Pengantar Interaksi Manusia dan Komputer

Slides:



Advertisements
Presentasi serupa
Penunjang dan Panduan Perancangan Restyandito, S.Kom, MSIS.
Advertisements

INTERAKSI MANUSIA DAN KOMPUTER
Interaksi Manusia dan Komputer TI1143
KELOMPOK : MUSTAFA BALI ( ) AGILE JAUNTY CHRISTY ( ) BUS SMART SECURITY.
INTERAKSI MANUSIA DAN KOMPUTER
1 Chapter 1 Introduction to Human Computer Interaction Mgs. Afriyan Firdaus Fakultas Ilmu Komputer UNSRI.
INTERAKSI MANUSIA dan KOMPUTER (HUMAN COMPUTER INTERACTION)
Interaksi Manusia dan Komputer Pendahuluan Oleh : ANISYA, S.KOM Teknik Informatika Fakultas Teknologi Informatika ITP 2013 Pertemuan 01 Oleh : Anisya,
Pendahuluan IMK-M1.
Interaksi Manusia dan Komputer
Interaksi Manusia dan Komputer – Part 1
INTERAKSI MANUSIA dan KOMPUTER (HUMAN COMPUTER INTERACTION)
Human Computer Interaction
MEMAHAMI KONSEP IMK Oleh : Sestafianus Komandono. S.komp, MBA
INTERAKSI MANUSIA DAN KOMPUTER (Human Computer Interaction)
PERKEMBANGAN DEFINISI TEKNOLOGI PENDIDIKAN
Human Computer Interaction
Rekayasa Perangkat Lunak (Software Engineering)
Interaksi Manusia dengan Komputer
Teknologi Informasi : Konsep & Manajemen
Pertemuan 1 PENGENALAN IMK.
HUMAN COMPUTER INTERACTION
KONSEP USER INTERFACE.
Interaksi Manusia & Komputer Pendahuluan
SISTEM KOMPUTER Departement of Computer Science
INTERAKSI MANUSIA & KOMPUTER
Pertemuan 1 PENGENALAN IMK.
Human Computer Interaction (HCI)
Slide 1 Agung Brastama Putra
Interaksi Manusia dan Komputer
KONSEP INTERFACE
Interaksi Manusia Dan Komputer
Interaksi Manusia & Komputer
Pendahuluan.
INTERAKSI MANUSIA DAN KOMPUTER
Interaksi Manusia dan Komputer
Pengantar IMK.
Interaksi Manusia & Komputer (Human Computer Interaction)
INTERAKSI MANUSI DAN KOMPUTER
Introduction to Human Computer Interaction
Human-Computer Interaction (HCI)
Interaksi Manusia Dan Komputer
Tingkat Kedewasaan HCI
INTERAKSI MANUSIA DAN KOMPUTER
IMK.
Tujuan instruksional umum:
INTERAKSI MANUSIA DAN KOMPUTER
Manajemen Proyek Pengantar
PENGENALAN KONSEP IMK Pertemuan 2.
INTERAKSI MANUSIA DAN KOMPTER MOHAMAD HILMAN 2016.
INTERAKSI MANUSI DAN KOMPUTER
INTERAKSI MANUSIA DAN KOMPUTER
MODEL DAN TEKNIK INTERAKSI
Interaksi Manusia dan Komputer (IMK)
Human-Computer Interaction (HCI)
INTERAKSI MANUSIA DAN KOMPUTER
Tingkat Kedewasaan HCI
Pendahuluan.
PENGANTAR KOMPUTER DAN TEKNOLOGI INFORMASI 1B
Pendahuluan IMK-2010 Definisi IMK:
Pengertian IMK Interaksi adalah komunikasi antara dua atau lebih objek yang saling mempengaruhi satu sama lain.
Interaksi Manusia Komputer [IF ]
Tingkat Kedewasaan HCI
CSG2C3/ Interaksi Manusia dan Komputer (IMK)
Slide 1 Agung Brastama Putra
Pengenalan HCI : Interaksi Manusia & Komputer
Pengenalan Dasar Interaksi Manusia dan Komputer
KONSEP USER INTERFACE PENGANTAR KOMPUTER DAN TEKNOLOGI INFORMASI 1B.
Slide 1 Agung Brastama Putra
PENGENALAN KONSEP Interaksi Manusia Komputer (IMK) Oleh :Nofriadiman, ST., Mkom Program Studi Sistem Informasi STTIND Padang.
Transcript presentasi:

Pengantar Interaksi Manusia dan Komputer Restyandito, S.Kom, MSIS

WHAT IS HCI? User interface, aspek fisik suatu sistem komputer yang dialami oleh pengguna secara langsung Human-Computer Interaction, semua aspek yang berhubungan dengan bagaimana pengguna berinteraksi dengan komputer

WHAT IS HCI? “ set of process, dialogues, and actions trough which a human user employs and interacts with computer ” (Baecker and Buxton, 1987) “HCI is a discipline concerned with the design, evaluation and implementation of interactive computing system for human use and with the study of major phenomena surrounding them “ (ACM, 1992)

Evolution of HCI ‘interfaces’ 50s - Interface at the hardware level for engineers - switch panels 60-70s - interface at the programming level - COBOL, FORTRAN 70-90s - Interface at the terminal level - command languages 80s - Interface at the interaction dialogue level - GUIs, multimedia 90s - Interface at the work setting - networked systems, groupware 00s - Interface becomes pervasive RF tags, Bluetooth technology, mobile devices, consumer electronics, interactive screens, embedded technology

WHY HCI? Komputer harus didesain dengan baik, sesuai dengan kebutuhan dan kemampuan pengguna. user tidak perlu terlalu banyak berpikir mengenai cara menggunakan komputer User tidak perlu tahu proses yang terjadi dalam komputer

HCI HOW? Prinsip kunci dalam mendesain IMK yang baik yaitu visibility dan affordance. Kontrol dapat terlihat dengan mapping yang baik (efeknya) Desain menunjukkan fungsionalitas yang jelas

HCI How?  Tantangan yang harus dihadapi oleh HCI. Bagaimana mengikuti perubahan teknologi Memastikan desain memiliki HCI yang baik dan kontrol atas fungsionalitas potensial dari teknologi baru “ increased functionality should not be used as an excused for poor design “ 

Aktivitas Apa perbedaan menelepon menggunakan: Cell phone Telpon umum Perhatikan jenis pengguna, tipe kegiatan dan konteks penggunaan.

HCI How? IMK bertujuan untuk membuat / mengembangkan keamanan, utilitas, efektifitas, efisiensi, dan kegunaan suatu sistem yang melibatkan manusia dan komputer. utility  hal-hal yang dapat dilakukan oleh sistem usability  sistem yang mudah dipelajari dan digunakan

HCI How? Untuk membuat sistem komputer dengan usability yang baik diperlukan pemahaman atas faktor-faktor yang menentukan bagaimana manusia mengoperasikan dan menggunakan komputer secara efektif. - psikologi - ergonomi - sosial - organisasi

HCI How? Pengguna komputer tidak homogen, baik karakteristik personalnya maupun kebutuhannya. - Walau manusia memiliki karakteristik fisik dan psikologi yang sama, tetapi kualitasnya (ukuran, bentuk, kemampuan, motivasi) berbeda - Walaupun tiap-tiap pengguna bersifat unik, mereka memiliki beberapa karakteristik yang sama dalam hal kemampuan untuk berinteraksi dengan komputer (persepsi, memori, kemampuan motorik, dll)

Komponen HCI

Komponen HCI Sistem Ticketing Travel Agency Pemesanan tiket yang cepat melalui koneksi komputer Mencetak tiket, itinerary dan receipt secara otomatis Pembukuan akuntansi Faktor-faktor apa saja yang mempengaruhi keberhasilan sistem yang akan diterapkan tersebut ?

Komponen HCI KATEGORI FAKTOR User: Staff User: Customer motivasi, tingkat pengalaman, kemampuan kognitif, takut dengan teknologi baru User: Customer servis yang lebih cepat dan efisien User: Interface keyboard input, sistem menu dan form-based Work Activity Kemiripan dengan cara yang lama, kemudahan penggunaan, terjadinya kesalahan berkurang Organization Trainning pegawai, hubungan antar staff Comfort Layout piranti Productivity Proses booking lebih cepat dan datanya terkomputerisasi

Komponen HCI Komputerisasi Kasir Supermarket Penggunaan bar code reader pada checkout counter yang memberikan data semua barang yang dijual dan mencetak receipt pelanggan Tampilan digital agar pembeli dapat mengetahui jumlah pengeluaran belanjaan mereka Sistem pembayaran menggunakan kartu kredit / debit Hal-hal apa yang perlu menjadi pertimbangan sebelum mengimplementasikan sistem yang baru?

Komponen HCI KATEGORI FAKTOR User: Work Activity Organization Comfort Productivity

Bidang Ilmu Pendukung HCI

Pekerjaan di Bidang Desain Interaktif interaction designers - people involved in the design of all the interactive aspects of a product usability engineers - people who focus on evaluating products, using usability methods and principles web designers - people who develop and create the visual design of websites, such as layouts information architects - people who come up with ideas of how to plan and structure interactive products user experience designers - people who do all the above but who may also carry out field studies to inform the design of products

Referensi Preece, Rogers, Sharp,Benyon, Holland & Carey, 1996, Human-Computer Interaction , Addison-Wesley ( hal 3-54 ) Preece, Rogers, Sharp, 2002, Interaction Design: Beyond Human-Computer Interaction, John Wiley & Sons, Inc. ( hal 1-34 )

The End