Kurniawan Teguh Martono Sistem Komputer Universitas Diponegoro

Slides:



Advertisements
Presentasi serupa
Bab 6 Multimedia.
Advertisements

RAGAM MEDIA DALAM PEMBELAJARAN
Multimedia dan Hypermedia
GRAFIKA KOMPUTER BAB 1 . PENGANTAR.
S1 Teknik Informatika Disusun Oleh Dr. Lily Wulandari
Past, Present, and Future of User Interface Software Tools
CLOUD COMPUTING (Komputer Di Awan)
Aplikasi Mobile Augmented Reality Direktori Industri & Perdagangan
Augmented Reality.
Kurniawan Teguh Martono, ST, MT Jurusan Sistem Komputer
PENGENALAN SISTEM OPERASI
INTERAKSI MANUSIA DAN KOMPUTER
Kurniawan Teguh Martono Sistem Komputer Universitas Diponegoro
Pertemuan 5 Manipulasi langsung.
Manipulasi Langsung Manipulasi Langsung
Pemrograman multimedia
Pertemuan 5 Manipulasi langsung.
LOGO Pengenalan dan Pemeliharaan Hardware dan Software serta Install Program DIKLAT KEWIDYAISWARAAN PEMANFAATAN DAN PEMBUATAN MEDIA BELAJAR BERBASIS TIK.
PEMBUATAN APLIKASI CHATING MENGGUNAKAN JAVA NETBEANS Pandu Danuarso
DENGAN MENGGUNAKAN MACROMEDIA FLASH MX, DAN PEMBUATAN ANIMASI INTERALTIF MENGENAI TATA SURYA for further detail, please visit
APLIKASI for further detail, please visit
PENGENALAN TEKNOLOGI INFORMASI DAN KOMUNIKASI (AUGMENTED REALITY)
Oleh: Muhammad Yogie Latansa Kelas PTIK 4
Augmented Reality Kelompok 2 : Christian Tamin Edward Ivan Fadli
Nama : Deon Opisar H. NIM : Virtual Reality (VR) atau Realitas Maya adalah teknologi yang dibuat sehingga pengguna dapat berinteraksi dengan.
Materi Pertemuan 5 Manipulasi langsung. Perasaan positif yang timbul pada user yg puas dengan sistem interaktif :  Penguasaan atas sistem  Kompetensi.
Membuat Film Pembelajaran
DESAIN GRAFIS (CITRA BITMAP DAN VEKTOR)
BENTUK PENGOLAHAN DATA BIOMEDIS SECARA KOMPUTERISASI
Pengenalan Sistem Operasi
Human Computer Interaction (HCI)
Manajemen Proyek.
SISTEM KOMPUTER UNIVERSITAS GUNADARMA
KONSEP & SEJARAH SISTEM OPERASI
SISTEM GRAFIKA KOMPUTER
3D Mixed Reality berbasis Analisis Kedalaman Objek Nyata 3D
Bayu Pratama Nugroho, S.Kom, M.T
Bagian 1-Apa itu Multimedia?
Metode Perancangan Program
Kontrak Perkuliahan Sistem Multimedia Semester Ganjil
Virtual tour: tantangan menarik dalam teknologi
ALGORITMA & PEMROGRAMAN 1 B
Pengantar Teknik Elektro
TEKNOLOGI DAN SISTEM INFORMASI DALAM BIDANG PENDIDIDKAN
ALGORITMA & PEMROGRAMAN 2 B
GRAFIKA KOMPUTER DAN INFORMASI VISUAL
paradigma disain Interaksi Manusia - Komputer
Kontrak Kuliah.
Grafika komputer 1.
APLIKASI POWER POINT ONLINE
PERANGKAT LUNAK (SOFTWARE)
Virtual Reality (Law).
Seminar Skripsi Teknik Informatika Unikom 2013
Interaksi Manusia dan Komputer
Manipulasi Langsung Manipulasi Langsung
M.Fauzi Josua Tangke Gigih Yudha
OpenGL (Open Graphics Library)
Interactive multimedia
PERANGKAT LUNAK (SOFTWARE)
Pemrograman Mobile Kelompok Pertemuan 7.
Kecerdasan Buatan.
مقدمة في تفنة المعلو مات
UPT Pelayanan Pendidikan Unila
UPT Pelayanan Pendidikan Unila
PENGANTAR TEKNOLOGI INFORMASI
PENGANTAR TEKNOLOGI INFORMASI
INSTALASI DRIVER DAN APLIKASI
APLIKASI MODUL PENGENALAN BENTUK DAN WARNA UNTUK Faiz Djibran
Perkembangan Teknologi Informasi Tren Teknologi Dunia Hingga 2019.
Kompetendi Dasar 3.6 Menerapkan Instlasi Driver Perangkat Keras Komputer 4.6 Menginstalasi Perangkat Keras Komputer.
Transcript presentasi:

Kurniawan Teguh Martono Sistem Komputer Universitas Diponegoro Augmented Reality Kurniawan Teguh Martono Sistem Komputer Universitas Diponegoro

Topik Augmented Reality Teori Tujuan AR Aplikasi Penerapan AR Infrastruktur AR

Augmented Reality Merupakan variasi dari teknologi Virtual Reality atau virtual Environment VR/VE : Pengguna aplikasi benar-benar masuk kedalam lingkungan buatan. Dan user tidak melihat sekelilingnya AR : Menggabungkan antara dunia nyata dengan dunia vitual, sehingga user masih dapat melihat sisi dunia nyata

Augmented Reality (2) Sistem AR memiliki beberapa karakteristik : Menggabungkan dunia nyata dan maya Lebih interaktif secara real time Dapat mendukung 3D

Tujuan Teknologi Augmented Reality Dengan menggunakan Teknologi AR dapat meningkatkan persepsi pengguna Informasi yang disampaikan oleh obyek virtual dapat membantu pengguna Meningkatkan pengalaman dalam interaksi

Aplikasi Kesehatan Manufaktur dan perbaikan Visualisai Hiburan Militer

Kesehatan

Manufaktur dan perbaikan Reparasi BMW

Manufaktur

Hiburan

Militer

Infrastruktur Augmented Reality Hardware : Marker Komputer Display Software : C++ Action Script Library : artoolkit

Marker Marker itu sendiri biasanya berbentuk seperti kotak persegi dominan warna hitam dan putih, namun sebenarnya marker itu sendiri banyak jenisnya tapi pada umumnya yang di gunakan adalah marker yang warna hitam dan putih.

Komputer Digunakan untuk menginstal dan menjalankan program. Komputer dapat berupa : Laptop Desktop Cellphone Ubiquitous Computing

Display Digunakan untuk menampilkan obyek virtual yang sudah dihubungkan dengan dunia nyata Display dapat berupa : Monitor Head Mounted Display

Arsitekur Hardware Optical see Video see

Software Perangkat lunak yang digunakan untuk mengembangkan aplikasi AR Library yang dibutuhkan : ArToolKit ArToolKitPlus openGL

Tugas untuk bahan diskusi Minggu depan Instalasi ArToolKit di IDE Visual Studio 2003 Cari perbedaan antara ArToolKit dengan ArToolKitPlus

Sekian terimakasih