Visual
Materi Kuliah 1. Pertemuan ke : 1 Pengenalan Komputer dan Pemrograman
Pengulangan.
Perulangan (LOOPING)   Jika dibandingkan dengan computer, manusia mempunyai kekurangan. Salah satu kekurangannya adalah manusia tidak mampu melaksanakan.
Pengulangan.
Pernyataan Pengulangan Proses
AP2A Perulangan & Array PJ : Wawan Setiawan 07
Struktur Dasar Algoritma dan Runtunan
Algoritma dan Pemrograman Subrutin (Function)
Tipe data & Variabel 1. Aturan Leksikal. 2. Operator. 3. Statement
Seleksi Kondisi merupakan perintah yang memungkinkan pemilihan atas perintah yang akan dijalankan sesuai dengan kondisi tertentu. Operator yang digunakan.
LOOPING / PERULANGAN FOR - DO WHILE - DO REPEAT - UNTIL
JENIS DAN SIMBOL FLOWCHART PRODI MIK | FAKULTAS ILMU-ILMU KESEHATAN
Tipe data & Variabel 1. Aturan Leksikal. 2. Operator. 3. Statement
Pengulangan.
PHP.
Algoritma dan Pemrograman
LOGIKA & ALGORITMA KONSEP ALGORITMA & FLOWCHART M. Febriansyah, ST., MT.
PEMROGRAMAN DASAR Pertemuan Ke-1
Pernyataan Pengulangan Proses
FONDASI PEMROGRAMAN & STRUKTUR DATA #2 - 4
Transcript presentasi:

Teknik Pemrograman (TEKPRO) Oleh: Achmad Zakki Falani, S.Kom. Fakultas Ilmu Komputer Universitas Narotama

Materi Teknik Pemrograman Pertemuan ke- Materi I Pengenalan Algorithma Dasar-dasar pemrograman Sequence II Selection III Iteration IV QUIZ I (Materi pertemuan ke-I,II,III) V Array & Random VI - Procedure & Function VII QUIZ II (Materi pertemuan ke V, VI) UAS (Semua Materi) BACK NEXT

Kriteria Penilaian: Teknik Pemrograman Kehadiran : 10 % Tugas : 15 % Keaktifan : 15 % NIlai UTS : 30 % (Reg./Kelas A&B) Nilai UAS : 30 % (Reg./Kelas A&B) Nilai UAS : 60 % (Ins./Kelas C) BACK NEXT

Back to ALPRO (Algoritma & Pemrograman) Teknik Pemrograman Back to ALPRO (Algoritma & Pemrograman) Algoritma ? BACK NEXT

Back to ALPRO (Algoritma & Pemrograman) Teknik Pemrograman Back to ALPRO (Algoritma & Pemrograman) Pemrograman? BACK NEXT

Level Bahasa Pemrograman Teknik Pemrograman Level Bahasa Pemrograman High Level Language Low Level Language BACK NEXT

Klasifikasi Teknik Pemrograman Desktop Programming Web Programming Mobile Programming Machine Programming BACK NEXT

Teknik Pemrograman Tools Flowchart ? BACK NEXT

Symbol Flowchart Teknik Pemrograman Symbol Keterangan 1. Start & Finish Begin & End Mulai & Selesai 2. Inisialisasi 3. Input & Output BACK NEXT

Symbol Flowchart Teknik Pemrograman Symbol Keterangan 4. Proses 5. Pengecekan (If , While, Until, dll…) 6. Perulangan / Loop (For, Do, Loop, dll…) 7. Perputaran Lanjutan Loop (Next Construction) BACK NEXT

Symbol Flowchart Teknik Pemrograman Symbol Keterangan 8. Garis Penghubung 9. Sambungan / Lanjutan 10. Prosedur / Fungsi BACK NEXT

Back to ALPRO (Algoritma & Pemrograman) Teknik Pemrograman Back to ALPRO (Algoritma & Pemrograman) Macam Operator: Operator Aritmatika Operator Assignment Operator Perbandingan Operator Logika BACK NEXT

Operator Aritmatika Teknik Pemrograman Digunakan untuk melakukan Perhitungan BACK NEXT

Operator Aritmatika Teknik Pemrograman Simbol Fungsi Contoh + Penjumlahan jumlah=2+4 - Pengurangan kurang=4-2 * Perkalian perkalian=4*2 / atau div Pembagian Pembagian=6/3 MOD atau % Sisa Hasil Pembagian Sisa=6/3 Sisa=0 BACK NEXT

Operator Assignment Teknik Pemrograman Digunakan untuk mengisi variable yang terletak di sebelah kiri operator dengan nilai yang ada disebelah kanan operator BACK NEXT

Operator Assignment Teknik Pemrograman Simbol Fungsi Contoh = Mengisikan nilai yang disebelah kanan operator ke variabel yang terletak di sebelah kiri operator. 12=10+2 += Menambahkan nilai yang di sebelah kanan operator ke variabel yang disebelah kiri dan hasilnya akan disimpan di variabel tersebut juga. i=2 i+=4 i=6 -= Mengurangkan nilai yang di sebelah kanan operator ke variabel yang disebelah kiri dan hasilnya akan disimpan di variabel tersebut juga. i=4 i-=2 i=2 */ Mengalikan nilai yang di sebelah kiri operator dengan variabel yang disebelah kanan dan hasilnya akan disimpan di variabel tersebut juga. i=2 i*=5 i=10 BACK NEXT

Operator Assignment Teknik Pemrograman Simbol Fungsi Contoh /= Membagi nilai yang di sebelah kiri operator dengan variabel yang disebelah kanan dan hasilnya akan disimpan di variabel tersebut juga. i=6 i/=3 i=2 %= Membagi nilai yang di sebelah kiri operator dengan variabel yang disebelah kanan kemudian sisa pembagian disimpan di variabel tersebut juga. i%=3 i=0 BACK NEXT

Operator Perbandingan Teknik Pemrograman Operator Perbandingan Digunakan untuk membandingkan dua kondisi atau lebih BACK NEXT

Operator Perbandingan Teknik Pemrograman Operator Perbandingan Simbol Fungsi Contoh = Akan bernilai TRUE atau 1 bila dua kondisi yang dibandingkan memiliki nilai yang sama, selain itu bernilai FALSE atau 0. jumlah=6 <> Akan bernilai TRUE atau 1 hanya jika dua kondisi yang dibandingkan memiliki nilai yang tidak sama (selain ini bernilai FALSE atau 0). 2<>4 > Akan bernilai TRUE atau 1 hanya jika nilai yang disebelah kiri lebih besar dari yang disebelah kanan (selain ini akan bernilai FALSE atau 0). 4>2 BACK NEXT

Operator Perbandingan Teknik Pemrograman Operator Perbandingan Simbol Fungsi Contoh < Akan bernilai TRUE atau 1 hanya jika nilai yang disebelah kiri lebih kecil dari yang di sebelah kanan (selain ini akan bernilai FALSE atau 0). 2<4 >= Akan bernilai TRUE atau 1 hanya jika nilai yang disebelah kiri lebih besar atau sama dengan dari yang disebelah kanan (selain ini akan bernilai FALSE atau 0). 4>=2, 4>=4 <= Akan bernilai TRUE atau 1 hanya jika nilai yang disebelah kiri lebih kecil atau sama dengan dari yang disebelah kanan (selain ini akan bernilai FALSE atau 0). 2<4, 2<=2 BACK NEXT

Operator Logika Teknik Pemrograman Digunakan untuk menggabungkan 2 (dua) kondisi atau lebih BACK NEXT

Operator Logika Teknik Pemrograman Simbol Fungsi AND simbol dari operator AND. Hasilnya akan bernilai 1 atau TRUE jika kedua kondisi memiliki nilai 1., selain ini hasil akan bernilai 0 atau FALSE. OR simbol dari operator OR. Hasilnya akan bernilai 0 jika kedua kondisi memiliki nilai 0, selain ini hasil akan bernilai 1 atau TRUE. XOR operator xor akan menghasilkan nilai 1 atau TRUE jika kedua kondisi sama dan 0 atau FALSE bila keduanya tidak sama. BACK NEXT

Back to ALPRO (Algoritma & Pemrograman) Teknik Pemrograman Back to ALPRO (Algoritma & Pemrograman) Variable? Variable Statis (Constanta) ? Variable Dinamis ? BACK NEXT

Tipe Data Teknik Pemrograman Teks: String, Char Number: Integer, Long Integer, Double Boolean (TRUE & FALSE / 1 & 0) BACK NEXT

Konstruksi Fundamental Teknik Pemrograman Konstruksi Fundamental Sequence Selection Iteration BACK NEXT

Konstruksi Fundamental Teknik Pemrograman Konstruksi Fundamental BACK NEXT

Konstruksi Fundamental (Sequence) Teknik Pemrograman Konstruksi Fundamental (Sequence) BACK NEXT

Konstruksi Fundamental (Sequence) Teknik Pemrograman Konstruksi Fundamental (Sequence) Symbol Keterangan 1. Start & Finish Begin & End Mulai & Selesai 2. Inisialisasi 3. Input & Output BACK NEXT

Konstruksi Fundamental (Sequence) Teknik Pemrograman Konstruksi Fundamental (Sequence) Symbol Keterangan 4. Proses 5. Penghubung 6. Sambungan / Lanjutan BACK NEXT

Konstruksi Fundamental (Sequence) Teknik Pemrograman Konstruksi Fundamental (Sequence) Studi Kasus (1) Tulis Flowchart & Program untuk memasukkan Bilangan N, dan kalikan bilangan tersebut dengan TAHUN KELAHIRAN Anda, dimana TAHUN KELAHIRAN di inputkan dari keyboard. Kemudian Cetak Hasilnya pada layar BACK NEXT

Konstruksi Fundamental (Sequence) Teknik Pemrograman Konstruksi Fundamental (Sequence) Studi Kasus (2) Tulislah Flowchart dan Program untuk menghitung dan mencetak: - keliling (k) (4*s) - luas (l) (s*s) Bujur Sangkar, dimana (s) adalah bilangan sisi yang di inputkan dari keyboard BACK NEXT

Konstruksi Fundamental (Sequence) Teknik Pemrograman Konstruksi Fundamental (Sequence) Studi Kasus (3) Tulislah Flowchart & Program untuk Mengisikan nilai jari-jari sebuah lingkaran, dan kemudian mencetak keliling (2**r) dan luas (* 𝑟 2 ) tersebut. Catatan: kuadrat bisa diwakili dengan tanda caping (^) atau dikalikan dengan dirinya sendiri BACK NEXT

Konstruksi Fundamental (Sequence) Teknik Pemrograman Konstruksi Fundamental (Sequence) Soal (1) Tulislah flowchart dan program untuk menghitung dan mencetak keliling (k) dan luas (l) dari sebuah segitiga siku-siku. *) k=a + t + s *) s= (𝑎 ∗𝑎)+(𝑡∗𝑡) *) l=(a*t)/2 Catatan: Untuk akar bisa menggunakan fungsi sqr / sqrt. BACK NEXT

Konstruksi Fundamental (Sequence) Teknik Pemrograman Konstruksi Fundamental (Sequence) Soal (2) Masukkan dari keyboard nilai dari 2 buah variabel, A and B, kemudian tukarlah pasangan nilainya. Sebelum dan sesudah proses pertukaran, cetaklah isi kedua variabel tersebut ke layar. (Tulis Flowchart & Program) BACK NEXT

Konstruksi Fundamental (Sequence) Teknik Pemrograman Konstruksi Fundamental (Sequence) Soal (3) Masukkan sebuah bilangan dan kemudian cetaklah nilai RATUSAN, PULUHAN, dan SATUAN dari bilangan tersebut. (Tulis Flowchart & Program) BACK NEXT

Konstruksi Fundamental (Sequence) Teknik Pemrograman Konstruksi Fundamental (Sequence) Soal (4) Dari soal no.3, kembangkan menjadi dalam bentuk RIBUAN, RATUSAN, PULUHAN dan SATUAN. BACK NEXT

Tugas1 (Sequence) Teknik Pemrograman Buatlah 3 Soal lagi tentang Sequence (tidak termasuk dalam modul). Jawab soal tersebut dengan menulis: Flowchart & Programnya. Jika Copy-Paste, maka tugas akan dikembalikan keduanya (baik yg.Copy, maupun yg Paste) Waktu 1 minggu dari sekarang Kumpulkan dalam bentuk print Jilid A4. BACK NEXT

Konstruksi Fundamental (Selection) Teknik Pemrograman Konstruksi Fundamental (Selection) BACK NEXT

Konstruksi Fundamental (Selection) Teknik Pemrograman Konstruksi Fundamental (Selection) Symbol Keterangan 1. Start & Finish Begin & End Mulai & Selesai 2. Inisialisasi 3. Input & Output BACK NEXT

Konstruksi Fundamental (Selection) Teknik Pemrograman Konstruksi Fundamental (Selection) Symbol Keterangan 4. Proses 5. Penghubung 6. Pengecekan 7. Sambungan / Lanjutan BACK NEXT

Konstruksi Fundamental (Selection) Teknik Pemrograman Konstruksi Fundamental (Selection) Pengecekan if ….(kondisi)…. then ….(aksi).... end if BACK NEXT

Konstruksi Fundamental (Selection) Teknik Pemrograman Konstruksi Fundamental (Selection) Pengecekan If ….(kondisi)…. then …(aksi TRUE)… else ….(aksi FALSE).... end if BACK NEXT

Konstruksi Fundamental (Selection) Teknik Pemrograman Konstruksi Fundamental (Selection) Pengecekan If ….(kondisi-TRUE-1)…. then …(aksi-TRUE-1)… elseif (kondisi-TRUE-2) then ….(aksi-TRUE-2).... elseif (kondisi-3) then ….(aksi-TRUE-3).... else ….(aksi-FALSE)…. end if BACK NEXT

Konstruksi Fundamental (Selection) Teknik Pemrograman Konstruksi Fundamental (Selection) Pengecekan If ….(kondisi-TRUE-1)…. then …(aksi-TRUE-1)… elseif (kondisi-TRUE-2) then ….(aksi-TRUE-2).... elseif (kondisi-3) then ….(aksi-TRUE-3).... else ….(aksi-FALSE)…. end if BACK NEXT

Konstruksi Fundamental (Selection) Teknik Pemrograman Konstruksi Fundamental (Selection) Pengecekan If ….(kondisi-TRUE-1)…. then …(aksi-TRUE-1)… else if ….(kondisi-TRUE-2)…. then ….(aksi-TRUE-2)…. ….(aksi-FALSE)…. end if BACK NEXT

Konstruksi Fundamental (Selection) Teknik Pemrograman Konstruksi Fundamental (Selection) Pengecekan If ….(kondisi-TRUE-1)…. then …(aksi-TRUE-1)… else if ….(kondisi-TRUE-2)…. then ….(aksi-TRUE-2)…. elseif ….(kondisi-TRUE-3)…. Then ….(aksi-TRUE-3)…. ….(aksi-FALSE)…. end if BACK NEXT

Konstruksi Fundamental (Selection) Teknik Pemrograman Konstruksi Fundamental (Selection) Pengecekan If ….(kondisi-TRUE-1)…. then if …(kondisi-TRUE-2)… then if …(kondisi-TRUE-3)… then ……………dst…….………. end if BACK NEXT

Konstruksi Fundamental (Selection) Teknik Pemrograman Konstruksi Fundamental (Selection) Pengecekan Select Case Case …(kondisi-1)… ………….(aksi-TRUE-1) …………. Case …(kondisi-2)… ………….(aksi-TRUE-2) …………. .…………(aksi-TRUE-3) ………… …………………………………………………. Case Else ……………(aksi-FALSE) …………… End Select BACK NEXT

Konstruksi Fundamental (Selection) Teknik Pemrograman Konstruksi Fundamental (Selection) Studi Kasus (1) Masukkan sebuah bilangan melalui keyboard, kemudian tampilkan keterangan pada layar komputer, apakah bilangan tersebut adalah gasal atau genap. (Tulis Flowchart & Program) BACK NEXT

Konstruksi Fundamental (Selection) Teknik Pemrograman Konstruksi Fundamental (Selection) Studi Kasus (2) Masukkan 2 (dua) buah bilangan A & B, kemudian cetak keterangan apakah A>B, B>A atau A=B. (Tulis Flowchart & Program) BACK NEXT

Konstruksi Fundamental (Selection) Teknik Pemrograman Konstruksi Fundamental (Selection) Studi Kasus (3) Buatlah Kalkulator Sederhana, untuk melakukan Penjumlahan (+), Pengurangan (-), Perkalian (*), Pembagian (/) serta Pangkat (^) dari 2 (dua) buah bilangan A & B. (Tulis Flowchart & Program) BACK NEXT

Konstruksi Fundamental (Selection) Teknik Pemrograman Konstruksi Fundamental (Selection) Soal (1) Masukkan sebuah bilangan melalui keyboard, kemudian tampilkan keterangan pada layar komputer, apakah bilangan tersebut adalah Positif, Negatif, atau Nol. (Tulis Flowchart & Program) BACK NEXT

Konstruksi Fundamental (Selection) Teknik Pemrograman Konstruksi Fundamental (Selection) Soal (2) Gambarlah flowchart unuk membantu seorang kasir menentukan jumlah uang yang harus dibayar pembeli pada suatu penjualan berdiscount. Pembelian di bawah Rp. 100.000,-- tidak diberikan discount. Discount 7,5% akan diberikan untuk pembelian Rp. 100.000,-- s.d. 200.000,--. Discount 10% akan diberikan untuk pembelian Rp. 200.000,-- s.d. 350.000,--. Discount 15% akan diberikan untuk pembelian di atas Rp. 350.000,- Sebagai data input adalah total nilai penjualan, sedangkan output adalah uang yang harus dibayar pembeli setelah discount (jika ada) diberikan. BACK NEXT

Konstruksi Fundamental (Selection) Teknik Pemrograman Konstruksi Fundamental (Selection) Soal (3) Masukkan N, dimana N adalah deteksi warna yang sesuai pada table berikut: Tulis Flowchart & Program Nilai N Warna Merah Kuning Hijau BACK NEXT

Tugas2 (Selection) Teknik Pemrograman Buatlah 3 Soal lagi tentang Selection (tidak termasuk dalam modul). Jawab soal tersebut dengan menulis: Flowchart & Programnya. Jika Copy-Paste, maka tugas akan dikembalikan keduanya (baik yg.Copy, maupun yg Paste) Waktu 1 minggu dari sekarang Kumpulkan dalam bentuk print Jilid A4. BACK NEXT

Konstruksi Fundamental (Iteration) Teknik Pemrograman Konstruksi Fundamental (Iteration) BACK NEXT

Konstruksi Fundamental (Iteration) Teknik Pemrograman Konstruksi Fundamental (Iteration) FOR ..nilai awal.. TO ..nilai loop.. STEP ..counter.. ….aksi…. Next BACK NEXT

Konstruksi Fundamental (Iteration) Teknik Pemrograman Konstruksi Fundamental (Iteration) DO WHILE …(kondisi)… …aksi… LOOP BACK NEXT

Konstruksi Fundamental (Iteration) Teknik Pemrograman Konstruksi Fundamental (Iteration) DO UNTIL…(kondisi)… …aksi… LOOP BACK NEXT

Konstruksi Fundamental (Iteration) Teknik Pemrograman Konstruksi Fundamental (Iteration) DO …aksi… LOOP UNTIL …(kondisi)… BACK NEXT

Konstruksi Fundamental (Iteration) Teknik Pemrograman Konstruksi Fundamental (Iteration) DO …aksi… LOOP WHILE …(kondisi)… BACK NEXT

Konstruksi Fundamental (Iteration) Teknik Pemrograman Konstruksi Fundamental (Iteration) Kesimpulan Until = sampai -> cirinya, jika Y berhenti While = selama -> cirinya, jika Y perulangan TOP WHILE TOP UNTIL BOTTOM WHILE BOTTOM UNTIL BACK NEXT

Konstruksi Fundamental (Iteration) Teknik Pemrograman Konstruksi Fundamental (Iteration) Kesimpulan Until = sampai -> cirinya, jika Y berhenti While = selama -> cirinya, jika Y perulangan BACK NEXT

Konstruksi Fundamental (Iteration) Teknik Pemrograman Konstruksi Fundamental (Iteration) Catatan: = vs <> > vs <= < vs >= AND vs OR BACK NEXT

Konstruksi Fundamental (Iteration) Teknik Pemrograman Konstruksi Fundamental (Iteration) Studi Kasus (1) Gambarlah flowchart dan tulislah program melalui VBScript untuk mencetak deret angka 1sampai n, dimana n adalah input dari keyboard. 1,2,3,4,5,6,7…..n BACK NEXT

Konstruksi Fundamental (Iteration) Teknik Pemrograman Konstruksi Fundamental (Iteration) Studi Kasus (2) Dari studi kasus 1, kembangkan menjadi soal berikut. Deteksi apakah angka tersebut adalah ganjil / genap. 1 (Ganjil) 2 (Genap) 3 (Ganjil) 4 (Genap) 5 (Ganjil) : n BACK NEXT

Konstruksi Fundamental (Iteration) Teknik Pemrograman Konstruksi Fundamental (Iteration) Studi Kasus (3) Gambarlah flowchart dan tulislah program melalui VBScript untuk mencetak deret 0,1,3,6,10,15,21,28,... Dimana jumlah deret angka diwakili dengan inputan n, kecuali 0 tidak dihitung BACK NEXT

Konstruksi Fundamental (Iteration) Tugas Teknik Pemrograman Konstruksi Fundamental (Iteration) Tugas Studi Kasus (4) Gambarlah flowchart dan tulislah program melalui VBScript untuk mencetak deret Fibonacci yang secara logika tidak akan pernah berhenti atau infinite loop seperti berikut ini: 0,1,1,2,3,5,8,13,21,34,55,... Perhatikan bahwa sebuah bilangan pada deret Fibonacci adalah hasil penjumlahan dua bilangan sebelumnya BACK NEXT

Konstruksi Fundamental (Iteration) Tugas Teknik Pemrograman Konstruksi Fundamental (Iteration) Tugas Studi Kasus (5) Tulislah algoritma atau Flowchart untuk mencetak deret Fibonnacci dalam range 1 s.d. 1000 dengan format: 0 (GENAP) 1 (GASAL) 2 (GENAP) 3 (GASAL) 5 (GASAL) 8 (GENAP) : 987 (GASAL) BACK NEXT

Konstruksi Fundamental (Iteration) Teknik Pemrograman Konstruksi Fundamental (Iteration) Soal (i) Buatlah Flowchartnya dan tulis Programnya untuk membuat validasi pengisian n, apabila n bilangan ganjil maka input ulang sampai nilai n benar-benar adalah sebuah bilangan genap. “Cetak hasil n” Kerjakan dengan menggunakan: - Top Tested - Bottom Tested BACK NEXT

Konstruksi Fundamental (Iteration) Teknik Pemrograman Konstruksi Fundamental (Iteration) Soal (ii) Buatlah Flowchartnya dan tulis Programnya untuk membuat validasi pengisian n, apabila n bukan bilangan positif maka input ulang sampai nilai n benar-benar adalah sebuah bilangan positif. “Cetak hasil n” Kerjakan dengan menggunakan: - Top Tested - Bottom Tested BACK NEXT

Konstruksi Fundamental (Iteration) Tugas Teknik Pemrograman Konstruksi Fundamental (Iteration) Tugas Soal (iii) Buatlah sebuah Flowchart & program input validator dimana inputan antara range 0..100 BACK NEXT

Konstruksi Fundamental (Iteration) Teknik Pemrograman Konstruksi Fundamental (Iteration) Soal (iv) Tulislah algoritma atau Flowchart untuk mencetak karakter bintang dengan model berikut: n=5 n=3 ***** *** ***** *** ***** *** ***** BACK NEXT

Konstruksi Fundamental (Iteration) Teknik Pemrograman Konstruksi Fundamental (Iteration) Soal (v) Tulislah algoritma atau Flowchart untuk mencetak karakter bintang dengan model berikut: n=5 n=3 * * ** ** *** *** **** ***** BACK NEXT

Tugas3 (Iteration) Teknik Pemrograman Buatlah 3 Soal lagi tentang Iteration (tidak termasuk dalam modul). Jawab soal tersebut dengan menulis: Flowchart & Programnya. Jika Copy-Paste, maka tugas akan dikembalikan keduanya (baik yg.Copy, maupun yg Paste) Waktu 1 minggu dari sekarang Kumpulkan dalam bentuk print Jilid A4. BACK NEXT

Array (= subscrefield variable, = indexed variable) Teknik Pemrograman Array (= subscrefield variable, = indexed variable) Array adalah sebuah variable jamak Syntax: namavar(indeks1, indeks2, indeks3,……….,n) BACK NEXT

Jenis Array Teknik Pemrograman Array 1 Dimensi Array 2 Dimensi BACK NEXT

Array 1 Dimensi (Vektor) Teknik Pemrograman Array 1 Dimensi (Vektor)   V(3) BACK NEXT

Array 2 Dimensi (Matriks) Teknik Pemrograman Array 2 Dimensi (Matriks) 1 2 3 4 5   M(2,4) BACK NEXT

Teknik Pemrograman Array 3 & 4 Dimensi Kubik / Cube BACK NEXT

Keistimewaan Array Teknik Pemrograman Indeks dapat di interpresentasikan dalam bentuk value (varibel dinamis, konstanta, expressive). BACK NEXT

Array Teknik Pemrograman //deklarasi variabel Dim x(3) x(1)=17 x(2)=8 x(3)=1945 document.write x(1) //hasil 17 A=2 B=3 document.write x(A) //hasil 8 BACK NEXT

Teknik Pemrograman Array Studi Kasus (1) Isi elemen array dari sebuah inputan keyboard, dimana jumlah elemennya adalah 3, kemudian cetak elemen – elemen array tersebut pada layar. BACK NEXT

Teknik Pemrograman Array Studi Kasus (2) Dari soal no.1 dapat dikembangkan menjadi soal berikut. Isi elemen array dari sebuah inputan keyboard, dimana jumlah elemennya ditentukan dari inputan pada keyboard, kemudian cetak elemen – elemen array tersebut. BACK NEXT

Teknik Pemrograman Array Soal (1) Tulis Flowchart & Program untuk memasukkan data berikut ke dalam elemen array. 1. Noval Riswandha 2. Hariyadi Yutanto 3. Nilam Ramadhani 4. Roni Pambudi Cetak data tersebut ke dalam layar. BACK NEXT

Random Number (Randomize) Teknik Pemrograman Random Number (Randomize) randomize for i=1 to 5 document.write rnd & “<br>” next BACK NEXT

Random Number (Randomize) Teknik Pemrograman Random Number (Randomize) Acak angka 0-99 randomize for i=1 to 5 document.write int(rnd*100) & “<br>” next BACK NEXT

Random Number (Randomize) Teknik Pemrograman Random Number (Randomize) Jika nilai random hanya ingin menghendaki nilai range 10 – 89, maka data nilai range terakhir ditambahi 1, jadi rumusnya: 10 + int(RND*90) dimana nilai 90 diperoleh dari 89+1 BACK NEXT

Random Number (Randomize) Teknik Pemrograman Random Number (Randomize) Jika nilai random hanya ingin menghendaki nilai range 100 – 989, maka data nilai range terakhir ditambahi 10, jadi rumusnya: 100 + int(RND*999) dimana nilai 999 diperoleh dari 989+10 BACK NEXT

Random Number (Randomize) Teknik Pemrograman Random Number (Randomize) Studi Kasus (1) Tulis Flowchart & Program untuk merandom atau mengacak permainan dadu. Rumus: 1 + int(RND * 6) BACK NEXT

Random Number (Randomize) Teknik Pemrograman Random Number (Randomize) Studi Kasus (2) Tulis Flowchart & Program untuk merandom atau mengacak permainan dadu, jika terdapat 2 (dua) buah dadu yang digunakan secara bersamaan. BACK NEXT

Referensi: (Teknik Pemrograman) http://www.hansmichael.com http://www.tizag.com/vbscriptTutorial BACK NEXT