RAGAM DIALOG.

Slides:



Advertisements
Presentasi serupa
Ragam Dialog.
Advertisements

RAGAM DIALOG ADISTI DEWI N (0610U0 ) AJENG (0611U019)
Menu dan Ikon Pada Perangkat Lunak Pengolah Kata
INTERAKSI Pertemuan ketiga – Kuliah Interaksi Manusia dan Komputer
Gaya Interaksi.
Interaksi Manusia dan Komputer “Interaksi”
PERANCANGAN ANTARMUKA - 2
Mata Kuliah INTERAKSI KOMPUTER - MANUSIA
Interaksi Manusia dan Komputer
Ragam Dialog.
Dialog berbasis text dan pengisian borang
Ragam Dialog Interaksi
Sistem Penjendelaan.
Pertemuan 3 RAGAM DIALOG.
DIALOG IMK-M6.
Ir. Essy Malays Sari Sakti M.MSI
MEMAHAMI RAGAM DIALOG.
Bina Sarana Informatika
Interaksi Manusia dengan Komputer
Aspek Ergonomi dalam IMK
Pertemuan 3 RAGAM DIALOG.
Dialog Teks dan Pengisian Borang
Pert 4 Interaksi.
Interaksi Pertemuan 5.
komponen antarmuka pengguna
Ragam Dialog 1.
KONSEP USER INTERFACE.
ANTARMUKA BERBASIS MENU
Ragam Dialog|pertemuan VI
Ragam Dialog|.
Pemrograman Visual Oleh : Erni Fatmawati.
Interaksi Manusia & Komputer Ragam Dialog
Interface Metaphors dan Model Konseptual
Louis Bertrand Secondra
KONSEP INTERFACE
User interface Bagaimana user berinteraksi dengan komputer
Pertemuan 3 RAGAM DIALOG.
PERINTAH INTERNAL DOS Bag. I
Interaksi Manusia & Komputer
LINGKUNGAN TURBO PASCAL
Pengenalan konsep IMK(Human, Computer Interaction)
Interaksi manusia komputer
Perancangan Tampilan.
DIALOG.
Perancangan Tampilan.
Ragam Dialog.
Pertemuan 1 PENDAHULUAN.
Ragam Dialog.
Pengenalan Borland Delphi 7.0
Pertemuan 3 RAGAM DIALOG.
Ragam Dialog.
MODEL DAN TEKNIK INTERAKSI
RAGAM DIALOG.
Ragam Dialog.
Ragam Dialog.
Ragam Dialog.
Perancangan Tampilan.
Ragam Dialog.
Pertemuan 3 RAGAM DIALOG.
Perancangan Tampilan.
INTERAKSI MANUSIA DAN KOMPUTER
PENGANTAR KOMPUTER DAN TEKNOLOGI INFORMASI 1B
Ragam Dialog|pertemuan VI
Perancangan Tampilan.
INTERAKSI MANUSIA & KOMPUTER HUMAN COMPUTER INTERACTION.
Perancangan Tampilan.
Perancangan Tampilan.
Ragam Dialog.
Perancangan Tampilan.
KONSEP USER INTERFACE PENGANTAR KOMPUTER DAN TEKNOLOGI INFORMASI 1B.
Transcript presentasi:

RAGAM DIALOG

RAGAM DIALOG INTERAKTIF Konsep keragaman dialog interaktif  kemampuan kita untuk memahami berbagai sistem interaktif yang digunakan sekarang ini Pemahaman akan konsep tersebut cukup bervariasi  belum ada semacam standarisasi ragam2 dialog yg ada Meskipun demikian, perlu adanya pengelompokan ragam-ragam dialog interaktif jadi beberapa kategori

RAGAM DIALOG INTERAKTIF (Lanjutan) Pengelompokan ini tidak menutup kemungkinan adanya saling tumpang tindih antara satu kategori dengan kategori lainnya 9 kategori ragam dialog interaktif: 1. Dialig berbasis perintah tunggal 4. Sistem menu 7. Sistem penjendelan 2. Dialog berbasis bahasa pemrograman 5. Dialog berbasis pengisian borang 8. Manipulasi langsung 3. Antarmuka berbasis bahasa alami 6. Antarmuka berbasis ikon 9. Antarmuka berbasis interaksi grafis

RAGAM DIALOG INTERAKTIF (Lanjutan) Ke 9 kategori di atas, bukan merupakan kategori mati (tidak dapat dikembangkan lagi sesuai dengan perkembangan IT) Salah satu ragam dialog interaktif yang akan segera terkenal adalah dialog interaktif berbasis “suara”  mengingat perkembangan teknologi perangat keras yang mampu mengolah data suara

Dialog Berbasis Perintah Tunggal (Command line dialogue) “Perintah-perintah tunggal yang dioperasikan tergantung dengan sistem operasi komputer yang dipakai “ Contoh : DOS (dir, delete, format, copy, dll) Unix / Linux (ls, who, passwd, dll)

Dialog Berbasis Bahasa Pemrograman (Programming language dialogue). “Dialog yang dikemas sejumlah perintah ke dalam suatu bentuk berkas (file) berupa batch file” Contoh isi berkas AUTOEXEC.BAT

Antarmuka berbasis bahasa alami (Natural language interface) “Dialog yang berisikan instruksi-instruksi dalam bahasa alami (manusia) yang diterjemahkan oleh sistem penterjemah“ Contoh: cetak daftar semua mahasiswa yang mempunyai IP semester lebih besar dari 3.0 Instruksi di atas , oleh penterjemah, yang akan menterjemahkan instruksi tersebut, misal dengan dialek dBASE atau Foxpro sbg: DISPLAY ALL FOR IPSEM < 3.0

Antarmuka berbasis bahasa alami (Natural language interface)  Lanjutan Atau dalam dialek Turbo Pascal sebagai while not eof (T) do begin readln(T,S); if S.IpSem < 3.0 then writeln (S. NamaMahasiswa); end;

Sistem Menu “Dialog yang menampilkan daftar sejumlah pilihan dalam jumlah terbatas” Sistem Menu terbagi menjadi 2 yaitu : a. Sistem Menu Datar -Selektor pilihan -Penggunaan Tanda terang b. Sistem Menu Tarik (Pulldown)

Sistem Menu (Lanjutan) Sistem Menu Datar  Selektor Pilihan Contoh sistem menu datar Contoh pemakaian berbagai selektor

Sistem Menu (Lanjutan) Sistem Menu Tarik (Pulldown) Contoh menu tarik yang terdapat pada suatu program aplikasi

Dialog Berbasis Pengisian Borang “ Dialog dimana pengguna (user) dihadapkan ke suatu bentuk formulir dilayar komputer yang berisi sejumlah pengisian data dan opsi (option) yang telah ditentukan ” Contoh dialog berbasis pengisisan borang

Antarmuka berbasis ikon (icon) “Dialog yang menggunakan simbol atau tanda untuk menunjukan suatu pilihan aktifitas tertentu” Contoh antarmuka berbasis ikon (icon) pada Control Panel yang ada di dalam Microsoft Windows 95

Sistem Penjendelaan “Sistem antarmuka yang memungkinkan pengguna untuk menampilkan berbagai informasi pada satu atau lebih jendela (window) “ Dialog berbasis window dapat dikelompokkan menjadi 4 kategori, yang masing-masing memiliki teknik perancangan yang berbeda: 1. Jendela TTY (TeleTYpe) 3. Space multiplex window 2. Time-Multiplexed Windows 4. Jendela non homogen

Sistem Penjendelaan (Lanjutan) 1. Jendela TTY (TeleTYpe) Jendela TTY merupakan jenis jendela yang hanya terdiri atas sebuah jendela yang mempunyai fasilitas pemindahan halaman (scrolling) secara otomatis pada satu arah. Contoh sederhana dari jendela TTY adalah jendela (tampilan) pada saat Anda berada pada dot prompt

Sistem Penjendelaan (Lanjutan) 2. Time-Multiplexed Windows Pemikiran yang mendasari digunakannya istilah time-multiplexed windows adalah bahwa layar tampilan merupakan sumber daya yang bisa digunakan secara bergantian oleh sejumlah jendela pada waktu yang berlainan Time-Multiplexed Windows berupa jendela yang dapat digeser (scrollable windows) dan frame-at-a-time windows

Sistem Penjendelaan (Lanjutan) 3. Space multiplex window Dalam space-multiplexed windows, lebar layar dibagi bagi menjadi beberapa jendela dengan ukuran yang bervariasi, dan jenis jendelanya dapat ditentukan berdasarkan ketergantungan antara satu bisa diletakkan “diatas” jendela yang lain, dan apakah masing-masing jendela bisa diubah ukurannya Jenis-jenis jendela yang tergolong dalam kelompok ini adalah jendela 1 dimensi, jendela dua setengah dimensi

Sistem Penjendelaan (Lanjutan) Contoh sistem jendela dua setengah dimensi pada Microsoft Windows 95

Sistem Penjendelaan (Lanjutan) 4. Non Homogen Jendela non homogen adalah jenis jendela yang tidak dapat dikelompokkan pada jenis-jenis jendela di atas Dua dari beberapa jenis jendela homogen adalah ikon, dan zooming window Pada zooming window, pengguna dapat melihat bagian tertentu dari obyek yang diamati secara lebih terinci, karena jendela ini dapat di perbesar maupun diperkecil sesuai dengan kebutuhan Contoh penggunaan window pada Microsoft

Manipulasi Langsung “Penyajian langsung aktifitas kepada pengguna (user) sehingga aktifitas akan dikerjakan oleh komputer ketika pengguna memberikan instruksi langsung yang ada pada layar komputer “.

Antarmuka Berbasis Interaksi Grafis “Dialog berbentuk pesan atau informasi pada suatu gambar atau link yang tampil ketika pengguna melakukan suatu aktifitas“