DASAR-DASAR PRODUKSI ACARA RADIO-TV

Slides:



Advertisements
Presentasi serupa
MATERI – 12 PENGEMBANGAN MEDIA KOMUNIKASI
Advertisements

CREATE A MOVIE Ika Arfiani, S.T..
MENGENAL PRODUKSI FILM Oleh : Pipin Piniman, S. Kom.
Persiapan Membuat Film
PERKENALKAN, saya : Deddy Setyawan, S.Sn.,M.Sn.
TEKNIK EDITING.
PEREKAMAN DAN EDITING PROGRAM VIDEO INSTRUKSIONAL
PENULISAN NASKAH.
VIDEO.
BROADCASTING TV REMIDIAL.
Teknik Pengambilan Gambar Produksi
Ridha Asrida Ramadani A XI Broadcasting Smk hutama
Recording dan Editing Berita di Televisi
PROGRAM DIRECTOR PROGRAM DIRECTOR – PENGARAH ACARA
KULIAH 6 Kerabat Kerja Produksi/Siaran Televisi
TUJUAN INSTRUKSIONAL MATERI PERKULIAHAN BUKU REFERENSI QUIZ
PERALATAN YANG MENDUKUNG
Directing Rehearsal Script reading Dry run / blocking rehearsal
AUDIO VISUAL APLIKASI TOPIK 7 TEKNIK PEMBUATAN STORYBOARD
Penulisan Skenario Film dan Televisi
MENENTUKAN KRU FILM.
Produksi Audio Visual Definisi:
PERTEMUAN XI (SEBELAS)
Video Recording NURUL MUSAWATIRA P.
TEKNIK PENYUNTINGAN BERITA TELEVISI
Menerapkan Teknik Pengambilan Gambar Produksi
Garis Besar Program Pengajaran
AUDIO VISUAL APLIKASI TOPIK 11 TAHAP PRODUKSI 2 (SHOOTING) LUAR STUDIO
TEKNIK PENYUNTINGAN BERITA TV
Oleh : Aris Sarwo Nugroho, M. Kom
TAHAP PRODUKSI (LANJUTAN) Pertemuan 11 Matakuliah: U0152 – Audio Visual I Tahun: 2007.
TUJUAN INSTRUKSIONAL MATERI PERKULIAHAN BUKU REFERENSI QUIZ
Storyboard.
OLEH: R. WISNU WIJAYA DEWOJATI
AUDIO MIXER OPERASIONAL AUDIOMAN ( JOBDES & SOP )
VIDEOGRAFI AGUS NURSAMSU.
Tahapan Produksi Film Pra Produksi (Pre Production)
AUDIO UNTUK PRODUKSI CHANNEL LIST.
KULIAH 3 SIARAN ??? SIARAN ?.
KULIAH 6 Kerabat Kerja Produksi/Siaran Televisi
PASCA PRODUKSI TOPIK 3 PROSES PRODUKSI KARYA AUDIO VISUAL
UNTUK TUJUAN VIDEOGRAPHY / FILM
Matakuliah : O Penulisan Naskah Radio dan Televisi
Muhammad Irawan Saputra, S.I.Kom., M.I.Kom
Menerapkan Teknik Pengambilan Gambar Produksi
SEQUENTIAL ART.
TUJUAN INSTRUKSIONAL MATERI PERKULIAHAN BUKU REFERENSI QUIZ
SINEMATOGRAFI.
PRA PRODUKSI Brain Stroming Menentukan detail konsep, analisis script/scenario, rundown berdasarkan ide yang telah disepakati.
Kamera, Lighting, Sound & Art Materials
BROADCASTING Media Sistem Studio.
PROPOSAL PROGRESS AV.
Teknik Produksi Kamera.
KULIAH 8 MATERIAL.
BROADCASTING PROGRAM DIRECTOR TV.
Menerapkan Teknik Pengambilan Gambar Produksi
KAIDAH-KAIDAH VISUAL MATERI KULIAH APPLIED MEDIA AESTHETICS
PRA PRODUKSI Brain Stroming Menentukan detail konsep, analisis script/scenario, rundown berdasarkan ide yang telah disepakati.
TAHAPAN PELAKSANAAN PRODUKSI ACARA TELEVISI
PRODUKSI ACARA TELEVISI
MATERI – 12 PENGEMBANGAN MEDIA KOMUNIKASI
Kesinambungan pesan yang dibangun melalui kaidah-kaidah sebuah film atau program televisi,sehingga pemaparannya menjadi logis Film yang baik adalah film.
DESAIN PRODUKSI (Produksi Berita TV)
PERSIAPAN CREW DAN ALAT
Produksi Berita TV syaiful HALIM.
Produksi berita televisi Pertemuan 4
PRODUKSI PROGRAM AUDIO-VISUAL / TV
PRODUKSI PROGRAM AUDIO-VISUAL / TV
MANAJEMEN REDAKSI DAN ALUR PRODUKSI BERITA TV
DASAR MEMBUAT DAN MENGEDIT VIDEO
Transcript presentasi:

DASAR-DASAR PRODUKSI ACARA RADIO-TV TV Broadcasting Modul DASAR-DASAR PRODUKSI ACARA RADIO-TV

PROGRAM DIRECTOR PROGRAM DIRECTOR – PENGARAH ACARA Seorang yang ditunjuk untuk bertanggungjawab secara teknis pelaksanaan produksi satu mata acara siaran ( JB Wahyudi ) SUTRADARA TELEVISI Seorang yang mempunyai profesi menyutradarai Program Acara Televisi baik untuk Drama ataupun Non Drama dalam Produksi Single atau Multi Camera. ( Naratama ) PRODUCER DIRECTOR Seorang yang mendisain sebuah produksi program acara sekaligus bertanggung jawab terhadap teknis eksekusi produksi program tersebut

PROGRAM DIRECTOR – PENGARAH ACARA Seseorang yang bertugas untuk mengintegrasikan unsur-unsur pendukung produksi dalam sebuah produksi program acara televisi dan bertanggung jawab terhadap aspek teknis maupun estetis serta mampu menterjemahkan sebuah gagasan/ naskah/ rundown sebuah program acara ke dalam pelaksanaan produksi program siaran.

KUALIFIKASI Memahami TYPE OF PROGRAM Menguasai MANAJEMEN PRODUKSI Seorang Program Director TV hendaknya… Memahami TYPE OF PROGRAM Menguasai MANAJEMEN PRODUKSI Mendalami SINEMATOGRAFI Mendalami DRAMATURGI Mampu menggunakan Peralatan Produksi Dan dapat menterjemahkan gagasan kedalam eksekusi sebuah program acara TV (mengabungkan hal teknis & seni)

TYPE OF PROGRAM

ENTERTAINMENT NEWS TYPE of PROGRAM Musik Film / Sinetron Variety Show Kuis dll Berita - News Talk show Dokumenter Magazine/ Feature dll

OBYEKTIF TYPE OF PROGRAM AGB NIELSEN DISUSUN NIELSEN BERSAMA DENGAN STASIUN TV UNTUK BAHAN DASAR PENENTUAN KLASIFIKASI DISUSUN SEBAGAI LANGKAH ATAS PERKEMBANGAN PROGRAM YANG MAKIN VARIATIF DAN KOMPLEKS UNTUK MEMBAGI KATEGORI SESUAI DENGAN TARGET AUDIENCE SERTA KEPENTINGAN PROGRAM AGAR SESUAI DENGAN OPPOSITION PROGRAM.

TYPE OF PROGRAM AGB NIELSEN SERIES MOVIE ENTERTAINMENT CHILDREN INFORMATION EDUCATION NEWS RELIGIOUS SPORT SPECIAL FILLER

MANAJEMEN PRODUKSI

TAHAPAN PRODUKSI PROGRAM ACARA Secara umum dibagi menjadi 3 bagian Pra Produksi Produksi Pasca Produksi Editing Evaluasi dan review QC Pengarsipan filing etc Menentukan Tema/Topik Riset dan observasi Menyusun naskah, Rundown Breakdown equipment dan kebutuhan lain Production Meeting etc Melakukan pengambilan Pengambilan gambar baik live maupun taping

PRA PRODUKSI PASCA PRODUKSI PRODUKSI BRAIN STORMING Membuat /menentukan detail konsep bersama-sama dengan Producer, Creative Melakukan analisis script/scenario /rundown berdasarkan konsep/ ide yang telah disepakati EKSEKUSI Membuat /menentukan bloking kamera Melakukan supervisi terhadap penataan set panggung, lighting, kamera, audio, switcher, CG etc. Bersama-sama TD memastikan kesiapan perangkat teknis lainnya Memandu jalannya Gladi Bersih bersama FD Berkoordinasi dengan producer dan krabat kerja yang lain EVALUASI Bersama Producer dan crew pendukung teknis lainnya melakukan evaluasi Menentukan peralatan pendukung teknis meliputi : Kamera, Lighting, Audio dan perangkat teknis lainnya sesuai dengan konsep program EDITING Mengikuti proses editing program Bila Dibutuhkan KOORDINASI Melakukan koordinasi dengan crew pendukung teknis meliputi : TD, Kameraman, Switcherman, Audioman, Lightingman menyangkut konsep acara dan kebutuhan peralatan produksi Melakukan Briefing bersama seluruh crew pendukung acara mengenai rundown acara SHOOTING PROGRAM ( Live / Taping ) Mengarahkan produksi Program Acara Me-review kembali kebutuhan teknis produksi dengan Producer dan Creative

HUBUNGAN KERJA Executive Producer Producer On Air / MCR Program Director Technical Director Script Switcerman Art/ Set Design Kameraman Talent / Host Audioman Make Up Lightingman Graphic / CG VT Floor Director

SINEMATOGRAFI dan SCREEN DIRECTION

TYPE OF SHOOT Close Up

KOMPOSISI dan CAMERA ANGLE Head Room Low Angle High Angle Looking Room Eye Level

CAMERA MOVEMENT Trek Right Tilt Up/Down Pedestal Up/Down Panning Trek Left Swing

MULTICAMERA Multicamera adalah format shooting dengan menggunakan lebih dari satu kamera, dihubungkan melalui satu sistem yang terintegrasi. Jadi, kalaupun menggunakan lebih dari satu kamera ketika tidak terintegrasi satu sama lain maka format tersebut belum bisa dikategorikan sebagai multicam system. Sedangnkan dari segi penayangannya bisa disiarkan secara langsung (live) atau tayang tunda (live on tape). Jenis acara televisi yang menggunakan multicamera di antaranya : talkshow, sitkom, game show, music show, quiz, magazine, variety show.

CAMERA BLOCKING BLOKING UNTUK WAWANCARA DENGAN 2 KAMERA

CAMERA BLOCKING 1 3 2 BLOKING UNTUK WAWANCARA DENGAN 3 KAMERA one shoot two shoot Group shoot 1 3 2

CAMERA BLOCKING BLOKING UNTUK MUSIK DENGAN 5 KAMERA

CAMERA BLOCKING Sketsa Set Design

Director Commands Big Close Up = BCU Close Up/Close Shot = CU/CS Medium Close up = MCU Mid Shot = MS Medium Long Shot = MLS Long Shot = LS Very Long Shot = VLS Wide Angle = WA Low Angle/High Angle = LA/HA 2S = 2-Shot OTS O/S = Over the Shoulder Centre/Centre of Frame= C,COF Zoom In/Zoom Out = Z/I,Z/O FAVouring = fav FRAme Left or Right = fr L or R A/B = As Before

Director Commands Pan L or R Tilt up or down Ped Up/elevate Ped Down/depress Crane up or down Crab L or R Arc L & R Track in or out Focus up/ defocus/ pull focus

BAHASA KOMANDO… STANDBY COUNTDOWN Aba-aba untuk meminta kepada seluruh pendukung acara baik crew maupun talent/presenter untuk bersiap-siap memulai acara / program. Dapat juga berarti aba-aba untuk kameraman agar jangan merubah komposisi gambar karena akan di ambil. Contoh : “Studio standby….Crew Standby….” Atau “ Standby kamera satu….Take kamera satu….” COUNTDOWN Hitungan mundur untuk memberi aba-aba agar program di mulai tepat sesuai waktu yang di tentukan Dapat juga berarti memberikan jeda waktu pada proses recording antara satu adegan ke adegan berikutnya, untuk mempermudah pada proses editing Contoh : “ Standby … lima…empat…tiga…dua…satu…action !!!...”

CUE / ACTION “TAKE” / “ON” Aba-aba untuk artis, talen, presenter atau performer yang lain untuk memulai adegan atau aksinya sesuai dengan script/ naskah. Dalam produksi program besar yang melibatkan banyak orang, komando dari Director diteruskan kepada Floor Director Contoh : “…tiga…dua…satu…Cue Sandrina…!!” atau “Camera..!!! ..Action…!!” “TAKE” / “ON” Aba-aba untuk kameraman sebagai tanda gambarnya di ambil, biasanya dilakukan untuk produksi program dengan multi kamera. Contoh : “Standby kamera satu… Take kamera satu” atau “ Kamera satu …On..!!”

Take two, Take Tree… dst ROLLING / PLAY Isyarat untuk meminta untuk dilakukan pengambilan gambar ulang, karena pengambilan gambar pertama terjadi kesalahan atau hasilnya tidak memuaskan. ROLLING / PLAY Aba-aba kepada VTR operator untuk memulai pemutaran video tape, bisa juga berlaku sebagai aba-aba untuk memulai perekaman. Contoh : “… standby VTR… rolling VTR….” Atau “ Stndby VTR …rolling record VTR… tiga..dua..satu..”

WIDE SHOOT / Tide Shoot CUT BUNGKUS/ CLEAR Perintah kepada kameraman untuk pengambilan sudut gambar lebar atau sempit Contoh : “… kamera satu wide….” CUT Perintah untuk memotong adegan BUNGKUS/ CLEAR Komando sebagai isarat bahwa seluruh kegiatan produksi telah usah. Dapat juga berarti proses pengambilan gambar pada satu scene telah usai atau pengambilan gambar pada satu tempat telah usai, diteruskan ke tempat berikutnya

FLOOR DIRECTOR Bertugas sebagai penghubung dalam menyampaikan pesan- pesan Pengarah Acara kepada kerabat kerja dan para artis pendukung dalam produksi suatu acara.

TATA CAHAYA Fungsi TATA CAHAYA SECARA UMUM ADA 2 JENIS CAHAYA LAMPU Memenuhi syarat level gambar kamera tv sesuai dengan standart teknik pertelevisian. Menghasilkan prespektif 3D dan efek kedalaman gambar Menghasilkan efek dramatis dan efek visual lainnya Dapat digunakan sebagai efek penentu waktu sebuah adegan Menunjang komposisi shoot SECARA UMUM ADA 2 JENIS CAHAYA LAMPU TUNGSTEN DAY LIGHT

TATA CAHAYA Back Light Edge Light Area Edge Light Area Side Light Area Fill Light Area Fill Light Area Key Light Area Key Light

TATA CAHAYA Lighting Director bertugas sebagai seseorang yang bertanggung jawab terhadap Keberhasilan penataan cahaya di studio baik secara artistik maupun yang mampu menyentuh perasaan yang sesuai dengan tuntutan naskahnya. Lighting Studio Berita

Contoh Shooting Board

SISTEM PENYIARAN SEDERHANA STUDIO Rumah MCR Rumah

SATELIT Satelit Palapa C Satelit Palapa A Satelit Palapa B Satsiun Bumi Pemancar Satelit Palapa C

SISTEM PENYIARAN TELEVISI

SNG ( SATELLITE NEWS GATHERING ) sistem pengiriman sinyal (audio/video) melalui satelit dan memancarkannya kembali kebumi. disebut SNG Van (Mobil SNG) Untuk memudahkan mobilitas. SNG Van SNG dan OB Van

BLOCK DIAGRAM STUDIO PRODUCTION TO TRANSMITER VDA CG ADA

BLOCK DIAGRAM EFP

STUDIO Studio Virtual News Studio Fixed Set Program Famous to Famous

STUDIO TELEVISI STUDIO TELEVISI ADALAH TEMPAT YANG DIGUNAKAN UNTUK KEGIATAN MEMPRODUKSI ACARA TELEVISI, BISA BERUPA RUANGAN TERTUTUP MAUPUN DI ALAM TERBUKA.

JENIS - JENIS KAMERA Kamera studio Kamera EFP Kamera ENG ( Electronic Field Production ) Kamera studio Kamera ENG ( Electronic News Gathering )

KAMERA & Asesoris Pedestal

TELEPROMPTER KAMERA PROMPTER

VIDEO CONTROL ROOM Video Switcher Control Room

VIDEO SWITCHER PRODUCTION Switcher adalah seseorang yang bertanggungjawab terhadap pergantian gambar, baik atas permintaan Pengarah Acara atau sesuai dengan shooting script/rundown yang telah disusun sebelumnya. KEY BUTTON Konfigurasi wipe AUX BUTTON KEY CONTROL SUB BUTTON Program Preview BASE BUTTON TRANSITION DSK

Editing pada TV Production Pada produksi TV akan ditemukan editing dalam 3 bentuk : Video switching in real time, mempergunakan production switcher ( video mixer) Post production videotape editing Film editing Meskipun secara mekanis masing-masing prosesnya berbeda, efek artistiknya bisa jadi hampir sama.Yang perlu diperhatikan pada saat editing adalah : Moment yang dipilih untuk diganti dari satu shot ke shot lainnya. (cutting point) Bagaimana pergantian shot tersebut (cut, mix,dsb) dan kecepatan transisi. Order of shots (sequence) dan durasinya (cutting rhythm). Mempertahankan kualitas gambar yang baik dan kesinambungan audio. Menggabungkan adegan yang diambil pada waktu dan tempat berbeda, apabila adegan diambil dengan satu kamera.

MICROPHONE & JANGKAUAN DINAMIC CONDENSOR RIBBON

AUDIO CONTROL ROOM Audioman adalah petugas yang mengatur perimbangan suara dari berbagai sumber, dengan jalan melakukan perekayasaan dalam penempatan mikrofon dan lain sebagainya. Mixer Analog Audio Control Room dg Mixer Digital

MIXER AUDIO Contoh distribusi audio MIXER 16 INPUT

ALAT UKUR AUDIO VU Meter Display LED Meter Display

CENTRAL EQUIPMENT ROOM Fiber Optic CER

VTR ( Video Tape Recorder) VTR adalah peralatan yg digunakan untuk merekam (Record) dan memutar (playback) gambar dan suara untuk keperluan siaran. MACAM-MACAM VTR : Betacam DVC Pro Mini DV / DV Cam VHS / S-VHS

MASTER CONTROL Terminal Operation Master Control Room

STUDIO LIGHTING BALCAR GOBO PAR CYBER

PORTABLE LIGHTING HMI RED HEAD PAR PORTABLE FRESNEL DEDO

MIXER LIGHTING LIGHTING CONSOLE

Tips Sukses Perbanyaklah berkarya Jangan pernah bosan untuk belajar Selalu ber- Inovasi Fokus dan Konsisten

Rundown Program

Untuk sebuah produksi televisi, rundown merupakan panduan yang dijadikan acuan seorang program director atau pengarah acara dalam menjalankan sebuah acara televisi. Rundown biasanya disusun oleh produser dan didiskusikan dengan tim produksi. Format pembuatan rundown tidak mutlak, sangat tergantung dari karakteristik format acara televisi itu sendiri. Rundown format berita misalnya agak sedikit berbeda dengan rundown untuk acara berformat non drama (quiz, gameshow, music, variety show,magazine,dll). Rundown merupakan susunan isi cerita dari sebuah program acara yang dibatasi oleh durasi(panjangnya item acara), segmentasi dan deskripsi atau bahasa naskah. Untuk acara berdurasi 30 menit biasanya dibagi menjadi empat segment, namun beberapa acara berdurasi setengah jam ini juga kadang terbagi menjadi 3 segment. Sedangkan acara berdurasi 60 menit biasanya terbagi atas 5 atau 6 segment. Salah satu fungsi pembuatan segmentasi ini adalah untuk keperluan penempatan commercial break atau iklan. Misalnya, total konten program acara berdurasi 30 menit adalah 24 menit,sisanya yang 6 menit untuk iklan. Selain kolom “Segment”, hal penting lainnya adalah “Description”. Di kolom ini dijelaskan tentang apa saja isi dari setiap segment. Sedangkan jika ada catatan penting lainnya, bisa dimasukan ke dalam kolom “Note” atau “Remark”

Video Journalist’s Equipment

MATERI MATA KULIAH INI BISA ANDA UNDUH DI belajarsama pakrocky MATERI MATA KULIAH INI BISA ANDA UNDUH DI belajarsama pakrocky.wordpress.com MULAI MALAM INI