Oleh : Tim Pengembang TIK BTKP Dinas Dikpora DIY PROSEDUR PENGEMBANGA BAHAN BELAJAR Berbasis Internet.

Slides:



Advertisements
Presentasi serupa
MULTIMEDIA INTERAKTIF UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA
Advertisements

Selamat Datang Oleh : Edrizon
Wawan Laksito YS, S.Si, M.Kom
Multimedia dan Hypermedia
Oleh Kelompok 8 : M. Hanafi Rumatiga ( ) Terra Kurnia Desita ( )
Pengertian Bahan Ajar Bahan ajar adalah segala bentuk bahan yang digunakan untuk membantu guru/instruktor dalam melaksanakan kegiatan belajar mengajar.
PENGEMBANGAN MODUL SEKOLAH MENENGAH KEJURUAN
WELCOME TO MYPRESENTATION
PENGEMBANGAN TEKNOLOGI PENDIDIKAN
Dra. Istiyati Catharina, M.Pd.
Prinsip Perancangan Multimedia
UNSUR-UNSUR BAHAN AJAR
Musdalifah DJ. Teknologi selalu mencakup hardware dan software. Hardware akan berguna apaila ada software di dalamnya, demikian pula sebaliknya software.
PERKEMBANGAN DAN PENGENALAN BEBERAPA MEDIA
PENGEMBANGAN BAHAN AJAR SMA
OLEH DRS.AGUS WASISTO DDW,MPd
Pengertian Bahan Ajar Bahan ajar adalah segala bentuk bahan yang digunakan untuk membantu guru/instruktor dalam melaksanakan kegiatan belajar mengajar.
Pengembangan Media Presentasi
BERBASIS MULTIMEDIA INTERAKTIVE
Sudji Munadi, Sunaryo Sunarto, Wagiran
PENGGUNAAN ICT DALAM PEMBELAJARAN
KOMPUTER & MASYARAKAT Pertemuan 3.
MEDIA PEMBELAJARAN MATEMATIKA INOVATIF
Pembuatan Media Presentasi
Kementerian pendidikan nasional
Nina Widyaningsih, S.Pd., M. Hum PBSI UPY
PENYUSUNAN BAHAN AJAR.
PENGEMBANGAN BAHASA AJAR BERBASIS WEB
Media Pembelajaran Bahasa dan Sastra Jawa
Pemilihan Media.
Media Pembelajaran PKn SD
MULTIMEDIA PERTEMUAN 10 KHAOLA RACHMA ADZIMA PGSD FKIP.
MEDIA PEMBELAJARAN KUIS BERBASIS MACROMEDIA FLASH 8.0
TEKNOLOGI PEMBELAJARAN BERBASISKOMPUTER
Pertanyaan Terbimbing Universitas Negeri Malang Universitas Cambridge
Pengembangan Media Presentasi
Teamwork dalam Pengembangan Multimedia (MM)
Tahapan Proyek Pembuatan Situs Web
SUMBER BELAJAR DAN PENGEMBANGAN BAHAN AJAR
PENGEMBANGAN MATERI AJAR IPA SD
UNSUR-UNSUR BAHAN AJAR
Materi 3 - Komputer Multimedia
Pengembangan Media Presentasi
Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan
PENGEMBANGAN BAHAN AJAR SMA
PENULISAN MODUL.
Upaya Mengomunikasikan Gagasan dan Konsep Melalui Presentasi Digital
17 Langkah Pengembangan Bahan Belajar Berbasis Web
Media Pembelajaran.
UNSUR-UNSUR BAHAN AJAR
17 Langkah Pengembangan Bahan Belajar Berbasis Web
Penggunaan Komputer di Bidang Pendidikan
Pengertian Bahan Ajar Bahan ajar adalah segala bentuk bahan yang digunakan untuk membantu guru/instruktor dalam melaksanakan kegiatan belajar mengajar.
PENGGUNAAN ICT DALAM PEMBELAJARAN
Teknik Pembuatan Aplikasi CAI
PENGEMBANGAN MEDIA ICT
PENGEMBANGAN BAHAN AJAR.
KELOMPOK III 1.Arma Yanna Sari 2.Fetrinna Winda 3.Ria Mupidah
BAHAN AJAR VS BUKU TEKS Kelompok 2:
MULTIMEDIA Interaktif
PENGEMBANGAN MODUL SEKOLAH MENENGAH KEJURUAN
PEMBELAJARAN BERBASIS MEDIA PRESENTASI
UPT Pelayanan Pendidikan Unila
PROSEDUR PENGEMBANGAN MEDIA AUDIO PEMBELAJARAN
PENGEMBANGAN BAHAN AJAR SMA
PENGEMBANGAN BAHAN AJAR SMA
Pengertian Bahan Ajar Bahan ajar adalah segala bentuk bahan yang digunakan untuk membantu guru/instruktor dalam melaksanakan kegiatan belajar mengajar.
Pengantar.
Teknik Pembuatan Aplikasi CAI
UPT Pelayanan Pendidikan Unila
Transcript presentasi:

Oleh : Tim Pengembang TIK BTKP Dinas Dikpora DIY PROSEDUR PENGEMBANGA BAHAN BELAJAR Berbasis Internet

Media Presentasi Multimedia Interaktif VS Mengandung semua komponen pembelajaran Salah satu komponen pembelajaran Alat bantu Perlu kehadiran guru Interaktivitas langsung dengan penyaji Self-explanation/penjelasan Bisa dipelajari tanpa kehadiran guru Interaktivitas dengan program Fleksibel, mengakomodir kecepatan belajar siswa

PRINSIP PEMBELAJARAN BASIS WEB  Active: melakukan sesuatu membuat belajar lebih bermakna dan menyenangkan  Explorative: mencari memberikan pengalaman untuk menemukan sendiri  Insight : menemukan memberikan rasa percaya diri  Trial and error: mencoba-coba memberikan keberanian untuk berbuat salah dan memperbaikinya  Stimulus and respond: respond positif dan segera dapat memberikan penguatan terhadap hasil belajar  Repetitive: pengulangan memberikan pemahaman dan keterampilan  Scanning: user membaca materi yang terdapat di Web dilakukan secara cepat (scanning)  Kecepatan membaca: lewat Web lebih lambat dan umumnya tidak sabar, bila dibandingkan membaca lewat media cetak atau buku

MATERI PEMBELAJARAN DI  Dikembangkan sesuai kurikulum  Dimulai dengan pembuatan peta materi dan peta kompetensi  Pemilihan topik berdasarkan pertimbangan; esential, sulit, abstrak, dan relevan dengan media web  Terdiri dari topik yang spesifik dan fokus  Optimalkan media; teks, gambar, foto, animasi, simulasi, (video dan audio masih terbatas) Seharusnya…

Analisis Kebutuhan Penulisan GBIM & JM Ya tidak Revisi Naskah Penulisan naskah Pembuatan Alur materi Revisi Program tidak Ya Revisi ? Produksi Siap Upload Naskah Final

Pebentukan Tim Produksi (TL, Programer, Grafis & Animator) Pebentukan Tim Produksi (TL, Programer, Grafis & Animator) Ya tidak Perbaikan Pelaksanaan Produksi Masing-masing Tim Produksi Mempelajari Naskah Masing-masing Tim Produksi Mempelajari Naskah tidak Ya DiTes baik ? Program Final Di review baik ? Siap Upload

PBB, 2005  Programmer  Desainer grafis  Animator  Narator dan Teknisi  Penyedia media

Division of Higher Education, UNESCO, 2002 l Harus menguasai pemrograman (software) yang akan digunakan l Harus menguasai alur pemrograman l Menguasai istilah-istilah teknis pemrograman l Mampu menterjemahkan naskah ke dalam bentuk (teks, audio, gambar, animasi dan video) pada programan yang sedang dirancang l Mengenal estetika disain tampilan (tata letak tampilan, komposisi warna) dll. l Harus menguasai media pembelajaran l Harus menguasai karakteristik media l Terbuka dalam menerima masukan-masukan l Mau melihat hasil karya orang lain dan menggali sumber lain guna peningkatan diri l Mau dikritik untuk perbaikan berikutnya

Syarat Media Pembelajaran V Visible (Mudah dilihat) I Interesting (Menarik) S Simple (Sederhana) U Useful (Bermanfaat) A Accurate (Benar) L Legitimate (Sah, masuk akal) S Structure (Terstruktur)

V Visible (Mudah dilihat) I Interesting (Menarik) S Simple (Sederhana) U Useful (Bermanfaat) A Accurate (Benar) L Legitimate (Sah, masuk akal) S Structure (Terstruktur)

 Mengoptimalkan semua jenis media  Kontrol pada user  Belajar terprogram  Mudah dan cepat diakses  Dapat disimpan  Interaktif dan kolaboratif  Tepat waktu dan sesuai sasaran  Marerinya lebih Up to date  Banyak literatur yang dapat dimanfatkankan sebagai sumber belajar  Dapat digunakan untuk berkolaborasi antar siswa, guru dan orang tua.

Terima Kasih