PERCABANGAN / SELEKSI.

Slides:



Advertisements
Presentasi serupa
CONDITION I (Tunggal – Ganda) IF - Then
Advertisements

Minggu V Gerlan A. Manu, ST.,MKom - Algoritma Pemrograman I 1.
TIPE data Tipe data yang dikenal dalam bahasa pascal antara lain :
STRUKTUR KONTROL LANJUTAN
Dasar Komputer & Pemrog 2 A minggu 4
Tipe data dan algoritma dasar
MATERI 8 CHOICE / PILIHAN.
MATERI 11. TAS Tanggal 30 Nopember 2011 (RABU). Jam 7-9 TUTUP BUKU Materi : 1-11.
Struktur Dasar Algoritma
VARIABEL DAN OPERATOR.
PENYELEKSIAN KONDISI PASCAL 7.0
Dasar-Dasar Komputer FKIP Prodi Matematika Univ. Muhammadiyah Gresik
PENYELEKSIAN KONDISI (PEMILIHAN)
Computer Science, University of Brawijaya Putra Pandu Adikara, S.Kom Algoritma dan Struktur Data Seleksi Kondisi.
Struktur Percabangan Komang Kurniawan W., M.Cs.
Variabel dan Ekspresi Struktur Percabangan dan Struktur Perulangan
Algoritma dan Struktur Data
Algoritma Dasar Dalam membuat suatu program komputer, menyusun algoritma adalah langkah pertama yang harus dilakukan Dalam membuat algoritma dapat digunakan.
OPERASI MASUKKAN-KELUARAN
Struktur Kontrol: Keputusan
STRUKTUR PERULANGAN STRUKTUR PERULANGAN FOR
Selamat datang Di Prosedur dan Fungsi. Sub Program “Adl Program kecil yg dpt di panggil berulang-ulang sesuai dg kebutuhan”  Manfaatnya: 1.Memudahkan.
Procedure & Function Sub Program.
*Operator - ARITMATIKA
Logika & Algoritma -- Pertemuan II: Variabel dan Operator Logika & Algoritma --
Pemprograman Terstruktur 1
Parameter & Choice Dasar-Dasar Pemrograman Marsel Willem Aipassa, S. Kom.
STRUKTUR PERULANGAN BAG 2 ( STRUKTUR WHILE DO & REPEAT UNTIL )
TPI4202 e-tp.ub.ac.id Perulangan (Looping) Lecture 5.
ALGORITMA PEMROGRAMAN 2A
STRUKTUR DASAR ALGORITMA
IF … THEN …, IF … THEN … ELSE … CASE … OF …
Dasar-Dasar Pemrograman
Variabel dan Ekspresi Struktur Percabangan dan Struktur Perulangan
Dasar-Dasar Pemrograman
Percabangan/Pemilihan (Branching/Selection)
Dasar-Dasar Pemrograman
Algoritma Pemrograman
LINGKUNGAN TURBO PASCAL
STATEMENT INPUT DAN OUTPUT
Algoritma dan Pemrograman
ANALISIS LEKSIKAL (Scanner)
REKURSI Struktur data.
PERCABANGAN / SELEKSI.
Struktur Dasar Algoritma dan Runtunan
PERCABANGAN DAN PERULANGAN
Dasar-Dasar Pemrograman
LOOPING / PERULANGAN FOR - DO WHILE - DO REPEAT - UNTIL
STRUKTUR PERULANGAN.
Pemrograman Choice Ramos Somya, S.Kom., M.Cs..
PENYELEKSIAN KONDISI.
Tipe data sederhana Hermansyah,S.Kom.
Dasar-Dasar Komputer FKIP Prodi Matematika Univ. Muhammadiyah Gresik
Dasar-Dasar Pemrograman
Algoritma & Pemrograman Struktur Keputusan
Pemrograman Repetisi pada Pascal Ramos Somya, S.Kom., M.Cs.
Dasar-Dasar Pemrograman
Dasar-Dasar Pemrograman
PERTEMUAN III Menggunakan Pernyataan Bersyarat untuk Menyeleksi Kondisi Menggunakan Pernyataan Bersyarat untuk Menentukan Keputusan.
ALGORITMA & PEMROGRAMAN
PERCABANGAN / PEMILIHAN
Pemrograman Repetisi pada Pascal Ramos Somya, S.Kom., M.Cs.
PERNYATAAN IF THEN ELSE & CASE OF PERULANGAN FOR, WHILE DO, REPEAT UNTIL Fisika UNDANA, Senin 16 Oktober 2017.
Dasar-Dasar Pemrograman
Dasar-Dasar Pemrograman
Dasar-Dasar Pemrograman
Indentifier, Keywords, Variable, Tipe Data dan Operator
STATEMEN FOR STATEMEN WHILE STATEMEN REPEAT
Dasar-Dasar Pemrograman
CONDITION I (Tunggal – Ganda) IF - Then. Seleksi kondisi adalah proses penentuan langkah berikutnya berdasarkan proses yang terjadi sebelumnya. Bila kondisi.
Transcript presentasi:

PERCABANGAN / SELEKSI

Syarat ? PERCABANGAN / KEPUTUSAN / SELEKSI / KONDISIONAL ? Syarat/kondisi mana yang dipenuhi Jika K1 yang dipenuhi, P1 dikerjakan Jika K2 yang dipenuhi, P2 dikerjakan Syarat ? Jika K3 yang dipenuhi, P3 dikerjakan dan seterusnya K3 K2 K1 P3 P1 P2

Statemen untuk seleksi / percabangan : IF – THEN IF – THEN - ELSE CASE - OF Dalam Struktur seleksi atau percabangan ini , syarat/kondisi untuk seleksi biasanya melibatkan operator relasional dan logika Sebagaimana pada perulangan (looping), syarat/kondisi ini bernilai boolean jika bernilai TRUE, statemen berikutnya diproses Jika bernilai FALSE, statemen berikutnya diabaikan atau Tidak diproses

IF-THEN Syntax : IF Syarat/kondisi THEN Statemen ; true Diproses/dikerjakan Diabaikan/tidak diproses false false Kondisi ? True statemen

IF-THEN-ELSE Syntax : IF Syarat/kondisi THEN Statemen_1 ELSE true Diproses/dikerjakan Diabaikan/tidak diproses false Diabaikan/tidak diproses Diproses/dikerjakan false true Kondisi ? Statemen_2 Statemen_1

Contoh : dalam ujian, skor >= 60 adalah LULUS skor < 60 adalah TIDAK LULUS Bagian keputusan (cabang) ditulis sebagai berikut : If skor >= 60 then writeln(‘ANDA LULUS’); If skor < 60 then writeln(‘ANDA TIDAK LULUS’); Jika digunakan statemen IF-THEN-ELSE, cukup ditulis : IF skor >= 60 THEN writeln(‘ANDA LULUS’) ELSE writeln(‘ANDA TIDAK LULUS’); Atau bisa juga sebagai berikut : IF skor < 60 THEN writeln(‘ANDA TIDAK LULUS’) ELSE writeln(‘ANDA LULUS’);

Flowchart permasalahan kelulusan dengan input skor ujian adalah : Contoh program : Program Kelulusan; Uses Crt; Var skor : byte; Begin textbackground(blue); clrscr; textcolor(yellow); writeln(‘PROGRAM KELULUSAN’); write(‘skor anda = ?’); readln(skor); if skor >= 60 then writeln(‘ANDA LULUS’) else writeln(‘ANDA TIDAK LULUS’); Readln; End. Mulai skor Skor >= 60 ? false true ANDA TIDAK LULUS’ ‘ANDA LULUS’ selesai

Sebuah toko “MarketSuper” memberikan bonus kepada setiap pelanggannya. Besar belanja dan bonus yang diterima sebagai berikut : No Belanja (Rp). bonus 1 Kurang dari 100.000 Belum ada bonus 2 100.000 sampai kurang dari 500.000 Jam dinding 3 500.000 sampai kurang dari 1.000.000 Jam tangan 4 1.000.000 sampai kurang dari 2.000.000 Travel bag 5 Lebih dari 2.000.000 Kipas angin Dengan inputnya besar belanja dari para pelanggan, buat program yang dapat menunjukkan bonus yang diterima oleh para pelanggan toko “MarketSuper”

textbackground(red);clrscr; textcolor(blue); Program BONUS; Uses Crt; Var x : real; Begin textbackground(red);clrscr; textcolor(blue); writeln(‘BONUS MARKETSUPER’); write(‘Besar belanja = ‘); readln(X); if X < 100000 then writeln(‘Maaf belum dapat bonus’); if (X >= 100000) AND (X < 500000) then writeln(‘Bonus Jam Dinding’); if (X >= 500000) AND (X < 1000000) then writeln(‘Bonus Jam Tangan’); if (X >= 1000000 ) AND (X < 2000000) then writeln(‘Bonus Travel Bag’); if (X >= 2000000) then writeln(‘Bonus Kipas Angin’); writeln(‘TERIMA KASIH TELAH BERBELANJA DI MARKETSUPER’); readln; End.

Dengan input sebuah bilangan yang diketikkan dari keyboard, buat program untuk mengetahui bilangan yang dimasukkan tadi bilangan yang habis dibagi 8 atau bukan ? Atur program sehingga dapat dipakai untuk input berulang-ulang. Program HABISdibagi8; Uses crt; Var X : longint; Ulangi : char; Begin clrscr; Ulangi := ‘Y’; while (Ulangi = ‘Y’) OR (Ulangi = ‘y’) do begin writeln(‘HABIS DIBAGI 8’); write(‘Masukkan bilangan bulat = ‘); readln(X); if X mod 8 = 0 then writeln(X, ‘habis dibagi 8’); If X mod 8 <> 0 then writeln(X, ‘tidak habis dibagi 8’); end; Write(‘coba bilangan lain (Y/T) ?’); Ulangi := readkey; Readln; End. Flowchart: mulai Ulangi := ‘Y’ X false X mod 8 = 0 true X tidak habis dibagi 8 X habis dibagi 8 Ulangi Lagi ? Y T selesai

CASE – OF Syntax : CASE ekspresi OF Case-label1 : statemen_1; … … … … case-labeln : Statemen_N; end; ekspresi dapat berupa variabel/identifier atau fungsi case-label dapat berupa sebuah konstanta, range nilai konstanta (integer), atau character CASE-OF biasanya digunakan untuk mengatasi pilihan yang banyak jumlahnya

Sebuah toko “MarketSuper” memberikan bonus kepada setiap pelanggannya. Besar belanja dan bonus yang diterima sebagai berikut : No Belanja (Rp). bonus 1 Kurang dari 100.000 Belum ada bonus 2 100.000 sampai kurang dari 500.000 Jam dinding 3 500.000 sampai kurang dari 1.000.000 Jam tangan 4 1.000.000 sampai kurang dari 2.000.000 Travel bag 5 Lebih dari 2.000.000 Kipas angin Dengan inputnya besar belanja dari para pelanggan, buat program yang dapat menunjukkan bonus yang diterima oleh para pelanggan toko “MarketSuper”. Gunakan statemen CASE-OF !

Program BONUS; Uses Crt; Var x : longint; Begin textbackground(red);clrscr; textcolor(blue); writeln(‘BONUS BELANJA MARKETSUPER’); write(‘Besar belanja = ‘); readln(X); case X of 1 .. 99999 : writeln(‘Maaf belum dapat bonus’); 100000 .. 499999 : writeln(‘Bonus Jam Dinding’); 500000 .. 999999 : writeln(‘Bonus Jam Tangan’); 1000000 .. 1999999 : writeln(‘Bonus Travel Bag’); 2000000 .. 10000000 : writeln(‘Bonus Kipas Angin’); end; writeln(‘TERIMA KASIH TELAH BERBELANJA DI MARKETSUPER’); readln; End.