PERANCANGAN PERANGKAT LUNAK (SOFTWARE DESIGN)

Slides:



Advertisements
Presentasi serupa
Bab 6 PERANCANGAN PERANGKAT LUNAK
Advertisements

DESAIN ARSITEKTUR PERANGKAT LUNAK
Perancangan Perangkat Lunak lanjutan Kuliah - 7
PEMODELAN ANALISIS Kuliah - 5
Software Requirement Specification
KONSEP DESAIN SOFTWARE DATABASE
Sasaran Menjelaskan apa yang dimaksud model proses
Pertemuan 8 Proyek Sistem Informasi Viska Armalina, ST., M.Eng
Unified Modelling Language (UML)
PENGENALAN ANALISA SISTEM BERORIENTASI OBYEK
Software Requirements Spefication (SRS)
REKAYASA PERANGKAT LUNAK
REKAYASA PERANGKAT LUNAK REQUIREMENTS ANALYSIS FUNDAMENTALS
Prototyping Aplikasi Teknologi Informasi
Pertemuan 2 Konsep Aplikasi Berbasis Objek, UML dan Rational Rose
UNIFIED MODELLING LANGUAGE
Analisa dan Desain dalam Penelitian
PEMODELAN PERANCANGAn
PERANCANGAN BASIS DATA
KONSEP PERANCANGAN SISTEM INFORMASI
Suwirno Mawlan, S.Kom., M.T.I. Tata tertib 1.Tidak boleh memakai sendal 2.Berbaju rapih (berkerah) 3.Tidak boleh makan dan minum di kelas 4.Mematikan.
Pengantar Sistem Basis Data
Analisis Kebutuhan Software
PROSES-PROSES PERANGKAT LUNAK
Kelompok 4 Agusta Sigit Dewantoro Almizan Dio Restu Saputra
10 documentation.
Pengantar UML.
Spesifikasi Perangkat Lunak
Analisis Perancangan Berbasis Objek
Rekayasa Perangkat Lunak Model Proses PL
Professional documents
PERANCANGAN PERANGKAT LUNAK ( PL )
Implementasi Sistem Akuntansi
ANALISA DAN PERANCANGAN SISTEM
DESAIN SISTEM.
Perancangan Sistem Informasi
Analisa dan Desain Berorientasi Obyek
DESAIN SISTEM Muhammad Taqiyyuddin Alawiy, ST., MT TEKNIK ELEKTRO
ANALISA DAN PERANCANGAN SISTEM INFORMASI
ENTERPRISE RESOURCE PLANNING
Pemeliharaan Perangkat Lunak
KEBUTUHAN & SPESIFIKASI SOFTWARE
Rekayasa Perangkat Lunak Dosen : Citra Noviyasari, S.Si, MT
Materi Habis Uts IMK Prototyping
Analisa dan Perancangan Sistem
PERTEMUAN 2 Proses Pengembangan Perangkat Lunak
ANALISA KEBUTUHAN PERANGKAT LUNAK
ANALISA DAN PERANCANGAN SISTEM INFORMASI
Siklus Hidup Perangkat Lunak
KEBUTUHAN & SPESIFIKASI SOFTWARE
Perancangan Perangkat Lunak
UNIFIED MODELLING LANGUAGE
ALFIARINI.
Model Waterfall dan Dokumen SKPL
REKAYASA PERANGKAT LUNAK
INTERAKSI MANUSIA DAN KOMPUTER
SDLC Pertemuan 1 Dosen Pengampu: Sandfreni
Pengembangan Sistem Informasi
KELOMPOK 6 Modeling Adnin Devit C F
REKAYASA PERANGKAT LUNAK
PERANCANGAN BASIS DATA
Perancangan Perangkat Lunak
Impelementasi Sistem 11/22/2018.
TAHAP PENGEMBANGAN SISTEM
KEBUTUHAN & SPESIFIKASI SOFTWARE
REKAYASA PERANGKAT LUNAK PROGRAM STUDI D3
Tim RPL Progdi Teknik Informatika
Konsep Aplikasi Berbasis Objek
Perancangan Perangkat Lunak
Perancangan Perangkat Lunak
Transcript presentasi:

PERANCANGAN PERANGKAT LUNAK (SOFTWARE DESIGN) Pertemuan 5 Chandra Lesmana, S.Kom

TUJUAN Mampu memahami proses perancangan perangkat lunak Mampu memahami unsur yang terdapat dalam proses perancangan perangkat lunak Mampu memahami mengenai syarat dan standard yang harus dipenuhi dalam perancangan perangkat lunak.

KONSEP PERANCANGAN Dari Pressman : mendefinisikan bahwa hasil perancangan nantinya merupakan representasi dari sesuatu yang akan dibangun ( dalam hal ini adalah perangkat lunak ). Dari Conger : perancangan lebih dikhususkan ke ruang lingkup RPL sehingga diasumsikan bahwa proses perancangan hanya bisa terjadi jika telah didahului oleh proses analisa. Dari IEEE : lebih menekankan bahwa dalam proses perancangan atau desain juga mencantumkan karakteristik dari sistem atau komponen yang akan diimplementasi.

Jadi kesimpulan dari PERANCANGAN adalah sebuah proses untuk mendifinisikan sesuatu yang akan dikerjakan dengan menggunakan teknik yang bervariasi serta di dalamnya melibatkan deskripsi mengenai arsitektur serta detail komponen dan juga keterbatasan yang akan dialami dalam proses pengerjaanya.

UNSUR PERANCANGAN Teknik Perancangan Kebutuhan Sistem Kendala Implementasi Hasil Perancangan

KONSEP PERANCANGAN PERANGKAT LUNAK Dari IEEE : perancangan perangkat lunak adalah bagian dari siklus hidup RPL saat kebutuhan perangkat lunak telah dianalisa dan menjadi sebuah deskripsi sebagai dasar pengembangan perangkat lunak. Dari Laplante : dinyatakan bahwa proses perancangan perangkat lunak merupakan lanjutan dari proses analisa, khususnya dari hasil SRS (Software Requirement Specification) Dari Pressman : dinyatakan bahwa perancangan perangkat lunak merupakan sebuah proses yang berulang dan interaktif, sehingga proses perancangan tidak akan hanya terdiri dari satu tahapan.

KONSEP PERANCANGAN PERANGKAT LUNAK Jadi kesimpulanya Perancangan Perangkat Lunak merupakan sebuah proses yang berkelanjutan dari analisa dan didalamnya melakukan identifikasi hasil analisa serta menghasilkan konsep dasar untuk kepentingan pengembangan perangkat lunak.

MODEL PERANCANGAN Model Perancangan Perancangan Perangkat Lunak : Bagaimana harus dilakukan Analisa Kebutuhan : Apa yang harus dilakukan Model Perancangan

Syarat –syarat Perancangan Perangkat Lunak yang Baik Fleksibel : hasil perancangan harus dapat menyesuaikan diri dengan kebutuhan pengguna yang sewaktu-waktu bisa berubah. Mudah ditransfer : hasil perancangan yang dapat muda diterapkan di lingkungan perangkat keras yang berbeda. Mudah dimodifikasi : berkaitan dengan siklus hidup. Mudah digunakan : hasil perancangan yang baik harus mampu menghasilkan pengerjaan perangkat lunak yang mudah digunakan oleh pengguna. Handal : mampu meminimalkan kesalahan yang dibuat oleh pengembang perangkat lunak.

6. Aman : hasil perancangan yang baik juga harus memperhatikan segi keamanan perangkat lunak yang dirancang sehingga tidak akan membuat pengguna menjadi cemas 7. Tidak mahal : perancangan yang dibuat juga harus menyesuaikan dengan anggaran yang telah disediakan oleh pengguna.

Faktor Kegagalan dalam Perancangan Tidak terdapat skema desain yang spesifik Tidak terdapat prioritas dalam hasil perancangan Kesulitan untuk mengidentifikasi kendala yang ada didalamnya Kesulitan untuk memecah masalah yang besar menjadi kebagian yang lebih kecil.

SDD (Software Design Description) Dalam perancangan perancangan perangkat lunak, didalam standar IEEE telah disebutkan bahwa yang dihasilkan dari proses tersebut berupa dokumen SDD. Hasil dari perancangan perangkat lunak adalah SDD. SDD adalah representasi atau model dari perangkat lunak yang akan dibuat. SDD sendiri diibaratkan sebagai sebuah blueprint yang diharapkan mampu menjadi alat komunikasi dari hasil sebuah perancangan perangkat lunak.

KONSEP ANALISA DAN PERANCANGAN ANALISA KEBUTUHAN SISTEM SOFTWARE REQUIREMENT SYSTEM PERANCANGAN PERANGKAT LUNAK SOFTWARE DESIGN DESCRIPTION PENGEMBANGAN PERANGKAT LUNAK

TAHAPAN PERANCANGAN Perancangan Arsitektur : merupakan perancangan yang menghasilkan bagaimana sebuah perangkat lunak tersebut dapat dipecah menjadi komponen – komponen terpisah yang saling berkaitan. Jadi sebuah arsitektur perangkat lunak merupakan kumpulan dari komponen perangkat lunak yang disusun secara terstruktur dan disajikan secara terintegrasi. Perancangan Detail : tahapan ini merupakan lanjutan dari tahapan yang pertama yaitu menjelaskan secara detail dari tiap komponen yang telah dibuat

Perancangan Asitektur TAHAPAN PERANCANGAN Perancangan Asitektur Perancangan Detail SDD

STRATEGI DALAM TAHAPAN PERANCANGAN Perancangan terstruktur : merupakan strategi prancangan paling klasik yakni dengan membagi hasil analisa kebutuhan kedalam hirarki yang terbagi dalam level tertentu. Contoh : DFD (Data Flow Diagram) Perancangan berbasis obyek : Startegi ini dalam istilah aslinya disebut sebagai OOD (Object Orianted Design) dan dianggap menjadi startegi perancanaan paling modern. Contoh : UML (Unified Modeling Language) Perancangan struktur data : relasi logika antar elemen data secara individual. Dalam strategi ini mencakup data mengenai organisasi, metode akses, derajat asosiasi tiap proses serta informasi yang dibutuhkan dalam proses perangkat lunak. Perancangan berbasis komponen : strategi yabg disebut sebagai CBD ( Component Based Design) ini melakukan pemecahan hasil analisa kedalam komponen-komponen yang lebih kecil. Dari hasil pemecahan tersebut selanjutnya diIntegrasi kedalam sebuah dokumentasi yang terIntegrasi.

PERANCANGAN DETAIL Terdapat beberapa proses dalam tahapan perancangan secara detail, yaitu : Perancangan Aplikasi : lebih diasumsikan sebagai perancangan yang melibatkan logika modul-modul yang akan dibuat dalam perangkat lunak. Melibatkan perancangan logika dan algoritma dari suatu perangkat lunak. Contoh : flowchart. Perancangan Antar Muka ( Interface ) : berhubungan dengan interaksi manusia dan komputer (IMK) yang bertujuan untuk mengembangkan keamanan, utilitas, efektivitas, dan efisiensi dari sistem yang memakai komputer.